desain tempat cuci baju manual

Mencuci biasanya menjadi kegiatan yang membosankan. Namun, dengan menggunakan desain tempat cuci baju manual yang tepat, maka Sedulur bisa meningkatkan semangat saat mencuci. Tak hanya bisa merasakan suasana mencuci yang estetik karena tampilan desain yang manis, area untuk menjemur pakaian juga lega.

Jika Sedulur sedang ingin membangun rumah dan butuh desain tempat cuci baju manual yang estetik, maka artikel kali ini adalah jawabannya. Hal ini lantaran kami sudah menyiapkan beberapa ide-ide menarik untukmu. Seperti apa? Simak berikut ini ya!

BACA JUGA: 20 Ide Desain Laundry Room Sederhana untuk Rumah Mungil

1. Konsep natural untuk tempat cuci baju manual

desain tempat cuci baju manual
Hello Shabby

Desain tempat cuci baju manual mungkin identik dengan kesan yang kusam dan kucel. Namun, kamu bisa mematahkan stigma tersebut dengan membuat desain tempat cuci baju manual yang serba estetik, tanpa harus ribet. Namun, jangan sampai kamu hanya mengutamakan estetika saja, ya!

Fungsi utama dari tempat cuci baju manual juga tetap harus menonjol dibarengi dengan desain yang apik, seperti inspirasi yang satu ini. Area tempat cuci baju manual ditaburi bebatuan alam dan juga terdapat beberapa tanaman hias yang membuat suasananya jadi asri.

Sementara itu, desain tempat cuci baju manual ini juga menyatu dengan dapur yang dibatasi dengan partisi minimalis.

2. Maksimalkan area kecil di belakang rumah

Tetap semangat cuci pakaian asalkan sudah ditemani area basah untuk mencuci secara manual, mesin cuci favorit, plus perlengkapan laundry seperti inspirasi di atas. Konsep unik untuk tempat cuci baju manual ini sejatinya cukup sederhana, tapi dipercantik dengan kehadiran dekorasi yang juga multifungsi berupa keranjang rotan ala gaya Japandi.

3. Gaya minimalis tempat cuci baju manual

Aquor

Tempat cuci baju manual selanjutnya adalah mengusung konsep elegan dan minimalis. Area yang satu ini berada di dalam rumah, sehingga cukup rawan membuat interior rumah basah. Oleh karena itu, area cuci pada ruangan ini memiliki sekat kecil dari keramik untuk mencegah air masuk ke dalam rumah.

4. Usung warna monokrom agar terlihat bersih

Desain yang bisa kamu tiru berikutnya adalah tempat cuci baju manual monokrom. Ruangan yang satu ini bisa kamu tempatkan di dalam kamar mandi agar air mengalir lebih mudah dan kamu tidak perlu membobok dinding. Siapkan area mungil di sudut kamar mandi sebagai tempat untuk mencuci, lengkap dengan keran atau shower sendiri.

5. Area cuci baju dan setrika

Salah satu pilihan desain menarik untuk tempat cuci baju adalah dengan menempatkannya berdekatan dengan area setrika. Desain ini memungkinkan kegiatan mencuci, menjemur, dan menyetrika menjadi lebih efektif dan efisien.

Biasanya, model desain ini digunakan dalam home industry yang menyediakan jasa laundry. Pastikan untuk memiliki bukaan jendela yang lebar agar ruangan ini terasa nyaman dan tidak sesak.

BACA JUGA: 13+ Mesin Cuci yang Langsung Kering Tanpa Dijemur Terbaik

6. Pertimbangkan konsep multifungsi

Toll Brothers

Desain tempat cuci baju manual minimalis selanjutnya hadir dengan gaya sederhana buat kamu yang anti ribet. Meski kecil, inspirasi gaya tempat cuci baju manual ini tetap multifungsi untuk mencuci baju, mengambil air wudhu, dan sebagainya.

Pilihan keramik  yang berbeda untuk area basah bisa memberikan kontras yang cantik di model tempat cuci baju manual milikmu. Semburat cahaya alami dari arah atas juga membuat area cuci baju manual ini makin cantik. Biar nggak terlalu polos, jangan lupa hadirkan beberapa dekorasi, seperti tanaman hias dalam pot atau hiasan gantung.

7. Desain cuci baju manual di rooftop

Jika Sedulur  ingin mendesain tempat cuci baju yang berada di rooftop rumah, Sedulur bisa mengambil inspirasi dari desain di atas! Area rooftop ini memiliki fungsi multifungsi, termasuk tempat memasak dan menjemur pakaian. 

Dengan desain seperti ini, Sedulur dapat menikmati indahnya udara pagi atau sore setelah mencuci baju. Bahkan, Sedulur juga tidak perlu capek-capek mengangkat cucian basah untuk dibawa ke area jemur karena berada di satu tempat.

8. Tempat cuci baju manual area luas

desain tempat cuci baju manual
Signature Hardware

Tempat cuci ini menyerupai kamar mandi, namun sebenarnya berfungsi sebagai tempat mencuci baju yang terletak dekat dengan area cuci piring. Dengan dua kran yang berbeda, mencuci baju bisa lebih mudah dan cepat diselesaikan. Tempat ini juga dapat digunakan untuk mengambil air wudhu sebelum shalat.

9. Konsep estetik minimalis untuk cuci baju

Pilihan berikutnya adalah desain dengan konsep estetik. Sedulur dapat mengaplikasikan lantai keramik berwarna alami seperti hijau dan mengkombinasikannya dengan rumput sintetis.  Dinding keramik putih akan memberikan kesan bersih dan rapi, menciptakan suasana nyaman saat mencuci.

10. Desain area cuci baju manual keramik

desain tempat cuci baju manual
Pinterest

Walaupun tempat cuci baju manual bukan ruangan utama, desainnya tetap harus menarik. Salah satu cara adalah dengan menggunakan keramik bermotif batu alam seperti yang terlihat pada gambar desain di atas.  Menempatkan mesin cuci lebih tinggi dari area tempat cuci manual akan menjaganya dari kerusakan akibat cipratan air.

Demikian tadi deretan desain tempat cuci baju manual yang menarik untuk Sedulur coba. Tak hanya mengusung konsep minimalis yang estetik. Sedulur juga bisa mencoba beberapa model yang bisa digunakan untuk fungsi rumah tangga lainnya. Semoga informasi kali ini bisa membantumu ya!