Bagi seorang muslim, doa iftitah menjadi salah satu bacaan saat kita sedang mengerjakan sembahyang atau salat. Doa ini dibaca dan dilafalkan ketika salat setelah takbiratul ihram sebelum surat Al Fatihah dibaca. Apakah doa iftitah wajib?

Hukum bacaan dari doa yang merupakan bagian dari salat ini adalah sunnah, yaitu boleh dilakukan, dan boleh tidak dilakukan. Jika melakukannya mendapat pahala, juga jika tidak melakukannya tidak mendapat dosa. Sebenarnya bacaan iftitah itu artinya apa sih? Simak penjelasan doa iftitah dan artinya di bawah ini, ya!

Arti dan Bacaan Doa Iftitah Pendek

liputan6.com

Di bawah ini merupakan bacaan iftitah arab dan terjemahan dalam bahasa indonesianya:

اللهُ اَكْبَرُ كَبِرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَشِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا . اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْااَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ . اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ . لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَ لِكَ اُمِرْتُ وَاَنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Allaahu akbaru Kabiraa Walhamdulillaahi Katsiiraa, Wa Subhaanallaahi Bukratan Wa’ashiilaa, Innii Wajjahtu Wajhiya Lilladzii Fatharas Samaawaati Wal Ardha Haniifan Musliman Wamaa Anaa Minal Musyrikiin. Inna Shalaatii Wa Nusukii Wa Mahyaaya Wa Mamaatii Lillaahi Rabbil ‘Aalamiina. Laa Syariikalahu Wa Bidzaalika Umirtu Wa Ana Minal Muslimiin.”

Artinya, “Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang.

Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan-Nya.

Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan Semesta Alam, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dengan yang demikian itulah aku diperintahkan. Dan aku adalah termasuk orang-orang muslim (Orang-orang yang berserah diri).”

BACA JUGA: 10 Shampo Anti Ketombe yang Paling Ampuh, Wajib Kamu Coba!

Beberapa Versi Bacaan Doa Iftitah

lampung.inews.id

Tidak dapat dipungkiri bahwa doa ini ada beberapa macam atau versi yang berbeda. Berikut adalah bacaan iftitah muhammadiyah atau yang lebih dikenal sebagai doa iftitah latih allahuma baid:

“Allaahumma baa’id bainii wa baina khathaayaaya kamaa baa’adta bainal masyriqi wal maghrib. Allaahumma naqqinii minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadlu minad danas. Allaahummaghsil khataayaaya bil maa-i wats tsalji wal barad.”

Arti dari bacaan doa di atas yaitu, “Ya Allah jauhkanlah aku dengan kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dan barat, Ya Allah bersihkanlah kesalahan-kesalahan sebagaimana pakaian putih bersih dari kotoran, Ya Allah bersihkanlah kesalahanku dengan air, salju, dan air es.” (HR. Bukhari no. 774)
 

Makna dan Keutamaan dari Bacaan 

Doa iftitah yang dilafadzkan ketika kita salat bermakna sebagai pujian dari kita terhadap Allah SWT. Keutamaan dari bacaan doa tersebut yaitu ketika membacanya, dapat membukakan pintu langit yang luar biasa. Meskipun doa ini merupakan sunnah jika dilakukan, tapi jika kita bisa mengusahakannya untuk membacanya, maka mendapatkan pahala dan ganjaran. Maka dari itu, usahakan untuk membaca iftitah sebelum bacaan al fatihah, ya. Juga, meskipun bacaan dari NU maupun Muhammadiyah berbeda, namun inti dari doa tersebut tetap sama.

Membaca doa bukan hanya akan memberi pahala, namun juga ketenangan hati. Karenanya, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk berdoa. Meski sunnah, namun bacaan doa iftitah jika dimaknai dengan baik akan memberikan kita kedamaian dalam hati.