kata tanya

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, salah satu materi pelajaran yang pasti diberikan adalah tentang jenis-jenis kalimat. Ada berbagai macam kalimat berdasarkan tujuan. Antara lain kalimat perintah, kalimat berita, kalimat seruan, dan kalimat tanya. Sementara khusus dalam kalimat tanya, pasti mengandung yang disebut kata tanya.

Artikel kali ini akan khusus membahas tentang jenis-jenis kata yang mengandung pertanyaan yang mungkin Sedulur bisa lebih pahami. Kalimat tanya tentu menjadi kalimat yang sangat umum digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kira-kira apa saja jenis dan contoh yang ada dalam sebuah kalimat? Yuk simak penjelasan 7 kata tanya di bawah ini.

BACA JUGA: Arti PAP Beserta Makna, Tujuan dan Cara Penggunaannya

Pengertian kata dan kalimat tanya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalimat tanya adalah kalimat yang mengandung intonasi dan makna pertanyaan. Sementara kata tanya adalah kata yang digunakan sebagai penanda pertanyaan pada kalimat tanya.

-->

Pengertian lain dari kata yang mengandung pertanyaan adalah kata yang digunakan oleh seseorang jika ingin mendapatkan jawaban atau informasi dari pihak yang ditanya.

Ciri-ciri:

Setelah Sedulur memahami tentang pengertian kata dan kalimat tanya, yuk cari tahu tentang apa saja ciri-cirinya. Ini dia daftarnya:

  • Diawali dengan huruf kapital dan diikuti dengan tanda tanya (?) di akhir kalimat.
  • Biasanya terletak di awal sebuah kalimat tanya.
  • Sering ditambahkan dengan sebuah imbuhan sufiks “kah” untuk hal yang formal.
  • Mengandung 5W + 1 H ( apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana).

BACA JUGA: 80 Kata Kata Keren, Cocok untuk Status & Caption Sosial Media!

Jenis-jenis kata tanya

1. Apa

kata tanya
Unsplash

Kata ini digunakan untuk menanyakan tentang pendapat, jenis benda, hewan, maupun tumbuhan. Jika ingin menanyakan tentang orang atau manusia, kata ini tak pernah digunakan.

Kata “apa” hanya digunakan untuk menanyakan sebuah kondisi, pendapat, atau benda-benda lain. Biasanya akan ditambahkan imbuhan -kah untuk membuatnya terdengar lebih formal.

Contoh kalimat tanya dengan menggunakan kata “apa”:

  1. Apa aplikasi yang Sedulur gunakan untuk berbelanja?
  2. Apa boleh aku ingin tahu lebih banyak tentang Aplikasi Super?
  3. Apakah ada tanaman yang bisa menjadi obat herbal?
  4. Apa yang kamu lakukan kemarin di rumah?

2. Kata tanya siapa

kata tanya
Unsplash

Jika kata “apa” berguna untuk menanyakan benda atau pendapat, maka kata “siapa” digunakan untuk menanyakan seseorang atau manusia. Tak hanya itu, kata pertanyaan ini juga bisa menanyakan tentang Tuhan.

Kata ini juga bisa ditambahkan imbuhan -kah untuk bentuk yang lebih formal.

Contoh kalimat tanya dengan menggunakan kata “siapa”:

  1. Siapa yang membelikan makanan?
  2. Siapa saja yang sudah berbelanja dengan menggunakan Aplikasi Super?
  3. Siapakah Tuhanmu?

BACA JUGA: 16 Kumpulan Puisi Tentang Alam yang Menyentuk & Bermakna

3. Kapan

kata tanya
Unsplash

Jika berhubungan dengan waktu, maka kata yang digunakan adalah kata “kapan”. Segala keterangan waktu bisa menggunakan kata ini untuk bertanya. Tambahan imbuhan -kah bisa membuatnya terdengar lebih sopan.

Contoh kalimat tanya yang menggunakan kata “kapan”:

  1. Kapan kamu akan datang ke sini?
  2. Kapan ibu akan pulang?
  3. Kapankah wawancara kerja bisa dilakukan?

4. Kata tanya bagaimana

Unsplash

Selanjutnya ada kata “bagaimana” yang juga lazim digunakan untuk bertanya. Dilansir dari Kompas.com, Mariam L. M. Pandean dalam jurnal berjudul Kalimat Tanya dalam Bahasa Indonesia (2018) menyatakan bahwa kata “bagaimana” berfungsi untuk menanyakan keadaan sesuatu, cara sesuatu dilakukan, atau cara suatu peristiwa bisa terjadi.

Dengan kata lain, kata ini menanyakan sebuah proses suatu peristiwa hingga terjadi. Penambahan imbuhan -kah membuatnya akan terdengar lebih formal jika diucapkan.

Contoh kalimat tanya yang menggunakan kata “bagaimana”:

  1. Bagaimana cara menggunakan Aplikasi Super untuk berbelanja?
  2. Bagaimanakah cara membuat dokumen seperti ini?
  3. Bagaimana pola hidup yang baik agar kesehatan terjaga?
  4. Bagaimanakah Anda bisa diterima di perusahaan sekarang?

5. Kata tanya mengapa dan kenapa

Unsplash

Jika bagaimana digunakan untuk menanyakan sebuah proses yang terjadi, maka kata mengapa dan kenapa digunakan dalam kalimat untuk menanyakan sebuah alasan di balik suatu hal atau peristiwa yang terjadi.

Sehingga kata ini digunakan jika Sedulur ingin menanyakan latar belakang sebuah peristiwa. Jawaban yang akan didapat dari pertanyaan ini pun akan berupa sebuah penjelasan panjang.

Lalu apa bedanya kata mengapa dan kenapa? Sebenarnya kedua macam kata ini memiliki makna yang sama. Namun, kata mengapa biasanya digunakan dalam kondisi yang lebih formal. Sementara kata kenapa digunakan dalam percakapan yang lebih santai.

Contoh kalimat tanya yang menggunakan kata “mengapa” dan “kenapa”:

  1. Mengapa reshuffle jabatan dalam kabinet harus dilakukan?
  2. Mengapa hukum di negara kita masih sulit menindak pelaku pelecehan seksual?
  3. Kenapa kamu izin kerja kemarin?
  4. Kenapa belum pulang ke rumah?

BACA JUGA: Teks Eksposisi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Jenis & Contohnya

6. Mana

Unsplash

Jika Sedulur ingin menanyakan sebuah pilihan kepada lawan bicara, maka menggunakan kata “mana”. Namun selain itu, jika diberi beberapa kata tambahan seperti “dari’, “di”, “yang”, kata tanya “mana” juga bisa digunakan sebagai kata yang bisa menanyakan banyak hal, seperti orang dan lokasi.

Contoh kalimat tanya yang menggunakan kata “mana”:

  1. Yang mana kakakmu?
  2. Di mana tempat tinggalmu?
  3. Kemana kamu akan pergi selarut ini?
  4. Yang mana tas paling kamu suka?

7. Berapa

Unsplash

Terakhir adalah kata yang digunakan untuk menanyakan sebuah jumlah. Jumlah yang ditanyakan pun bisa beragam. Mulai dari hewan, tumbuhan, benda, manusia, hingga hal-hal lain yang mungkin Sedulur ingin tahu berapa jumlahnya.

Contoh kalimat yang menggunakan kata “berapa” adalah:

  1. Berapa uang yang kamu miliki saat ini?
  2. Berapa orang yang akan menghadiri pertemuan besok?
  3. Berapa kucing yang kamu miliki di rumah?
  4. Berapa konsep ide yang kamu miliki untuk dipresentasikan siang ini?

Itu dia sejumlah penjelasan tentang kata tanya yang Sedulur harus tahu. Selama ini kita sering menggunakan kata-kata ini dalam percakapan sehari-hari, namun tak dipungkiri kadang kita mungkin beberapa kali masih salah menggunakannya. Dan selain itu tak benar-benar memahami dari makna masing-masing kata dalam kalimat tanya.

Semoga artikel ini membantu Sedulur untuk lebih memahami dengan jenis-jenis kata yang digunakan dalam untuk bertanya ya. Sehingga setelah ini tak ada lagi kesalahan yang terjadi ketika bertanya pada orang lain, baik secara langsung maupun lewat pesan tertulis.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.