Masih pemula dan baru mulai investasi? Sedulur wajib simak tips jitu investasi reksadana agar dapat untung dan sukses!

Banyak orang yang belakangan ini belajar cara investasi reksadana atau juga cara investasi reksadana pasar uang. Ramainya orang yang belajar saham dan berbisnis di dalamnya, membuat investasi di bidang reksadana tumbuh. Investasi reksadana adalah instrumen investasi yang menghimpun dana dari masyarakat untuk ditempatkan di Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Ramainya masyarakat yang melakukan investasi reksadana, namun masih kurang edukasi berkaitan dengan bagaimana cara investasi reksadana online, cara beli reksadana, cara jual beli reksadana hingga informasi berkaitan dengan investasi reksadana saham dan juga menabung reksadana.

Untuk itu, Superapp.id dalam kesempatan kali in akan membahas bagaimana tips membeli reksadana agar mendapatkan keuntungan reksadana, dan juga apa saja jenis reksadana yang bagaimana cara memiliki reksadana yang tepat. Salah satu jenis reksadana yaitu investasi reksadana syariah untuk pemula dan reksadana jangka pendek dan panjang. Yuk, mending kita langsung saja tips dan trik jitu investasi reksadana bagi Sedulur yang baru mulai investasi.

Baca Juga: 10+ Bisnis Untuk Pemula – Mudah Dijalankan & Tanpa Modal

Cara Jitu Investasi Reksadana Bagi Sedulur yang Masih Pemula

1. Beli Reksadana di Platform Online

1. Beli Reksadana di Platform Online
finansialbisnis.com

Cara jitu investasi reksadana pertama adalah dengan membeli reksadana melalui platform online. Selain lebih mudah dan lebih murah prosesnya, Sedulur dapat menyelesaikan segala transaksi berkaitan dengan investasi dan reksadana tanpa harus meninggalkan rumah sama sekali.

Biaya pembeliannya pun sangat murah, hingga terdapat beberapa manajer investasi yang menggratiskan biaya jika membeli reksadana di platform online. Selain itu, di masa pandemi saat ini, segala sesuatu yang bersifat online merupakan hal yang disarankan agar virus corona tidak semakin parah.

2. Investasi Rp 100.000

2. Investasi Rp 100.000
itstime.com

Ubah mindset Sedulur, investasi tidak melulu harus berjumlah banyak. Jangan menunggu mempunyai uang dan jangan menunggu uang terkumpul dalam jumlah tertentu untuk berinvestasi. Hanya dengan Rp 100.000, Sedulur bisa investasi reksadana. Sedulur hanya tinggal memulainya.

Banyak yang masih takut bahwa reksadana merupakan investasi bodong yang dipertanyakan legitimasinya. Salah satu cara untuk menghilangkan keraguan tersebut adalah dengan mencarinya. Coba dan terjun langsung, dengan nilai investasi yang kecil tidak harus dalam jumlah besar. Sedulur akan mulai merasakan manfaatnya dan juga Sedulur bisa membuktikan bahwa reksadana merupakan investasi yang menguntungkan dan super mudah.

3. Prospektus

3. Prospektus
bareksa.com

Salah satu hukum wajib yang harus Sedulur baca sebelum memulai investasi reksadana adalah membaca dokumen prospektus. Kenali segala hal terkait reksadana, instrumen yang akan dibeli, informasi penting apa saja yang didapat. Prospektus tersedia setiap saat akan melakukan investasi.

Banyak media dan platform online saat ini yang bisa Sedulur download dan memberikan prospektus untuk Sedulur baca. Satu hal lagi, pastikan update informasi Prospektus dengan menggunakan yang paling terbaru, karena besar kemungkinan setiap tahun selalu ada pembaharuan.

4. Manajer Investasi

4. Manajer Investasi
diskartes.com

Kinerja reksadana dan rekam jejak investasi reksadana sangat bergantung kepada manajer investasi. Kinerja reksadana yang memuaskan ditentukan oleh siapa manajer investasi yang menanganinya. Manajer investasi merupakan pihak yang mengelola, menentukan dan melakukan keputusan pemilihan instrumen yang akan diinvestasikan.

Akibat peran yang sangat penting tersebut, sebelum memulai investasi reksadana satu hal yang wajib untuk Sedulur lakukan adalah mengetahui dan mempelajari setiap reputasi manajer investasi yang akan mengelola uang Sedulur yang diinvestasikan dalam reksadana. Jangan sampai Sedulur memilih manajer investasi dengan reputasi buruk.

Jangan sekali-kali ikut-ikutan untuk berinvestasi tanpa mempelajari dengan jelas dan lengkap segala informasi dan reputasi terkait dengan manajer investasi. Pastikan Sedulur mempelajarinya dengan baik, karena manajer investasi berperan sangat penting.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga Modal Kecil

5. Fund Fact Sheet

5. Fund Fact Sheet
bareksa.com

Selain Prospektus yang harus dibaca, Sedulur juga wajib membaca Fund Fact Sheet, yang merupakan dokumen terkini yang menjelaskan sekaligus menggambarkan kinerja reksadana. Berbeda dengan prospektus yang menjelaskan soal legalitas dan pembentukan reksadana, fund fact sheet berfokus pada perkembangan kinerja.

Hal tersebut membuat Sedulur wajib membacanya, sebagai bahan pertimbangan untuk menggunakan investasi reksadana yang tepat. Jika perkembangan reksadananya baik dan akan membuat Sedulur untung, Sedulur tidak usah ragu untuk melakukan investasi reksadana.

6. Monitor Rutin

6. Monitor Rutin
pikiran-rakyat.com

Hal yang wajib Sedulur lakukan adalah memantau perkembangan reksadana yang dilakukan. Monitor rutin tidak perlu dilakukan setiap hari atau setiap saat. Apalagi dipantau setiap jam, Sedulur hanya perlu melakukan pemantauan setiap minggu atau setiap bulan.

Melakukan monitor atau pemantauan berlebihan tidak akan berguna, karena tidak tersebut hanya akan menghabiskan banyak waktu dengan kegunaan yang tidak ada. Juga akan mendorong Sedulur untuk melakukan tindakan kontra-produktif, yaitu melakukan trading jual-beli dan tidak fokus pada tujuan utama investasi.

7. Auto Invest

7. Auto Invest
monexo.co

Melakukan investasi dalam reksadana merupakan hal yang paling bagus, dan akan lebih baik lagi jika dilakukan secara rutin. Rutin di sini bukan berarti setiap hari, tapi rutin dalam waktu yang telah ditentukan. Namun, melakukan investasi rutin membuat Sedulur membutuhkan waktu dan kedisiplinan, dan tidak semua orang memiliki kedisiplinan tersebut.

Sedulur bisa melakukan auto invest untuk mengatasi hal tersebut, karena beberapa platform reksadana atau manajer investasi memiliki fitur yang menawarkan auto invest. Sedulur tinggal menggunakan fitur tersebut dan melakukan pemantauan secara rutin dan berkala.

8. Jangan Trading

8. Jangan Trading
digitalis.id

Trading yaitu jual beli reksadana dalam jangka pendek. Tujuannya untuk mendapatkan keuntungan yang bergerak secara cepat dari pergerakan harga. Jangan sekali-kali melakukan trading, karena beberapa alasan, yaitu:

  • Pergerakan harga dalam jangka pendek yang sulit ditebak, banyak sekali faktor yang mempengaruhi harga, Sedulur akan mendapatkan kerugian yang lebih besar kemungkinannya ketimbang untung.
  • Melakukan jual beli dalam frekuensi tinggi, membuat Sedulur akan membayar fee transaksi yang lebih besar. Hal tersebut tentu saja mengurangi potensi pengembalian modal atau bahkan dapat menyebabkan kerugian.

Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur yang hendak mulai berinvestasi dalam hal apapun. Reksadana merupakan cara yang baik dan dapat membantu Sedulur dalam berinvestasi. Terapat juga manajer investasi yang semakin memudahkan Sedulur. Jangan lupa untuk memahaminya dengan baik dan jangan sekedar coba-coba.

Agar Sedulur dapat fokus melakukan investasi dan juga memiliki manajer investasi yang tepat. Serahkan segala urusan kebutuhan sehari-hari rumah kepada Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super, melalui Super Eat, menyediakan kebutuhan sehari-hari dengan lengkap dan harga murah. Sedulur bisa cek dengan klik di sini.

Harga ongkir gratis, pengiriman cepat dan terjamin membuat Sedulur tidak perlu khawatir dan bisa membagi waktu untuk mengurus hobi dengan baik. Pelayanan juga semakin mudah dengan download Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini, agar bisa melakukan pemesanan hanya melalui smartphone. Selamat mencoba!