Sudahkah Sedulur mengetahui apa saja etika makan? Jika belum, yuk mari kita simak ulasannya.

Etika makan adalah salah satu hal penting yang wajib diketahui dan dilakukan setiap kali kita makan dalam kehidupan sehari-hari. Selain etika makan adalah sebuah kepatutan dan menunjukan kesopanan, juga sebagai penghargaan terhadap makanan yang kita dapatkan.

Selain itu, mengetahui dan menjalankan etika makan juga ada manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Selain juga sebagai sebuah tradisi baik, etika makan juga dapat memberikan kesehatan kepada tubuh kita saat kita mengkonsumsi makanan.

Apa saja etika makan yang dimaksud dan yang wajid Sedulur ketahui dan pelajari? Yuk, mari kita simak ulasannya.

-->

Baca Juga: Daftar Makanan Khas Surabaya yang Wajib Sedulur Coba

Daftar Etika Makan yang Wajib Sedulur Super Ketahui

1. Cuci Tangan Sebelum Makan

Etika makan yang pertama adalah cuci tangan sebelum makan. Sebelum menyantap makanan, sebaiknya biasakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Mencuci tangan merupakan hal penting dilakukan ketika akan makan, meskipun makannya menggunakan sendok.

Tangan yang kotor berpotensi menimbulkan bibit penyakit yang bisa saja masuk ke dalam mulut bersama dengan makanan, sehingga bisa membahayakan kesehatannya. Selain itu, sangat tidak sopan ketika kita hendak makan namun tangan masih kotor.

Tidak ada penghargaan terhadap makanan yang akan kita santap. Selain itu, proses untuk mendapatkan makanan merupakan hal yang penting. Banyak orang yang berusaha susah payah untuk mendapatkan makanan atau untuk dapat makan.

Dengan mencuci tangan sebelum makan, merupakan etika makan yang wajib kita lakukan sebelum kita menyantap makanan dan memulai makan.

2. Makan dengan Posisi Duduk yang Benar

Etika saat makan selanjutnya adalah makan dengan posisi duduk yang benar. Hal ini biasanya sulit dilakukan bagi anak-anak. Seorang anak biasanya cenderung susah untuk diajak makan dalam keadaan tenang. Apalagi di usia 3-5 tahun, anak-anak tentu banyak bergerak ke sana kemari.

Mereka lebih suka makan sambil berjalan ke mana-mana. Etika saat makan seperti ini sangat tidak dibenarkan. Ajarkan dan biasakan anak untuk duduk saat makan, karena selain terkesan lebih sopan, makan dengan duduk akan memudahkan makanan untuk masuk ke dalam sistem pencernaan.

Etika saat makan dengan posisi duduk yang benar memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh, terutama bagian pencernaan. Makanan akan dicerna dengan baik, jika kita memiliki posisi makan yang benar. Walaupun anak-anak sulit untuk diajarkan makan sambil duduk, namun hal tersebut bukan menjadi alasan.

Mengajarkan beda dengan membiasakan. Ajarkan untuk makan dengan posisi duduk yang benar dengan membiasakannya. Karena, jika hal baik telah menjadi kebiasaan, hal tersebut akan sulit dilepaskan oleh anak-anak ketika mereka dewasa.

Baca Juga: Mitos Makan di Indonesia

3. Makan dengan Tangan Kanan

Makan dengan tangan kanan merupakan sebuah kesopanan yang berlaku dalam setiap kebudayaan dan keagamaan yang ada. Tidak hanya berkaitan dengan kesopanan, makan menggunakan tangan kanan juga berpengaruh terhadap kesehatan kita.

Etika saat makan satu ini sudah menjadi tradisi yang berlangsung sejak lama di budaya timur. Terutama bagi kita orang Indonesia yang memiliki tradisi dan kebudayaan yang tinggi. Walaupun kita seorang yang kidal (atau terbiasa dengan tangan kiri dari lahir) makan tetap dilakukan dengan tangan kanan.

Entah makan menggunakan sendok atau langsung dengan tangan, makan dengan tangan kanan adalah sebuah etika saat makan yang patut kita lakukan.

4. Dilarang Makan Mengeluarkan Bunyi

Biasanya, tanpa kita sadari, kita sering kali mengecap atau mengeluarkan bunyi saat sedang makan. Kebiasaan ini biasanya terjadi sejak kita kecil. Karena tidak ada yang memperingatkan, maka kebiasaan ngecap akan terbawa hingga kita besar.

Hal ini tentu saja sangat mengganggu dan membuat teman atau kawan-kawan yang ikut makan bersama kita akan risih. Apalagi, jika kita sedang makan bersama pasangan. Jangan sampai pasangan kita jadi ilfil karena kebiasaan ngecap saat makan.

Maka dari itu, mulai saat ini cobalah untuk makan dalam diam. Pastikan mulutmu selalu tertutup saat mengunyah. Jika bisa, tutupi mulutmu dengan sebelah tangan sembari mengunyah, jika kita kesulitan mengunyah sambil menutup mulut.

Hal ini juga merupakan etika makan yang menunjukan kesopanan kepada teman makan kita. Juga sebuah simbol yang menunjukan penghargaan kita terhadap makanan yang kita dapatkan.

5. Berdoa Sebelum dan Sesudah Makan

Etika makan selanjutnya adalah berdoa sebelum dan sesudah makan. Hal ini juga merupakan sebuah etika yang diajarkan oleh setiap ajaran agama. Berdoa sebelum dan sesudah makan adalah bukti rasa syukur kita atas makanan yang kita dapat.

Selain sebagai sebuah etika makan, berdoa sebelum dan sesudah makan juga menunjukan bahwa kita menghargai setiap usaha yang kita lakukan untuk mendapatkan makanan yang kita makan. Hal ini yang menjadikan berdoa sebelum dan sesudah makan menjadi salah satu etika makan yang wajib diketahui.

Dari daftar etika makan yang dijelaskan di atas, semoga dapat memberikan pengetahuan dan informasi lebih lanjut bagi Sedulur Super. Selain dapat menjadikan Sedulur sebagai pribadi yang lebih sopan dan beradab, etika makan juga akan memberikan Sedulur sebuah pemahaman terkait tradisi dan kebudayaan.

Jangan lupa juga untuk mulai membiasakan memakan makanan yang sehat, seperti sayur, buah dan daging. Kombinasikan memakan makanan sehat dengan etika makan yang telah dipejari. Hal ini akan membuat Sedulur lebih menghargai makanan yang dimakan oleh Sedulur.

Beli bahan makanan dan sembako di tempat terpercaya dan yang memiliki harga murah namun kualitas tinggi. Hal tersebut bisa Sedulur dapatkan dari Aplikasi Super. Aplikasi Super sebuah platform digital yang menjual sembako dengan harga murah dan kualitas tinggi.

Klik di sini untuk mempelajari informasi terkait Aplikasi Super, dan juga mengetahui cara daftar Aplikasi Super. Jangan lupa juga download Aplikasi Super sekarang juga dan mulai belanja sembako menggunakan Aplikasi Super.