desain dapur minimalis

Memiliki desain dapur minimalis membuat kita akan nyaman dan betah memasaka di rumah. Dapur merupakan bagian penting dalam rumah yang mempengaruhi keberlangsungan hidup setiap anggota keluarga. Tanpa adanya dapur, tentu saja kita akan sulit memasak makanan. Sementara itu, makanan sendiri merupakan hal penting bagi hidup kita.

Dengan desain dapur yang nyaman, tentu mempengaruhi proses memasak yang akan berdampak pada rasa dan kualitas masakan yang dibuat. Berikut ini adalah daftar inspirasi dapur minimalis yang bisa Sedulur tiru, untuk bentuk dapur yang lebih layak Sedulur gunakan. Yuk, mari langsung saja kita cek!

BACA JUGA: 12 Desain Rumah Industrial, Agar Hunian Anda Semakin Keren

1. Dapur serba putih

Desain dapur minimalis
femina

Rekomendasi desain dapur minimalis pertama bisa Sedulur gunakan dengan memilih dan menggunakan warna dapur yang berwarna serba putih. Warna putih merupakan warna netral yang bisa memberikan kesan dapur menjadi lebih luas. Warna putih juga dapat membuat cahaya  di dapur menjadi lebih cerah.

Sedulur juga bisa menggunakan perbotan kitchen set dengan warna dasar serba putih. Dengan sentuhan warna kayu sebagai penghias agar warna monoton. Sedulur juga menambah penggunaan keramik untuk membuat suasan menjadi lebih mewah lagi. Desain dapur ini bisa membuat Sedulur betah di dapur berlama-lama.

Rekomendasi untuk bagaian lantai dapur dengan sentuhan serba putih, bisa Sedulur geunakan kayu parkit agar bisa memberikan nuansa hangat. Agar semakin selaras dengan bagian lantai, Sedulur juga bisa menambah sentuhan dengan menggunakan rak kayu.

2. Dapur ala Country

Alibaba

Rekomendasi desain dapur minimalis selanjutnya adalah dapur ala country. Desain dapur seperti ini kental dengan unsur natural sehingga akan semakin mudah untuk diaplikasikan. Sedulur juga bisa menggunakan batu bata ekspos pada dinding daput, agar semakin memperkuat kesan natural untu desain dapur minimalis sederhana satu ini.

Penggunaan warna pada dapur desain ini bisa diperbanyak dengan menggunakan unsur warna coklat, krem, putih dan warna hitam. Warna-warna natura yang dapat membuat dapur semakin kental dengan nuansai country. Sedulur juga bisa menambahkan tanaman gantung sebagai aksen untuk membuat dapur lebih fresh lagi. Membangun dapur tentu membutuhkan biaya, maka dari itu, Sedulur perlu mulai menabung agar harga desain dapur minimalis 3×3 ini bisa segera terkumpul.

3. Dapur dengan nuansa rustik

Desain dapur minimalis
APK Pure

Model dapur minimalis adalah nuansa rustik. Memiliki kesamaan dengan desain  dapur pertama, dengan warna dominan putih dan coklat kayu. Perbedaan mencolok dari desain ini adalah nuansa kayu rustik pada daput yang dominan. Peralatan dan perabotan dapur juga dipilih yang berbahan kayu.

Selain itu, untuk dapur desain ini Sedulur bisa menggunakan hiasan bunga kering dan bunga-bunga warna tanah yang memperkuat kesan rustik. Dapur pun akan tampak cantik dan dapat membuat Sedulur nyaman berlama-lama masak di dapur.

4. Dapur dengan nuansa warna kuning

Decoora

Sedulur juga bisa memilih dapur dengan nuansa warna kuning. Untuk memperkuat kesan ceria dan menyenangkan. Bagi Sedulur yang memiliki kepribadian riang, desain dapur satu ini akan cocok untuk digunakan. Desain dapur minimalis modern sengaja memilih warna-warna perabotan mencolok dengan warna kuning yang dominan.

Kitchen set minimalis dapur kecil bisa Sedulur pilih dan disesuaikan dengan sentuhan umum dapur ini. Hal tersebut bisa menambah keseruan Sedulur saat berada di dalam dapur. Desain ini bisa menjadi salah satu rekomendasi desain untuk dapur Sedulur.

5. Dapur dengan nuansa warna pink

desain dapur minimalis
Fimela

Bagi Sedulur yang mencari ide desain dapur minimalis modern yang cantik, sentuhan warna pink bisa menjadi pilihan. Banyak yang menyukai warna pink, terutama perempuan. Agar tidak terlalu mencolok, Sedulur juga bisa menggunakan variasi warna pink seperti shabby pinki yang terdapat sentuhan warna putih. Hal tersebut bisa menghasilkan warna yang elegan.

Sebagaimana yang bisa Sedulur lihat dalam gambar dapur minimalis yang sederhana di atas. Terdapat sentuhan variasi dapur yang dapat membuat nyaman untuk memasak. Ditambah dengan penggunaan perabotan yang disesuaikan. Sangat cocok untuk Sedulur gunakan, terutama Sedulur yang sangat girly.

6. Desain dapur Minimalis modern

Prospeku

Tidak dapat dipungkiri, warna yang cocok untuk dapur minimalis bisa menggunakan sentuhan yang unik dengan warna dari marmer. Perpaduan bahan marmer dengan bahan kayu bisa memberikan warna dasar dapur yang elegan. Sementara itu, Sedulur bisa menggunakan meja makan dengan warna hitam atau coklat kayu.

Sedulur juga bisa menambahkan satu hingga dua tanaman hijau sebagai hiasan dan menambahkan pajangan dinding untuk melengkapi dekorasi dapur. Selain nyaman untuk memasak, desain dapur ini juga sangat nyaman untuk menyantap hidangan makanan. Contoh dapur minimalis modern ini bisa jadi pilihan Sedulur untuk dapur nyaman di rumah.

7. Dapur dengan nuansa kayu

Desain dapur minimalis
Berita Terkini

Sedulur juga bisa menggunakan nuansa kayu untuk desain dapur minimalis di rumah Sedulur. Dengan menggunakan kayu sebagai sentuhan utama, Sedulur akan memiliki dapur yang hangat dan nyaman. Membuat dapur dengan sentuhan seperti ini juga sangat mudah. Sedulur hanya perlu mengaplikasikan penggunaan kayu.

Memilih perabotan dengan bahan kayu dan kitchen set dengan warna-warna kayu. Sedulur juga bisa membuat variasi warna dengan menambahkan warna hitam dan putih dalam desain dapur ini. Jangan lupa untuk menambahkan dekorasi tanaman agar menambah rumah Sedulur lebih nyaman lagi.

8. Dapur tema pastel

Masterumah

Selain sentuhan warna pink, Sedulur juga bisa menggunakan warna pastel sebagai warna dapur untuk menambah kesan girly. Bagi Sedulur yang memiliki anak gadis, dan ingin mengajarinya memasak dan mengurus dapur, penggunaan warna ini bisa menjadi pancingan agar anak Sedulur mampir ke dapur. Salah satu alternatif desain dapur minimalis yang bisa menarik anak untuk belajar masak.

Warna lain yang bisa digunakan sebagai sentuhan adalah warna toska, kuning, dan biru. Sebagai penyeimbang agar nuansa girly yang dibangun dalam dapur menjadi lebih baik lagi. Lagi-lagi, Sedulur jangan lupa untuk menambahkan beberapa tanaman dan hiasan dinding agar dapur menjadi lebih hidup.

9. Dapur tema industrial

Desain dapur minimalis
Moms Money

Desain dapur minimalis ini banyak disukai oleh para pasangan baru. Pasalnya, tema industrial merupakan tema yang sederhana dan mudah untuk diaplikasikan. Warna yang dominan dalam dapur ini adalah warna abu-abu, hitam, putih, dan coklat. Namun, pastikan Sedulur untuk memilih warna abu-abu sebagai warna yang dominan. Sisanya adalah pelengkap saja.

Sedulur juga bisa memilih perabotan dengan warna yang sesuai dengan sentuhan tema industrial. Sedulur juga bisa menggunakan kitchen set dengan menggunakan warna coklat kayu dan marmer hitam sebagai pelengkap untuk memberikan sentuhan warna menjadi sangat nyaman.

10. Desain dapur minimalis model vintage

Deposit Photos

Terdapat juga pilihan desain dapur minimalis bagi Sedulur yang menyukai hal-hal yang berbagai vintage. Sedulur bisa menggunakan kitchen set dengan warna telur asin dan dilapisi dengan marmer warna putih. Nah, dalam desain dapur ini, perbedaannya Sedulur bisa menggunakan perabotan-perabotan dengan model lama.

Karena desain dapur vintage menekankan penggunaan perabotan model lama, juga merupakan desain dapur minimalis terbuka. Maka dalam hal ini, Sedulur membutuhkan waktu yang agak lama untuk mendapatkannya. Sedulur harus mencari-cari perabotan jadul untuk mendukung dekorasi dapur. Namun hasilnya, akan sangat memuaskan dan membuat Sedulur nyaman.

11. Desain dapur dengan meja makan mini bar

desain dapur minimalis
Alibaba

Bagi Sedulur yang memilki keterbatasan ruangan, Sedulur bisa menggunakan desain satu ini. Desain satu ini diciptakan untuk ruangan yang terbatas. Kendati ruangan terbatas, Sedulur akan tetap memiliki dapur yang nyaman dengan segala fungsi yang terdapat di dalamnya.

Sedulur bisa menggunakan perabotan dan material yang mengkilap pada bagian kitchen set dapur. Tidak hanya itu, Sedulur juga bisa menggunakan perabotan yang cukup dengan fungsi yang disesuaikan. Karena dengan lahat terbatas, Sedulur harus dapat memaksimalkan perabotan sesuai fungsinya.

12. Desain dapur hangat dengan warna putih dan nuansa kayu

Masterumah

Jika Sedulur melihat desain dapur minimalis di atas, siapa yang tidak ingin memiliki dapur seperti itu. Sentuhan warna putih dapat menghasilkan dapur yang memiliki warna yang unik sekaligus minimalis. Meskipun tidak menggunakan wardrobe yang mewah, dapur ini dapat terlihat modern dan fungsional.

Sedulur juga tetap bisa memanfaatkan dapur dengan warna yang estetis. Bagi Sedulur yang memiliki anggaran terbatas, bisa memilih perabotan-perabotan sederhana. Karena dapur ini tidak menonjolkan perabotan yang mewah, namun mengandalkan sentuhan warna pencahayaan.

13. Dapur dengan kitchen set letter L

desain dapur minimalis
Edupaint

Kali ini merupakan desain dapur bagi Sedulur yang memiliki lahan terbatas. Desain dapur minimalis ini biasanya digunakan oleh Sedulur yang memiliki rumah di kompleks atau perumahan. Pembagian ruangan yang sudah pas, membuat bagian dapur hanya tersisa lahan yang terbatas.

Jika demikian, bukan berarti Sedulur tidak bisa memiliki dapur yang layak. Sedulur masih bisa memiliki dapur yang layak, dengan mengusung tema satu ini. Dapur tetap akan tampak luas dan nyaman, namun kitchen set yang diatur bisa dibentuk seperti letter L. Setiap bagian rumah akan memiliki fungsinya dengan baik.

14. Dapur rapih dan tertata

Rumah123

Desain dapur minimalis satu ini sangat cocok bagi Sedulur yang memiliki kebiasaan rapih dan tertata. Setiap bagian dari dapur memiliki penempatan yang sesuai dengan fungsinya. Perabotan-perabotan pun diletakkan pada bagian yang memudahkan Sedulur saat menggunakan dapur.

Sedulur bisa dengan mudah mengorganisir perabotan dapur. Ketika Sedulur memasak pun, Sedulur tidak akan kesulitan untuk mencari perabotan karena semua diletakan dengan sesuai fungsinya. Sebagaimana yang bisa Sedulur lihat di atas. Sedulur juga bisa memilih perabotan sederhana yang sesuai dengan fungsinya.

15. Desain dapur minimalis dengan ventilasi

desain dapur minimalis
Liputan6

Dalam desain dapur minimalis ini peralatan dan perabotan dapur yang digunakan sangat umum. Bentuk dapur pun sederhana, sebagaimana bentuk dapur lainnya, yang menggunakan kitchen set dengan letter L. Hal yang membedakan desain dapur ini adalah penggunakan ventilasi di atas dapur.

Banyak yang tidak memikirkan perihal ventilasi udara. Saat memasak, kita akan menghasilkan udara panas yang berasal dari kompor dan masakan. Hal tersebut akan membuat dapur Sedulur dengan udara yang baik, karena dengan adanya ventilasi, udara di dalam dapur dapat tersirkulasi dengan baik.

16. Dapur dengan nuansa hijau

APK Pure

Desain dapur minimalis selanjutya adalah dengan menggunakan desain dapur warna hijau. Warna hijau yang dihasilkan dari desain ini berasal dari perabotan-perabotannya. Sementar sentuhan warna dapur tetap dominan dengan warna putih dan hitam. Penggunaan beberapa perabotan dengan warna hijau dan penggunaan tanaman membuat dapur menghasilkan nuansa hijau yang bagus.

Hal tersebut dapat membuat Sedulur nyaman berada di dalam dapur dan memasak sajian nikmat untuk keluarga di rumah. Sedulur juga bisa memilih untuk menggunakan warna-warna yang berkaitan dengan hijau, seperti warna kuning misalnya. Agar menambahkan nuansa nyaman bagi Sedulur untuk berada di dapur berlama-lama.

17. Dapur dengan aksen kayu

Desain dapur minimalis
Mustikaland

Berikut ini adalah rekomendasi desain dapur lainnya yang bisa Sedulur gunakan. Yaitu dengan menggunakan aksen kayu, mulai dari meja makan, perabotan hingga tudung saji bisa Sedulur gunakan aksen kayu. Kesan yang ditimbulkan adalah kesan alami dan natural. Selain itu, kesan hangat dapat Sedulur rasakan ketika Sedulur memasak.

Sedulur bisa menggunakan desain ini untuk menghasilkan kenyamanan, baik saat memasak atau saat menyantap hasil masakan. Desain ini juga bisa dimanfaatkan bagi Sedulur yang memiliki lahan terbatas. Tidak perlu lahan yang luas untuk menghasilkan dapur yang menarik dengan tampilan yang estetik.

18. Dapur dengan warna abu-abu

Desain

Sedulur bisa menggunakan warna abu-abu di dapur Sedulur. Baik warna dinding, keramik serta perabotan-perabotan yang Sedulur gunakan. Sedulur juga bisa menambah aksen warna terang seperti dengan menambahkan tanaman. Selain itu, hiasan-hiasan juga bisa Sedulur gunakan warna putih untuk menambah nuansa cerah. Jangan lupa untuk memikirkan pencahayaan. Pencahayaan dapur yang baik dapat membuat dapur semakin menarik.

19. Dapur dengan wallpaper

desain dapur minimalis
Desain

Sedulur bisa menggunakan wallpaper untuk desain dapur minimalis memberikan kesan dapur bersih. Sebagaimana yang dapat Sedulur lihat pada desain dapur di atas. Penggunaan wallpaper juga bertujuan untuk memudahkan Sedulur saat membersikan dapur ketika selesai memasak. Penggantian wallpaper bisa Sedulur gunakan untuk mengganti keramik.

20. Dapur dengan lemari tempel

Ruparupa

Desain dapur minimalis satu ini juga bisa menjadi pilihan Sedulur untuk memiliki dapur minimalis. Penggunaan lemari yang menempel pada dinding juga sebagai pemanfaatan ruangan desain satu ini sangat cocok untuk Sedulur yang memiliki dapur dengan lahan terbatas. Sebagaimana yang bisa Sedulur lihat dalam gampar di atas, dapur dengan ukuran kecil namun masih tetap tampak estetik dan luas. Setiap perabotan bisa digunakan sesuai dengan fungsinya.

21. Dapur ala pedesaan

Dapur minimalis
Dekoruma

Kiranya mustahil saat ini untuk membuat dapur minimalis sederhana tanpa kitchen set. Namun hal tersebut bukan tidak mungkin, sebagaimana yang bisa kita lihat di pedesaan. Setiap dapur di pedesaan tidak menggunakan kitchen set. Bahkan hanya menggunakan peralatan seadanya.

Bagi Sedulur yang memang ingin menerapkan hidup sederhana selayaknya di desa, desain satu ini bisa jadi rekomendasi Sedulur. Cukup menggunakan peralatan dapur seadanya yang sesuai fungsinya. Maka Sedulur sudah memiliki dapur yang menarik dan fungsional.

22. Desain dapur Japandi

desain dapur minimalis
Dekoruma

Bagi Sedulur yang tergiur melihat desain dapur minimalis 2×2 yang Sedulur lihat di drakor yang ditonton, desain tersebut dikenal dengan nama Japandi (Japanese & Scandinavian). Merupakan perpaduan dari dua desain dari dua kebudayaan yang bertolak belakang.

Perpaduan antara keduanya menghasilkan desain dapur minimalis dan murah. Sedulur tinggal menambahkan ventilasi atau jendela agar tampilan estetik.

Pemilihan desain ini akan membuat ruangan tertata, menarik, dan rapi. Tidak hanya itu, inspirasi ini juga akan membuat keseluruhan bagian tampak hangat. Area ruangan juga akan terasa luas. Yang paling penting, momen memasak makin menyenangkan.

Agar suasana semakin nyaman, Sedulur bisa menambahkan tanaman hijau yang diletakkan di dekat jendela. Ciri khas konsep ini adalah pemilihan warnanya netral, dekorasi pencahayaan yang hangat, serta furnitur yang fungsional. Tidak terdapat satu pun dekorasi yang terlihat mencolok, cukup tanaman yang akan menambah kesan asri dan bersih.

BACA JUGA: 25 Desain Kamar Mandi Minimalis Nyaman dan Fungsional

Tips dapur minimalis

Dekoruma

Setelah menyimak rekomendasi desain dapur minimalis di atas, Sedulur juga wajib mengetahui apa saja tips saat hendak mendesain dapur. Berikut tips yang bisa Sedulur lakukan:

  1. Menentukan tema: Penting bagi Sedulur menentukan tema saat hendak menentukan desain dapur minimalis. Apakah Sedulur ingin memilih tema sederhana, tema rustik, atau vintage. Karena dengan menentukan tema, Sedulur dapat menentukan warna dan bentuk dari desain dapur itu sendiri. Termasuk dalam pemilihan perabotan yang akan digunakan.
  2. Gunakan perpaduan warna yang tepat: Sedulur juga bisa menggunakan perpaduan warna yang tepat untuk desain dapur minimalis Sedulur. Hal ini tentu saja dapat dilakukan ketika Sedulur telah selesai menentukan tema dapur. Karena tema dapur akan dapat dihidupkan dengan menggunakan warna yang tepat. Termasuk pemilihan warna perabotan.
  3. Gunakan kabinet atau rak yang menyatu dengan langit-langit: Salah satu faktor penting dalam membuat dapur yang minimalis adalah dengan membuat rak yang menyatu hingga langit-langit. Rak dan lembari yang menyatu pada langit-langit dapat memberikan kesan minimalis dan membuat Sedulur memiliki ruang penyimpanan yang besar.
  4. Pilih perabotan yang ramping: Sedulur bisa memilih perabotan yang ramping dan sesuai dengan fungsinya. Jangan lupa untuk menentukan perabotan yang fungsional. Sesuaikan perabotan dengan jumlah anggota keluarga. Jangan memilih perabotan yang heboh.
  5. Manfaatkan ruang penyimpanan multifungsi: Tips selanjutnya yang perlu Sedulur perhatikan adalah menggunakan ruang penyimpanan yang multifungsi, tujuannya agar dapur tertata rapi. Penyimpanan multifungsi untuk dapur minimalis ini bisa berupa lemari kabinet untuk menyimpan peralatan makan seperti gelas dan piring beserta alat masak, daripada harus menginstal satu per satu lemari kecil yang hanya memiliki satu fungsi.
  6. Gunakan peralatan seadanya: Harus diingat, Sedulur tidak perlu menggunakan peralatan yang lengkap. Cukup gunakan peralatan seadanya, dan jika butuh peralatan yang belum dimiliki, Sedulur bisa membelinya kemudian. Ini akan secara efektif membuat dapur Sedulur semakin minimalis.

Manfaatkan dinding sebagai ruang penyimpanan: Sedulur bisa memnafaatkan dinding sebagai ruang penyimpanan. Hal ini bertujuan agar Sedulur dapat memanfaatkan setiap bagian dengan baik. Pada dasarnya, dapur yang minimalis adalah dapur yang memiliki perabotan yang sesuai dengan fungsinya. Dan tidak memiliki bagian yang tidak berguna dan bermanfaat sesuai fungsinya.

Itulah rekomendasi desain dapur minimalis yang bisa Sedulur tiru di rumah Sedulur, setelah memiliki dapur sesuai keinginan. Jangan lupa untuk mengisi dapur dengan bahan-bahan makanan berkualitas. Sedulur bisa membeli makanan berkualitas untuk dapur baru Sedulur di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan bahan makanan berkualitas tinggi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!