Setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW maka lahirlah Khulafaur Rasyidin. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan Khulafaur Rasyidin? Istilah ini berasal dari dua kata yaitu khulafa yang diartikan sebagai para khalifah dan ar-rasyidin memiliki arti mendapat petunjuk. Jadi secara sederhana istilah tersebut bermaksut para khalifah yang mendapatkan petunjuk.

Para pemimpin yang masuk dalam Khulafaur Rasyidin di antaranya adalah Abu Bakar As-Siddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan terakhir Ali bin Abi Thalib. Lantas apa tugas dari keberadaan kelompok ini? Guna mengetahui pengertian Khulafaur Rasyidin, tugas, nama hingga kisah-kisahnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

BACA JUGA: Doa Menyambut Bulan Ramadhan Menurut Ajaran Rasulullah

Pengertian khulafaur rasyidin

khulafaur rasyidin
Muttaqien

Sejarah munculnya istilah kata ini, tak lepas dari zaman di mana Nabi Muhammad SAW wafat sekitar tahun 632 Masehi atau tahun 11 Hijriah. Kala itu, ada empat sahabat Rasulullah SAW yaitu Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib. Keempat sahabat Rasulullah SAW ini kemudian melanjutkan tugas dari kepemimpinan Nabi Muhammad SAW setelah beliau wafat.

-->

Penjelasan mengenai kata Khulafaur Rasyidin bermula dari kata Khalifah dan Ar Rasyidin. Kedua kata ini kemudian diartikan sebagai para khalifah yang mendapatkan petunjuk. Saat Islam semakin kuat di tanah Arab, maka tampuk kepemimpinan dipegang oleg Rasulullah SAW. Beliau mempunyai tugas sebagai kepala negara, kepala pemerintahan, sampai dengan pemimpin umat secara umum.

Kisah Khulafaur Rasyidin bermula saat wafatnya Rasulullah SAW, sehingga kekuasaan politik dan pemerintahan lalu diberikan kepada para khulafaur. Masa kepemimpinan Khulafaur Rasyidin berlangsung selama 30 tahun dan dimulai sejak 11-40 Hijriah atau sekitar 632-660 M.

Penjelasan tentang Khulafaur Rasyidin ini juga dapat ditemukan dalam firman Allah QS. At Taubah ayat 100:

وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Artinya: “Dan orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Ansar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah rida kepada mereka dan mereka pun rida kepada Allah. Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang agung.” (QS. At Taubah: 100).

Urutan khulafaur rasyidin

khulafaur rasyidin
Beritaku

Sejarah munculnya kelompok ini memang ada sejak Rasulullah SAW wafat. Namun untuk memahami kisah dan urutan pada kelompok penerus tugas kepemimpinan Rasulullah SAW, maka perlu tahu para anggotanya sebagai berikut ini:

Abu bakar as Shiddiq

Semasa hidupnya, Rasulullah SAW tidak pernah menitipkan pesan atau menunjuk siapapun yang akan menjadi penggantinya dalam memerintah. Namun hal ini malah memicu timbulnya konflik antara kaum Muhajirin dan kaum Anshar. Kaum Anshar mengklaim berhak memimpin Arab dan menawarkan Sa’ad bin Ubadah sebagai khalifah dari golongan mereka. Sedangkan Abu Bakar as Shiddiq menawarkan Umar bin Khattab dan Abu Ubaidah sebagai pemimpin.

Namun ternyata Umar bin Khattab menolak usulan Abu Bakar as Shiddiq. Sehingga akhirnya baik kaum Muhajirin dan Anshar memilih legawa dan sepakat bahwa tampuk kekuasaan diberikan Abu Bakar as Shiddiq.  Semasa kepemimpinannya, Abu Bakar as Shiddiq lebih memprioritaskan penyelesaian masalah dalam negeri.

Namun karena pusat kekuasaan bersifat sentralistik dan keputusan di tangan Khalifah Abu Bakar, membuat banyak pihak merasa tidak puas. Sayangnya, pergolakan yang terjadi terus-menerus di dalam negeri, membuat Abu Bakar akhirnya tidak sanggup menyelesaikannya, sehingga diserahkan kepada Ummar bin Khattab. Meski demikian, Khulafaur Rasyidin pertama adalah Abu Bakar as Shiddiq

Umar bin Khattab

Di masa pemerintahan Umar bin Khattab, beliau memprioritaskan perluasan ajara Islam ke berbagai wilayah. Alhasil, upaya perluasan Islam yang dilakukan Ummar bin Khatab berhasil mencapai sepertiga dunia dan Islam dapat tersebar sampai ke wilayah Eropa. Gaya kepemimpinan ala Umar, membuat Islam menjadi kekuatan paling diperhitungkan. Beliau menerapkan sistem administrasi pemerintahan yang baik hingga diadopsi oleh Persia. Administrasi di bidang pemerintahan mengatur setidaknya delapan wilayah provinsi mulai dari Makkah, Madinah, Syiria, Jazirah, Basrah, Kufah, Palestina dan Mesir.

Utsman bin Affan

Saat Umar sedang sakit keras karena ditikam Abu Lu’lua’ah al Majusi, seorang budak asal Persia, maka beliaupun membentuk semacam tim formatur di mana di dalamnya ada Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Thalhah bin Ubaidillah, Zubair bin Awwam, Abdurrahman bin Auf  dan Sa’ad bin Abi Waqqas. Tuga dari tim ini adalah memilih satu satu di antaranya untuk menggantikan Umar bin Khattab.

Namun banyak anggota tim tersebut yang mundur sehingga tersisalah Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib. Setelah terjadi perdebatan panjang dari para pengikutnya, maka Utsman bin Affan pun dipilih menjadi pengganti Umar bin Khattab. Di tangan Utsman bin Affan, khalifah mencoba mengembangkan Islam ke beberapa daerah yang sebelumnya tidak bisa dijangkau oleh Umar bin Khattab.

Selama memerintah, Utsman bin Affan punya sejumlah kelemahan yang membatasi pergerakannya sebagai khalifah. Mulai dari usia yang tak lagi muda yaitu 70 tahun, lalu sikapnya yang terlalu lembut dalam memimpin, membuat umat islam merasa kecewa. Bahkan hal yang paling tragis dari masa kepemimpinan Utsman bin Affan adalah beliau mendapat serangan berdarah dari orang yang tak dikenal. Dimana kejadian itu bermula saat Utsman bin Affan sedang membaca Al-Quran.

Terbunuhnya Utsman bin Affan ini membuat situasi politik menjadi kacau. Para sahabat dan pengikut khalifah pun mau tidak-mau mencari pengganti beliau. Mengingat Utsman bin Affan meninggal pada usia 83 tahun. Sehingga umat Islam yang tinggal di Madinah kebingungan menentukan siapa penggantinya.

Ali bin Abi Thalib

Suksesor pengganti Utsman bin Affan selanjutnya sebagai Khulafaur Rasyidin terakhir adalah Ali bin Abi Thalib. Awalnya Ali bin Abi Thalib sempat menolak menggantikan Utsman bin Affan. Sebab, menurut beliau situasinya sedang tidak baik karena muncul kerusuhan dimana-mana. Namun pada akhirnya Ali bin Abi Thalib menerima tawaran sebagai pemimpin Khulafaur Rasyidin selanjutnya setelah mendapat banyak desakan dari beberapa pihak. Momen pengangkatan khalifah ini terjadi pada tanggal 23 Juni 656 M.

Pada masa kepemimpinananya, Ali bin Abi Thalib harus menghadapi kelompok penuntut pengusutan terhadap pembunuhan khalifah Utsman bin Affan. Selain dihadapkan dengan masalah tersebut, Ali bin Abi Thalib juga harus menghadapi perlawanan dari Zubair bin Awwam dan Aisyah karena dianggap tidak menghukum pelaku pada pembunuhan Utsman bin Affan. .

Munculnya pertentangan ini malah menciptakan perang jaman atau perang unta. Mengapa dinamakan perang unta? Karena Aisyah menunggang unta sebagai kendaraan peperangan.

Konflik berlanjut pada pertentangan antara Ali dan Muawiyah yang berakhir dengan terciptanya Perang Siffin. Meski demikian akhirnya perang tersebut bisa diakhiri, setelah adanya tahkim atau arbitrase di Daumatul Jandal pada tahun 34 H. Peristiwa ini juga menimbulkan munculnya tiga golongan pada umat Islam yaitu Khawarij, Murji’ah dan Syiah.

BACA JUGA: Doa Setelah Sholat Tahajud yang Selalu Dibaca Rasulullah

Masa akhir

khulafaur rasyidin
Tribun Sumsel

Lamanya kepemimpinan Khulafaur Rasyidin hanya berlangsung selama 30 tahun. Rentang waktu 30 tahun tersebut melipun masa Abu Bakar ash Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib. Lalu masa kekhalifaan Rasyidin ini pun digenapi oleh Hasan bin Ali sebagai pengganti dari Ali bin Abin Thalib selaku ayahnya. Di tahun 3 Hijriyah, pemerintah kemudian diserahkan oleh Hasan bin Ali kepada Mu’awiyah bin Abu Sufyan.

Sifat khulafaur rasyidin

Biografi

Memahami tentang para khilafah maka selanjutnya bisa meneladani sifat-sifat yang ditunjukan oleh mereka. Mulai dari bersikap adil, jujur dan bijaksana, rendah hati. Lalu pemberani, adil dan bijaksana dalam mengambil sikap.

BACA JUGA: Arti dan Makna Jazakallah Khairan dan Penggunaannya

Tugas khulafaur rasyidin

Dictio Community

Setelah tahu dengan sejarah, masa kepemimpinan dan pengertiannya, maka selanjutnya memahami dengan tugasnya. Di ketahui empat Khulafaur Rasyidin mempunyai tugas-tugasnya seperti penjelasan di bawah ini.

Mereka menggantikan Rasulullah kecuali dalam tugas kenabian. Ini tertuang di QS Al-Ahzab 33:40 yang artinya:

“Muhammad itu bukanlah bapak dari seseorang di antara kamu, tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup para nabi. Dan Allah maha mengetahui segala sesuatu.”

  • Tugas pertama adalah Melanjutkan dakwah dan ajaran Rasulullah
  • Bertugas dalam Membina, mengatur, dan mengarahkan umat Islam sesuai dengan Al-Quran dan sunnah
  • Melanjutkan pemerintahan yang telah dibangun Rasulullah
  • Dapat memerangi kaum murtad yang merusak ajaran agama
  • Bertugas dalam memperluas wilayah kekuasaan Islam
  • Mengembangkan ajaran Islam kepada yang belum mengenalnya

Demikian ulasan mengenai Khulafaur Rasyidin, mulai dari pengertian, sejarah, kisah dan tugas-tugasnya. Semoga ulasan di atas menambah pengetahuan dan sejarah akan Islam.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.