lompong hias

Lompong dikenal masyarakat Indonesia sebagai bahan makanan. Namun, saat ini lompong kian populer dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Lompong hias disebut juga keladi. Ada berbagai jenis keladi yang bisa Sedulur temukan di pasaran. Mulai dari yang warnanya hijau dengan campuran putih hingga berwarna merah muda.

Keladi sering disamakan dengan talas. Namun, keduanya tentu memiliki perbedaan. Keladi jarang membentuk umbi besar seperti talas. Sementara talas memiliki umbi besar di bagian bawah. Banyak orang menyebut lompong yang bisa dimasak sebagai talas (colocasia esculenta), sementara yang menjadi tanaman hias disebut keladi (caladium).

Nah, bagi Sedulur yang tertarik memelihara tanaman lompong hias atau keladi, ada 10 jenis lompong hias yang bisa menjadi pilihan. Apa saja itu? Langsung cek daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 18 Tanaman Hias Indoor yang Sehat dan Mudah Dirawat di Rumah

-->

1. Caladium gingerland

Moro Ndeso

Caladium gingerland atau yang sering disebut juga keladi wayang merupakan tanaman hias lompong yang paling banyak ditemukan di pasaran. Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati. Memiliki ukuran kecil hingga sedang.

Tepi daunnya berwarna hijau. Tulang dan badan daun berwarna putih dengan bercak merah atau merah muda. Tinggi tanaman keladi ini mencapai 60 cm. Sangat bagus jika diletakkan di tempat yang memiliki pencahayaan penuh seperti teras rumah atau pekarangan.

2. Alocasia clypeolata

lompong hias
SocialGrep

Belakangan ini, keladi tengkorak atau yang memiliki nama lain alocasia clypeolata cukup populer di kalangan pecinta tanaman. Banyak orang ingin memeliharanya karena bentuknya unik dan indah. Keladi tengkorak memiliki bentuk daun bergelombang dan corak seperti tulang rusuk manusia. Diketahui, salah satu bunga lompong yang lagi viral ini tumbuh subur di sekitar Pulau Kalimantan.

Bentuknya yang menarik membuat harga jual tanaman hias ini meroket tinggi. Berdasarkan berbagai sumber, keladi tengkorak dapat dijual mulai dari Rp200.000 hingga Rp5 juta. Harga tersebut tentunya mampu menjadikan keladi tengkorak sebagai jenis lompong hias termahal. Jika Sedulur ingin memiliki tanaman ini, sebaiknya diletakkan di tempat yang teduh dan pastikan media tanam tetap steril.

3. Caladium white christmas

Farmer Gracy

Jenis lompong hias ini memiliki daun yang didominasi warna putih. Putih daunnya sangat bersih dengan bentuk seperti hati lonjong atau sayap yang tengah menutup. Ada corak hijau di bagian urat-urat daun serta tambahan warna hijau muda di sekitar urat-urat tersebut. Jika dilihat sekilas, caladium white christmas tampak seperti lukisan abstrak alami yang tertuang di atas dedaunan.

Tanaman keladi ini tidak memiliki batang karena daunnya terhubung langsung dengan umbi yang ada di dalam tanah melalui tangkai daun. Ketika tumbuh besar, tingginya bisa mencapai 22 inci dengan kelebaran yang sama. Sangat cocok dipelihara di tempat sejuk dan pencahayaan sedang.

4. Caladium moonlight

Moro Ndeso

Keladi ini mirip dengan caladium white christmas. Hanya saja, warnanya hampir sepenuhnya putih bersih. Tidak heran, namanya mengacu pada warna cahaya rembulan yang putih bersinar. Pada warna putih daun, terdapat urat-urat halus berwarna hijau serta pinggiran daun yang berwarna hijau pula. Namun, warna hijaunya tidak sepekat jenis keladi white christmas.

Sedulur perlu tahu, tanaman ini bisa hangus apabila terkena sinar matahari langsung. Perawatan yang tepat yaitu memastikan caladium moonlight mendapatkan tempat teduh dengan cahaya cerah. Bagi Sedulur yang ingin memiliki keladi ini, dapat membelinya dengan harga sekitar Rp250.000.

BACA JUGA: 10 Jenis Aglaonema Langka, Tanaman Hias Cantik Paling Hitz

5. Caladium miss muffet

Calloway’s Nursery

Bentuk cantik, warna segar, dan motifnya yang unik membuat caladium miss muffet makin menarik untuk dirawat. Daun pada jenis keladi ini relatif kecil dengan warna dasar hijau muda. Ciri khas daunnya memiliki bintik-bintik berwarna merah dan semburat garis putih. Tekstur daun miss muffet relatif kasar.

Pertumbuhan lompong hias atau keladi ini sekitar 12 inci. Sangat disarankan dirawat di tempat yang teduh dalam suhu ruang. Caladium miss muffet dapat ditanam di dalam wadah digantung maupun di pekarangan yang sejuk.

6. Caladium spring fling

The National Gardening Association

Jenis lompong hias ini memiliki daun yang berwarna merah muda dengan sedikit warna hijau pada sekitar tulang dan pinggiran daun. Ada juga beberapa jenis caladium spring fling yang memiliki urat-urat daun berwarna magenta. Di Amerika, keladi ini banyak ditanam ketika musim semi.

Jangan khawatir, keladi spring fling tetap cocok ditanam dalam setiap musim di Indonesia, baik hujan maupun kemarau. Hanya saja, Sedulur perlu memastikan kelembapan tanahnya rata-rata. Sebaiknya diletakkan dalam suhu ruang sekitar 20 derajat Celcius.

7. Caladium thai beauty

Flickr @johan

Caladium thai beauty biasa disebut juga keladi batik. Tanaman ini masuk ke dalam kategori beracun apabila dikonsumsi. Kendati begitu, keladi batik tetap cocok menjadi tanaman hias karena keindahannya. Daun tanaman keladi ini berbentuk seperti hati atau jantung. Apabila dilihat secara jeli, permukaan daunnya lebih licin dan mengandung lapisan lilin. Terkait cara perawatannya, sebaiknya diletakkan di tempat sejuk, terhindar dari paparan matahari langsung.

8. Caladium radiance

lompong hias
Classic Caladiums

Lompong hias yang wajib dimiliki berikutnya yaitu caladium radiance. Daun pada keladi ini berwarna hijau mengkilap dipenuhi bercak merah muda dan tulang daun warna merah pekat. Makin tua jenis keladi ini, makin menyebar pula rona merah dari area tengah daun. Bahkan, umur tanam yang cukup lama dapat membuat tanaman lompong hias ini terlihat seperti berwarna merah muda sepenuhnya.

BACA JUGA: Ini Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias, Bisa Jadi Peluang Usaha!

9. Caladium variegata

lompong hias
Adobe Stock

Tanaman berjenis lompong varigata ini sering disebut juga keladi kantong semar. Memiliki pangkal daun berbentuk huruf V dengan tinggi tanaman mencapai 1,5 meter. Daun keladi kantong semar berwarna hijau belang-belang putih. Keunikannya terletak di ujung daun yang berbentuk seperti kantong dengan ekor sebesar jarum.

Terkadang, keladi kantong semar menggulung atau berkerut tidak beraturan. Hal ini justru menambah keunikannya. Tanaman lompong varigata hias ini cocok diletakkan di tempat yang teduh.

10. Caladium broken heart

Jawa Pos

Caladium broken heart atau dikenal keladi baret memiliki kombinasi warna unik. Keladi ini berwarna hijau tua berbintik putih dengan belang warna merah muda yang kontras. Jika hendak memeliharanya, keladi baret sebaiknya diletakkan di tempat dengan pencahayaan sinar matahari langsung agar corak warnanya makin merona. Sedulur bisa menempatkannya di teras rumah atau taman. Pastikan media tanam tetap steril agar tanaman hias ini tumbuh subur.

Itu dia beberapa jenis lompong hias yang paling banyak dicari. Semoga berbagai pilihan di atas bisa menjadi referensi untuk menambah koleksi tanaman hias Sedulur. Apabila Sedulur ingin merawat tanaman hias yang dapat menjadi bahan makanan sekaligus, maka talas atau bunga lompong hitam menjadi pilihan tepat. Apa pun tanaman hiasnya, yang terpenting selalu jaga dan rawat dengan baik, ya!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.