lantai garasi mobil

Terdapat banyak jenis lantai garasi minimalis yang tidak hanya mampu membuat tampilan teras terlihat lebih estetik, namun juga mencegah ban jadi selip. Ya, selain faktor estetika, daya tahan tentu saja menjadi hal utama yang tidak boleh dikesampingkan.

Tidak hanya lantai carport berupa plesteran, area tersebut juga bisa didesain menarik dengan pengapilasian material-material lain seperti keramik, batu alam, atau lain sebagainya. Yang pasti jenis material yang digunakan tidak boleh sembarangan.

Jangan sampai ketika garasi mobil di rumah Sedulur belum lama dibuat, namun bagian lantainya sudah rusak. Nah, bagi yang sedang mencari referensi terkait lantai untuk garasi, simak beberapa model lantai garasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Desain Kamar Tidur dengan Kamar Mandi Dalam

-->

1. Lantai garasi minimalis dan elegan

lantai garasi mobil
This Old House

Bagi yang mengusung desain minimalis modern pada bagian garasi di rumah, bisa membuat lantai kotak dengan paduan batu sikat putih. Sedulur tidak perlu meragukan lagi kekuatan model lantai garasi semacam ini dalam menahan beban mobil.

Selain itu, aksen batu koral yang diberikan secara tidak langsung membuat lantai tersebut menjadi tidak licin pada saat hujan.

2. Keramik minimalis bernuansa natural

Lantai garasi mobil natural bisa dijadikan sebagai opsi terbaik, jika ingin memberi keselaran terhadap taman yang ada di bagian depan hunian. Warnanya yang terkesan netral juga tidak akan mengganggu desain utama rumah yang sudah dibuat.

Namun jangan lupa memilih jenis keramik yang memiliki tekstur kasar, supaya mobil tidak selip terutaa musim hujan tiba.

3. Lantai kotak beraksen batu koral

lantai garasi mobil
Flooring Stores

Untuk lantai garasi minimalis yang satu ini, terlihat sangat menarik karena bentuk kotak sederhana yang dipadukan dengan aksen putih dari batu koral. Bisa dibilang model lantai garasi ini sangat cocok diterapkan bagi Sedulur yang memilih rumah tipe 36.

Ya, jenis rumah ini memang lebih cocok jika ditambahkan sebuah garasi kecil yang hanya cukup untuk menampung satu mobil saja.

4. Lantai dari batuan alam

Tidak hanya lantai kotak dengan akses batu koral, batuan alam juga mampu menghadirkan keunikan tersendiri pada area parkir kendaraan di rumah bertipe 36 yang Sedulur miliki. Bahkan jenis lantai ini bisa dipadukan dengan koral putih dan batu alam andesit, lho.

Sehingga nantinya unsur natural dan rustic yang keren akan benar-benar terasa kental, dan membuat siapa saja terpana saat memandangnya.

5. Semen ekspose

Jika dana yang Sedulur persiapkan untuk membuat lantai garasi minimalis terbatas, tidak usah bingung. Cobalah untuk mengaplikasikan semen ekspos untuk bagian lantai tersebut. Di samping biayanya yang terjangkau, jenis lantai seperti ini memang sedang menjadi tren.

Bahkan tidak jarang ditemukan pada banyak hunian kekinan, karena memang terbukti mampu membuat garasi terlihat keren.

BACA JUGA: 12 Desain Taman Kecil 1 Meter Bikin Rumah Jadi Sejuk dan Asri!

6. Lantai dari beton ekspos

Airtasker

Lantai dari beton ekspos juga sering menjadi pilihan untuk berbagai aplikasi di dalam maupun luar rumah. Ya, ternyata material yang satu ini juga sangat cocok dijadikan salah satu aransemen dalam mempercantik eksterior bangunan, termasuk lantai garasi.

Selain menambah estetika, material beton juga dikenal dengan ketahanannya terhadap paparan cuaca, sehingga sangat cocok sebagai material lantai carport atau garasi.

7. Lantai aksen koral putih minimalis

Mode lantai carport minimalis beraksen koral putih ini terasa sangat cocok jika diterapkan pada gaya rumah modern terbaru. Lantai yang terlihat simpel dan bersih, tentu saja akan membuat hunian Sedulur tampak lebih menawan.

Dengan paduan antara semen ekspos dengan batu koral putih sebagai aksennya, maka lantai garasi akan terlihat lebih bersih dan elegan.

8. Model lantai bercorak

Jika ingin menghadirkan tampilan yang terkesan unik dan tidak monoton, maka bisa menggunakan keramik lantai garasi bercorak floral. Selain itu, corak-corak floral yang dipilih juga akan membuat lantai garasi mobil terlihat mewah.

Namun pastikan Sedulur memilih warna keramik yang bernuansa natural, seperti halnya krem atau cokelat sehingga tidak mudah kotor dan motifnya juga tampak lebih jelas.

9. Lantai garasi modern

garasi mobil modern
HGTV

Keramik garasi mode terbaru ini, pastinya mampu menghadirkan nuansa yang mewah dan modern untuk bagian garasi mobil di rumah Sedulur. Motif dan tekstur yang terlihat keren, membuat siapa pun tidak pernah bosan untuk melihatnya.

Nah, Sedulur bisa menerapkan motif lantai yang simetris, sehingga muncul kesan yang menarik namun tetapi rapi di area garasi.

10. Variasi keramik kotak-kotak

Untuk menghindari tampilan lantai garasi yang terasa monoton, Sedulur juga dapat merancangnya dengan variasi keramik bermotif kotak-kotak. Tidak hanya menambah estetika, motif ini juga bisa menjadi pijakan ban mobil agar tidak selip, terutama pada saat hujan.

Oh iya, jangan lupa pula untuk menggunakan jenis keramik yang memang khusus diperuntukkan untuk luar ruangan, ya!

11. Keramik batu sikat

Perlu untuk diketahui, keramik batu sikat ternyata juga menjadi material yang kuat untuk menopang beban kendaraan, lho. Jadi Sedulur dapat memanfaatkan jenis keramik tersebut sebagai lantai pada ruang garasi atau carport.

Menariknya, Sedulur juga bisa memilih pola sesuai dengan keinginan, sehingga nantinya bisa dibuat pola lantai yang benar-benar cantik.

12. Lantai conblock

ide garasi minimalis
BSQ Land Architects

Kalau tidak terlalu suka dengan material keramik, maka Sedulur dapat coba menggunakan susunan paving block atau conblock pada lantai garasi. Bahan pembuat dari konblok sendiri adalah beton, sehingga kekuatannya dalam menyangga beban kendaraan tidak perlu diragukan lagi.

Penggunaan konblok pada lantai garasi luar rumah juga akan membuat garasi terlihat lebih rapi dan natural.

Semua model lantai garasi rumah yang sudah dijelaskan di atas, dijamin mampu membuat bagian garasi di rumah Sedulur terlihat lebih menarik. Namun yang paling penting, semua model tersebut memiliki kekuatan untuk menopang beban kendaraan yang tidak ringan.

Sehingga tidak hanya enak untuk dipandang, tetapi Sedulur juga tidak perlu khawatir lantai akan cepat rusak meski sudah lama dibuat.