Kita kadang membutuhkan hiasan untuk menambah dekorasi rumah. Salah satunya memakai kerajinan tangan dari sedotan. Bagi kamu yang cukup kreatif pasti senang banget bikin kerajinan tangan bukan? Nah, kerajinan dari sedotan dan cara membuatnya terbilang cukup mudah serta pastinya bisa kamu coba di rumah. Selain itu, kamu juga bebas berkreasi untuk membuat karya sesuai dengan kesukaanmu.

Sebenarnya banyak kerajinan bangun ruang dari sedotan yang bisa kamu buat. Sebab untuk membuat kerajinan dari sedotan yang mudah juga bisa kamu lakukan hanya dengan bahan dan alat yang simpel saja. Seperti lem tembak, gunting, cutter, dan bahan atau alat pelengkap lainnya. Yang pasti, bahan atau alat ini bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Nah, bagi Sedulur yang sedang butuh referensi untuk membuat kerajinan tangan dari sedotan, tenang saja. Dalam artikel kali ini banyak kerajinan dari sedotan yang bisa kamu coba. Sudah pasti bisa bikin tampilan rumah makin unik dan kreatif. Untuk itu, berikut ini beberapa referensi kerajinan tangan dari sedotan. Yuk, kepo!

BACA JUGA: 20 Cara Membuat Kerajinan dari Kerang yang Unik & Mudah

1. Kerajinan bunga dari sedotan

masfikr.com

Kerajinan bunga dari sedotan bisa menjadi pilihan untuk mempercantik dekorasi rumah. Cara membuat bunga mawar dari sedotan juga tidak terlalu susah. Untuk bahan dan alat kamu cuma butuh sedotan warna merah dan hijau, lem tembak, plester, kawar, gunting atau cutter.

Lalu cara membuat bunga dari sedotan yang mudah dan simpel, pertama kamu bisa membuka pakai cutter satu sisi sedotan yang warna merah biar bentuknya sudah gak tabung. Kemudian sedotan kamu tekuk membentuk seperti bunga. Rekatkan pada kawat untuk batangnya, kamu bisa plester atau lem. Kemudian sedotan warna hijau bisa untuk hiasan daun dan batang.

2. Pot tanaman hias

pinhome.id

Berhubung sekarang lagi zaman mengoleksi atau menanam tanaman hias, bisa banget lho Sedulur memakai kerajinan tangan dari sedotan untuk hiasan potnya. Kamu bisa menggunakan tali dan sedotan untuk bahannya. Lalu sedotan kamu masukkan ke dalam tali dan dibentuk seperti keranjang. Sehingga pot tanaman bisa masuk ke dalam.

Kamu pun tinggal menggantung jaring dan pot tanaman hias kamu di teras rumah. Dijamin deh tampilan pot tanaman kamu bakal makin cantik. Untuk warna tali dan sedotannya bisa kamu sesuaikan dengan selera. Kamu bebas berkreasi. Tapi pastikan tali yang kamu gunakan jangan mudah putus dan bisa ditali dengan kuat.

BACA JUGA: 25 Ide Kerajinan dari Koran yang Unik dan Cara Membuatnya

3. Gantungan angin

familyholiday.net

Selain tanaman hias yang gantungannya bisa kamu buat dengan sedotan, kamu juga bisa mempercantik dekorasi pintu atau teras dengan gantungan angin. Cara membuatnya cukup mirip dengan gantungan tanaman, kamu membutuhkan tali dan sedotan. Kemudian kertas yang sedikit tebal untuk kamu lipat sebagai tambahan aksesori.

Nantinya tali bisa kamu masukkan ke dalam sedotan. Lalu aksesori kertasnya kamu taruh bagian tengah, atas dan bawah, atau hanya tengah saja juga bisa sesuai kreativitasmu. Lalu kamu bisa mengkaitkannya dengan lem. Kemudian ujung-ujungnya bisa kamu kaitkan jadi satu kemudian sisakan tali bagian ujung agar bisa digantung dipintu atau teras rumah.

4. Hiasan untuk ulang tahun

pinterest.com

Di rumah lagi ada keluarga yang ulang tahun? Biar perayaan makin meriah, boleh dong kamu bikin hiasan yang sederhana. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan sedotan dan tali. Pilihlah warna sedotan yang warna-warni biar tampak meriah. Lalu bentuk segitiga dalam jumlah tertentu. Untuk ukuran segitiganya ada yang kecil dan besar.

Setelah itu, siapkan tali yang nantikan ditempelkan ke dinding. Namun sebelum ditempel, masukkan dulu tali ke segitiga sedotannya. Kamu bisa rapikan berjejer dengan warna sedotan yang macam-macam. Biar tidak mudah lepas, setiap sedotan bisa kamu beri sedikit lem biar tidak ada jarak. Setelah itu tinggal pasangkan ke dinding deh.

BACA JUGA: 15 Kerajinan dari Plastik yang Mudah, Unik & Inovatif

5. Membuat wadah dari sedotan

udfauzi.com

Pasti gak enak dilihat ketika ada barang-barang berserakan. Kamu tentunya butuh tempat sebagai wadah barang-barang itu biar bisa tertata rapi. Nah, daripada kamu beli wadah yang butuh duit tidak sedikit, kamu bisa bikin sendiri dengan sedotan dan beberapa bahan lain. Namun untuk membuatnya memang membutuhkan sedikit keterampilan.

Untuk membuatnya kamu butuh sedotan yang cukup banyak. Kemudian kawat untuk membuat kerangka wadahnya. Setelah itu sedotan kamu anyam ke dalam kerangka kawatnya. Memang sih ini butuh keterampilan untuk membuatnya. Tapi pelan-pelan kamu pasti bisa membuatnya, kok.

6. Membuat aksesori gelang

money.id

Ternyata bermodal sedotan kamu bisa bikin gelang cantik, lho. Tampilan kamu pun bisa makin kece dengan gelang ini. Tapi untuk warnanya, kamu harus sesuaikan biar matching dengan baju yang kamu kenakan. Untuk alat dan bahannya sebenarnya cuma simpel, yaitu sedotan, tali, dan gunting saja. Tapi kamu bisa menggunakan sedotan yang agak besar biar talinya bisa masuk.

Kamu bisa potong-potong sedotan dulu kira-kira 2 cm sebagai pengait antar tali. Kemudian tali dimasukkan ke sedotan secara menyilang. Lakukan langkah ini sampai agak panjang dan diameternya bisa cukup untuk tangan kamu. Setelah itu tinggal potong sisa talinya dan kaitkan ke tangan.

BACA JUGA: 25 Kerajinan dari Kardus Bekas yang Murah & Mudah Dibuat

7. Membuat tirai dari sedotan

bp-guide.id

Kamu bisa membuat dekorasi rumah menjadi semakin unik dengan tirai bambu dari sedotan. Lalu bisa kamu pasang dipintu biar tampilan rumah makin artistik. Untuk bahan yang dibutuhkan juga gak terlalu banyak, kok. Kamu hanya butuh sedotan warna-warni, tali, manik-manik, gunting, dan lem atau plester.

Cara bikinnya, kamu potong dulu sedotannya lalu kamu bentuk menyerupai ketupat. Kalau sudah kamu tempelkan ke tali, bisa kamu rekatkan dengan lem atau plester. Untuk susunannya bisa kamu kasih manik-manik sebagai pemberat biar posisi tirainya bisa jatuh. Kalau sudah kamu tinggal pasang deh di pintu.

8. Gantungan kunci dari sedotan

dictio.id

Biar kunci rumah kita gak gampang hilang, kamu bisa menyiasatinya dengan diberi gantungan. Nah, kalau kamu malas membeli gantungan lebih baik bikin sendiri pakai sedotan. Kamu tinggal cari pengait besinya yang sudah tidak terpakai. Lalu, kamu tinggal beli sedotan dengan warna sesuai keinginan kamu.

Kamu tinggal bentuk saja sedotan sesuai dengan kreasimu. Kamu bisa bikin bentuk ikan, atau hewan lain yang kamu suka. Pasti bikinnya juga seru karena kamu bisa berkreasi dengan berbagai bentuk. Kalau sudah tinggal pasangkan ke pengait besinya, lalu pasangkan ke kunci.

BACA JUGA: 16 Kerajinan Kain Flanel yang Unik dan Cara Membuatnya

9. Bingkai foto sedotan

okezone.com

Biasanya kita setelah cetak foto lalu beli figuranya kan? Nah kali ini kamu harus berbeda biar gak bosan dan gitu-gitu aja. Kamu bisa ganti figuranya dengan kerajinan tangan dari sedotan. Unik bukan? Kamu pun bisa membingkai foto kesayangan kamu untuk dipasang di dinding.

Biar makin menarik, kamu bisa beli sedotan dengan pola yang lucu atau warna-warni. Lalu kamu susun dalam kertas karton dan tengahnya diberi ruang untuk menaruh fotonya. Kamu bisa potong-potong sedotannya lalu ditempelkan mengelilingi foto yang di tengah. Pasti bingkai fotomu kelihatan unik dan menarik.

10. Tempat pensil dari sedotan

youtube.com

Pensil-pensil kamu berserakan di meja dan gak rapi? Yuk bikin tempat pensil dengan kerajinan tangan dari sedotan. Bahan dan alat yang perlu kamu siapkan gampang. Kamu bisa mencari botol minum bekas yang permukaannya rata. Lalu beli sedotannya, gunting dan lem tembak.

Kalau sudah potong dulu botol minumnya di bagian tengah. Ketinggiannya bisa kamu atur sesuai kebutuhan. Lalu sedotan ditempel mengelilingi botolnya. Atau kamu buat sedotan ditekuk segiempat, lalu dimasukkan ke dalam botol. Pokoknya kamu bebas berkreasi sesuai dengan keinginan kamu.

BACA JUGA: 16 Kerajinan dari Tempurung Kelapa yang Kreatif Mudah Dibuat

11. Taplak meja sedotan

shopee.co.id

Kalau kamu cukup punya kemampuan merangkai sedotan menjadi sebuah taplak meja, bisa banget lho kamu membuat prakarya ini. Tentu saja membuatnya butuh proses yang tidak sebentar. Apalagi cara bikinnya juga tidak mudah. Tapi dijamin pasti tampilan meja rumah jadi unik dan berbeda.

12. Tas dari sedotan

tribunjualbeli.com

Untuk membuat kerajinan ini juga gak mudah seperti taplak meja tadi. Sebab, kamu butuh keterampilan khusus untuk membuat kerajinan tangan dari sedotan ini. Tapi, tas dari sedotan ini bisa memiliki nilai jual, lho. Jadi kamu bisa menjualnya untuk mencari tambahan. Lumayan kan?

Itulah tadi berbagai kerajinan tangan dari sedotan yang bisa Sedulur coba di rumah. Banyak kok pilihan kerajinan tangan dari sedotan yang bisa kamu pilih dan mudah membuatnya. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!