Salah satu kisah nabi yang penuh dengan makna dan pelajaran yang menginspirasi hingga saat ini. Yuk, mari kita simak kisah nabi Yusuf AS di bawah ini!

Di antara 25 nabi yang wajib diyakini dan diimani oleh setiap umat muslim adalah nabi Yusuf AS. Setiap nabi memiliki ujiannya masing-masing dan memiliki perjalanan hidup yang berat. Termasuk nabi Yusuf AS, kisah nabi Yusuf sangat penuh dengan ujian dan cobaan yang berat.

Dari setiap ujian dan cobaan yang dihadapi oleh nabi Yusuf, terdapat beberapa hal yang bisa menjadi pelajaran yang bisa kita ambil sebagai umat muslim agar dapat selalu menjadi pribadi yang baik dengan tingkat ketakwaan yang selalu bertambah setiap harinya.

Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan menjelaskan tentang kisah nabi Yusuf AS kepada Sedulur Super sekalian. Kisah nabi Yusuf singkat ini diharapkan dapat memperkuat keimanan Sedulur sebagai seorang muslim. Selain itu juga diharapkan melalui kisah nabi Yusuf dalam Al Qur’an ini, Sedulur bisa semakin giat beribadah dan bersyukur kepada Allah SWT. Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: Keutamaan & Manfaat Doa Nabi Yunus Ini Perlu Kamu Tahu

Inspirasi Kisah Nabi Yusuf, Teladan Bagi Setiap Umat Islam

1. Nabi Yusuf Merupakan Nabi yang Wajib Diimani

1. Nabi Yusuf Merupakan Nabi yang Wajib Diimani
inews.co.id

Dalam Islam, terdapat banyak nabi yang menyebarkan dan menegakkan agama Allah SWT dalam setiap zaman dan setiap peradaban. Dari banyaknya nabi tersebut, terdapat 25 nabi dan rasul yang wajib diyakini oleh setiap umat muslim. Salah satunya adalah nabi Yusuf AS. Nabi Yusuf merupakan nabi dan rasul dengan urutan ke-11 yang wajib diyakini dan diimani.

Bukan hanya itu, dalam kisah nabi Yusuf, nabi Yusuf juga merupakan anak dari nabi Yakub bersama dengan adik bungsunya yaitu Bunyamin. Berawal dari ini, merasa ayahnya hanya menyayangi nabi Yusuf dan Bunyamin, kakak-kakak nabi Yusuf sangat iri hati dan dengki kepada nabi Yusuf dan Bunyamin.

2. Nabi Yusuf Bermimpi dan Menceritakan Kepada Sang Ayah

2. Nabi Yusuf Bermimpi dan Menceritakan Kepada Sang Ayah
popmama.com

Kisah nabi Yusuf AS berlanjut dengan nabi Yusuf yang menceritakan mimpinya kepada sang ayah. Nabi Yusuf menceritakan bahwa ia dalam mimpinya melihat sebelas bintang, matahari dan bulan. Nabi Yusuf melihat semua bintang, matahari dan bulan bersujud kepadanya.

Dalam kisah nabi Yusuf, seketika ketika mendengar mimpinya tersebut, ayahnya yang adalah nabi Yakub AS, meminta Yusuf untuk mencertikan mimpinya kepada kakak-kakaknya. Dari mimpi tersebut, nabi Yakub mengetahui kelak Nabi Yusuf akan diangkat menjadi nabi dan rasul Allah SWT.

3. Nabi Yusuf Disingkirkan oleh Saudaranya

3. Nabi Yusuf Disingkirkan oleh Saudaranya
kumparan.com

Selain sebagai anak kesayangan, nabi Yusuf juga diberkahi wajah yang sangat tampan dan sempurna. Hal tersebut semakin menambah kebencian kakak-kakaknya kepada nabi Yusuf. Dalam cerita nabi Yusuf, selanjutnya adalah kisah nabi Yusuf saat difitnah oleh kakaknya, yang pada akhirnya dibuang ke sebuah sumur oleh kakak-kakaknya.

Membuat nabi Yusuf merupakan usaha dari kakak-kakaknya agar mereka kembali mendapatkan rasa sayang sang ayah, yaitu Nabi Yakub AS. Bagian disingkirkan dan dibuang ke dalam sumur oleh kakak-kakaknya, merupakan bagian penting dalam kisah nabi Yusuf, yang bisa dibilang sebagai titik balik kehidupan nabi Yusuf itu sendiri.

Baca Juga: Zakat Fitrah: Pengertian, Hukum, Doa & Niatnya. Terlengkap!

4. Ditemukan Oleh Kalifah dan Dijual Pada Orang Mesir

4. Ditemukan Oleh Kalifah dan Dijual Pada Orang Mesir
fokushidup.com

Kisah nabi Yusuf berlanjut dengan ditemukan oleh Kalifah dan dijual kepada orang Mesir. Pada saat itu masih terjadi sistem jual beli manusia dan dijadikan sebagai budak, hal tersebut masih sangat wajar pada zaman dahulu, tidak seperti saat ini yang merupakan sebuah pelanggaran kemanusiaan.

Kisah nabi Yusuf pun memasuki babak baru, dan hidup di Mesir, sebuah kerajaan makmur dan kaya raya. Ketika berada dalam sumur, nabi Yusuf mendapatkan wahyunya yang pertama dari Allah SWT dan diperintahkan untuk sabar, karena Allah SWT akan menyelamatkannya. Terbukti dengan datangnya Kalifah dan menyelamatkan nabi Yusuf.

5. Dibeli Oleh Keluarga Perdana Menteri Mesir

5. Dibeli Oleh Keluarga Perdana Menteri Mesir
tafsiralquran.id

Selanjutnya dalam kisah nabi Yusuf adalah hidup dengan sebuah keluarga pejabat kerajaan Mesir. Nabi Yusuf dijual kepada keluarga Perdama Menteri Kerajaan Mesir. Keluarga Perdana Menteri tersebut membeli nabi Yusuf dari Kalifah dan menjadikannya sebagai anak.

Dalam kisah nabi Yusuf, terdapat satu perempuan yang sangat kagum terhadap ketampanan nabi Yusuf dan hingga kemudian menganggu nabi Yusuf itu sendiri. Perempuan tersebut bernama Zulaikha, istri dari Perdana Menteri Mesir yang membeli nabi Yusuf dari Kalifa.

6. Digoda Oleh Zulaikha, Istri Perdana Menteri Mesir

6. Digoda Oleh Zulaikha, Istri Perdana Menteri Mesir
fokuslintas.com

Kisah nabi Yusuf dan Zulaikha disampaikan dalam Q.S Yusuf dari ayat ke-23 hingga ke-29. Dalam ayat tersebut diceritakan bagaimana Zulaikha menggoda dan merayu Yusuf agar dapat mengikuti hasratnya. Zulaikha bergitu terpesona dan terobsesi kepada nabi Yusuf akibat ketampanannya.

Namun, nabi Yusuf dengan berteguh hati dan kuat pendirian menolak godaan dan rayuan dari Zulaikha. Ketampanan nani Yusuf pun kemudian menyebar ke seluruh Mesir dan menjadi pembicaraan dari istri-istri pejabat dan juga setiap perempuan yang ada di Mesir. Telah membuat kehebohan, Perdana Menteri yang memiliki Yusuf pun kemudian menjebloskannya ke penjara.

7. Diminta Mengartikan Sebuah Mimpi

7. Diminta Mengartikan Sebuah Mimpi
harianaceh.co.id

Kisah nabi Yusuf dan mukjizatnya pun berlanjut di penjara. Selama di penjara, Nabi Yusuf berdakwah dan menegakkan agama Allah SWT. Hal ini dimulai beberapa tawanan di penjara yang bermimpi dan meminta nabi Yusuf untuk menafsirkan mimpinya. Sambil menafsir mimpi, Nabi Yusuf pun sekaligus berdakwah.

Salah satu mimpi yang ditafsir oleh nabi Yusuf adalah mimpi seorang pemuda yang berarti seorang pemuda tersebut akan terbunuh. Dalam penjara, terdapat dua pemuda yang ditafsir mimpinya oleh Yusuf, yang pertama yang akan terbunuh, satu lagi yang akan selamat dan melanjutkan hidup. Tafsiran dari Yusuf pun terbukti ketika dua pemuda tersebut pun bebas dari penjara. Salah satu meninggal, satu lagi selamat dan melanjutkan hidup.

8. Nabi Yusuf Menjadi Seorang Tafsir Mimpi

8. Nabi Yusuf Menjadi Seorang Tafsir Mimpi
satedengantuhan.files

Kisah nabi Yusuf selanjutnya adalah tentang kehidupan nabi Yusuf yang dikenal sebagai seorang ahli tafsir mimpi. Hal tersebut juga merupakan salah satu mukjizat dari nabi Yusuf itu sendiri, dan digunakan sebagai salah satu media untuk berdakwah dan menegakkan agama Allah SWT.

9. Mengartikan Mimpi Raja Mesir

9. Mengartikan Mimpi Raja Mesir
masbagyo.com

Kisah nabi Yusuf selanjutnya adalah merupakan titik balik dari kehidupan nabi Yusuf AS. Raja Mesir pernah bermimpi yang sangat unik dan raja pun penasaran atas tafsirannya. Raja bermimpi tentan tujuh ekor sapi betina yang gemuk dan dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus. Serta bermimpi tujuh tangkai gandum yang hijau dan tujuh tangkai gandum lainnya yang kering berwarna kuning.

Tidak ada satu orang pun yang berhasil menafsirkan mimpi tersebut, hingga akhirnya Raja pun membuat pengumuman kepada setiap rakyat yang merasa mampu menafsirkan mimpi Raja. Salah seorang pemuda yang selamat, yang ernah ditafsir mimpinya oleh nabi Yusuf dipenjara pun menyampaikan kepada Raja bahwa ada seorang pemuda yang pandai dalam menafsir mimpi, pemuda tersebut adalah nabi Yusuf.

Dipertemukan nabi Yusuf dengan Raja, dan nabi Yusuf pun berhasil menafsirkan mimpinya. Mimpi dari Sang Raja disampaikan dalam Q.S Yusuf ayat 43-44, yang artinya:

Agar kamu bercocok tanam tujuh tahun sebagaimana biasa, kemudian apa yang kamu tuai hendaklah kamu biarkan di tangkainya kecuali sedikit untuk kamu makan. Kemudian setelah itu akan datang tujuh tahun yang sangat sulit…

Sebagai imbalan dari kemampuannya tersebut, nabi Yusuf pun dibebaskan oleh Raja dan menjadi orang yang benar-benar bebas. Bukan menjadi budak seseorang dan tidak terikat pada siapapun.

10. Menjadi Petinggi Kerajaan Mesir dan Bertemu Kembali dengan Saudaranya

10. Menjadi Petinggi Kerajaan Mesir dan Bertemu Kembali dengan Saudaranya
sindonews.net

Kisah nabi Yusuf selanjutnya, setelah berhasil mengartikan mimpi Raja Mesir, nabi Yusuf pun dipercayai sebagai bendahara kerajaan oleh Sang Raja, dan menjadi orang terdekat dari Raja. Bendahara kerajaan merupakan sebuah jabatan yang sangat tinggi dan terpandang, juga merupakan sebuah kedudukan yang sangat membanggakan.

Tidak lama setelah menjadi petinggi kerajaan Mesir, datang serombongan pemuda dari Palestina ke kediaman nabi Yusuf, secara mengangetkan ternyata rombongan pemuda tersebut adalah saudara kandung dari nabi Yusuf yang telah membuang dengan sengaja. Saudara nabi Yusuf tersebut datang dengan maksud meminta bahan makanan.

Nabi Yusuf pun sepakat memberi bahan makanan dengan satu syarat, datang kembali minggu depan dan membawa satu saudara yang tidak ikut, yaitu Bunyamin. Bunyamin merupakan adik nabi Yusuf yang paling disayangi. Seminggu kemudian mereka kembali datang, dan nabi Yusuf menarik Bunyamin dan menyampaikan bahwa ia adalah kakanya yang telah dibuang. Maka nabi Yusuf memberikan sebuah baju miliknya kepada Bunyamin dan diminta untuk diberikan kepada ayahnya, dan diusapkan ke wajahnya

11. Bertemu Kembali dengan Ayahnya Nabi Yakub, Setelah Sekian Lama

11. Bertemu Kembali dengan Ayahnya Nabi Yakub, Setelah Sekian Lama

Sekembalinya dari Mesir, Bunyamin memberikan baju nabi Yusuf kepada ayahnya. Nabi Yakub AS pun telah dapat mencium aroma nabi Yusuf yang sangat dikenalinya. Setelah pakaian tersebut diusapkan, penglihatan nabi Yakub yang telah memudar dan buyar pun seketika menjadi sehat dan memiliki kemampuan yang normal kembali.

Kisah nabi Yusuf berlanjutnya dengan pertemuan antara nabi Yakub dan nabi Yusuf yang telah terpisah sangat lama. Pertemuan tersebut diabadikan dalam Al- Quran, Q.S Yusuf ayat 100, yang artinya:

Wahai ayahku! Inilah arti mimpiku yang dahulu itu. Dan sesungguhnya Tuhanku telah menjadikannya kenyataan. Sesungguhnya Tuhanku telah berbuat baik kepadaku, ketika Dia membebaskan aku dari penjara…

12. Pelajaran yang Bisa Dipetik Dari Kisah Nabi Yusuf

12. Pelajaran yang Bisa Dipetik Dari Kisah Nabi Yusuf
suaramuhammadiyah.id

Dari kisah perjalanan nabi Yusuf yang telah dijelaskan di atas, kesimpulan kisah nabi Yusuf yang bisa dipetik pelajaran untuk kita sebagai umat muslim adalah bahwa kesabaran dan keteguhan hati merupakan kunci sukses dalam menjalankan hidup. Selalu sabar dan berteguh hati, juga senantiasa yakin kepada Alla SWT saat mendapatkan ujian berat merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap umat muslim.

Kendati pun mendapatkan ujian yang sangat berat selama hidupnya, nabi Yusuf selalu sabar dan berpegang teguh kepada Allah SWT dan berprasangka baik kepada Allah SWT atas segala rencana baikNya untuk setiap umatNya. Allah SWT pun kemudian memberikan kedudukan yang baik untuk nabi Yusuf dan dipertemukan kembali dengan keluarganya yang telah lama berpisah.

Semoga melalui kisah nabi Yusuf AS yang telah dijelaskan di atas, kita sebagai umat muslim dapat senantiasa memperkuat dan mempertahankan keimanan kita untuk selalu bersabar, berpegang teguh kepada Allah dan selalu yakin dan berprasangka baik atas segala rencana Allah SWT untuk setiap umatnya.

Sebelum artikel ini diakhiri, satu hal penting yang wajib Sedulur ketahui adalah terkait memenuhi kebutuhan sembako dan kebutuhan harian lainnya. Terdapat cara mudah untuk memenuhi kebutuhan harian Sedulur, yaitu dengan belanja di Aplikasi Super. Terdapat banyak ketersediaan barang dengan harga murah dan kualitas terbaik.

Selalu memenuhi kebutuhan sehari-hari, terutama di tengah bulan ramadhan kali ini merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini dan download Aplikasi Super segeral. Kemudian langsung belanja untuk memenuhi setiap kebutuhan harian Sedulur. Selamat mencoba!