kewirausahaan adalah

Kewirausahaan adalah salah satu kata yang mungkin sering kita dengar. Kata ini berkaitan dengan sebuah kegiatan yang bergerak di sektor ekonomi. Banyak masyarakat yang menjalankan wirausaha, selain untuk mendapatkan penghasilan yang layak, juga dapat mendorong perekonomian rakyat.

Dalam kesempatan kali, kita akan bahas bersama apa itu kewirausahaan agar Sedulur bisa lebih paham lagi. Karena bisnis dan kewirausahaan adalah hal penting yang mungkin saja bisa menjadi solusi perekonomian Sedulur dan bisa memberikan dampak baik bagi negara secara berkelanjutan. Oleh karena itu, mari kita langsung simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Konsumen adalah Pengguna Barang & Jasa, Ini Penjelasannya

Apa itu kewirausahaan?

kewirausahaan adalah
Deposit Photos

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kewirausahaan adalah seseorang yang melakukan sesuatu dengan tenaga dan pikirannya dan berupaya dengan segenap kemampuannya untuk mencapai maksud dan tujuan yang telah ditentukan.. Kewirausahaan adalah istilah yang terdiri dari dua kata, pertama wira dan kedua usaha.

-->

Wira sendiri merupakan kata dari bahasa Sansekerta yang berartu pahlawan sementara usaha merupakan sebuah kegiatan yang mengerahkan tenaga dan pikiran untuk mencapai sesuatu yang menjadi maksud dan tujuannya. Seiring berjalannya waktu, kewirausahaan pun mengalami perkembangan makna.

Kewirausahaan merupakan sebuah kata yang berarti kegiatan bisnis dalam sektor ekonomi. Dalam bahasa Inggris, kewirausahaan memiliki padanan kata entrepreneurship. kata entrepreneurship sendiri berasal dari kata berbahasa Perancis, yaitu entreprende yang memiliki arti petualang, pencipta, dan pengelola usaha.

Selain penjelasan di atas, para ahli pun memberikan definisi yang berbeda-beda terkait dengan kewirausahaan. Berikut ini beberapa pengertian kewirausahaan menurut para ahli

  • Richard Cantillon: Menurut Cantillon, kewirausahaan adalah pekerjaan. Seseorang yang bekerja sebagai wirausahawan akan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang beresiko atau ketidakpastian.
  • Thomas W. Zimmerer: Menurut Zimmerer, kewirausahaan adalah sebuah penerapan inovasi dan kreativitas untuk memecahkan masalah dan memanfaatkan peluang yang orang lain hadapi setiap hari.
  • Norman M. Scarborough: Scarborough menjelaskan lebih detail, bahwa kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang berbeda dengan mengabdikan seluruh waktu dan tenaganya disertai dengan menanggung resiko keuangan, kejiwaan, sosial, dan menerima balas jasa dalam bentuk uang dan kepuasan pribadinya.

Dari pembahasan terkait penjelasan di atas, kita bisa berkesimpulan bahwa kewirausahaan merupakan sebentuk upaya bagi setiap insan manusia yang dilakukan dengan sepenuh hati yang melibatkan tenaga dan pikirannya untuk dapat menggapai suatu tujuan yang diinginkan.

Konsep dasar kewirausahaan

Deposit Photos

Dari penjelasan di atas, kini Sedulur telah mengetahui penjelasan dari kewirausahaan itu sendiri. Namun, Sedulur belum sepenuhnya memahami kewirausahaan jika Sedulur tidak mengetahui konsep dasar dari kewirausahaan itu sendiri. Berikut ini beberapa konsep dasar dari kewirausahaan yang perlu Sedulur ketahui, yaitu:

1. Kelincahan (Agility)

Konsep dasar kewirausahaan adalah kelincahan, seseorang yang menjalankan wirasuaha harus memiliki kelincahan agar dapat mengubah arah dengan cepat dan tepat waktu. Ini tujuannya agar dapat beradaptasi dan bertahan dari setiap perubahan yang terjadi dengan sangat cepat.

Kelincahan juga berkaitan dengan kemampuan belajar terhadap hal baru yang muncul. Contohnya pada saat Pandemi Covid-19. Seorang wirausahawan harus lincah merespon perubahan yang terjadi saat pandemi agar bisnis dan usahanya tetap berjalan dengan baik.

2. Daya tahan (Endurance)

Daya tahan adalah konsep yang diperlukan dalam berwirausaha. Banyak sekali sektor ekonomi gulung tikar di masa pandemi ini. Imunitas pada diri pribadi, maupun perusahaan, terdampak oleh pandemi.

Daya tahan sangat dipengaruhi oleh kelancaran produksi, dan penjualan. Jika produk yang dihasilkan masih dibutuhkan banyak konsumen di masa pandemi ini, dengan sendirinya pemasukan perusahaan akan mengalir terus. Hanya mereka yang memiliki daya tahan tinggi, bisa lolos dari ujian.

3. Kecepatan (Speed)

Konsep dasar selanjutnya adalah kecepatan. Kecepatan adalah kemampuan seseorang dalam melakukan gerakan berkesinambungan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Seorang wirausaha, harus memiliki kecepatan dalam berinovasi untuk melesat maju untuk menjawab tantangan pasar dan secepat apa seorang wirausahawan mampu melaju melebihi pesaingnya.

4. Kelenturan (Flexibility)

Konsep dasar dari wirausaha selanjutnya adalah kelenturan. Kelenturan merupakan kemampuan seseorang untuk beradaptasi menyesuaikan kehidupan di manapun mereka berada. Kelenturan menjadi salah satu faktor yang diperlukan dalam beradaptasi. Seorang wirausahawan, diharapkan memiliki kemampuan beradaptasi yang baik.

Berada di tempat seperti apapun, seseorang harus mampu memaksimalkan potensi ruang yang ada, untuk melakukan proses usaha, tanpa harus mengeluh dengan kondisi tempat yang ada.

5. Kekuatan (Strength)

Konsep dasar terakhir dari kewirausahaan adalah kekuataan, ini berkaitan dengan kondisi fisik dari manusia yang dibutuhkan untuk menjalankan usahanya. Kekuatan juga berkaitan dengan kondisi fisik seseorang, ini dapat mendukung dari kelenturan, kecepatan, daya tahan dan kelincahan itu sendiri.  Oleh karena itu, sebagai seorang wirausahawan, kekuatan merupakan komponen yang perlu diperhatikan.

Tujuan kewirausahaan

kewirausahaan adalah
Kaskus

Dari pengertian yang telah dibahas di atas, kita bisa tahu bahwa kewirausahaan merupakan sebuah usaha untuk mencapai tujuan. Lantas apa tujuan dari kewirausahaan itu sendiri. Tujuan kewirausahaan adalah hasil akhir yang ingin dicapai. Berikut ini beberapa hal yang menjadi tujuan dari kewirausahaan itu sendiri:

1. Menciptakan usaha-usaha baru

Tujuan pertama yaitu agar dapat mendukung menculnya usaha-usaha baru yang dapat menyerap masyarakat yang membutuhkan pekerjaan. Salah satu indikator sejahteranya masyarakat adalah dengan memiliki pekerjaan. Meningkatnya angka pengangguran akibat tidak sebandingnya jumlah masyarakat dengan ketersediaan pekerjaan. Ini yang menjadi tujuan utama dari hadirnya kewirausahaan.

2. Kesejahteraan masyarakat

Selama pandemi Covid-19, banyak diberitakan usaha yang terpaksa harus gulung tikar. Dengan tutupnya usaha-usaha, tentu berdampak pada perekonomian masyarakat yang juga berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Ini menjadi penyebab lesunya ekonomi Indonesia. Di tahap baru pasca pandemi ini, banyak usaha yang kembali bangki dan juga turut berdampak pada kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

3. Semangat untuk inovatif

Menjalankan usaha atau menjadi seorang wirausahawan mengharuskan kita untuk selalu inovatif, karena jika tidak melakukan inovasi pada bisnis dapat berdampak terhadap usaha yang dijalankan. Kondisi pandemi Covid-19 adalah buktinya. Perusahaan atau usaha yang bertahaan dalam mereka yang berinovasi mengatasi kondisi Covid-19.

BACA JUGA: 25 Bisnis Sampingan Karyawan Modal Kecil, Cuan & Menjanjikan

Manfaat kewirausahaan

Deposit Photos

Sebagai sebuah faktor yang berkaitan dengan sektor ekonomi kemasyarakatan, tentu saja kewirausahaan memiliki manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya kewirausahaan itu sendiri:

  • Pertama adalah dapat memberikan lapangan pekerjaan baru. Ini merupakan manfaat yang bisa membantu peningkatkan perekonomian masyarakat. Masyarakat yang membutuhkan pekerjaan bisa terserap dan ikut meningkatkan kesejahteraannya.
  • Akibat dari ketersediaan lapangan kerja yang cukup, pertumbungan ekonomi suatu negara pun akan meningkat secara perlahan. Baik pertumbuhan ekonomi dalam lingkup daerah ataupun dalam lingkup secara nasional.
  • Manfaat lainnya yaitu dapat menjalankan bisnis atau usaha sesuai bidang yang kita minati. Selain mendapatkan pemasukan uang dari usaha yang dilakukan, juga bisa menyalurkan kesenangan dan hobi.
  • Selalu up to date dan mengikuti trend yang tengah berkembang. Ini merupakan salah satu konsekuensi dalam menjalankan usaha, yaitu untuk selalu mengikuti trend agar selalu inovatif dan kreatif dalam menjalankan usaha.

Karakteristik kewirausahaan

kewirausahaan adalah
Indowarta

Kewirausahaan adalah sebuah upaya dari masyarakat yang dalam prosesnya memiliki karakteristik tersendiri. Berikut ini beberapa karakteristik dari kewirausahaan yang wajib dimiliki oleh setiap pelakunya:

  • Disiplin
  • Jujur
  • Mandiri
  • Inovatif
  • Berkomitmen

Jenis-jenis kewirausahaan

Yahoo Berita

Untuk melengkapi pemahaman, Sedulur juga harus mengetahui jenis dan contoh dari kewirausahaan itu sendiri. Berikut ini beberapa contoh kewirausahaan adalah:

1. Usaha ritel

Jenis contoh pertama adalah usaha ritel, merupakan jenis usaha yang selalu dibutuhkan masyarakat dan tidak akan pernah sepi pembeli. Usaha ini juga disebut sebagai penjualan eceran secara langsung kepada konsumen. Usaha ini boleh dibilang merupakan jenis usaha yang minim resiko, karena persaingan yang terjadi hanya sebatas antar pengusaha yang bergerak di bidang yang sama.

2. Industri kreatif

Jenis kewirausahaan selanjutnya adalah industri kreatif, jenis usaha ini berkaitan dengan anak muda yang kreatif dan inovatif. Industri ini murni hanya mengandalkan kreativitas anak-anak muda yang mampu menjawab peluang yang berkembang sesuai dengan keinginan pasar.

3. Stratup (perusahaan rintisan)

Ini merupakan wirausaha yang tengah menjadi trend, terutama di era teknologi digital. Salah satu bentuk kewirausahaan dalam era industri 4.0. Banyak contoh stratup yang bisa menjadi panutan, beberapa stratup juga turut menopang perekonomian negara menjadi semakin kuat lagi.

Sifat-sifat kewirausahaan

kewirausahaan adalah
Bernas

Sifat kewirausahaan berdampak untuk mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis itu sendiri. Idealnya, wirausahawan harus memiliki beberapa sifat kewirausahaan di bawah ini:

  • Sifat untuk berprestasi
  • Keinginan untuk terus berkembang dan maju
  • Rasa tanggung jawab yang tinggi
  • Sigap mengatasi risiko yang terjadi
  • Konsisten mencapai tujuan dan keberhasilan
  • Memiliki orientasi untuk masa depan usaha
  • Kemampuan baik untuk menjalankan organisasi
  • Disiplin terhadap uang

BACA JUGA: Komunikasi adalah: Pengertian, Unsur, Tujuan dan Fungsinya

Kewirausahaan merupakan penggerak ekonomi

Deposit Photos

Setelah mengetahui penjelasan di atas, Sedulur tentu saat ini telah mengetahui kewirausahaan merupakan salah satu hal penting yang dapat menggerakkan ekonomi. Kewirausahaan adalah semangat sikap perilaku dan kemampuan, oleh karena itu dapat menggerakan ekonomi negara.

Di Indonesia sendiri, kewirausahaan merupakan sektor yang banyak digeluti oleh para pelaku usaha atau UMKM. Para wirausaha yang merupakan pelaku kewirausahaan dapat memberikan peran dan membantu pemerintah, terutama dalam sektor mengurangi jumlah pengangguran dan dapat memberikan lapangan pekerjaan.

Dalam hal ini, kewirausahaan adalah penggerak ekonomi menjadi sangat nyata perannya. Berdasarkan data dari Kementerian Industri Republik Indonesia, saat ini ada kurang lebih 4 juta kewirausahaan yang turut memperkuat struktur ekonomi. Semakin banyak kewirausahaan semakin baik perkembangan ekonomi negara tersebut.

Kewirausahaan adalah salah satu pondasi dan dorongan perekonomian suatu negara, sebagaimana yang dapat Sedulur baca dalam penjelasan di atas. Semoga dengan penjelasan di atas, kita semua bisa lebih memahami bahwa ekonomi merupakan sektor penting bagi sebuah negara dan kita bisa terlibat dan berperan untuk turut memperkuat sektor ekonomi itu sendiri.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.