Simak langkah membuat keripik singkong keju di bawah ini, mudah dan praktis!

Keripik singkong keju merupakan salah satu camilan paling nikmat. Memakan keripik singkong biasanya akan kesulitan untuk berhenti, sampai keripik tersebut habis tanpa disadari. Banyak pedagang yang menjual keripik singkong yang telah jadi, namun jika Sedulur ingin lebih berkreasi, Sedulur bisa membuatnya sendiri, lho.

Cara membuat keripik singkong keju sangat mudah, dalam artikel kali ini Superapp.id akan membahas bagaimana cara membuat keripik singkong yang renyah. Dengan mengetahui langkah dasar membuat keripik singkong, Sedulur bisa berkreasi membuat aneka keripik singkong lainnya.

Yuk, langsung saja kita simak langkah dan resep keripik singkong di bawah ini. Agar Sedulur tidak perlu menunggu penjual keripik lewat depan rumah Sedulur hanya untuk ngemil. Sedulur tinggal buat sendiri saja.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Singkong Keju Renyah, Empuk & Nagih

Langkah Mudah Membuat Keripik Singkong Keju

1. Memilih Singkong yang Bagus

1.   Memilih Singkong yang Bagus

Memilih singkong yang bagus merupakan tips pertama agar mendapatkan singkong yang baik saat dibuat menjadi keripik singkong keju. Sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya Sedulur mencari tahu terlebih dahulu tentang kualitas singkong yang baik dan bagaimana cara memilihnya.

Tentu saja, Sedulur harus memilih singkong yang baru saja dipanen. Ciri-ciri singkong yang baru dipanen adalah memiliki tekstur yang pada dan tidak berjamur. Hal tersebut bisa Sedulur lihat juga pada kulit ari singkong yang mengelupas.

Jika kulit luar singkong mengelupas dan terlihat dagingnya agak berwarna merah muda, hal tersebut menjadi tanda bahwa singkong akan memiliki daging yang empuk ketika digoreng. Warna singkong umumnya adalah putih, pilih warna singkong yang agak merah muda, karena akan mendapatkan tekstur yang empuk ketika digoreng.

Tips lain dalam memilih singkong adalah pilih singkong yang besar dan lurus, dari pada singkong yang kecil dan bengkok. Karena singkong yang besar dan lurus memiliki ketebalan daging yang banyak, dan akan berpotensi merekah ketika digoreng nantinya.

2. Rendam Singkong

2.   Rendam Singkong

Setelah mendapatkan singkong yang tepat dan sesuai, Sedulur tinggal merendam singkong. Sebenarnya Sedulur bisa merendam singkong begitu saja, ketika Sedulur telah membuka kulit singkong dan membersihkannya.

Namun, akan lebih baik jika Sedulur memberikan garam pada air rendaman singkong agar daging singkong dapat lebih empuk ketika digoreng selanjutnya, dan yang paling penting adalah akan memudahkan proses selanjutnya.

Selain itu, garam juga berfungsi untuk menghilangkan sisa kotoran yang tidak terbersihkan saat proses pembersihan singkong. Singkong yang tidak mendapatkan cara membersihkan yang baik, tentu saja akan memberikan kemungkinan  buruk ketika dimakan nantinya.

Baca Juga: Berbagai Olahan Singkong yang Cocok Dijadikan Bisnis

3. Potong dan Jemur Singkong

3.   Potong dan Jemur Singkong

Setelah singkong direndam, selanjutnya adalah memotong singkong seukuran menjadi keripik dan kemudian menjemurnya hingga kering. Sedulur juga bisa menambahkan bumbu keripik singkong dalam proses ini.

Jemur potongan keripik singkong hingga kering dan kandungan air dan kelembaban dalam keripik menghilang. Hal ini akan menghasilkan keripik singkong yang kriuk dan renyah.

4. Goreng Singkong

4.   Goreng Singkong

Tahap terakhir adalah menggoreng keripik singkong hingga kering dan renyah. Sedulur harus menggoreng keripik singkong dengan menggunakan minyak yang banyak, hingga sebuah singkong terendam, agar keripik singkong matang secara merata.

Metode menggoreng dengan menggunakan minyak yang banyak dan menenggelamkan singkong ini dikenal dengan istilah metode deep frying. Metode ini akan membuat singkong memiliki permukaan yang garing dan renyah, dan bagian dalam yang lembut dan empuk secara bersamaan.

Semoga langkah cara membuat keripik singkong keju di atas bisa memberikan wawasan baru bagi Sedulur super yang ingin membuat keripik singkong sebagai camilan. Jangan lupa juga untuk membeli setiap bahan untuk membuat keripik singkong di Aplikasi Super.

Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, dan download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya. Mulai gunakan Aplikasi Super dari sekarang, dan jalani setiap harinya dengan mudah dan menguntungkan bersama Aplikasi Super.