Tersedia beberapa kamera DSLR murah yang bisa Sedulur beli bagi yang ingin belajar fotografi, atau bagi para fotografer profesional.

Kamera memang identik dengan barang yang sangat canggih dan mahal. Namun perkara harga sebuah barang, sebenarnya hal tersebut sangat relatif. Namun, jika menggunakan standar perekonomian di Indonesia, urusan kamera dengan harga murah bisa dibilang dari mulai harga Rp. 1 jutaan.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar kamera DSLR murah 1 jutaan, mulai dari kamera canon harga 1 jutaan, kamera canon murah terbaik, harga kamera DSLR dibawah 1 juta dan daftar daftar kamera DSLR murah lainnya. Namun harga kamera murah memiliki spesifikasi kamera yang standar saja.

Apa saja merk kamera DSLR dibawah 2 juta? Apakah ada harga kamera nikon dibawah 2 juta? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita langsung saja simak ulasan kamera DSLR yang bagus dan murah sekaligus kamera terbaru yang bisa jadi rekomendasi Sedulur di bawah ini.

-->

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kamera Polaroid Terbaik & Murah

Daftar Kamera DSLR Murah Mulai dari Harga 1 Jutaan!

1. Canon EOS 350D

1. Canon EOS 350D
id.priceprice

Daftar kamera DSLR murah pertama adalah Canon EOS 350D, kamera ini diproduksi sejak tahun 2005 yang lalu. Walaupun produk lama, namun kamera ini masih sangat mumpuni untuk digunakan di tahun 2021 ini. Harga kamera ini dibanderol dengan nilai. Rp 1.300.000 saja.

Dengan harga yang sangat terjangkau tersebut, Sedulur sudah bisa mendapatkan fitur yang kener, yaitu seperti besaran sensor hingga 8.2MP, prosesor DIGIC II yang mampu membuat kinerja kamera dua kali lebih cepat. Terdapat juga sensor autofocus yang sudah menggunakan presisi 7 titik yang dapat membuat gambar yang dihasilkan sangat tajam dan jernih.

Kamera DSLR murah ini sangat cocok digunakan oleh seorang fotografer pemula, terutama bagi yang memiliki budget sangat terbatas.

2. Canon EOS 4000D

2. Canon EOS 400D
tokocamzone.com

Masih dari canon, kamera DSLR murah selanjutnya adalah seri EOS 4000D. Kamera ini dibanderol dengan harga Rp 1.500.000 saja. Berbeda dengan seri kamera DSLR canon sebelumnya, seri ini rilis tahun 2016 yang lalu, masih terbilang baru dan masih sangat fresh.

Kamera ini menyediakan peningkatan sensor CMOS menjadi 10.1MP, dan ditambah dengan sistem sensor gambar yang sudah terintegrasi. Hal yang menarik lainnya, kamera ini memiliki layar LCD yang lebar, yaitu 2.5 inci (64mm) dan 230.000 piksel. Kamera DSLR murah ini sangat cocok digunakan bagi Sedulur yang memiliki budget sangat terbatas.

Canon terkenal sebagai produsen kamera dengan kualitas dan fitur yang sangat memudahkan kerja para fotografer. Termasuk bagi para pemula, fitur-fitur kamera canon sangat membantu.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Kamera Vlog Terbaik & Murah

3. Nikon D3000

3. Nikon D3000
id.priceprice

Bersama-sama dengan canon, nikon menjadi produk kamera yang juga memberikan berbagai jenis kamera yang sangat baik kualitasnya. Kamera DSLR murah dari nikon ini dibanderol dengan nila Rp 1.6 jutaan. Sangat cocok digunakan bagi fotografer yang ingin mengganti kamera dengan budget yang pas-pasan.

Kamera satu ini memiliki baterai yang sangat kuat dan tangguh, diklaim bisa memberikan 900 kali jepretan dalam sekali pakai. Selain itu layar dari LCD kamera ini juga sangat lebar, yaitu berukuran 3 inci. Resolusi kamera ini yaitu 10MP dan sudah disertai dengan presisi gambar dan 11 titik auto fokus.

4. Nikon Coolpix L840

4. Nikon Coolpix L840
zonakamera.com

Rekomendasi kamera DSLR murah selanjutnya adalah seri Coolpix L840 dari nikon. Kamera ini memiliki harga yang dibanderol sekitar Rp 2.600.000 saja, sangat cocok sebagai rekomendasi kamera murah dengan kualitas terbaik. Kamera ini dilengkapi dengan sensor hingga 16MP dan shutter speed hingga 1/4000s.

Banyak rumor beredar yang disampaikan oleh para pengguna nikon, mereka mengklaim bahwa body kamera nikon lebih tangguh dibandingkan body kamera canon. Namun hal tersebut sangat relatif dan kembali lagi kepada kenyamanan para pengguna kudua merk kamera.

5. Canon EOS 3000D

5. Canon EOS 3000D
sumberbahagia.co.id

Kembali lagi produk kamera DSLR murah dari canon, yaitu seri EOS 3000D. Kamera ini memiliki harga sekitar Rp 3 jutaan. Sensor kamera ini sebesar 18Mp, yang dapat merekam video full HD 30fps. Sangat cocok digunakan sebagai kamera vlogging untuk para youtuber.

Keunikan dari kamera ini adalah telah mampu terkoneksi dengan WiFi dan bisa langsung memindahkan gambar dan video tanpa harus menggunakan kabel data atau mencabut memory card. Sangat cocok digunakan untuk menggarap proyek yang membutuhkan efisiensi kerja dari para fotografer atau videografer.

6. Fujifilm X-T30

6. Fujifilm X-T30
dpreview.com

Rekomendasi kamera selanjutnya yaitu Fujifilm X-T30, kamera ini memiliki kelebihan yaitu desain yang mungil dan ringan, kualitas gambar yang dihasilkan cukup bagus, fitur autofocus yang bekerja secara optimal dan juga dapat merekam video dengan kualitas 4K. Namun kekurangannya kamera ini tanpa in-body stabilisation serta peredam getaran.

Kamera ini dibekali sensor APS-C CMOS, selain itu kamera ini juga dibekali dengan prosesor 4 quadcore. Dengan itu, kamera ini dapat menghasilkan kualitas bagus dan cocok digunakan oleh pemula untuk mengeksplorasi skill dan kemampuan menangkap gambar.

7. Olympus OM-D E-M10 Mark III

7. Olympus OM-D E-M10 Mark III
pricebook.co.id

Rekomendasi kamera berikutnya berasal dari Olympus. Desain kamera ini sangat klasik, hal tersebut yang menjadi daya tarik utama kamera satu ini. Kamera ini memiliki ukuran sensor Micro Four Thirds yang sedikit lebih kecil dari APS-C. Berkaitan kualitas gambar yang dihasilkan, tidak perlu dipertanyakan lagi.

Resolusi gambar adalah 16.1 MP, hasil jepretannya boleh dibandingkan dengan kamera lainnya yang memiliki superioritas dalam hal spesifikasi. Untuk kategori kamera, kamera keluaran olympus ini dibanderol harga Rp 9 jutaan, harga yang cukup murah di dalam dunia perkameraan.

8. Canon EOS M50

8. Canon EOS M50
pricebook.co.id

Rekomendasi kamera DSLR dan  mirrorless yang terakhir kembali berasal dari canon, yaitu dengan seri EOS M50. Salah satu produsen kamera terbesar dan terpercaya ini memiliki kamera mirrorless yang cocok digunakan oleh pemula. Selain itu, harganya pun termasuk murah, sekitar Rp. 6 jutaan.

Ukuran sensor Canon EOS M50 yaitu sensor APS-C, dengan resolusi 24.1 MP. Viewfinder EVF dari kamera ini memiliki 2,360,000 titik. Selain itu, kamera mirrorless ini juga sudah bisa merekam video berkualitas 4K, kamera yang sangat komplit dan cukup murah digunakan sebagai alat belajar untuk pemula.

Semoga daftar rekomendasi kamera DSLR murah di atas bisa jadi referensi Sedulur yang membutuhkan kamera dengan harga terbatas. Jangan lupa juga untuk mulai menabung dari sekarang agar dapat membeli kamera DSLR murah yang diinginkan dan sesuai kebutuhan. Agar bisa menabung sedikit demi sedikit, Sedulur tentu saja harus hemat menggunakan uang, terutama untuk kebutuhan sehari-hari.

Sedulur bisa belanja kebutuhan sehari-hari dengan belanja di Aplikasi Super. Harga super murah dapat membuat Sedulur menabung lebih banyak dan dapat membeli kamera dengan cepat. Sedulur bisa klik di sini untuk cek langsung kelengkapan barang Aplikasi Super dan juga daftar harganya. Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super agar dapat melakukan pemesanan menggunakan smartphone. Selamat mencoba!