makanan khas blitar

Kota Blitar merupakan kota yang terkenal di Indonesia. Selain sebagai lokasi makam Presiden pertama Indonesia, ternyata Blitar juga banyak wisata kuliner yang menarik. Hal ini tak lepas dari banyaknya makanan khas Blitar yang bisa Sedulur coba ketika berkunjung ke sana.

Bagi Sedulur yang belum pernah berkunjung ke Blitar, kami akan memberikan banyak referensi tentang kuliner dan makanan khas Blitar yang sudah pasti lezat. Jadi tak hanya menikmati wisatanya saja, Sedulur juga bisa merasakan enaknya makanan-makanan dari Blitar. Apa saja daftar kuliner yang dimaksud? Yuk, mari langsung kita simak!

BACA JUGA: 12 Minuman Khas Jawa Timur yang Segar dan Bikin Nagih

1. Nasi ampok

makanan khas blitar
Jadesta

Makanan khas Blitar yang pertama yaitu nasi ampok. Makanan ini merupakan makanan khas tradisional Blitar yang sejak dulu telah disukai oleh masyarakat Blitar. Belum ke Blitar jika Sedulur belum mencicipi nasi ampok yang legendaris ini.

Nasi Ampok merupakan nasi jagung yang menjadi makanan pokok pengganti beras. Sedulur bisa menemukan makanan khas Kota Blitar ini di sekitar alun-alun Kota Blitar. Biasanya, Nasi Ampok ini ditambahkan dengan sambal tomat, sayur rebus, hingga ikan asin.

2. Es drop

Rekomendasi makanan khas Blitar es drop. Es drop sendiri dijajakan oleh pedangan melalui termos berwarna merah dan sudah menjadi ciri khasnya. Selain itu, bentuk termos itu sendiri mirip seperti es drop itu sendiri.

Es krim ini pernah sangat populer di tahun 1990an. Selain rasanya yang beraneka ragam, pembungkus es krim yang unik menjadi daya tarik tersendiri dari jajanan kha Blitar ini. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, banyak hal unik dari es drop yang identik dengan kota Blitar itu sendiri.

3. Tahu bumbu lawu

Makanan khas Kota Blitar selanjutnya adalah Tahu Bumbu Lawu. Masakan khas Jawa Timur yang berbahan dasar tahu dan disiram dengan saus kacang yang gurih ini juga ada di Blitar, dan tentunya rasanya dapat menggoyang lidah.

Tahu Bumbu Lawu merupakan racikan dari potongan lontong, tauge, kerupuk, sambal, bawang goreng dan tahu setengah matang. Disiram dengan bumbu kacang, menambah selera makan menjadi memuncak.

4. Wajik kletik

Wajik merupakan makanan tradisional khas Indonesia, ada banyak jenis wajik yang tersebar di daerah Indonesia. Wajik khas Blitar sendiri bernama wajik kletik. Wajik ini memiliki keunikan yaitu butiran ketan yang digunakan tidak sepenuhnya mengembang dan masih berupa butiran keras.

Jajanan ini dibungkus dengan kulit jagung kering, sehingga memiliki cita rasa yang khas dan memiliki tekstur yang legit. Biasanya makanan khas Kota Blitar ini dijual dalam bentuk rentengan dengan isi 5 buah per rentengnya. Harganya juga sangat terjangkau, yakni sekitar Rp 10 ribuan saja.

5. Uceng goreng

Uceng Goreng merupakan salah satu makanan khas Kota Blitar yang cukup unik. Uceng sendiri merupakan sejenis ikan air tawar yang banyak ditemukan di sungai. Bentuknya bulat memanjang dan memiliki ukuran kira-kira sebesar jari kelingking saja.

Walaupun kecil, uceng bisa diolah menjadi berbagai kudapan yang lezat. Sedulur bisa mencoba uceng goreng, bothok uceng, hingga sayur uceng. Uceng Goreng merupakan makanan khas Kota Blitar yang sangat gurih dan menggugah selera.

BACA JUGA: 18 Oleh-Oleh Khas Jawa Timur Paling Enak & Terkenal, Wajib Dibeli!

6. Geti

GoTravelly

Geti merupakan jajanan yang berbahan dasar kacang-kacangan, seperti kacang tanah, mete, dan wijen yang direkatkan dengan gula merah. Rasanya manis, legit, dan tentunya sangat enak. Makanan khas Kota Blitar ini bisa dijadikan oleh-oleh saat liburan yang enak.

Apalagi, bagi Sedulur yang suka olahan kacang-kacangan, camilan tradisional satu ini bisa dijadikan pilihan tepat. Sedulur bisa mendapatkan Geti ini di Desa Kademangan. Kawasan ini memang terkenal sebagai sentra produsen geti di Blitar.

7. Rujak cingur

Selain menjadi makanan khas Blitar, rujak cingur juga dikenal sebagai makanan khas Jawa Timur. Rujak cingur terbuat dari moncong sapi yang di rebus hingga lunak dan di campur dengan sayuran atau buah. Rujak cingur ini di beri bumbu petis jadi terasa pas rasanya.

Jika Sedulur ingin membawanya untuk oleh oleh disarankan untuk memisahkan bumbu petis dan cingurnya agar tetap fresh dan tidak cepat basi. Rujak cingur ini mudah di temukan karena seulur bisa membelinya di beberapa pasar tradisional Blitar. Rujak cingur ini di bandrol drngan harga 15 ribu per porsinya.

8. Sangon kelapa

Makanan khas Blitar berikutnya yang sudah sangat melegenda, yaitu sagon. Sagon adalah kue khas dari Blitar yang berbahan dasar tepung ketan dan kelapa parut yang kemudian dihaluskan. Ciri khas dari sagon, yaitu teksturnya yang lembut saat dikunyah, dengan sensasi renyah pada bagian luarnya.

Sagon masih memiliki banyak peminatnya karena rasanya yang cukup manis dan tentunya akan memanjakan lidah. Selain itu, harganya cukup terjangkau dan mudah didapatkan di pusat kota Blitar. Saat memilih sagon, sebaiknya ambil sagon yang berwarna cokelat muda dan memiliki aroma kelapa yang kuat.

9. Dodol belimbing

Di Kota Blitar ada oleh oleh dodol belimbing. Dodol ini berasal dari kampong belimbing di daerah karangsari. Salah satu tempat yang bisa Sedulur kunjungi untuk membeli dodol belimbing adalah Agrowisata Belimbing di Desa Karangsari, Sukorejo.

Rasa dodol belimbing memiliki varian rasa yang wajib dicoba. Dodol ini tersedia dalam berbagai rasa, yaitu original, cokelat, dan lain-lain. Dodol belimbing terasa manis. Harganya cukup terjangkau, Sedulur yang perlu mengeluarkan uang sekitar 13 ribu untuk satu kemasannya.

10. Peyek uceng

Peyek uceng salah satu oleh oleh khas Blitar juga. Peyek uceng adalah ikan uceng yang di goring menggunakan tepung. Keunggulan dari peyek uceng adalah rasanya yang gurih dan renyah, menjadikan penganan satu ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Blitar.

Selain itu, peyek uceng banyak disajikan di berbagai rumah makan di daerah Blitar. Dinamakan peyek uceng karena makanan ini terbuat dari ikan uceng. Rasanya yang asin gurih membuat peyek uceng ini banyak di buru untuk oleh-oleh. Peyek uceng bisa Sedulur dapatkan dengan harga 17 ribu.

BACA JUGA: 15 Oleh-oleh Khas Sidoarjo yang Wajib Kamu Bawa Pulang!

11. Croilen

makanan khas blitar
Detik

Croilen atau bolen pisang Blitar ini bisa juga di jadikan salah satu opsi oleh oleh khas blitar. Pisang yang manis yang di kombinasikan dengan beberapa kondimen lalu di balut dengan kulit pastry dan di oven membuat kudapan ini sangat enak.

Terdapat beberapa rasa seperti keju, dan cokelat. Rasa yang sangat enak membuat kudapan satu ini menjadi incaran para wisatawan. Sedulur bisa mendapatkan croilen ini dengan harga 50 sampai 55 ribu saja.

12. Kerupuk pasir

Kerupuk ini berbeda dari kerupuk biasanya. Karena kerupuk ini tidak di goring dengan minyak, tapi di goring dengan pasir yang panas dan bersih. Kerupuk pasir ini terbuat dari singkong. Terdapat 2 varian rasa yaitu rasa bawang dan terasi.

Jika Sedulur membeli kerupuk pasir ini, maka kamu juga akan mendapat sambal colek yang terbuat dari gula merah, air, cabe rawit juga bawang. Kerupuk ini di bandrol dengan harga 22 ribu untuk 300 gram.

13. Bampia

Bampia ini adalah bakpia basah. Bampia ini bisa di temukan berbagai tempat oleh-oleh Khas Blitar. Dengan tekstur yang lembut dan rasa manis, Sedulur juga bisa menemukan banyak varian rasa dari bampia mulai dari seperti kacang hijau, ubi ungu, kelapa dan campuran semua rasa.

Umumnya, bampia dijual secara kotak atau kardus dengan isi sekitar 20 biji per kotaknya. Harganya juga sangat terjangkau sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh orang di rumah.

14. Opak gambir

Rekomendasi makanan khas Blitar lainnya adalah opak gambir. Makanan yang berbahan dasar ketan yang di tumbuk. Dengan berbentuk pipih opak gambir cocok jadi camilan dan oleh oleh khas dari kota Blitar.

Rasanya yang manis, asin, gurih cocok di nikmati dengan keluarga saat menonton tv bahkan hanya sekedar minum teh, Opak gambir ini biasanya di bandrol dengan harga 10 ribu sampai 15 ribu tergantung dari tempat Sedulur membelinya.

15. Rengginang

Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan yang dibentuk bulat dan dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari, lalu digoreng panas dalam minyak goreng.

Agak berbeda dari jenis kerupuk lain yang umumnya terbuat dari adonan bahan yang dihaluskan seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo, rengginang tidak dihancurkan sehingga bentuk butiran ketannya masih tampak.

Nah itulah aneka makanan khas Blitar yang wajib Sedulur cicipi ketika berkunjung ke sana. Kekayaan kuliner tersebut tentu bisa memberikan pengalaman terbaik saat Sedulur ingin merasakan makanan khas suatu daerah. Tak hanya itu saja, beberapa makanan khas Blitar juga cocok dijadikan oleh-oleh untuk orang di rumah lho. Jadi semoga informasi di atas bermanfaat ya!