lampu tidur

Memilih lampu tidur yang terbaik memang cukup membingungkan karena butuh ketelitian dan kesesuaian supaya kualitas istirahat menjadi lebih nyenyak. Dalam pemilihannya, usahakan untuk menyelaraskan dengan dekorasi kamar supaya memberikan kesan stylish pada ruangan dan tampak lebih enak dipandang.

Ada berbagai macam pilihan yang bisa kita cocokkan, mulai dari desain yang menggantung, bisa diletakkan di meja, sampai di lantai. Jika Sedulur masih bingung memilih tipe dan desain lampu tidur yang cocok dengan ruangan, yuk simak rekomendasi dan detail lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: 14 Desain Kolam Ikan Mini di Teras Rumah Modern & Kekinian

1. Lampu tidur LED tumblr

lampu tidur
Pexels

Lampu tidur LED memiliki bentuk yang unik dan kecil, serta biasa ditemukan di kamar anak remaja perempuan. Biasanya, jenis yang satu ini diletakkan dengan cara digantung atau ditempelkan di dinding kamar, lalu ditambah sentuhan foto-foto polaroid yang menjadikannya semakin indah dan estetik.

-->

Sering kali, jenis yang satu ini dapat pula digunakan sebagai dekorasi yang menghadirkan kesan keren dan modern. Selain karena memiliki kelap kelip yang indah, jenis yang satu ini juga mempunyai beragam warna yang menarik. Bentuk yang ditawarkan tak kalah beragam, ada yang bulat hingga berbentuk bintang. Semuanya bisa dipilih sesuai dengan keinginan Sedulur.

Kebanyakan, orang-orang menggunakannya dengan cara digantung di dinding. Kelebihan lain dari jenis ini adalah proyeksi cahaya yang tidak menyilaukan mata. Jadi, Sedulur bisa beristirahat dengan nyaman dan tidak terganggu. Jenis ini tergolong terjangkau, harganya mulai dari Rp15.000-an per 10 meternya.

2. Lampu tidur dinding

lampu tidur
BP Guide

Sesuai namanya, jenis lampu tidur yang satu ini digunakan dengan cara dipasang di dinding ruangan. Jenis ini akan menjadi terasa mudah terutama bagi Sedulur yang mempunyai ruangan tidak terlalu luas. Alasannya, jenis ini bisa menghemat tempat dan tidak akan mempersempit kamar. Lampu tidur dinding tersedia dalam banyak pilihan dengan bentuk bermacam-macam, mulai dari tradisional, modern, besar, hingga kecil minimalis.

3. Lampu tidur karakter

lampu tidur
Alibaba

Yang satu ini cocok untuk dijadikan lampu tidur kamar si kecil. Jenis ini tersedia dalam berbagai macam karakter yang bisa disesuaikan dengan keinginan sang buah hati. Tak hanya untuk penerangan saja, yang satu ini juga cocok untuk dijadikan dekorasi atau pajangan di ruangan anak.

Jika Sedulur sedang mencari jenis yang akan memeriahkan kamar tidur anak, maka bisa mencoba rekomendasi produk karakter berbentuk bulan sabit dari IKEA. Lampu tidur bulan ini memiliki desain yang unik dan lucu, sehingga sangat cocok untuk mempercantik kamar anak. Tak hanya itu saja, produk ini juga tahan terhadap panas serta diklaim tidak akan menyetrum.

Dengan keunggulan tersebut, maka Sedulur tidak perlu lagi khawatir ketika anak ingin mencoba untuk memegangnya. Meskipun begitu, ada baiknya untuk tetap menjauhkannya dari jangkauan anak-anak karena dikhawatirkan bisa terlilit kabelnya.

Jenis yang cocok untuk anak ini juga memiliki fungsi pengatur kecerahan yang sangat disarankan. Beberapa jenisnya bisa diatur sesuai dengan tingkat keredupan yang cocok dan pas untuk bayi, terutama untuk dua bulan ke atas. Ketika bayi mulai berusia dua bulan ke atas, maka mereka telah mempunyai refleks berkedip seperti orang dewasa pada umumnya. Oleh sebab itu, produksi melatonin serta siklus sirkadian pun tidak akan terganggu dengan lampu ini.

4. Lampu tidur meja

lampu tidur
Pexels

Rekomendasi selanjutnya adalah tipe lampu tidur meja yang paling sering digunakan untuk tidur dan di meja. Jenis ini memang banyak digunakan karena jauh lebih hemat, praktis, dan tidak terlalu merepotkan untuk perawatannya. Umumnya, jenis ini diletakkan pada kasur bagian samping sehingga mudah dinyalakan dan dimatikan secara langsung hanya dengan jangkauan tangan tanpa perlu lagi melangkahkan kaki.

5. Lampu gantung

lampu tidur
Pexels

Jenis lampu tidur ini penggunaannya sesuai namanya yaitu digantung di langit-langit kamar. Lampu gantung sangat cocok dipilih untuk Sedulur yang memiliki kamar bergaya minimalis. Biasanya, jenis ini proyeksi cahayanya dapat disesuaikan sesuai yang diinginkan.

Umumnya, jenis ini berada di langit-langit kamar supaya bisa menghasilkan cahaya yang lebih menyebar secara merata pada seluruh ruangan. Tak cukup sampai di situ saja, dengan menggantungnya, maka lampu ini tidak akan memakan banyak ruangan pada kamar. Jenis yang satu ini bisa Sedulur dapatkan dengan harga mulai dari Rp150.000-an, tergantung dengan material dan desain yang digunakan.

6. Lampu tidur kayu

lampu tidur
Pexels

Selanjutnya adalah lampu tidur kayu yang mempunyai bahan dan bentuk berbeda dengan lainnya. Seperti dengan namanya, jenis yang satu ini terbuat dari bahan utama kayu dan merupakan salah satu produk kerajinan yang cukup memiliki banyak peminat. 

Kayu yang dipilih dalam jenis ini hadir dengan berbagai macam ornamen hiasan seperti ukiran. Tentunya, ornamen yang beragam bisa meningkatkan daya tarik yang dihasilkan pula. Apabila Sedulur berminat, siapkan uang yang lebih karena biasanya akan dijual dengan harga cukup mahal.

BACA JUGA: 15 Aplikasi Desain Rumah Terbaik yang Mudah & Gratis

7. Lampu tidur lantai

lampu tidur
Pexels

Rekomendasi selanjutnya yang bisa dipilih oleh Sedulur adalah lampu tidur lantai. Jenis ini biasa ditemukan di ruang tamu, selain ruangan untuk beristirahat. Tipenya direkomendasikan untuk Sedulur yang ingin membuat ruangan menjadi lebih elegan dan modis. Tipe ini bisa diletakkan di sudut ruangan, lalu biarkan ia melingkupi kamar atau ruangan dengan cahaya lembut yang dihasilkan.

Terdapat berbagai tipe desain serta material yang bisa Sedulur pilih. Hal ini dirancang untuk menunjang desain interior dari ruangan supaya lebih menarik. Jadi, Sedulur bisa memilihnya sesuai dengan nuansa dan interior kamar. Akan tetapi, berhubung jenis ini diletakkan tak jauh dari tempat tidur, maka akan lebih susah untuk menyalakan dan mematikannya.

Jika Sedulur sedang membutuhkan rekomendasinya untuk hunian dengan konsep minimalis, salah satu produk yang bisa dipilih adalah dari IKEA. Jenis ini mempunyai gaya yang minimalis, mirip dengan lampion tradisional dari Jepang. Sementara itu, kapnya menyinari keseluruhan bohlam dengan tipe bukaan kecil. Sehingga, cahaya lembut akan tercipta secara merata. Tak hanya itu saja, ukuran dari produk ini lumayan besar. Jadi, cocok untuk Sedulur yang memiliki ruangan cukup luas.

8. Lampu tidur LED sensor cahaya

Inkuiri

Untuk Sedulur yang khawatir akan tagihan listrik, maka salah satu rekomendasi yang bisa dijadikan pilihan adalah lampu tidur LED sensor cahaya. Salah satu merek yang bisa dicoba adalah taff LED. Produk ini mempunyai konsumsi daya yang cukup kecil, yaitu 0,5 watt saja. Tak sampai di situ saja, jenis ini juga telah mempunyai teknologi sensor night light. Gunanya adalah untuk memungkinkan lampu akan menyala dan mati secara otomatis. Ukurannya lumayan kecil sehingga tidak perlu banyak tempat. Tipe colokan yang digunakan adalah EU plug yang umum di Indonesia.

9. Lampu tidur jamur mini

Shopee

Lampu tidur minimalis jamur mini bisa dijadikan pilihan jika ingin suasana yang lebih nyaman dan kesannya redup. Warna dari jenis ini bisa berubah-ubah secara perlahan sehingga bisa menimbulkan kesan romantis pada kamar atau ruangan. Produk mungil ini bisa dijadikan pilihan tepat jika Sedulur sedang mencari lampu unik dengan warna indah. Selain itu, harganya juga sangat terjangkau, sehingga tidak membuat kantong jebol.

10. Lampu tidur dengan pengharum ruangan 

Pexels

Untuk Sedulur yang mempunyai masalah udara yang kering dan susah bernafas, maka jenis lampu tidur bisa mengatasi permasalahan tersebut. Selain bisa digunakan sebagai penerangan ketika sedang beristirahat, produk ini juga bisa berfungsi untuk diffuser yang bisa menjaga kelembaban udara di kamar atau ruangan. Supaya ruangan semakin harum, maka Sedulur bisa mencoba untuk meneteskan beberapa tetes aromaterapi di dalamnya. Sehingga, ruangan akan menjadi wangi semerbak.

Dengan menggunakan lampu sekaligus pengharum dan pelembab ruangan ini, Sedulur pun bisa lebih rileks dan mempunyai kualitas tidur yang bagus. Beberapa produk dari jenis ini sudah memiliki 7 Color LED Projection Lamp yang bisa memproyeksikan cahaya bintang-bintang yang unik dan menarik. Ruangan atau kamar akan menjadi lebih indah serta menentramkan.

Supaya ruangan bisa semakin estetik, maka pilihlah produk yang memiliki pilihan warna-warna yang lembut dan netral seperti cokelat tua, cokelat muda, krem, putih, dan lainnya. Dijamin, ruangan akan menjadi lebih cantik dan kualitas istirahat menjadi lebih nyaman serta nyenyak.

11. Lampu proyektor bulat

Blibli

Lampu tidur proyektor berbentuk bulat bisa dijadikan pilihan untuk Sedulur yang ingin menghadirkan suasana langit di malam hari pada ruangan kamar. Pasalnya, jenis yang satu ini akan memancarkan pantulan gambar ke dinding ketika dinyalakan.

Bagi Sedulur yang menyukai tidur gelap namun tetap mendapatkan keindahan dari pancaran cahaya suasana langit di malam hari yang bertabur bintang dan bulan, maka wajib untuk memilikinya. Gambar yang dipancarkan dari jenis ini juga sangat bagus dan indah. Selain digunakan untuk memancarkan cahaya dengan pantulan gambar, jenis ini juga bisa dijadikan mode diam dan berputar.

Biasanya, warna yang berputar bisa diubah warna dan tingkat kecerahannya menjadi merah, hijau, kuning, bahkan biru. Sedulur bisa menjalankannya dengan menggunakan tiga cara. Pertama, jenis ini bisa dinyalakan dengan menggunakan tiga buah baterai AA sebesar 1.5 V. Kedua, jenis ini juga bisa dinyalakan dengan memakai saluran USB untuk dihubungkan menuju komputer atau adapter USB (kepala charger). Kemudian, hubungkan dengan stopkontak daya.

Sementara itu, jenis ini memiliki berbagai fungsi tombol seperti lampu proyeksi, tutup lampu, dan proyeksi dekat. Perputarannya cukup terkendali serta memiliki pencahayaan yang dapat disesuaikan dengan mode malam.

12. Lampu dengan bohlam kuning

Pexels

Meskipun lampu bohlam kesannya adalah tradisional, namun jenis yang satu ini masih banyak digemari oleh masyarakat. Ada berbagai pilihan yang bagus dan cocok untuk menghiasi kamar seiring dengan perkembangan teknologi. Jenisnya pun dibuat LED dengan daya energi yang rendah dan lebih efisien. Sehingga, penggunaannya bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk menghiasi kamar yang hemat.

Jangan lupa untuk memilih color temperature warna soft white pada kisaran 2700 hingga 3000 kelvin. Alasannya, suhu warna ini sangat cocok dipasang pada kamar dan akan memberikan kesan hangat, tidak mengganggu waktu istirahat, serta tidak menyilaukan.

Color temperature adalah warna cahaya yang dikeluarkan oleh sumber cahaya. Kelvin (K) merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur color temperature. Satuan ini biasanya berguna untuk menggambarkan warna pencahayaan.

Jika temperatur warna semakin rendah, maka biasanya warna cahaya juga akan makin hangat atau menuju ke warna merah. Apabila temperatur warna semakin tinggi, maka cahaya yang dihasilkan pun akan semakin dingin atau menuju ke biru. Adapun beberapa panduan cahaya yang bisa dipakai untuk menentukannya adalah sebagai berikut:

  • Di atas 6500 K memancarkan rona cahaya kebiruan terang.
  • 4600-6500 K menghasilkan cahaya putih terang, mirip dengan cahaya pada siang hari.
  • 3100-4500 K bisa memancarkan cahaya putih terang.
  • 2000-3000 K memancarkan cahaya putih, namun sedikit agak kuning.
  • Di bawah 2000 K dapat memancarkan cahaya redup seperti cahaya lilin.

Jika Sedulur ingin kualitas tidur yang lebih baik dan nyaman, maka bisa memilih lampu dengan cahaya temperatur yang rendah. Jika memilih yang rendah, maka siklus sirkadian dan melatonin tidak akan terlalu berpengaruh. Akan tetapi, apabila terdapat kesulitan dalam mengukur patokan temperatur, maka bisa menggunakan patokan warna. Contohnya adalah warm white, cool white, dan daylight. Selain itu, terdapat pula berbagai pilihan warna seperti biru, hijau, dan merah.

13. Lampu neon

Pexels

Neon merupakan salah satu jenis lampu tidur terbaik yang terdiri dari kaca kapsul kecil yang isinya adalah campuran dari gas dan neon pada tekanan rendah dan menggunakan elektroda berjumlah dua. Kelebihan dari jenis ini adalah memiliki daya konsumsi rendah, sehingga umurnya lebih lama dan mudah digunakan.

Selain itu, jenis ini aman untuk digunakan serta tidak menyilaukan pandangan. Jadi, cocok sebagai dekorasi dan pencahayaan kamar yang lembut dan nyaman. Sedulur juga bisa mengkreasikan dengan bebas dalam berbagai macam model, bentuk, serta warna yang bervariasi. 

BACA JUGA: 12 Ide Desain Batu Alam Dinding Teras Depan Terbaru di 2022

14. Lampu tidur hias model bola kaca

Hipwee

Selain bisa dijadikan sebagai dekorasi, model lampu tidur bola kaca bisa menjadi penerangan yang baik dan nyaman. Biasanya, model ini banyak digunakan untuk ruangan dengan gaya Nordic. Sehingga, ruangan akan tercipta suasana yang hangat, nyaman, serta tenang. Sedulur bisa memilih untuk menggunakan kaca transparan atau tidak. Jika sebagai lampu tidur, maka carilah yang bola kacanya tidak transparan. Jika tidak, maka bisa menggunakan bola transparan.

15. Lampu pintar atau smart lamp

Pexels

Produk ini mempunyai cahaya lembut dan hangat, jadi bisa membuat Sedulur menjadi nyaman ketika berada di kamar. Jenis ini dibuat menggunakan elemen dual induktif, jadi mampu untuk mendeteksi cahaya yang berbeda dan bayangan lingkungan. Produk ini akan mati secara otomatis ketika siang tiba.

Selain itu, jenis ini juga bisa mendeteksi keberadaan seseorang dengan sudut 120 derajat dan jarak 6 meter. Lampu akan menyala selama 20 detik jika mendeteksi seseorang. Fitur ini menjadikannya sebagai produk yang hemat energi. 

Pertimbangan sebelum memutuskan memilih lampu tidur

Pexels

Lampu tidur digunakan untuk Sedulur supaya bisa menikmati penghujung hari dengan nyaman dan tentram. Supaya tidak salah pilih, maka simak beberapa poin berikut ini.

  • Pilih berdasarkan ukuran kap serta warna lampu. Sebagai salah satu produk yang berfungsi untuk menerangi, maka warna cahaya lampu berperan penting untuk diperhatikan. Biasanya, tipe produk yang diletakkan di meja adalah menggunakan kap. Produk dengan kap kecil mempunyai sebaran cahaya yang lebih luas. Di samping itu, produk dengan kap hingga bagian bawah umumnya mempunyai keterbatasan sebaran cahaya. Sehingga, ruangan akan menjadi lebih redup.
  • Agar semakin mudah untuk disesuaikan, periksa fitur pengatur kecerahan cahaya. Jika terlalu terang, maka produksi hormon melatonin sebagai pembantu tidur lebih nyenyak menjadi lebih berkurang. Jadi, redupkan cahaya supaya tubuh bisa terbiasa untuk melepas ketegangan secara perlahan.
  • Sesuaikanlah ukuran lampunya. Terdapat beberapa ukuran yang bisa dipilih oleh Sedulur sesuai kebutuhan. Untuk ukuran kecil, biasanya diletakkan di samping kasur dan cocok untuk Sedulur yang hobi membaca serta memiliki kamar atau ruangan yang sempit. Sementara untuk ukuran besar, biasanya mempunyai daya sebar yang cukup luas. Maka dari itu, cocok untuk digunakan pada ruangan yang luas.
  • Pilih bentuk yang cocok dengan interior kamar. Sesuaikan jenis dengan desain interior, posisi peletakannya, serta suasana pencahayaan agar kualitas tidur semakin nyaman dan bagus.

Itu dia berbagai rekomendasi dan pilihan lampu tidur yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Sedulur. Penggunaannya bukan cuma sekadar memenuhi nilai estetika saja, namun harus juga bisa membuat kualitas istirahat menjadi lebih baik. Selain itu, pertimbangkan juga produk yang memiliki daya energi rendah dan hemat. Semoga membantu!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!