Doa agar diberi kemudahan

Doa memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi setiap orang. Itu karena saat kita berdoa, kita akan merasa damai, tenang, dan bahagia di setiap waktunya. Doa juga bisa menjadi sarana komunikasi antara Tuhan dan umat-Nya untuk mengutarakan isi hati sehingga pikiran bisa menjadi damai.  

Di masa sekarang ini, semakin dewasa maka setiap orang pasti memiliki banyak permasalahan baik itu dalam bekerja, dalam berumah tangga, dan lain sebagainya. Doa merupakan sesuatu yang sederhana dalam melakukannya, namun mempunyai segudang manfaat. Dalam Islam, ada berbagai macam doa yang bisa dipelajari dan dibaca. Apa saja manfaatnya? Yuk kita simak!

Manfaat Berdoa di Segala Urusan

Photo by Jeremy Yap on Unsplash
  • Panen Pahala

Berdoa merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan setiap umat terutama muslim. Kita bisa berdoa dimanapun dan kapanpun, selagi ada niat. Manfaat dalam berdoa yang pertama tentunya untuk mendapatkan pahala oleh Allah SWT. Namun, niat kalian harus lebih dari itu ya! Keiklasan dalam hati dan niat karena ingin berkomunikasi dengan Allah adalah kunci utama dalam berdoa.

  • Doa Bisa Mengubah Suatu Takdir

Takdir dibagi menjadi dua, yaitu takdir yang bisa diubah dan takdir yang tidak bisa diubah. Salah satu cara untuk kita bisa mengubah takdir adalah dengan berdoa kepada Allah. Mintalah apa yang kita inginkan, maka jika bersungguh-sungguh inshaallah akan dikabulkan.

-->
  • Menghindari diri dari keburukan

Jika kita memfokuskan diri dengan berdoa dan berusaha, tentunya diri kita akan dipenuhi dengan aura positif. Aura positif yang didapatkan dari membaca dan mengamalkan doa bisa menjadi tameng bagi kita untuk terhindar dari keburukan dan mendekatkan diri pada Allah SWT. Jika aura kita positif, maka kita akan dijauhkan dengan pikiran-pikiran negatif yang tentunya tidak baik bagi kehidupan kita.

  • Memperoleh Rahmat Allah SWT

Salah satu manfaat berdoa yang semua orang pasti tahu adalah untuk memperoleh rahmat Allah SWT. Tentunya kita harus berdoa dengan khusuk maka hidup akan terasa lebih tenang dan damai.

 agar diberikan kemudahan dan kelancaran di segala urusan. Berikut beberapa doa agar urusan kita lancar:

BACA JUGA: 12 Multivitamin yang Bagus Untuk Kekebalan & Daya Tahan Tubuh

Doa Agar Diberi Kemudahan Rezeki

id.theasianparent.com

“Allahumma yaa ghaniyyu ya hamiid yaa mubdi’u yaa mu’iid yaa rahiimu yaa waduud, aghninii bi halaalika ‘an haraamika wakfini bi fadhlika ‘amman siwaaka wa shallallahu ‘alaa muhammadin wa aalihi wa sallam.”

Artinya: “Wahai Allah, wahai Dzat Yang Maha Kaya, wahai Dzat Yang Maha Terpuji, wahai Dzat Yang memulai, wahai Dzat yang mengembalikan, wahai Dzat yang mencintai. Cukupilah kami dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu. Cukupilah kami dengan anugerah-Mu dari selain Engkau semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad, keluarga dan sahabat beliau.”

Doa Agar Diberi Kemudahan Dalam Ujian

islampos.com

Saat kita hendak ujian, tentunya kita harus mempersiapkan diri dengan cara belajar dan berdoa. Saat belajar, hendaknya kita membaca doa sebelum belajar agar diberi kemudahan dan doa saat ujian.:

Yaa robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman”

Selain itu, saat ujian, kita juga dianjurkan untuk membaca doa sebelum ujian, yaitu:

Rabbisyraḥ lī ṣadrī wa yassir lī amrī waḥlul ‘uqdatam mil lisānī yafqahụ qaulī

Artinya: “Ya Rabb-ku, lapangkanlah dadaku, dan ringankanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thaha: 25-28).

Doa Agar Diberi Kemudahan Dalam Bekerja

hmetro.com.my

Rabbisyrahlii shadrii, wayassirlii amrii, wahlul uqdatammillisaani, yafqohuu qoulii, robbii zidnii ‘ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya: Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku supaya mereka mengerti perkataanku. Ya Tuhanku berilah aku ilmu dan kefahaman.

Doa Agar Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan

jatimnetwork.com

Robbi yassir walaa tu’assir robbi tamim bilkhoir

Artinya: Ya Allah, mudahkanlah dan janganlah Engkau persulit. Ya Allah, sempurnakanlah dengan kebaikan.

BACA JUGA: Cara Menanam Lidah Buaya Agar Cepat Besar dan Subur

Doa memohon segala kebaikan di dunia dan akhirat

jatimnetwork.com

Robbanaa aatina fid dunyaa hasanah, wa fil aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar

Artinya: “Ya tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan jauhkan kami dari api neraka.”

Selain itu, ada juga doa lain ketika kita menghadapi suatu permasalahan, yaitu:

Hasbiyallahu lidiini hasbiyallahu lidun-yaaya, hasbiyallahu limaa ahammanii, hasbiyallahu limam baghaa ‘alayy, hasbi-yallahu liman kaadanii bisuu’, walaa haula walaa quwwata illaa billaah.”

Artinya: ” Cukuplah Allah (sebagai penolongku) dalam (urusan) agamaku, cukuplah Allah (sebagai penolongku) dalam (urusan) duniaku, cukuplah Allah (sebagai penolongku) dalam kesusahanku, cukuplah Allah (sebagai penolongku) dalam menghadapi orang yang berbuat aniaya kepadaku, cukuplah Allah (sebagai penolongku) dalam (menghadapi) orang yang melakukan tipu daya jahat kepadaku. Tiada daya upaya dan kekuatan melainkan  dengan pertolongan Allah.”

Diatas adalah beberapa macam doa dalam islam yang digunakan untuk melancarkan segala kemudahan bagi umat muslim baik itu dari segi duniawi maupun akhirati. Doa-doa tersebut bisa kalian panjatkan dengan hati yang damai, ikhlas, dan tenang agar Allah SWT bisa mendengar doa kalian dan dikabulkan, ya! Doa agar diberi kemudahan dalam Bahasa Arab di atas bisa Sedulur panjatkan sesering mungkin, ketika lagi bersantai atau sedang sehabis sholat bisa kamu panjatkan.

Di samping berdoa, Sedulur juga perlu berusaha untuk memperlancar rezeki dengan jalan menjadi Super Agen. Pekerjaan ini memiliki waktu yang fleksibel sehingga Sedulur dapat bebas mengatur jadwal bekerja sendiri. Meski begitu, penghasilannya cukup lho untuk membantu perekonomian keluarga. Yuk, install Aplikasi Super dan daftar jadi Super Agen!