Salah satu peralatan make up yang wajib Sedulur punya adalah foundation. Berbeda dengan BB cream yang memiliki tekstur lebih ringan, foundation cenderung bertekstur lebih berat saat diaplikasikan ke wajah. Maka dari itu, foundation cocok untuk digunakan sebagai alas make up saat akan menghadiri acara tertentu, karena mempunyai coverage yang tinggi.

Ada tiga jenis foundation yang bisa Sedulur pilih, yaitu bubuk, cair, dan krim. Mempunyai fungsi untuk meratakan kulit wajah sekaligus untuk aplikasi make up yang sempurna, tentunya ada banyak sekali merk atau produk foundation yang bisa Sedulur pilih. Apa aja  sih rekomendasi foundation yang bagus itu? Simak dibawah ini, ya!

BACA JUGA: 12 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah & Cara Pakainya

1. Viva liquid foundation

Foundation yang Wajib Dimiliki Pemula
shopee

Pasti Sedulur semua tidak asing dengan merk yang satu ini. Merk lokal ini menjadi foundation untuk remaja yang pas karena harganya yang ramah di kantong. Cukup dengan merogoh dompet 7000an saja, Sedulur sudah bisa memiliki Viva Liquid ini. Sesuai dengan namanya, alas bedak yang satu ini mempunyai tekstur liquid atau cair, sehingga membuat riasan wajah menjadi natural serta tidak terlalu berat. Ada dua shade yang ditawarkan pada produk ini, yaitu langsat dan natural. 

-->

2. Mineral Botanica Acne Care Loose Foundation

Foundation yang Wajib Dimiliki Pemula
beautynesia

Produk dari Mineral Botanica ini memiliki fungsi seperti bedak two way cake, yaitu menggabungkan bedak dan foundation dalam bentuk bedak compact. Produk ini punya serbuk di dalamnya yang mengandung sebagai mineral. Bagi Sedulur yang mempunyai masalah pada kulit sensitif dan juga berminyak, Mineral Botanica Acne Care Loose bisa menjadi salah satu pilihan, lho. Kandungan yang dimilikinya mampu mengurangi jerawat di wajah serta minyak yang berlebih pada wajah bisa berkurang. Produk yang memiliki 3 varian warna yaitu rose, natural, dan beige ini dibanderol sekitar 60 ribu saja.

3. La Tulipe Perfect Foundation

Foundation yang Wajib Dimiliki Pemula
bukalapak

Produk foundation dari La Tulipe ini berbentuk cream yang waterproof, sehingga tidak akan luntur ketika terkena air. Kandungan dalam produk ini yaitu soft focus powder memiliki fungsi untuk menyamarkan noda dan flek pada wajah, kerutan dan garis-garis halus, serta warna yang tidak merata terutama pada daerah mata dan kulit lain. Alas bedak ini juga diperkaya coated powder yang memiliki fungsi tahan lama serta halus, sehingga hasil akhir pada make up akan menjadi awet. Produk dari La Tulipe ini tersedia dalam 5 pilihan shade, yaitu Light Natural (putih), Ochre (kuning kecoklatan), Ivory (merah muda), Dark Beige (coklat kekuningan), dan Light Beige (coklat muda kemerahan). La Tulipe Perfect Foundie dibandrol dengan harga 90 ribuan.

4. Pixy Make It Glow Dewy Cushion

Foundation yang Wajib Dimiliki Pemula
ameltami

Produk dari Pixy ini sempat viral karena memiliki klaim foundation yang bagus dan tahan lama. Sedulur sudah coba, belum? Mempunyai kisaran harga 100 ribuan saja, produk ini memiliki banyak klaim salah satunya adalah untuk membuat kulit menjadi glowing. Selain itu, alas bedak berbentuk cushion ini juga tahan lama hingga 10 jam, memiliki tekstur ringan di wajah, mengandung SPF 23 & PA++, dan dapat menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat dengan baik. Kandungan jojoba oil, yuzu extract, dan olive oilnya berfungsi untuk pelembab di wajah. Shade pada produk ini hanya 3, yaitu Light Beige 101, Natural Beige 201, dan Medium Beige 301.

5. Make Over Ultra Cover Liquid Matt Foundation

Foundation yang Wajib Dimiliki Pemula
tokopedia

Foundation Make Over ini mempunyai klaim mampu menutupi dan menyamarkan garis-garis halus, kerutan, dan noda hitam di wajah secara alami sehingga mempunyai hasil yang bagus serta ringan di wajah. Alas bedak yang satu ini juga membuat kulit mulus serta hasil akhirnya tidak terlalu berat. Tampilan akhir dari produk ini adalah matte, sehingga cocok digunakan untuk kulit berminyak. Tidak perlu takut tumpah, karena produk ini hadir dalam kemasan yang kokoh serta dilengkapi dengan pump applicator sehingga cocok dibawa saat traveling. Produk dengan pilihan shade yang banyak ini dibanderol dengan harga sekitar 100 ribuan saja.

6. Mustika Ratu Beauty Queen High Coverage 

Foundation yang Wajib Dimiliki Pemula
bukalapak

Produk dari Mustika Ratu ini diperkaya dengan Moringa Seeds Extract, SPF 30, serta waterproof sehingga tidak luntur ketika aman ketika terkena air. Foundation bertekstur liquid ini juga memiliki formula eksklusif multi-protection factor dari biji moringa serta minyak zaitun dan vitamin E, sehingga kelembaban wajah terjaga dan kulit juga ternutrisi. Produk ini mempunyai hasil akhir matte sehingga lebih menyatu dengan kulit dan juga awet ketika dipakai. Mustika Ratu Beauty Queen High Coverage ini berada di kisaran harga 100 ribuan untuk kemasan 30ml.

7. Emina City Chic CC Cake 

Foundation yang Wajib Dimiliki Pemula
pinkyrose21

Foundation untuk kulit berminyak ini mempunyai bentuk bedak padat, yang pastinya ringan untuk digunakan. ada 4 shade yang ditawarkan Emina CC Cake ini, yaitu : butterscotch (untuk kulit bright olive), latte (warm undertone), meringue (putih agak pink—cool undertone), dan peach (untuk kulit medium—cool undertone). Dengan warna produk pink dan bertekstur ringan, produk dari emina ini cocok digunakan untuk remaja. Alas bedak ini dibanderol dengan harga yang cukup murah, yaitu 40 ribuan saja.

8. Pinkberry Liquid Foundation

Foundation yang Wajib Dimiliki Pemula
shopee

Produk dari Pinkberry ini mempunyai klaim mampu melindungi kulit dari sinar matahari karena mengandung skin protector dan emollet. Selain itu, foundation ini juga mampu meratakan warna kulit, mempunyai coverage yang tinggi, serta mengandung vitamin E dan antioksidan yang dapat melindungi kelembaban kulit. Harga dari produk ini cukup murah, yaitu sekitar 40 ribuan saja.

9. Wardah Lightening Liquid Foundation

Foundation yang Wajib Dimiliki Pemula
shopee

Produk lokal yang satu ini mempunyai fungsi yang cukup beragam, yaitu Oil Absorber yang membantu menyerap minyak berlebih secara optimal, tahan lama hingga 12 jam, wajah menjadi cerah natural, Vitamin E sehingga kelembaban kulit dapat terjaga, non comedogenic, dermatology tested, serta mempunyai kandungan Micronized Bright Pigmen sehingga kulit akan menjadi lebih halus. Tak hanya itu, produk ini juga mempunyai kandungan SPF 30 PA++ yang mencegah kulit dari sinar UV yang bisa membuat kulit wajah menjadi gelap. Harga foundation wardah ini adalah sekitar 40 ribuan saja.

BACA JUGA: Janji Crazy Rich Surabaya Tom Liwafa Bakal Tanggung Biaya Gala sampai Jadi Pengusaha Sukses

10. Emina Bare with Me Mineral Mild Foundation

Foundation yang Wajib Dimiliki Pemula
femaledaily

Produk rekomendasi selanjutnya adalah Emina Bare with Me Mineral Mild yang memiliki kandungan ringan, sehingga wajah akan menjadi tampak lebih halus dan warna kulit merata. Produk ini cocok untuk beraktivitas sehari-hari karena hasilnya yang natural dan kulit akan menjadi tetap sehat. Produk yang memiliki hasil semi-matte ini cocok untuk Sedulur dengan kulit yang berminyak, selain itu, dilengkapi juga dengan SPF 25 PA+++ sehingga kulit akan terlindungi dari sinar matahari. Produk ini memiliki harga sekitar 60 ribuan saja, dengan pilihan 4 shade yaitu Light, Natural, Caramel, dan Mocca. 

11. Y.O.U Flawless Radiance Skin Foundation

Roem’s Journal

Seperti produk sebelumnya yaitu Wardah, Y.O.U memiliki fungsi dan klaim yang cukup beragam. Di antaranya adalah mempunyai kandungan Jade Orchid dan Olive Oil yang berfungsi meratakan warna kulit, melembabkan, sekaligus memberikan hasil akhir yang sempurna. Selain itu, produk ini mampu membuat kulit tampak menjadi lebih bercahaya, serta dengan perfect coverage nya bisa membuat wajah samar dari noda serta ketidaksempurnaan di wajah. Produk ini cocok untuk kulit normal dan kering, dan memiliki harga sekitar 70 ribuan.

12. Maybelline Fit Me Matte Poreless Foundation

Foundation yang Wajib Dimiliki Pemula
tokopedia

Foundation Maybelline Fit Me Matte Poreless ini mempunyai klaim sesuai dengan namanya, yaitu untuk menutup pori-pori wajah. Produk ini juga mampu menyerap minyak dalam wajah dan menyamarkan masalah warna kulit yang tidak merata. Selain itu, maybelline fit me matte ini juga mengandung bubuk mikro khusus yang berfungsi menutup pori berlebih pada wajah untuk hasil make up yang terlihat lebih natural. Produk yang memiliki kisaran harga 50 ribuan ini memiliki 5 pilihan shade, yaitu 126 warm nude, 130 buff beige, 220 natural beige, 228 soft tan, serta 230 natural buff.

13. LT Pro Perfect Image High Definition Foundation

Foundation yang Wajib Dimiliki Pemula
tampilcantik

LT Pro Perfect Image High Definition Foundation (Liquid Foundation HD) diperkaya bahan yang halus serta adanya light scattering yang berfungsi agar warna kulit tampak lebih rata dan juga mampu  menyamarkan noda bintik hitam dan garis halus wajah. Sehingga, tekstur kulit wajah akan tampak halus dan hasil akhir pun akan lebih alami. Produk ini juga mengandung moisturizer yang berfungsi menjaga kelembaban kulit sehingga cocok untuk digunakan sehari-hari. Produk seharga 160 ribuan ini mempunyai 3 pilihan shade, yaitu Natural , Exotic, dan Fair.

14. NYX Total Control Drop Foundation

Foundation yang Wajib Dimiliki Pemula
shopee

Produk rekomendasi selanjutnya datang dari merk NYX yang diformulasikan untuk hasil akhir matte dalam tekstur lembut. Produk ini dilengkapi dengan pipet yang berguna untuk menyesuaikan jumlah yang Sedulur inginkan ketika ingin mengaplikasikannya di wajah. Untuk hasil akhir coverage yang tipis, Sedulur cukup menggunakan satu tetes, dua tetes digunakan untuk medium coverage, serta ketika ingin full coverage, gunakan empat sampai lima tetes dari pipet tersebut. Produk ini dibanderol dengan harga sekitar 270 ribuan.

15. Mizzu Glam Rock Aqua 

Foundation yang Wajib Dimiliki Pemula
femaledaily

Rekomendasi foundation selanjutnya adalah Mizzu Glam Rock Aqua. produk ini memiliki fungsi untuk menutup jerawat yang membandel dan juga memiliki hasil akhir dewy. Mizzu ini juga cocok digunakan sehari-hari karena mempunyai tekstur yang ringan. Shade yang ditawarkan juga cukup beragam, diantaranya adalah dazzling, stunning, pleasing, enchanting, charming, alluring, dan appealing. Alas bedak ini dibandrol dengan harga 160 ribuan.

16. Inez Lustrous Liquid 

Foundation yang Wajib Dimiliki Pemula
shopee

Rekomendasi selanjutnya adalah alas bedak dari merk Inez. Produk ini memiliki kandungan silikon yang mampu membuat kulit menjadi lebih cantik natural. Selain itu, teksturnya yang ringan dan mudah dipakai menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk digunakan sehari-hari. Produk dari Inez ini juga diperkaya anti UV sehingga Sedulur tidak perlu lagi untuk takut sinar matahari yang bisa menyebabkan berbagai permasalahan pada kulit. Disamping itu, foundation ini juga bisa meratakan warna kulit Sedulur serta mengunci pori-pori agar tetap lebih fresh dan lembab. Produk yang sudah memiliki lisensi halal dari MUI ini dibanderol dengan harga 90 ribuan saja.

Nah, setelah mengetahui berbagai macam produk alas bedak yang bisa Sedulur pilih, perlu diperhatikan detail produk sebelum membelinya, ya. Misalnya, Sedulur memiliki kulit yang berminyak, jadi carilah foundation untuk kulit berminyak, begitu pula sebaliknya. Pilih juga alas bedak sesuai dengan warna kulit, agar hasil akhirnya tidak belang dan wajah akan tampak cantik alami. Semoga bermanfaat!!

Memilih foundation sesuai warna kulit itu gampang kok, segampang download  Aplikasi Super yang bisa kamu gunakan untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari seperti beras, minyak, mie instan, dan masih banyak lagi.