kebiasaan orang jawa

Salah satu kebiasaan orang Jawa yang selalu dipegang teguh adalah menjaga sopan santun ketika bertemu dan bertegur sapa dengan orang yang ditemui di jalan. Hal inilah yang sering membuat banyak orang dari daerah lain di Indonesia memberi rasa hormat untuk orang-orang yang berasal dari Jawa.

Suku ini merupakan mayoritas yang ada di Indonesia. Wilayah persebaran tidak hanya di hampir seluruh daerah Indonesia, namun juga sampai mancanegara. Persebarannya sudah diketahui sejak masa kolonialisme ketika masyarakat Jawa sengaja dibawa keluar daerahnya untuk dijadikan pekerja di negara lain.

Bahkan, ada sebuah negara di Amerika Selatan bernama Suriname yang hampir mayoritas warganya berasal dari Jawa, Indonesia. Di negara tersebut, masyarakat Jawa masih tetap memakai bahasa daerahnya sebagai bahasa sehari-hari. Untuk mengetahui seperti apa kebiasaan masyarakat Jawa dalam keseharian, berikut ulasan lengkapnnya.

BACA JUGA: Sejarah Hari Ibu 22 Desember, Perjuangan Pahlawan Wanita Indonesia

-->

1. Menjaga sopan santun

Tradisi Jawa
pexels

Orang Jawa memiliki kebiasaan dalam menjaga sopan santun setiap kali bertemu orang. Baik untuk orang yang sudah tua, seumuran, bahkan yang lebih muda. Inilah karakteristik yang dimilikia masyarakat suku Jawa yang tahu bagaimana harus mengambil sikap. Misalnya saja ketika bertamu dan ketika menjadi tuan rumah saat menyambut tamu.

2. Ramah tapi sungkan untuk menyapa

masyarakat Jawa
salamdian

Kebiasaan orang Jawa Tengah yang tidak bisa dihilangkan adalah sifat pemalu. Jangan heran apabila berpapasan dengan orang Jawa, sebagian besar dari mereka akan menundukan pandangan. Hal ini sebenarnya wajar disebabkan karena mayoritas orang Jawa memiliki sifat pemalu.

Meski memiliki sifat yang sedikit pemalu, sebenarnya mereka sangat terbuka untuk melakukan sebuah obrolan. Hanya saja masih enggan untuk memulainya. Apabila sudah mulai mengobrol dengan orang Jawa, maka kamu bisa merasakan betapa asiknya dan kentalnya sebuah percakapan.

3. Mengalah untuk menghindari konflik

kebiasaan orang suku jawa
okezone

Apa kebiasaan orang Jawa selanjutnya? Mereka memilih tidak ingin memperpanjang suatu masalah. Mereka memilih untuk mengalah daripada terlibat dalam persoalan yang tidak akan pernah usai. Bukan karena takut, namun karena memang tidak menyukai sebuah pertikaian.

Inilah kelebihan dari karakter masyarakat Jawa di mana mereka cenderung lebih memilih mengalah dan tidak ingin memperpanjang masalah. Hal ini juga dapat menjadi nilai plus dalam kehidupan berpasangan.

BACA JUGA: Indonesia Resmi Terpilih Jadi Tuan Rumah World Tourism Day 2022

4. Hidup seperti air mengalir

apa kebiasaan orang jawa
pikiranrakyat

Selanjutnya kebiasaan orang Jogja yang juga merupakan bagian dari Jawa adalah tidak suka hal yang neko-neko dan memilih menerapkan hidup seperti air yang mengalir. Filosofi ini sebenarnya sudah tertanam di masyarakat khususnya yang tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mereka juga tidak ingin terlalu memikirkan beban hidup. Asalkan sudah berjalan dan bisa mencukupi keluarga dan tidak memiliki utang, bagi masyarakat Jawa sudah sangat bersyukur. Bagi orang Jawa, hidup tidak perlu dipusingkan, melainkan hidup untuk dijalani. Begitulah filosofi yang dipegang erat.

5. Pekerja keras dan penurut

ciri khas wajah orang jawa
99co

Kebiasaan orang Jawa Timur adalah bukan orang pemalas. Masyarakat Jawa dikenal memiliki sifat pekerja keras. Jangan heran apabila di beberapa daerah lain di Indonesia, sering ditemui masyarakat Jawa saat bekerja membangun rumah yang selalu serius dan pantang pulang sebelum pekerjaannya selesai. Sebab, masyarakat Jawa akan selalu mengerjakan apa yang semestinya harus dikerjakan.

Bahkan saat tidak mendapatkan pekerjaan, kebanyakan dari mereka mungkin tidak akan tinggal diam. Masyarakat Jawa akan selalu berusaha keras dalam mendapatkannya. Tidak hanya itu, saat menerima gaji, mayoritas karakter orang Jawa bukanlah tipe yang boros. Perlu diketahui Sedulur, masyarakat Jawa sering kali menyisihkan uang pendapatannya untuk ditabung atau dikirimkan ke kampung halaman saat mereka merantau ke luar daerah.

6. Nrimo

kebiasaan orang jawa tengah
paragram

Kebiasaan orang Jawa selanjutnya adalah mereka memiliki sebuah sifat nrimo yang memiliki arti menerima. Bisa juga diartikan dengan istilah menerima apa adanya. Orang Jawa juga tidak suka dengan hal yang macam-macam. Misalnya, saat mendapati masakan di rumah adanya tempe dan tahu, si anak mungkin tidak akan meminta hal yang macam-macam dan memilih memakan apa yang ada.

Seiring berjalannya waktu, kebiasaan semacam ini bisa memudar bahkan hilang ketika sudah mendapat oengaruh budaya dari luar. Meski demikian, nrimo bisa diibaratkan pada contoh kehidupa berumah tangga yang mampu menerima keadaan suatu pasangan apapun itu.

BACA JUGA: Mengenal 7 Ragam Gendang yang Berasal Dari Indonesia

7. Segan untuk mendahului

kebiasaan orang jawa timur
IDN times

Kebiasaan orang Jawa Timur juga mempunyai sifat untuk sungkan dalam mendahului orang lain ketika sedang berjalan. Bagi mereka, mendahului orang yang lebih tua merupakan sebuah pantangan. Maka dari itu, mereka lebih  memilih bersabar saat hendak berjalan di belakang meskipun rasanya kurang begitu nyaman. Kebiasaan ini sudah ditanamkan sejak usia dini dan sangat berkaitan erat dengan kaitannya dengan sopan santun yang notabene sudah menjadi sebuah karakter yang  kuat dalam masyarakat Jawa.

8. Mudah bergaul

Mengenal Kebiasaan & Tradisi Orang Jawa
Sarungpreneur

Selanjutnya, kebiasaan orang Jawa Barat adalah mereka sangat mudah untuk menjalin pergaulan dengan siapa saja yang ditemui. Maka sifat mudah bergaulnya itu membuat mereka sangat mudah diterima di dalam sebuah kelompok masyarakat dari suku lain. Sifat mudah bergaul juga dipengaruhi oleh karakter mudah mengalah yang sudah ditanamkan di dalam jati diri mereka. Itulah sebabnya mereka bisa diterima di mana pun dan minim konflik

Kelebihan yang dimiliki masyakat ini menjadikan alasan mengapa hampir di seluruh wilayah di Indonesia hingga ke luar negeri sering bisa mendapati banyak orang Jawa. Di negara lain, masyarakat Jawa lebih banyak berbisnis atau bahkan sekadar sekolah untuk melanjutkan pendidikan.

9. Suka tolong menolong dan berkumpul

kibrispdr

Kebiasaan orang Jawa selanjutnya adalah mereka gemar tolong menolong. Daripada mesti hidup enak sendiri, mereka sangat mengedepankan sebuah kebersamaan. Kamu juga harus paham ketika mendengar peribahasa “mangan ora mangan, sing penting kumpul“. Artinya “makan tidak makan, yang penting bisa berkumpul”. Saat merasa susah, sebisa mungkin untuk terus bersama. Itulah maksud dari peribahasa Jawa tersebut.

Selain suka berkumpul, karakteristik masyarakatnya selain dilihat dari ciri khas wajah orang Jawa adalah memiliki jiwa sosial yang tinggi. Hal ini dibuktikan di banyak situasi. Misalnya saja kamu sedang dalam perjalanan yang jauh dan tidak menemukan  penginapan. Masyarakat Jawa akan dengan senang hati menawarkan tempat tinggalnya untuk menginap buatmu.

Tidak hanya itu, contoh lain yang mungkin bisa kita temui di sekitar adalah saat kelaparan, orang Jawa dengan senang hati pasti akan menawarkan makanan kepadamu. Itulah kelebihan yang dimiliki masyarakat Jawa di mana mereka mempunyai rasa sosial yang tinggi.

BACA JUGA: 25+ Nama Tari Tradisional Indonesia Terpopuler dan Asalnya

10. Menghormati pantangan

Liputan6

Kebiasaan orang Jawa Barat adalah selalu percaya dengan pantangan. Apabila sebuah pantangan dilanggar, yang ada mereka bisa mendapatkan hukuman yang tidak terduga. Salah satu contoh yang masih dipegang oleh masyarakat Jawa adalah ketika sedang makan dan asik dalam mengobrol. Biasanya akan mendapatkan sebuah peringatan jika tindakan itu tidak boleh dilakukan.

Tidak hanya itu,  duduk di depan pintu, tidur saat magrib, bahkan keluar saat magrib sangat tidak diperbolehkan. Sebab orang Jawa menyebut tindakan tersebut bisa mendatangkan sebuah petaka. Meski cukup banyak pantangan yang masih dipegang erat oleh masyarakat Jawa, tidak semua pantangan yang hanya mitos.

Sebenarnya masih ada beberapa hal logis dengan adanya sebuah pantangan. Jadi, memang tetap bisa diambil hikmahnya dari sebuah pantangan tersebut. Inilah kelebihan masyarakat Jawa dengan kelompok yang berasal dari daerah lain. Mereka tetap memegang teguh yang namanya pantangan. Meski saat ini, mungkin beberapa pantangan sudah mulai tidak diikuti lagi oleh masyarakat Jawa akibat dari perkembangan teknologi yang semakin maju dan cepat. Globalisasi sangat berpengaruh sekali dalam penggerusan terkait pantangan yang sudah diterapkan oleh masyarakat Jawa selama ini.

11. Memegang erat tradisi dan budaya

IDN Times

Jangan heran apabila Sedulur menemui beberapa orang Jawa yang menggelar suatu acara adat di kampung atau di daerah lain. Kebiasaan orang Jawa Tengah adalah masih sering menggelar acara seperti merti bumi atau merti dusun dengan mengarak sebuah tumpeng berisi hasil bumi berupa  buah-buahan atau semacam membuat tumpeng nasi. Dua aktivitas ini sebenarnya adalah sebagai wujud syukur masyakarat Jawa akan hasil Bumi yang melimpah.

Tidak hanya itu, kamu juga pasti tidak akan asing dengan kebiasaan orang Jogja di mana mereka sangat menghormati Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai peminpin di sana. Di provinsi Yogyakarta sendiri masih menggelar acara berupa budaya yang masih tetap berjalan hingga saat ini. Seperti sekaten, melarung, dan masih banyak lagi.

12. Tata bahasa berdasarkan nilai kesopanan

Minews

Kebiasaan orang Jogja memang selalu tetap menjaga sopan santun saat bersikap atau bertutur kata. Meskipun zaman semakin berkembang, pengetahuan mengenai bahasa lain  mungkin makin mudah untuk diakses. Meski demikian, banyak dijumpai orang jawa yang berbicara berdasarkan hirarki usia atau dengan siapa mereka berbicara.

Hal semacam ini masih bisa kita lihat dari struktur Bahasa Jawa. Ada Bahasa Jawa ngoko atau bahasa sehari-sehari hingga kromo inggil yang digunakan untuk menghormati lawan bicara. Kromo inggil adalah bahasa halus yang umumnya ditujukan kepada yang lebih tua untuk lebih dihormati.

BACA JUGA: 10 Suku Bangsa di Indonesia Ciri Khas & Asal Daerahnya

13. Muluk

kebiasaan orang jawa barat
Blog-ling-go

Selanjutnya, masyarakat Jawa mungkin tidak akan asing dengan kata puluk atau muluk. Istilah tersebut memiliki arti kebiasaan makan dengan tangan, tanpa sendok atau alat bantu makan lainnya. Makan langsung dengan tangan sudah diturunkan sejak lama. Sampai saat ini, masih banyak yang melestarikannya. Umumnya, orang Jawa sangat suka dengan makan langsung dengan tangan sembari duduk lesehan.

14. Kenduren

kebiasaan orang jogja kenduren
tridarmawirajaya
 

Pernahkah mendengar istilah kenduren? Ini merupakan salah satu kebiasaan orang Jawa yang masih tetap dijalankan hingga saat ini. Kenduren adalah wujud syukur masyarakat Jawa dan aktivitas semacam ini bisa dijumpai saat acara hajatan pernikahaan, sunatan, dan lain sebagainya. Isian dalam kenduren berisi nasi, sayur kentang, ayam matang, dan aneka jajanan pasar.

15. Tumpengan

Jogjadaily

Kebiasaan orang Jawa Tengah selanjutnya adalah menggelar acara tumpengan. Kegiatan ini merupakan bentuk budaya yang masih tetap terus dijalankan hingga saat ini sebagai salah satu bentuk syukur kepada Sang Pencipta.

Penjelasan lengkap dan panjang mengenai  kebiasaan Orang Jawa memang menarik untuk diulas. Pun dengan masyarakat suku lain yang ada di tanah air, wajib dipahami supaya rasa tenggang rasa antar warga bisa semakin erat.