Hari kemerdekaan sebentar lagi tiba, rayakan kemerdekaan dengan lomba 17an modern!

17 Agustus 1945 merupakan hari kemerdekaan Indonesia, pada hari itu rakyat Indonesia menyatakan diri merdeka dan terbebas dari penjajahan. Penjajahan yang terjadi di Indonesia berlangsung beberapa ratus tahun.

Setelah kemerdekaan, Indonesia sebagai sebuah negara bangsa yang baru lahir, perlahan bangkit menjalankan kehidupan sebagaimana mestinya tanpa harus merasakan penindasan dan siksaan yang dirasakan saat masa penjajahan.

Hingga saat ini, hari kemerdekaan Indonesia selalu dirayakan dan dimeriahkan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan lomba. Saat ini, seiring dengan perkembangan teknologi, banyak lomba 17an modern yang dilakukan.

Jika Sedulur Super merupakan salah satu panitia pelaksanaan lomba 17an dan sedang bingung menjadi ide lomba 17an yang saat ini diminati, yuk simak ulasan di bawah ini. Ada berbagai macam lomba 17an yang bisa dijadikan referensi.

Mulai dari lomba 17 agustus kekinian, lomba 17 agustus kreatif, lomba anti mainstream, lomba edukatif, dan lomba yang kreatif akan diulas dibawah ini. Hal ini selain sebagai media untuk merayakan kemerdekaan, lomba 17an modern juga bisa dijadikan ajang untuk pembelajaran.

Baca Juga: Bukti Aplikasi Super Melayani Kebutuhan Masyarakat Dengan Baik

Ide Lomba 17an Modern yang Kreatif, Unik dan Edukatif

1. Lomba Selfie

Salah satu lomba 17an modern yang mengikuti perkembangan zaman saat ini adalah lomba foto selfie. Jenis lomba ini juga bisa dikategorikan sebagai jenis lomba yang kreatif dan lomba 17 Agustus lucu bikin ngakak.

Hal tersebut karena, akan banyak foto dengan gaya kocak yang mengundang tawa terbahak yang membuat kita semua ngakak.  Lomba Selfie juga bisa dijadikan sebagai ide lomba di kantor. Selain tidak memungkinkan untuk kantor melaksanakan lomba tradisional, lomba ini juga sangat praktis.

Setiap pekerja dan karyawan kantor bisa mengirimkan foto selfie yang berkaitan dengan kemerdekaan, dan panitia pelaksanaan lomba bisa memilih yang terlucu atau juga yang paling relevan dengan hari kemerdekaan.

2. Lomba Karaoke

Masyarakat Indonesia sangat suka bernyanyi, hal ini merupakan fakta yang tidak bisa dipungkiri lagi. Terlihat hampir di setiap tongkrongan selalu ada saja gitar dan para pemuda juga pemudi yang bernyanyi-nyanyi.

Kenyataan ini bisa dijadikan sebagai ide lomba 17an modern, yaitu dengan mengadakan lomba karaoke. Jangan khawatir malu dan ragu untuk ikut lomba karaoke. Tidak harus memiliki suara yang bagus setingkat penyanyi nasional.

Cukup dengan bermodalkan kepercayaan diri, nyanyi selantang mungkin tidak perlu bagus. Yang penting menghibur dan ikut terlibat dalam perayaan hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus nanti.

3. Lomba Tiup Balon

Lomba tiup balon sudah umum dilakukan sebagai lomba 17an. Namun kita bisa membuat lomba 17an ini menjadi lomba 17an yang modern. Salah satunya dengan menggunakan alat-alat digital. Kita bisa membuat lomba secara virtual dengan smartphone.

Saat ini telah tersedia berbagai aplikasi yang sangat memungkinkan kita untuk mengadakan lomba 17an modern. Namun memang resikonya kita akan kehilangan keseruan secara langsung saat meniup balonnya.

Lomba tiup balon umumnya diikuti oleh para anak-anak dan remaja. Lomba ini merupakan lomba yang edukatif, karena mengajarkan anak-anak untuk melakukan persaingan yang positif dan juga untuk belajar menghargai pemenang lomba.

4. Lomba Makan Cabai Rawit

Mendengar nama lombanya saja sudah ngilu untuk mengikuti. Cabai merupakan salah satu jenis sembako yang dapat membuat kita pedas kepedasan. Alih-alih menjadikan sembako untuk hadiah lomba, beberapa panitia ada yang menggunakan sembako sebagai objek perlombaan.

Salah satunya adalah lomba makan cabai rawit. Lomba ini sangat tidak disarankan untuk diikuti oleh masyarakat yang memiliki masalah dengan lambung, maag dan juga tidak suka pedas. Karena hanya akan menyiksa diri.

Bagi masyarakat yang menyukai pedas, lomba ini tentu saja sangat cocok untuk diikuti. Belum lagi sembako untuk hadiah lomba merupakan sembako yang sangat menggiurkan, peserta akan semangat untuk mengikuti lomba ini.

5. Lomba Mengupas Apel

Mengupas Apel merupakan pekerjaan yang mudah, wajar Sedulur Super berpikiran begitu. Namun, ketika mengupas apel dijadikan sebagai sebuah lomba, bukan mustahil mengupas apel akan menjadi hal yang sangat menyulitkan.

Kulit apel akan dinilai sebagai indikator kemenangan lomba. Bagi siapa saja yang berhasil mengupas kulit apel dengan rapi dan menyambung merupakan pemenang lomba ini. Hal tersebut merupakan hal yang tentu saja sangat sulit dilakukan.

Lomba 17an ini juga merupakan lomba yang sangat edukatif, yang akan mengajarkan ketelitian dan kehati-hatian bagi setiap peserta lomba. Namun, anak-anak disarankan untuk tidak mengikuti lomba ini, karena terdapat benda tajam dalam lomba ini.

6. Lomba Minum Jamu

Lomba ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan lomba makan kerupuk. Gantung jamu pada seutas tali dan biarkan peserta menghabiskan jamu. Siapa yang paling cepat menghabiskan jamu adalah pemenangnya.

Jangan anggap enteng lomba ini. Karena jamu memiliki rasa yang pahit dan juga tidak semua orang suka minum jamu jika tidak terpaksa. Lomba seperti ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai lomba 17an.

7. Lomba Mencocokan Sandal

Untuk seru-seruan, Sedulur bisa bikin lomba mencocokkan sandal. Hanya butuh mengumpulkan beberapa sandal yang akan diacak untuk bisa dicocokkan. Buat setidaknya 10 buah sandal yang berbeda untuk bisa digunakan untuk lomba.

Lomba ini sangat mudah untuk dilakukan, dan juga bisa dijadikan untuk melatih konsentrasi dan ketelitian saat mencocokan sandal. Jangan pernah menganggap sepele lomba yang diadakan setiap 17an. Walaupun terlihat mudah, tapi setiap lomba memiliki tingkat kesulitan sendiri.

8. Lomba Memindahkan Air

Ini butuh kesabaran ekstra tentu saja jika Sedulur Super tidak hati-hati. Lomba ini mengandalkan ketelitian dan kerja tim. Jika salah satu gagal dan salah, akan buyar dan rusak semua usaha yang telah dilakukan.

Setiap peserta akan berjajar dan saling membelakangi. Setiap orang akan memindahkan air ke rekannya yang ada di belakang. Jika tidak hati-hati, tentu saja salah satu rekan akan tersiram air dan basah kuyup.

9. Lomba Menerbangkan Pesawat Kertas

Hand with paper plane

Lomba ini sangat cocok untuk anak-anak. Anak-anak pasti akan sangat menyukai lomba ini, yaitu menerbangkan pesawat kertas. Pesawat kertas yang terbang paling tinggi dan paling jauh adalah pemenangnya.

Lomba ini juga bisa diikuti oleh orang dewasa, karena tidak mudah menerbangkan pesawat kertas. Bergantung dengan keberuntungan dan angin yang membawa pesawat kertas terbang jauh dan tinggi.

10. Lomba Balap Karung Pakai Helm

Ide lomba 17an yang familiar dan mudah diimplementasikan adalah lomba balap karung pakai helm. Aktivitas ini merupakan salah satu lomba yang selalu ada saat perlombaan 17 Agustus. Pasalnya, balap karung sangat mudah dilakukan.

Peserta hanya butuh masuk di dalam karung, memakai helm, dan berjongkok. Setelah itu, para peserta hanya perlu berlari hingga garis akhir dalam keadaan jongkok. Hal yang penting diperhatikan adalah jangan sampai karung tersebut melorot.

11. Lomba Tarik Tambang

Merayakan 17 Agustus tidak akan lengkap rasanya tanpa tarik tambang. Semua orang tentu sudah sangat paham dengan aturan main lomba tarik tambang. Satu tim mempunyai anggota lima orang atau lebih.

Tips yang perlu dipahami oleh para peserta yaitu tempatkan anggota tim yang paling kuat di depan. Lomba ini merupakan lomba yang identik dengan perayaan kemerdekaan. Banyak yang menantikan lomba ini dibanding lomba lainnya.

12. Lomba Sepeda Hias

Jika selama ini bersepeda hanya merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan, maka di perayaan 17 Agustus aktivitas ini bisa dijadikan lomba. Sepedah bukan harus digunakan, tapi harus dihias. Syaratnya, setiap peserta wajib menghias dengan unik dan semeriah mungkin.

Bahan-bahan yang digunakan pun sebaiknya memanfaatkan barang-barang tak terpakai yang didaur ulang, misalnya koran, plastik kresek, atau sedotan plastik. Supaya lomba sepeda hias ini semakin meriah, para pesertanya pun wajib memakai kostum mirip pahlawan nasional.

13. Lomba Panjat Pinang

Lomba ini tentu bukan sesuatu yang asing lagi. Pasalnya, lomba panjat pinang selalu diadakan setiap perayaan kemerdekaan Indonesia. Selain seru, lomba ini juga menawarkan beragam hadiah menarik untuk didapatkan.

Sama seperti lomba tarik tambang, lomba ini juga merupakan lomba yang dinantikan saat perayaan hari kemerdekaan.

14. Lomba Lari Kelereng

Pilihan lain lomba 17an yang unik dan hemat biaya yaitu lomba lari dengan menggigit sendok berisi kelereng di pinggir mulut. Setiap orang pun bisa mengikuti lomba ini, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Tips memenangkan lomba lari kelereng yaitu tetap tenang dan tidak terburu-buru mencapai garis akhir. Anggap ini sebagai seru-seruan saja. Jangan terlalu dianggap serius.

Baca Juga: Berbagai Kemudahan Belanja Sembako di Aplikasi Super

15. Lomba Mengiris Bawang Merah

Seperti yang Sedulur Super ketahui, mengiris bawang merah merupakan pekerjaan yang menyebalkan. Selain harus hati-hati jika tidak ingin jari teriris pisau, bawang merah bisa membuat mata perih dan membuat kita menangis.

Ini juga merupakan salah satu lomba yang menjadikan sembako sebagai alat lomba bukan sembako sebagai hadiah lomba. Namun lomba 17an ini merupakan lomba yang mudah dilakukan. Karena bawang merupakan sembako kebutuhan sehari-hari.

Setiap dari kita sangat mudah menemukan bawang, di warung, toko, dan pasar tempat kulakan sembako. Walaupun lomba mengiris bawang merah tidak sama dengan mengiris bawang merah biasanya.

Menjadikan sembako sebagai hadiah lomba merupakan hal yang tepat. Karena sembako merupakan kebutuhan utama masyarakat. Walaupun sembako memiliki harga yang murah, mudah didapat. Namun, menjadikan sembako sebagai hadiah lomba bukan keputusan yang buruk.

Sedulur bisa kulak sembako untuk kebutuhan lomba di Aplikasi Super. Aplikasi Super merupakan aplikasi kulakan yang memberikan keuntungan kulak sembako. Panitia pelaksana lomba bisa membeli sembako di Aplikasi Super.

Aplikasi Super juga memberikan berbagai keuntungan, terdapat super agen, supercenter dan fitur terbaru dari Aplikasi Super bernama Toko Saya, siap memberikan keuntungan bagi Sedulur Super sekalian.

Aplikasi toko kelontong ini memberikan berbagai keuntungan dengan menyediakan berbagai sembako super untuk segala kebutuhan. Jangan lupa kunjungi laman Aplikasi Super untuk mempelajari lebih lanjut cara daftar Aplikasi Super.

Aplikasi pos ini juga memudahkan untuk belanja sembako yang sebelum sangat ribet dan membutuhkan banyak energi. Klik di sini untuk download Aplikasi Super bagi yang belum download.