Dalam proses dekorasi atau persiapan interior rumah, salah satu bahan yang tidak boleh dilewatkan adalah lem kayu. Selain untuk menyambungkan papan kayu dengan tembok, lem kayu terbaik juga bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki perabotan kayu yang rusak atau patah.

Bagi Sedulur yang sedang mencari produk lem kayu terbaik. Kami akan memberikan beberapa referensi berkualitas untuk bisa menemukan lem kayu terbaik di pasaran. Apa saja produk yang bisa dicoba? Simak berikut ini.

BACA JUGA: 6 Cara Membersihkan Tembok yang Kotor Agar Tetap Bersih

Cara Pilih Lem Kayu

lem kayu terbaik
Unsplash/Scott Sanker

Dalam memilih lem kayu, Sedulur tidak bisa sembarangan. Hal ini harus melihat banyak faktor mulai dari penggunaan luar atau dalam ruangan, media yang ingin direkatkan, dan tujuan penggunaan perekatan tersebut.

Supaya Sedulur bisa menemukan lem kayu yang sesuai dengan kebutuhan. Mari simak beberapa cara memilih lem kayu berikut ini.

1. Utamakan tahan air dan panas

Lem kayu sebenarnya memiliki berbagai macam jenis, dan dengan bahan utama pembuatannya yang berbeda. Namun, semua lem tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengelem kayu.

Namun, Sedulur bisa menentukan jenis lem kayu yang memiliki ketahanan pada panas dan air. Hal ini tentunya bisa membuat lem tetap efektif pada media-media yang ditaruh di luar ruangan. Sedulur bisa memperhatikan jenis lem berikut ini untuk detail kemampuannya:

  • Epoxy

Epoxy adalah jenis lem yang unik sebab terdiri dari dua komponen yang terpisah, yakni resin dan pengeras. Sebelum mengaplikasikannya pada media kayu, Sedulur harus mencampur keduanya terlebih dahulu. Reaksi kimia yang terjadi dapat membuat kedua bahan cair tersebut jadi mengeras.

Epoxy sangat cocok digunakan sebagai dempul sebab sangat andal mengisi celah atau retakan. Selain tahan air, kelebihan lem ini adalah mampu bertahan pada temperatur yang tinggi. Dengan kemampuan tersebut, Sedulur tidak hanya dapat mengaplikasikannya pada media kayu, tetapi juga pada besi, keramik, dan benda lainnya.

  • Polyurethane

Sedulur membutuhkan lem kayu yang bisa digunakan untuk indoor ataupun outdoor? Jenis lem polyurethane adalah pilihan terbaik. Selain tahan air, jenis lem ini juga memiliki hasil akhir yang keras dan cepat kering. Biasanya hanya butuh waktu beberapa jam saja agar kering sempurna. 

Sedulur juga punya kesempatan untuk memastikan tidak ada sisa lem yang menempel pada media sebelum lem tersebut mengering. Lem sisa yang dibiarkan mengering tentu akan memengaruhi tampilan akhir. Sedulur bisa menggunakan mineral spirits untuk membersihkan lem sebab air saja tidak akan bisa.

  • Cyanoacrylate

Lem cyanoacrylate ini bertekstur cair, serta sangat cepat mengering dan mengeras. Bahkan, lem ini bisa mengering dalam waktu kurang dari satu menit saja, lho! Untuk beberapa keperluan, lem ini bisa digunakan untuk merekatkan dua kayu sementara.

Sebaiknya, gunakan masker dan sarung tangan sebagai pelindung saat menggunakan lem jenis ini. Jika tangan Sedulur tidak sengaja terkena, gunakan aseton untuk menghilangkannya. 

2. Jika digunakan untuk kerajinan gunakan lem PVAC

PVA (polyvinyl acetate) adalah jenis lem kayu yang paling umum digunakan. Mungkin lem kayu yang ada di rumah Sedulur saat ini adalah jenis lem kayu ini. Biasanya lem jenis ini disebut juga dengan istilah lem putih dan lem kuning. Lem putih biasanya digunakan untuk kebutuhan indoor, sedangkan lem kuning didesain untuk penggunaan outdoor.

Di Indonesia, lem ini tersedia dalam berbagai merek sehingga sangat mudah ditemukan. Pada awal penggunaan, lem ini mungkin terkesan cepat merekat. Akan tetapi, untuk kering sepenuhnya lem PVA biasanya butuh waktu lama dan mungkin bisa lebih dari 24 jam.

3 Pertimbangkan jenis lem multifungsi

Agar Sedulur tidak perlu membeli banyak jenis lem, ada baiknya Sedulur pertimbangkan lem kayu yang multifungsi. Tidak hanya untuk kayu, lem multifungsi bisa dipakai untuk merekatkan besi, kertas, rotan, keramik, dan lainnya. Lem jenis ini tentu bisa lebih menunjang kebutuhan rumah tangga Sedulur di rumah. Selain itu, Sedulur juga jadi lebih hemat.

Lem multifungsi ada yang berbentuk gel dan ada yang berbentuk cair. Lem cair lebih mudah meresap ke dalam permukaan material sehingga lebih cocok digunakan pada bahan plastik. Sementara itu, lem gel akan lebih cocok digunakan pada bahan kayu atau besi.

BACA JUGA: 11 Desain Plafon Rumah Kayu Beserta Langkah Perawatannya

Rekomendasi Lem Kayu

Pexels/Franceco Paggiano

Setelah mengetahui cara memilih lem kayu yang benar. Sedulur sekarang wajib mengetahui rekomendasi perekat ini, sehingga tidak salah memilih dan mendapatkan produk yang berkualitas. Simak berikut ini ya!

1. Max Lem Putih PVAC

Lem kayu putih dari Max termasuk yang banyak digunakan di industri pertukangan kayu. Hadir dalam kemasan sachet besar, harganya pun ekonomis. Jadi tak usah ragu mengoleskan banyak-banyak di permukaan kayu.

Lem putih ini sangat lengket dan cepat kering. Ideal untuk merekatkan kayu dengan kayu, maupun kayu dengan bidang lainnya seperti kertas atau plastik. Namun, kurang pas jika antara kayu dan besi.

Berbentuk pasta, seperti yang sudah disinggung tadi lem kayu putih ini cepat kering. Bahkan di suhu ruangan sekalipun, antara 27 hingga 30 derajat Celcius. Agar lebih hemat, kamu bisa mencairkannya dengan air bersih atau air suling.

Tak usah khawatir, tingkat kekuatan rekatnya tidak berubah sama sekali. Memudahkan mengoles atau mengaplikasikan dengan kuas. 

2. Crona 234 Lem Alphatic

Produk dari Crona yang bisa kamu jadikan alternatif pilihan adalah tipe 234 Aliphatic Solvent Resistant. Sebab, lem ini merupakan lem aliphatic yang dibuat dengan formulasi khusus, menjadikan lem satu ini dapat digunakan untuk beragam hal, mulai dari laminating, assembling, hingga jointing.

Lem ini dirancang dengan botol yang memiliki tutup berbentuk lancip, sehingga dapat memudahkan kamu untuk mengaplikasikan lem, tanpa harus membuat tanganmu kotor. Memiliki konsistensi yang lebih cair, membuat lem kayu ini lebih cepat kering. 

3. Presto DN Lem Kayu

Gitar kesayangan rusak? Tenang saja, karena kamu masih bisa memperbaikinya dengan Presto DN Lem Kayu. Produk yang satu ini merupakan lem alifatik, yang dirancang khusus agar memiliki fungsi serbaguna, maka tak heran jika kamu juga bisa menggunakannya sebagai lem untuk gitar.

Bukan hanya fungsinya yang serbaguna, lem kayu ini juga tidak berwarna atau transparan, sehingga tidak akan mengganggu tampilan gitar kesayanganmu setelah lem mengering. Untuk waktu keringnya sendiri lem kayu ini terbilang cukup cepat kering karena hanya membutuhkan 10-15 menit saja. 

4. Lem Fox Putih PVAC

Siapapun tentu sudah tidak asing lagi ya dengan lem kayu merek Fox, karena lem ini memang sudah ada sejak lama dan banyak digunakan untuk prakarya ataupun menempelkan objek lainnya yang bertekstur lebih keras, seperti kayu ataupun koraltex.

Bukan hanya bisa digunakan sebagai perekat, salah satu lem kayu terbaik ini juga bisa kamu fungsikan sebagai plamir pada tembok. Lem kayu dengan kemasan plastik ini bisa kamu aplikasikan dengan kuas ataupun bahkan langsung dengan tangan.

Sebab, meski disebut sebagai lem kayu, produk ini tetap aman jika kontak langsung dengan kulit dan bisa dibersihkan dengan air. 

5. Lem Rajawali Polyvinyl Acetate Adhesive

Butuh lem kayu dengan harga yang terjangkau? Lem kayu Rajawali bisa menjadi jawaban yang tepat untuk kamu. Berbeda dari lem kayu pada umumnya, produk yang satu ini ditawarkan dengan harga terjangkau yakni belasan ribu saja.

Meskipun harganya ramah dikantong, namun kualitas dari lem kayu ini tetap bagus, karena banyak digunakan oleh para profesional yang bergelut dalam bidang desain interior. Sebab, lem kayu ini bisa merekatkan furniture mebel, kertas, kayu, multipleks, hingga gypsum.

Tidak hanya sebagai perekat furniture, lem ini juga bisa digunakan sebagai plamir dinding, untuk menutup pori pada dinding dan membuat permukaannya lebih halus. Selain itu, dibandingkan merek lainnya, lem kayu ini juga memiliki isian atau berat bersih yang lebih banyak yaitu 800 gram. 

6. Crona PU Wood 888

Sedulur bisa menggunakan lem kayu Crona dengan tipe PU Wood 888 sebagai pilihanmu untuk lem kayu yang cepat kering. Sebab, lem kayu ini memiliki konsistensi yang cenderung lebih cair, maka tak heran jika kamu hanya membutuhkan waktu singkat sampai lem kering sempurna.

Meskipun konsistensinya cair, namun lem kayu yang satu ini diklaim memiliki daya rekat yang lebih kuat. Selain itu, lem ini juga tidak mengandung formalin, sehingga lebih aman dan ramah lingkungan. 

7. Avian 2 Lem Epoxy

Dikenal sebagai merek cat, Avian ternyata juga memiliki produk lem epoxy untuk kayu yang terdiri dari 2 komponen, lho! Adapun kedua komponen dari lem epoxy kayu tersebut merupakan resin dan hardener, yang mana keduanya harus kamu campurkan jika ingin diaplikasikan pada permukaan kayu.

Tidak hanya itu, terdapat pula keunggulan lain dari lem yang satu ini, di antaranya adalah hasil lem yang tidak berwarna setelah kering. Sehingga tidak akan mengganggu tampilan objek dan terlihat lebih rapi secara estetik.

Selain itu, daya rekatnya pun bagus dan tahan terhadap air. Jadi, kamu tak perlu khawatir jika lem akan luntur atau berkurang kerekatannya. Tidak seperti lem kayu pada umumnya, lem yang satu ini bisa kamu aplikasikan dengan kuas ataupun kapi.

8. Crossbond X4 Wood Working Adhesive

Berbeda dari jenis lem kayu lainnya, Crossbond X4 merupakan lem kayu yang bagus berbagai permukaan dan dibuat dengan bahan dasar water-based. Maka tak heran jika lem kayu yang satu ini memiliki konsistensi yang lebih cair. Karena memiliki bahan dasar air, lem ini juga diklaim lebih ramah lingkungan dan tidak beracun.

Meskipun terbuat dari bahan dasar air, lem kayu ini memiliki daya rekat standar B3/D3. Bahkan, lem ini juga tahan air dan juga solvent (thinner). Jadi, kamu tak perlu khawatir jika permukaan terkena air.

Untuk waktu keringnya pun juga terbilang cepat, sehingga kamu tak perlu menghabiskan banyak waktu sampai lem bisa merekat kuat. 

9. Dextone Lem Alphatic

Berencana ingin membuang furnitur yang patah? Tunggu dulu! Kamu bisa merekatkannya kembali dengan lem perekat kayu dari Dextone Lem Kayu Aliphatic. Sesuai dengan namanya, lem yang satu ini merupakan lem alifatik, jadi kamu bisa menggunakannya untuk berbagai jenis kebutuhan.

Memiliki tingkat kekentalan 10.000-15.000 cps, lem kayu ini memiliki daya rekat yang kuat, sehingga objek yang ditempel dengan lem ini bisa bertahan lama dan tidak mudah lepas. Selain itu, kamu juga cukup menunggunya 10 sampai 15 menit saja, agar lem kering sempurna. 

10. Presto WRG 600

Kalau kamu membutuhkan lem kayu tahan air, lem Presto WRG merupakan produk yang ideal untuk kamu. Sebab, lem kayu ini terbuat dari bahan khusus yang menjadikannya tahan air bahkan solvent (thinner).

Tidak hanya itu, lem yang satu ini dirancang dengan teknologi aliphatic, sehingga kamu bisa mengaplikasikan lem ini untuk beragam kebutuhan, mulai dari penyambungan, penebalan, hingga perakitan dan juga pelapisan.

Sedulur juga tidak perlu memakan banyak waktu sampai lem kering, cukup 5-10 menit saja, daya rekatnya juga sudah mengikat. 

11. Crona 222 WRG

merek Crona memang cukup dikenal sebagai brand lem kayu paling kuat dan berkualitas. Adapun salah satu variannya yaitu lem kayu Crona seri 222 WRG yang didesain khusus untuk beragam kebutuhan. Kamu bisa memanfaatkan lem kayu ini untuk kebutuhan laminating, veneering, hingga kebutuhan jointing.

Tak hanya itu, lem kayu ini juga memiliki ketahanan yang bagus terhadap air, sehingga kamu bisa mengaplikasikannya pada furniture atau alat rumah tangga, tanpa khawatir jika lem akan luntur atau berkurang kekuatannya apabila terkena air. Lem ini juga diklaim cepat kering, jadi kamu juga tidak perlu menunggu lama sampai lem kering.

Lem kayu dari Crona ini juga anti panas dan pastinya tidak meleleh meski barang yang kamu rekatkan diletakkan terkena sinar matahari. Selain itu, dengan bentuk botol yang dilengkapi bagian ujung yang runcing, menjadikan lem kayu ini lebih mudah diaplikasikan. 

12. Alteco Super Glue 110

Kalau produk satu ini sudah pasti Sedulur tahu. Bahkan, mungkin di rumah Sedulur saat ini sudah tersedia lem ini. Lem Alteco memang sudah cukup familier bagi masyarakat Indonesia.

Sedulur akan sangat mudah menemukannya sebab toko kelontong pun banyak yang menjualnya. Tekstur lem ini sendiri memiliki karakteristik cair dan mudah kering.  Jadi, sebaiknya hati-hati saat menggunakannya agar tidak mengenai jari atau bagian lain yang tidak diinginkan.

Lem ini memang dikenal sangat andal untuk mengelem berbagai barang. Selain merekatkan kayu, Sedulur bisa juga menggunakannya untuk perabot plastik, keramik, kulit, gelas, dan lainnya.

Demikian tadi deretan rekomendasi lem kayu terbaik yang bisa Sedulur coba. Bahan satu ini tak hanya bisa berguna menempelkan kayu, tapi juga bisa merekatkan bahan-bahan lain di rumah. Semoga dengan ulasan kali ini bisa membantumu ya Sedulur!