minuman khas jawa timur

Untuk para wisatawan, mencicipi kelezatan kuliner asli dari daerah tentu menjadi pengalaman menarik saat berlibur. Salah satu yang terkenal dengan kelezatan dan kesegarannya adalah minuman khas Jawa Timur.

Misalnya, bila di Jakarta ada bir pletok, di Surabaya juga memiliki minuman yang bisa menghangatkan tubuh seperti wedang sinom dari Pasuruan. Minuman satu ini memiliki rasa yang istimewa dengan khasiat menyehatkan tubuh.

Namun, tak hanya wedang sinom saja yang menjadi menu minuman khas Jawa Timur untuk Sedulur coba. Masih ada beberapa minuman lain, yang tidak boleh ketinggalan untuk dicicipi. Berikut ini ulasan lengkapnya!

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Spot Makan Nasi Goreng Terkenal di Surabaya

-->

1. Wedang Sinom, Pasuruan

Minuman khas Jawa Timur
Grid ID

Minuman khas Jawa Timur yang pertama adalah wedang sinom. Minuman ini cukup populer di wilayah pesisir utara Pulau Jawa, tepatnya Pasuruan. Wedang sinom sendiri merupakan hasil olahan daun asam muda yang direbus dengan kunyit dan asam jawa.

Rasa wedang sinom juga tergolong unik, karena memiliki kombinasi rasa pedas namun menghangatkan. Jika Sedulur ingin minuman hangat yang cocok untuk musim hujan, maka wedang sinom merupakan pilihan tepat.

2. Jamu Kebonagung, Pasuruan

Minuman khas Jawa Timur
Detik

Seperti halnya daerah di Nusantara, minuman khas Jawa Timur juga memiliki beberapa jenis jamu yang memiliki rasa lezat.

Tak hanya enak saja, jamu-jamu yang diproduksi juga diyakini memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Misal, mengobati batuk berdahak, sakit tenggorokan, menurunkan kolesterol, hingga mengatasi perut kembung dan masuk angin.

Salah satu jamu yang juga termasuk sebagai minuman khas Jawa Timur adalah jamu kebonagung. Minuman ini terbuat dari beberapa campuran rempah seperti kapulaga, lada, kayu manis, pala, cengkeh, sereh, dan gula jawa.

3. Wedang Cemue, Ngawi

Minuman khas Jawa Timur
Pinterest

Minuman khas Jawa Timur selanjutnya datang dari Kota Bambu, Ngawi. Minuman ini bernama wedang cemue. Namanya memang cukup unik, namun untuk rasa, minuman ini memiliki rasa yang lezat lho.

Wedang cemue biasanya disajikan dalam kondisi hangat. Kuahnya terbuat dari campuran jahe, serai, daun pandan dan gula aren dengan isian potongan roti tawar dan kacang tanah goreng. Bila dilihat, minuman ini cukup mirip dengan ronde di Jawa Tengah.

BACA JUGA: 12 Makanan Terpedas di Dunia, Ada Yang Dari Indonesia Lho!

4. Wedang Angsle, Malang

Fimela

Wedang angsle merupakan salah satu minuman paling terkenal di Malang. Namun, minuman ini hanya bisa ditemukan saat malam hari karena selalu disajikan dalam kondisi hangat.

Angsle sendiri terbuat dari rebusan air jahe yang diberikan topping mutiara sagu dan kacang hijau di dalamnya. Selain itu, terdapat beberapa potongan roti tawar dan tape singkong yang membuat minuman ini jadi mengenyangkan.

Tak lupa ketan putih dan kacang tanah yang disangrai turut melengkapi komposisi dalam wedang angsle.

5. Wedang Secang, Banyuwangi

Liputan6

Memiliki kandungan utama kayu secang, sepertinya khasiat dari wedang ini tidak diragukan lagi. Apalagi masyarakat  di Banyuwangi memang menjadikan wedang secang sebagai salah satu asupan untuk menjaga kebugaran tubuh.

Beberapa manfaat minuman khas Jawa Tamur ini adalah mengatasi peredangan, membantu menurunkan gula darah, menghentikan diare, menghambat tumbuhnya sel kanker dan menghilangkan gejala masuk angin seperti kembung.

Penyajian wedang secang termasuk sederhana, yakni melarutkan beberapa bahan dasar seperti kayu secang, serai, daun pandan, kapulaga, kayu manis, gula pasir dan jahe dengan air panas.

6. Wedang Pokak, Gresik

Minuman khas Jawa Timur
Folder Desa

Sirup pokak atau biasa disebut juga wedang pokak merupakan minuman khas Jawa Timur yang berasal dari Gresik. Bagi masyarakat Gresik sendiri, minuman ini biasa disajikan dalam perayaan besar termasuk Idul Fitri. Sedangkan untuk bahan pembuatannya, sirup pokak merupakan hasil olahan dari gula merah, pandan, kayu manis, cengkeh serta jeruk purut.

Pokak sendiri memiliki cara penyajian yang cukup fleksibel. Bila Sedulur ingin membuat minuman ini menjadi hangat, bisa. Tetapi jika ingin merasakan kesegaran pokak, maka penyajian dingin merupakan pilihan yang tepat.

BACA JUGA: Legendaris! 6 Minuman Khas Surabaya Segar Yang Wajib Dicoba

7. Wedang Jaselang, Malang

Jatim Network

Malang adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang paling banyak menghasilkan minuman khas. Selain wedang asle, ada juga minuman khas dari Malang yang namanya Jaselang.

Nama “Jaselang” diambil dari bahan-bahan yang dipakai untuk meracik minuman ini, yaitu jahe, secang, dan alang-alang. Usut punya usut, ternyata Wedang Jaselang sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu.

Selain melibatkan jahe, secang, dan alang-alang, proses pembuatan Wedang Jaselang ini juga menggunakan sedikit merica, kayu manis, dan kapulaga. Hasilnya, minuman ini memiliki aroma dan cita rasa yang kuat.

Wedang Jaselang bisa dikonsumsi untuk melegakan tenggorokan yang sakit atau batuk. Ketika diminum dalam kondisi hangat, minuman ini juga mampu menghangatkan tubuh serta meredakan perut yang kembung.

8. Teh Kocok, Surabaya

Unilever Food Solution

Masayarakat Jawa Timur memiliki teh khas sendiri, yaitu teh kocok. Teh kocok adalah minuman yang datang dari Kota Surabaya.

Di Indonesia sendiri, terdapat minuman yang serupa dengan teh kocok, yaitu teh tarik yang merupakan minuman asal Aceh. Kemiripan teh kocok dengan teh tarik, yakni terbuat dari teh hitam yang di campur dengan susu kental manis.

Minuman khas Jawa Timur ini bisa disajikan secara panas maupun dingin. Jadi Sedulur bisa menyesuaikan kondisi atau cuaca saat ingin mencicipi minuman satu ini.

9. Es Gudir, Kediri

Pasundan Ekspres

Gudir adalah Bahasa Jawa di daerah Kediri untuk menyebut agar-agar. Jadi, Es Gudir merupakan minuman yang berasal dari agar-agar. Jauh sebelum boba milk tea populer, Es Gudir khas Jawa Timur ini sudah lebih dulu ada, lho. Bahkan, bahan-bahannya pun lebih sehat.

Agar-agar biasanya diserut atau dipotong kecil-kecil lalu dimasukkan ke dalam sirup atau gula merah. Selain itu, Es Gudir juga bisa disajikan bersama dengan santan, seperti dawet atau cendol. Minuman yang satu ini paling nikmat diminum pada siang hari ketika cuaca sedang panas-panasnya.

BACA JUGA: Cara Membuat Bir Pletok, Minuman Tanpa Alkohol khas Betawi

10. Es Siwalan, Lamongan

GoTravelly

Minuman khas Jawa Timur yang satu ini, berasal dari Kota Lamongan. Minuman ini sangat pas diseruput ketika sedang haus di siang hari.

Paduan buah siwalan yang masih muda, ditambah potongan nangka sangat nikmat disajikan dengan es batu. Tak lupa kuah santan yang menambah cita rasa gurih dan bauran sirup gula merah. Anda juga bisa menambahkan dawet atau cendol agar teksturnya lebih kompleks.

11. Es Anakonda, Lumajang

Minuman khas Jawa Timur
Lumajang Satu

Es anakonda adalah minuman yang berasal dari Lumajang, Jawa Timur. Kalau melihat namanya, mungkin akan berpikir kalau minuman ini memiliki tampilan yang menyeramkan. Namun, sebalikanya, es anaconda memiliki bentuk yang sangat menarik.

Minuman khas Jawa Timur ini memiliki beberapa kemiripan dengan es teler. Tetapi, es anaconda menjadikan alpukat dan rumput laut sebagai bahan utamanya. Minuman ini lalu disiram dengan kuah santan yang sudah dicampur susu.

12. Es Pleret, Blitar

Blitar Foodies

Minuman khas Jawa Timur yang terakhir adalah es pleret. Minuman ini berasal dari Kota Patria, Blitar. Umumya, es pleret dijadikan salah satu menu untuk menghilangkan dahaga dikala cuaca panas.

Es pleret terbuat dari adonan tepung beras yang disiram dengan santan dan gula jawa cair. Rasa minuman ini manis legit, jadi cocok dijadikan sebagai pencuci mulut.

Banyak minuman khas Jawa Timur yang begitu terkenal karena kelezatannya. Tidak heran, para wisatawan begitu gencar memburu minuman ini saat berkunjung ke sana.

Namun, Sedulur bisa juga membuat deretan minuman khas Jawa Timur ini di rumah lho. Apalagi bahan-bahannya cukup sederhana dan bisa dibeli di toko kelontong maupun secara online di Aplikasi Super.

Terdapat berbagai macam kebutuhan memasak seperti sirup, susu kental manis, sampai bumbu-bumbu lain untuk bisa menyelesaikan resep minuman khas Jawa Timur. Sedulur cukup download Aplikasi Super di Playstore dan semua barang belanjaan akan langsung di antar ke rumah, gratis. Menarik sekali bukan? Jadi buruan pakai aplikasinya dan rasakan kemudahan belanja lewat sentuhan jari!