hari ayah

Tanpa adanya orang tua, kita tidak akan bisa lahir dan merasakan keindahan di dunia ini. Saking berjasanya orang tua, membuat mereka layak untuk mendapatkan apresiasi, seperti hari istimewa. Nah, apakah Sedulur sudah tahu kapan Hari Ayah dan Ibu?

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Hari Ayah. Walaupun kita lahir dari rahim ibu, namun peranan ayah tidak kalah penting. Ayah adalah sosok yang paling berjasa sejak kita lahir. Selain mendidik, ayah juga telah membiayai hidup kita hingga akhirnya menjadi orang dewasa.

Mungkin Sedulur telah merayakan Hari Ayah Internasional 2020 dan 2021 lalu. Namun apakah Sedulur sudah tahu arti sesungguhnya dari hari istimewa tersebut? Oleh karena itu, pahami tentang hari yang sangat spesial ini, selain hanya mengucapkannya kepada ayahanda Sedulur.

BACA JUGA: 30 Ide Ucapan Pernikahan yang Penuh Arti, Simpel, & Berkesan!

-->

Kapan Hari Ayah Sedunia?

hari ayah
pexels

Hari istimewa tersebut jatuh pada tanggal 19 Juni. Ya, tanggal itu jelas berbeda dengan Hari Ayah Nasional yang diperingati di Indonesia. Meskipun begitu, intisari dari kedua hari tersebut sama, yakni untuk memperingati jasa besar ayah dalam kehidupan kita.

Tentang Hari Ayah Sedunia

hari ayah
pexels

Dilansir dari situs LiveScience, Hari Ayah Sedunia berawal dari kisah seorang anak bernama Sonora Smart Dodd. Pada bulan Mei 1909, ia sedang mendengarkan pidato Hari Ibu di Gereja. Hal itu yang membuatnya ingin menetapkan sebuah hari khusus bagi Ayahnya, William Jackson Smart.

Ibu Dodd sendiri meninggal pada saat melahirkannya. Maka dari itu, sang ayahlah yang mengurus Dodd beserta kelima saudaranya.  Pada awalnya, Dodd ingin merayakan hari istimewa tersebut pada tanggal 5 Juni, sesuai tanggal ulang tahun ayahnya.

Bahkan Dodd juga mengajukan petisi supaya hari tersebut diakui di kota, dan dijadikan sebagai hari libur. Butuh waktu yang lama agar keinginannya terwujud. Hingga akhirnya, Hari Ayah Sedunia pertama kali diperingati pada tanggal 19 Juni 1910.

Pada perayaan pertama, anak-anak perempuan memberikan bunga mawar kepada ayah mereka ketika melakukan kebaktian Gereja. Bunga mawar merah tersebut merupakan apresiasi kepada ayah mereka yang masih hidup, sedangkan mawar putih untuk ayah mereka yang telah tiada.

Hari Ayah Sedunia juga resmi menjadi hari libur untuk perayaannya. Peresmian ini dilakukan oleh Presiden Richard Nixon pada tahun 1972, setelah menandatangani Undang-Undang Publik.

BACA JUGA: 35+ Ucapan Selamat Hari Ibu yang Penuh Kasih & Menyentuh Hati

Kapan Hari Ayah Nasional?

pexels

Berbeda dengan sebelumnya, Hari Ayah Nasional jatuh setiap tanggal 12 November. Ya, memang versi internasional dan versi nasionalnya berbeda. Hal ini karena latar belakang atau sejarah diperingatinya juga tidak sama.

Tentang Hari Ayah Nasional

pexels

Melansir dari situs Anggun Paud Kesmdikbud, Hari Ayah Nasional digagas oleh perkumpulan wanita yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Hari tersebut pertama kali dideklarasikan pada tahun 2006 di kota Solo, pada masa pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Walaupun hanya dalam skala nasional, namun bukan berarti hari spesial ini diabaikan oleh pihak internasional, lho. Bahkan Google juga memperingati hari istimewa dengan menampilkan desain doodle gambar dua pasang sepatu yang terletak bersampingan.

Untuk sepatu sebelah kiri, ada sepasang sepatu pria formal berwarna coklat milik ayah. Sedangkan yang di sebelah kanan, terdapat sepasang sepatu kets warna merah kepunyaan si anak.

Selain ucapan “selamat hari ayah sedunia”, hari tersebut biasanya juga dirayakan dengan memberikan hadiah kepada sang ayah. Tidak hanya itu, banyak juga orang yang merayakannya dengan melakukan berbagai kegiatan bersama keluarga.

Oh iya, hari nasional yang satu ini juga umumnya dirayakan di sekolah-sekolah dengan mengadakan lomba memasak anak-anak bersama ayahanda mereka. Lomba masak tersebut, biasanya untuk membuat minuman kesukaan ayah mereka.

Contoh ucapan Hari Ayah

pexels

Ucapan dalam bahasa Indonesia

Bagi Sedulur yang bingung untuk memberi ucapan kepada ayahanda, berikut ini beberapa kalimat yang bisa digunakan.

  • Ayah adalah pahlawan pertama seorang putra dan cinta pertama seorang putri. Ayah memberi kami semua yang kami butuhkan. 
  • Makin bertambahnya usia, makin aku menyadari betapa banyak pengorbanan yang ayah lakukan untuk membuat hidupku jadi lebih baik. 
  • Sejak kecil, ayah memberiku mimpi-mimpi. Berkatmu, aku bisa melihat masa depanku. Tanganmu yang membimbing pundakku akan selalu bersamaku selamanya. 
  • Saat-saat paling membanggakan dalam hidupku adalah ketika orang-orang memberi tahuku bahwa apel tidak jatuh jauh dari pohonnya. Terima kasih telah menjadi ayah yang luar biasa. 
  • Ayah adalah seorang yang ingin mengangkat anak-anaknya saat mereka terjatuh. Ayah akan membiarkan anak-anaknya mencoba lagi dan bersiap untuk mengangkatnya kembali. 

Ucapan dalam bahasa Inggris

Bahasa Inggris-nya selamat hari ayah adalah “happy father’s day”. Namun jika Sedulur ingin yang tidak biasa, berikut ini kalimat yang dapat dicoba.

  • Happy Father’s day to my wonderful Daddy. I love you to the moon and back!
  • I am so lucky to have you as my dad. Thanks for being so wonderful!
  • I’m so grateful for all your guidance and wisdom, you really are the best! Happy Father’s day!
  • Sending you all my love and I wish I could be there to give you a big bear hug. Happy Father’s day!
  • Thanks for all the fun times we’ve shared together, you’re such an amazing Daddy! Happy Father’s day!

BACA JUGA: 50 Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Anak Tercinta Penuh Makna

Itulah beberapa informasi mengenai Hari Ayah yang perlu Sedulur tahu. Ya, selain memberikan ucapan kepada ayah, kita juga harus tahu secara lebih mengenai arti yang sebenarnya dari hari istimewa tersebut.

Perjuangan seorang ayah dalam membesarkan anak itu tidaklah mudah. Dan hari spesial ini benar-benar diciptakan untuk mengapresiasi apa yang telah mereka lakukan dan berikan kepada kita.