ide fasad rumah 2 lantai

Sedulur ingin membangun rumah dengan konsep modern dan memiliki fasad dua lantai? Tenang, kami akan membantu Sedulur untuk menemukan inspirasi dan ide fasad rumah 2 lantai yang menarik dan minimalis.

Fasad sendiri merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah desain rumah. Selain mempercantik hunian, fasad memiliki peran untuk mengatur sirkulasi udara yang ada di dalam rumah agar bisa terasa lebih sejuk dan tidak pengap. Nah, untuk ide fasad rumah 2 lantai, Sedulur bisa menyimaknya di bawah ya!

BACA JUGA: 12 Kombinasi Cat Rumah Warna Cream untuk Hunianmu!

Tips Membuat Fasad

ide fasad 2 lantai
Homedit

Sebelum kita membicarakan tentang ide fasad rumah 2 lantai untuk huniamu. Sebaiknya Sedulur menyiapkan diri dengan mengetahui tips dan trik membuat sebuah fasad rumah. Ada beberapa elemen seperti warna, kontur, dan material yang bisa dijadikan pertimbangan ketika membuat fasad. Berikut tipsnya.

  • Pilih warna yang tepat

Warna yang tepat dapat membuat rumah minimalis terlihat lebih elegan dan modern. Warna fasad rumah bisa disesuaikan dengan warna yang dominan pada rumah minimalis. Namun, warna netral akan memberikan kesan minimalis yang sangat kuat. Gunakan warna-warna netral seperti putih, abu-abu, atau hitam.

  • Pilih material dengan cermat

Material yang berkualitas akan menghasilkan fasad rumah minimalis yang lebih baik. Pilih bahan-bahan yang tahan lama dan mudah dalam perawatannya, seperti batu alam, kayu, atau bahan-bahan metal. Material-material tersebut bisa memberikan kesan simpel dan elegan pada rumah minimalis. Tak ada salahnya mengeluarkan budget lebih saat membuatnya daripada harus selalu melakukan renovasi.

  • Ciptakan desain geometris

Desain geometris yang sederhana dapat membuat rumah minimalis terlihat lebih modern dan elegan. Pilih desain geometris yang sederhana dan minimalis untuk fasad rumah. Hal ini akan memberikan kesan elegan dan simpel pada rumah minimalis. Tidak perlu desain yang terlalu detail, desain geometri dengan ukuran besar bisa menghias fasad rumah menjadi lebih menarik.

BACA JUGA: 32 Desain Tangga Minimalis, Cocok untuk Rumah Sempit!

Ide Fasad Rumah 2 Lantai

Setelah membahas tentang tips membuat fasad rumah, tentu Sedulur sudah tidak sabar ‘kan untuk mengetahui ide dan inspirasi fasad rumah yang minimalis dan modern. Berikut ini beberapa ide dan konsep menarik yang bisa dicoba.

1. Modern mimalis kontemporer

ide fasad rumah 2 lantai
Pinterest

Desain minimalis juga bisa tampil berkelas, misalnya pada desain fasad ini. Warna-warna netral seperti abu-abu dan putih mendominasi. Sedangkan coklat pada pintu garasi memberi loncatan yang smooth namun membumi. Aksen marmer abu-abu pada tiang depan memberikan kesan dingin dan kokoh. Berkebalikan dengan desain halaman yang asri dan hijau.

2. Minimalis perpaduan kayu dan batu

Pada desain ini, tampak depan tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Namun permainan woody tampak berani dan mencolok. Penempatan warna coklat dan bahan kayu pada pintu lipat garasi dan depan memberikan kesan hangat. Untuk menyeimbangkan, ditambahkan elemen batu kali berwarna coklat dan krem pada tiang depan. Sementara sisanya diambil alih oleh beton dan marmer berwarna abu-abu dan putih.

3. Ciptakan fasad dengan sisi simetris

ide fasad rumah 2 lantai
Fox Blocks

Jika ingin melihat permainan garis, kubisme dan bentuk geometri yang ciamik tetapi tidak kaku, desain ini cocok sekali. Dengan model home office, rumah dua lantai tampil kokoh. Pintu kaca dan floor to ceiling wiw di hampir semua bagian depan rumah memungkinkan cahaya melimpahi ruangan. Otomatis akan mengurangi pemakaian lampu.

4. Kombinasi dua warna untuk fasad

Desain fasad rumah dua lantai yang satu ini benar-benar menarik. Permainan garis dan bentuk geometri yang kaku seakan dipatahkan oleh balkon besar yang melengkung di lantai dua, sejajar dengan teras lantai dasar berbentuk sama.

5. Ide industrial minimalis

Jika ingin memadukan gaya industrialis dengan minimalis modern, bisa mengaplikasikan desain fasad rumah dua lantai ini. Didominasi aksen bata berwarna abu-abu, tampak luar tampil kokoh sekaligus hangat. Ditambah dengan penggunaan lantai kayu dari teras hingga ruangan di dalam rumah.

6. Gaya elegan tradisional

ide fasad rumah 2 lantai
Pinterest

Fasad ini memakai dua gaya pada dua lantai rumah. Pertama menggunakan bahan beton berwarna putih sedangkan kedua berbahan kayu yang disusun horizontal dan berwarna putih. Pemisahan bahan ini menjadikan fasad seperti memiliki dua wajah. Minimalis modern di bawah dan minimalis tradisional di atas.

7. Angkat konsep tropis yang lebih segar

Desain fasad yang satu ini memainkan cukup banyak warna. Jika desain modern minimalis biasanya hanya didominasi dua warna, maka kali ini berbeda. Warna biru keabuan, putih, coklat kayu dan nuansa naturali dari batu alam berpadu dalam komposisi yang sama kuatnya. Kesan tropis dibawa oleh lantai kayu dan batu alam pada jalan masuk dan dinding kiri fasad.

8. Fasad hemat listrik

Pada desain ini, penggunaan kaca yang dominan akan mengurangi pemakaian lampu. Dominasi kayu pada lantai dua, garasi dan sebagian lantai satu menjadikan rumah lebih sejuk, sehingga menghemat penggunaan listrik.

9. Kombinasi dua elemen

ide fasad rumah 2 lantai
Houzz

Fasad ini membuktikan bahwa desain yang ramai juga bisa tampil serasi. Di lantai dua ada elemen kayu dengan tiga warna berbeda. Dipadukan bersama floor to ceiling window serta pagar balkon yang terbuat dari kaca bening. Lantai satu dihiasi elemen batu alam, beton serta kayu pada pagar di kedua sisi. Stepstone berbentuk lingkaran dan persegi panjang menyempurnakan permainan bentuk dan warna.

10. Gunakan panel kayu

Desain fasad ini cocok sekali untuk villa keluarga di tengah lingkungan hijau yang asri. Warna coklat gelap pada sebagian besar dindingnya berpadu serasi dengan alam sekitar. Jendela berukuran besar memungkinkan sinar matahari bebas masuk ke dalam ruangan.

11. Ciptakan fasad kombinasi kaca beton

rumah industrial modern
Amazing Architecture

Paduan kaca dan beton pada fasad ini benar-benar menunjukkan selera modern minimalis. Agar tidak terlalu kaku, tanaman rambat ditempatkan di bagian depan fasad. Vertical garden ini juga berfungsi sebagai pelindung bagian dalam hunian.

12. Fasad dengan open space

Keunikan fasad ini adalah atap balkon yang bisa dibuka-tutup. Teras yang luas dan terbuka memungkinkan udara serta sinar matahari memanjakan penghuni rumah. Dominasi beton putih dinetralkan oleh panel kayu yang dipasang di sepanjang dinding lantai satu.

13. Ide fasad modern untuk garasi

The Spruce

Fasad modern ini cocok untuk rumah di lahan sempit. Garasi mobil terletak di bawah tanah dan bisa menampung dua mobil keluarga. Selain itu, pintu pagar dan fasad lantai dua yang terbuat dari kayu dapat dibuka tutup secara otomatis.

14. Gaya klasik dengan sentuhan kayu

Mengusung tema rumah lawas di pedesaan Eropa, desain fasad ini berbahan papan kayu yang disusun vertikal dan horizontal dengan warna seragam. Selain untuk rumah, juga cocok sebagai desain fasad villa.

15. Monokrom klasik

Di siang hari, rumah ini akan terlihat monoton dengan warna tunggal putih dan bingkai-bingkai jendela berwarna hitam. Namun saat senja dan malam hari, permainan cahaya lampu akan menjadikannya terlihat berpendar. Serasa keluar dari buku cerita lawas.

16. Klasik kontemporer bergaya mewah

Homedit

Klasik tidak harus putih. Warna peach yang dipadukan dengan sandalwood dan abu-abu pada bingkai jendela serta pintu terkesan catchy. Balkon terbuka di lantai dua dan jendela berukuran besar mengingatkan pada rumah era 60-an.

Gaya rumah pedesaan Eropa di masa lalu bisa jadi inspirasinya. Untuk sedikit meredam warna merahnya, diaplikasikan cat putih pada bingkai jendela, pintu, kanopi dan tangga masuk.

17. Konsep art noveau untuk fasad

Gaya art nouveau adalah gaya klasik awal abad dua puluh yang diterapkan pada seni dan arsitektur. Pada desain fasad art nouveau kali ini terdapat sentuhan modern. Pada sisi kiri rumah, sebuah taman indoor dengan atap dan dinding kaca mengusung gaya modern. Sementara ukiran dan bentuk rumah masih nuansa art nouveau yang indah.

Demikian tadi inspirasi dan ide fasad rumah 2 lantai yang bisa Sedulur coba. Jangan sampai Sedulur meremehkan bagian rumah ini, karena tak hanya bisa membantu menciptakan ruang yang lebih lega dan luas untuk rumah. Penggunaan fasad yang tepat bisa membantu untuk memiliki hunian rumah yang nyaman.