caption kemerdekaan

Sebentar lagi kita akan merayakan kemerdekaan, kurang dari satu bulan lagi hari kemerdekaan Indonesia akan kita rayakan di bulan Agustus depan. Pada kesempatan tersebut, dengan berbagai cara kita melakukan berbagai aktivitas untuk menjaga semangat juang yang dilakukan oleh para pahlawan. Ini bisa kita lakukan dengan menggunakan caption kemerdekaan.

Caption kemerdekaan dibutuhkan untuk tetap membakar semangat juang kita di hari kemerdekaan, sekaligus sebagai bagian dari cara kita merayakan kemerdekaan. Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi caption kemerdekaan yang bisa Sedulur gunakan pada tanggal 17 Agustus nanti. Yuk, mari langsung kita cek.

BACA JUGA: 85 Pantun Kemerdekaan, Bangkitkan Semangat Kemerdekaan

1. Caption kemerdekaan singkat

caption kemerdekaan
Ladiestory

Bagi Sedulur yang membutuhkan caption kemerdekaan singkat, Sedulur bisa menggunakan kata-kata di bawah ini:

  1. “Perjuangan kita belum selesai selama masih banyak masyarakat yang tidak sejahtera. Mari lanjutkan perjuangan para pahlawan. Merdeka!”
  2. “Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan.”
  3. “Indonesia akan terlihat indah jika kita tetap bersama untuk saling menolong. Perbedaan bukanlah halangan, melainkan jembatan untuk bersatu!”
  4. “Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa.”
  5. “Selain terbebas dari penjajahan, kemerdekaan bangsa Indonesia adalah perayaan dari perbedaan yang disatukan.”

2. Caption kemerdekaan menguatkan

Populix

Merayakan kemerdekaan di masa pandemi tentu merupakan sebuah cobaan. Dengan caption kemerdekaan di masa pandemi di bawah ini, bisa tetap memperkuat semangat juang Sedulur, berikut daftarnya:

  1. “Kemerdekaan bukanlah akhir perjuangan suatu bangsa, melainkan awal dari perjuangan selanjutnya. Selamat Hari Kemerdekaan, Indonesiaku!”
  2. “Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkap pada kemerdekaan jiwa.”
  3. “Meski di tengah pandemi yang tak kunjung usai, harapan ini masih akan selalu ada. Maju terus Indonesiaku, merdeka!”
  4. “Nasib bangsa Indonesia tidak akan berubah jika kita tak mengubahnya. Mari sama-sama berjuang, memperbaiki diri agar bermanfaat untuk negeri.”
  5. “Hari ini adalah hari dimana kita menghormati bangsa kita yang indah. Kita telah melakukan banyak hal untuk membangun budaya dan warisan kita sendiri, jadi mari kita rayakan hari ini.”

3. Kata-kata kemerdekaan penuh humor

caption kemerdekaan
idkuu

Kendati merayakan kemerdekaan yang serius, bukan berarti tidak boleh lucu. Berikut rekomendasi caption kemerdekaan lucu yang bisa Sedulur gunakan:

  1. “Apa arti merdeka jika dirimu saja masih di jajah bayangannya yang sekarang telah menemukan sandaran baru.”
  2. “Aku selalu menang lomba 17-an, tapi itu semua nggak ada artinya karena aku belum bisa menangin hati kamu.”
  3. “Dirgahayu Indonesia, kalau cuma ngerayu akan sia-sia.”
  4. “Kamu tahu merdeka itu apa? Mungkin liburan bersama kata pertama.”
  5. “Ada yang statusnya penuh tentang kemerdekaan, tapi hatinya masih terjajah oleh rasa kesepian.”
  6. “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan dari bayang-bayang mantan adalah hak segala bangsa.”
  7. “Memerdekakan hatimu sama sulitnya dengan memerdekakan Indonesia. Butuh perjuangan!”
  8. “Lomba tarik tambang mengajarkan bahwa mundur itu belum tentu kalah.”
  9. “Kalau ada lomba kemerdekaan memendam rasa suka paling lama tanpa di-notice sama dia, malaikat juga tahu aku yang jadi juaranya.”
  10. “Semoga para mahasiswa segera merdeka dari belenggu tugas dan revisian skripsi yang tak kunjung usai dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.”
  11. “Bendera Indonesia saat kemerdekaan memiliki persamaan dengan hatiku, yaitu nasib yang sama-sama digantung.”

4. Caption kemerdekaan bijak

Fimela

Ada juga caption kemerdekaan bijak yang bisa Sedulur gunakan, berikut daftar:

  1. “Selalu jaga semangat patriotisme, bersinar dalam dirimu, bangglah menjadi Indonesia. Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia!”
  2. “Perjuangan bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia.”
  3. “Nasib bangsa tidak akan berubah jika kita tak mengubahnya. Mari sama-sama berjuang. Memperbaiki diri agar bermanfaat untuk negeri. Sekali merdeka tetap merdeka!”
  4. “Jangan membuat perbedaan menjadi alasan untuk bertengkar dan melemahkan rasa kasih sayang kita. Jadikanlah itu sebagai kekuatan. Selamat hari ulang tahun ke-76 Republik Indonesia.”
  5. “17 Agustus bukan sekadar balap karung atau lomba makan saja. Lebih dari itu, 17 Agustus adalah mengenang jasa pahlawan dan memupuk persatuan bangsa. Dirgahayu Republik Indonesia.”

5. Kata-kata kemerdekaan memberi dorongan

caption kemerdekaan
Ladiestory

Ada juga caption kemerdekaan yang bisa memberi Sedulur dorongan, berikut kata-katanya:

  1. “Mari kita ingat semua pahlawan, masa lalu yang berjuang untuk kemerdekaan dan persatuan kita.”
  2. “Masih ada setitik harapan, mimpi yang kita jaga. Masih ada cita-cita yang bisa kita bagikan. Kemerdekaan bukan sekadar ritual belaka, tetapi ajang membangun bangsa.”
  3. “Selain terbebas dari penjajahan, kemerdekaan bangsa Indonesia adalah perayaan dari perbedaan yang disatukan.”
  4. “Sekali merdeka, tetap merdeka! Jika kita merasa telah merdeka maka seharusnya perasaan lemah dan tak berdaya tidak lagi bercokol dalam diri kita. Dirgahayu ke-76 Republik Indonesia.”
  5. “Indonesia akan terlihat indah jika kita tetap bersama untuk saling menolong. Perbedaan bukanlah halangan, melainkan jembatan untuk bersatu!”

6. Kata penuh semangat

Populix

Caption kemerdekaan Indonesia diharapkan dapat menjadi penyemangat, berikut daftarnya:

  1. “Tetaplah menjadi satu. Jangan sampai ingin terpecah. Gapai angan dan citamu di masa depan yang cerah. Raih prestasi terbaikmu dan buat bangsa ini bangga. Selamat hari kemerdekaan.”
  2. “Darahmu tumpah di tanah pusaka. Jiwamu mengawal tegaknya Indonesia. Engkau pahlawanku. Engkau kusuma negaraku. Selamat hari Kemerdekaan bangsa Indonesia.”
  3. “Hargailah hasil dari perjuangan orang-orang sebelum kita demi masa depan anak cucu kita. Selamat hari kemerdekaan Indonesia.”
  4. “Jasa pahlawan, jasa penuh kenangan. Jasa yang tak akan mampu dibeli dengan harta, jasa yang punya tujuan ‘Merdeka atau Mati’. Saudaraku, mari kita bangkit bersama. Membangun negeri tercinta.”
  5. “Jadikan perbedaan sebagai sebuah keunikan dalam berbangsa dan bernegara agar terlihat indah dengan banyaknya warna, dan janganlah menjadikan sebuah perbedaan sebagai kesombongan akan rasa paling benar dalam berpikir dan bertindak karena perbedaanlah yang mengakibatkan perpecahan yang membuat bangsa dan negara melemah. Merdeka!”
  6. “Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan.”
  7. “Seribu orang tua hanya dapat bermimpi. Satu orang pemuda dapat mengubah dunia. Merdeka.”
  8. “Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang lebih keras.”
  9. “Selain terbebas dari penjajahan, kemerdekaan bangsa Indonesia adalah perayaan dari perbedaan yang disatukan.”
  10. “Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta, luka di sana, ada tempat berpetualang dan pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah.”

7. Kata penuh motivasi

caption kemerdekaan
AntaraNews

Daftar caption perjuangan kemerdekaan ini bisa memberimu motivasi. Berikut daftarnya:

  1. Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya. Merdeka!”
  2. Perjuangan kita belum selesai selama masih banyak masyarakat yang tidak sejahtera. Mari lanjutkan perjuangan para pahlawan. Merdeka!”
  3. “Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan.”
  4. “Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa.”
  5. “Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia.”

BACA JUGA: 20 Pertanyaan untuk Pasangan Agar Tidak Membosankan

8. Kata semangat di hari Kemerdekaan

Populix

Terakhir adalah kata-kata semangat Indonesia yang bisa mempertahankan semangat juangmu, berikut kata-katanya:

  1. “Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar, walau panasnya peluru menembus tubuh.”
  2. “Kini kita dapat tertawa puas. Menggapai mimpi dengan bebas. Asal rajin dan tak malas. Melanjutkan kemerdekaan dengan tegas.”
  3. “Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia.”
  4. “Kobarkan semangat, lumpuhkan rasa takut, dan mulailah bergerak menuju sebuah tujuan untuk terciptanya sebuah kemerdekaan.”
  5. “Berjuanglah terus dengan mengucurkan banyak-banyak keringat. Semangat 45, Dirgahayu Indonesiaku.”

Nah, itulah daftar rekomendasi caption kemerdekaan yang bisa Sedulur gunakan untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Semoga daftar caption di atas bisa membantu Sedulur untuk tetap menjaga semangat juang, sebagaimana para pahlawan menjaga semangatnya untuk merebut kemerdekaan di masa lalu.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.