kombinasi cat rumah warna biru muda

Kombinasi cat rumah warna biru muda saat ini sedang menjadi tren dan sangat digandrungi. Bahkan cocok untuk diaplikasikan dalam beberapa desain rumah. Selain itu, pemilihan warna cat rumah juga sangat berpengaruh terhadap tampilan ruangan, bahkan pada tampilan hunian secara keseluruhan.

Dalam ilmu psikologi, warna biru dipercaya mampu memberi efek yang menenangkan. Tapi yang menjadi tantangan adalah kombinasi cat rumah warna biru muda yang cocok. Pasalnya tidak akan mudah mencari warna yang tepat. Untuk itu, berikut ini beberapa rekomendasinya.

BACA JUGA: Penyebab Rumah Panas Saat Malam Hari dan Cara Mengatasi

Tips Memilih Warna Cat Dinding

cat pintu kayu
Mano Mano

Tentu kita semua tahu bahwa memilih warna cat dinding rumah sangatlah penting. Tak hanya ditentukan dari merek catnya saja, tapi juga harus mengetahui kira-kira warna apa yang cocok untuk rumah kamu, mulai dari ruang tamu, ruang makan, dapur, hingga kamar tidur. Untuk itu, berikut ini beberapa tips yang membantu kamu memilih warna cat rumahmu.

  • Jika kamu ragu, mulailah mengecat dari ruangan yang kecil. Kamu bisa melakukan eksperimen kecil-kecilan dengan mencoba warna cat baru, kalau dirasa suka dan cocok maka kamu bisa mengecat ke ruangan yang lain.
  • Pikirkan warna cat yang sesuai dengan mood. Pertimbangkan juga suasana ruangan yang akan kamu tempati. Misalnya, jika kamu ingin mengusung nuansa yang tenang dan bahagia, kamu bisa memilih warna netral atau pastel.
  • Perhatikan pencahayaan di dalam rumah. Misalnya, kalau rumah kamu memiliki cahaya lampu pijar, maka lebih menonjolkan warna-warna hangat dan kuning.
  • Pahami arti setiap warna. Jadi bisa membantu mood kamu untuk tetap positif.
  • Gunakan warna cat tembok yang serasi dengan atap. Jika atap cenderung berwarna gelap, kamu bisa memadukannya dengan warna yang tidak begitu mencolok seperti putih, krem, atau abu-abu.
  • Tentukan transisi warna yang pas. Jadi tidak menimbulkan kesan nabrak, terlalu ramai, dan tidak estetik. 
  • Pasang aksesori untuk ruangan yang pas. Jadi antara warna dinding dan interior tetap serasi.

Tips Mengecat Tembok Dengan Benar

The Sweat Life

Bagi kamu yang ingin mengecat dinding rumah sendiri alias tanpa tukang dan ini adalah pengalaman pertama kalimu, tentu kamu perlu menyiapkan beberapa hal. Pasalnya, mengecat rumah itu susah-susah gampang. Untuk itu berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu.

  • Siapkan dulu peralatan seperti bak cat, kuas dan roller, lakban, masking tape, amplas, koran, tangga, dan lainnya.
  • Bersihkan dahulu tembok sebelum dicat. Pastikan tidak ada debu yang menempel sehingga permukaan rata dan bersih.
  • Tutup bagian yang tidak ingin dicat seperti bagian jendela, gagang pintu, dan lainnya sert tutup menggunakan lakban atau masking tape.
  • Benahi bagian yang lembab menggunakan produk acian kedap air dan tutup retakan pada tembok dengan semen emulsi polimer.
  • Aduk cat terlebih dahulu sebelum digunakan agar tidak ada yang menggumpal dan kamu tidak perlu menambahkan air agar kualitas cat lebih optimal dalam memberi perlindungan.
  • Aplikasikan warna dasar tembok seperti putih, kemudian kamu bisa menerapkan warna baru.
  • Gunakan roller saat mengecat agar lebih rata. Untuk sudut sempit kamu bisa menjangkaunya dengan kuas kecil.
  • Untuk teknik mengecat disarankan dua kali pelapisan. Lapis pertama dan kedua diusahakan menyilang satu sama lain. Apabila lapisan pertama posisi vertikal, maka lapis kedua bisa horizontal dan sebaliknya.
  • Selesai pengecatan cuci bersih peralatan. Jika ada sisa cat, tutup kembali rapat-rapat dan simpan di tempat yang kering.

BACA JUGA: 12 Kombinasi Cat Rumah Warna Cream untuk Hunianmu!

Rekomendasi Warna Cat Tembok Rumah

Berikut ini deretan rekomendasi warna cat rumah terbaik dengan nuansa biru muda yang bisa Sedulur coba.

1. Kombinasi warna biru muda dengan hijau

kombinasi cat rumah warna biru muda
The Front Door Project

Kombinasi cat dinding rumah warna biru muda dengan hijau tampaknya jarang menjadi pilihan. Tapi sebenarnya keduanya bisa menjadi kombinasi warna yang menghasilkan tone yang unik. Warna biru muda dan hijau memberi kesan yang menenangkan, dijamin akan membuat suasana ruangan menjadi nyaman.

Untuk warna perabotan atau furniture juga bisa kamu sesuaikan agar lebih serasi. Warna yang bisa masuk sebagai aksen seperti putih sebagai warna netral atau cokelat. Pasti akan bikin suasana rumah lebih menyenangkan.

2. Kombinasi warna biru muda dengan biru tua

Tentu saja warna biru muda tak hanya bisa dipadupadankan dengan warna lain. Tetapi juga bisa kamu dikombinasikan dengan warna turunan, yaitu biru muda dan biru tua. Pasti keduanya akan terlihat serasi dan berimbang.

Kombinasi cat rumah warna biru muda dan tua ini akan memberi kesan yang tegas. Tapi tetap memberi kenyamanan dan kehangatan di dalam ruangan. Dengan dekorasi warna yang kontras, ruangan pun akan tampil lebih segar.

3. Kombinasi warna biru muda dengan putih

Better Homes & Garden

Kalau kamu menginginkan suasana yang tenang di dalam ruangan, perpaduan warna biru muda dan putih adalah pilihan warna yang sangat cocok. Warna biru muda yang lembut dan warna putih yang netral, membuat ruangan terasa nyaman serta menenangkan. 

Warna biru yang dianggap melambangkan air pun semakin memberikan rasa yang menyegarkan. Tentunya kedua warna ini bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi cat dinding rumah kamu. Dengan begitu hunianmu akan terlihat lebih elegan dan modern.

4. Kombinasi warna biru muda dengan oranye

Biru muda tak hanya dapat dikombinasikan dengan warna yang lembut. Pasalnya, warna yang cerah seperti orenye juga bisa menjadi perpaduan yang. Kombinasi ini juga memberi kesan yang berani dan percaya diri.

Warna biru muda yang lembut dan menenangkan, dapat menjadi penyeimbang warna orenye yang terang dan terkesan ceria. Ruangan akan terasa lebih hidup, dengan suasana yang tetap terasa nyaman dan menenangkan.

5. Kombinasi warna biru muda dengan kuning

kombinasi cat rumah warna biru muda
Architectural Digest

Pada dasarnya warna biru tak harus selalu diterapkan sebagai warna cat dinding. Tapi kamu bisa mencoba warna biru muda dihadirkan dari furnitur dan gorden, kemudian warna kuning kamu terapkan pada tembok. Pasti menjadi kombinasi yang menarik.

Warna biru muda yang lembut, dapat menyeimbangkan warna kuning yang cerah. Agar ruangan tidak terlalu mencolok, terapkan warna kuning hanya di bagian salah satu dinding saja. Kamu juga dapat menambahkan warna putih di sisa bagian dinding lainnya sebagai aksen, sehingga ruangan tetap terasa nyaman dan menenangkan.

6. Kombinasi warna biru muda dengan pink

Warna biru muda dan pink atau merah muda bisa menjadi kombinasi warna yang menarik. Keduanya dinilai cocok terutama jika kamu menyukai warna yang lembut dipadu dengan suasana yang menenangkan. Pasti terasa nyaman.

Kombinasi warna biru muda dan pink sangat pas untuk kamu yang ingin menonjolkan sisi feminin, atau juga dapat diterapkan di kamar tidur anak perempuan. Jadi kamu bisa memasukkan pilihan sebagai bahan pertimbangan.

7. Kombinasi warna biru muda dengan hitam

Architectural Digest

Kalau kamu ingin mencoba dengan kombinasi yang lebih berani, warna biru muda dan hitam bisa menjadi pilihan. Keduanya akan membuat ruangan tampak lebih nyaman dan memberikan kesan elegan. Apalagi jika digunakan pada ruang makan yang akan membuat suasana lebih menenangkan.

Selain itu, perpaduan warna ini juga cocok untuk kamu yang tidak mau ruangan yang terlalu terang. Warna biru muda yang tenang berpadu dengan warna hitam yang netral, akan membuat ruangan terlihat elegan. Atau kamu memposisikan warna biru muda yang lebih dominan, sedangkan warna hitam sebagai aksen. Ini juga cocok.

8. Kombinasi warna biru muda dengan pastel

Kalau kamu ingin membuat suasana yang instagramable, warna biru muda dan pastel pasti akan membuat ruangan lebih artistik. Pasalnya efek yang ditimbulkan dari dua warna ini sangat lembut dan menenangkan.

Kombinasi ini bisa kamu terapkan pada ruangan tertentu di rumah. Tapi, paling cocok adalah di tempat tidur. Pasalnya akan membuat penghuninya lebih betah dengan suasana yang nyaman.

9. Kombinasi warna biru muda dengan abu-abu

Bay’s Painting

Bagi kamu yang menginginkan desain interior ceria, cobalah memadukan warna biru muda dengan abu-abu. Kedua warna ini akan membuat mood kamu selalu positif di dalam ruangan. Tentu membuat kamu lebih betah.

Tambahkan juga dekorasi dan furnitur yang warna yang sesuai untuk menciptakan keharmonisan. Dijamin suasana ruangan akan terasa lebih hidup dan tetap terasa nyaman serta menenangkan.

10. Kombinasi warna biru muda dengan ungu

Beberapa dari kamu mungkin tidak menyangkan warna biru muda dapat dikombinasikan dengan warna ungu yang jarang diterapkan banyak orang. Keduanya ternyata bisa menghasilkan perpaduan warna yang unik, salah satunya untuk kamar tidur.

Dengan warna biru muda yang lembut dan warna ungu yang elegan, ruangan akan terasa nyaman. Kamu pun akan lebih betah berlama-lama di dalam ruangan melakukan berbagai aktivitas. Jadi patut kamu jadikan pilihan.

Itulah tadi beberapa kombinasi cat rumah warna biru muda yang cocok, tips memilih sampai cara mengecatnya. Semoga artikel ini bisa membantu ya.