desain balkon minimalis modern

Memiliki rumah tentu impian banyak orang, sehingga ketika ingin memulai desain tentu akan mempersiapkan sedemikian rupa agar sesuai dengan selera. Salah satu jenis rumah yang cukup populer sekarang ini adalah rumah dengan desain balkon minimalis modern.

Konsep ini sedang digandrungi karena penggunaan balkon bisa menyiasati sempitnya area tanah yang dibangun rumah. Sedulur juga dapat memiliki ruang-ruang tambahan dengan keberadaan balkon tersebut.

Nah, supaya Sedulur memiliki pencerahan dan inspirasi desain balkon minimalis modern. Kami sudah menyiapkan beberapa gambaran yang sedang tren dan banyak disukai di tahun 2023 ini. Yuk, simak bersama!

BACA JUGA: 10 Ide Desain Kanopi Balkon yang Estetik dan Minimalis

1. Balkon konsep kayu

desain balkon minimalis modern
This Old House

Sesuai dengan namanya, balkon minimalis kayu menghadirkan desain balkon yang didominasi oleh material kayu. Mulai dari bagian lantai, bangku, hingga penggunaan batang pohon sebagai kaki meja.

Terlihat sangat simpel, balkon minimalis kayu bisa dipercantik dan tampak aesthetic dengan pemberian beberapa aksen mencolok. Semisalnya bantal duduk berwarna berwarna-warni, serta dekorasi pada dinding.

Bukan itu saja, agar terlihat lebih indah, menghiasinya dengan tanaman atau pot berbunga juga bisa menjadi solusi lainnya.

2. Balkon minimalis elegan

Balkon minimalis selanjutnya adalah balkon minimalis elegan. Desain model balkon ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin tampak terlihat mewah dan elegan, tanpa terlihat norak dengan terlalu banyak menggunakan furniture.

Supaya bisa mendapatkan tampilan balkon minimalis elegan pun cukup simpel. Pilih furniture yang tidak terlalu memiliki banyak detail dan bertekstur. Atap balkon yang unik juga bisa menjadi daya tarik sendiri.

3. Balkon minimalis boho

desain balkon minimalis modern
One Kindesign

Balkon minimalis dengan gaya boho bisa menjadi pilihan selanjutnya bagi mereka yang menginginkan balkon yang aesthetic, tetapi sangat cozy. Pilih furnitur berbahan natural seperti kayu atau rotan.

Selain itu, percantik balkon dengan lampu-lampu indah seperti lampu kecil atau lampion supaya memperoleh pencahayaan yang maksimal di malam hari. Sedulur juga bisa menambah hammock rajut dengan palet warna serupa agar tampilan balkon semakin indah.

4. Balkon konsep natural

Sesuai dengan namanya, balkon minimalis bergaya natural merupakan balkon yang sarat dengan sesuatu yang alami. Mulai dari penggunaan tanaman hijau di berbagai tempat, hingga akses lantai kayu yang membuat balkon tampak nyaman.

Berikan balkon tanaman di berbagai tempat, seperti di pembatas dengan teralis, di dekat kursi, di dinding, ataupun di atas meja supaya bisa mendapatkan kesan balkon yang alami. Supaya lebih maksimal, pilih kursi dengan warna tanah seperti coklat tua, abu-abu tua, atau putih agar semakin melengkapi.

5. Balkon minimalis modern

Livspace

Tampilan modern pada balkon memang mewakili tampilan eksterior dari hunian. Hal tersebutlah yang terkadang menjadi keterbatasan dalam bereksplorasi.

Bila Sedulur ingin desain yang aman, kamu dapat membuat tampilan yang simpel namun tetap modern dengan memanfaatkan warna monokrom. Warna hitam putih ini, dapat digunakan baik pada alas balkon, furniture, hingga dekorasi dalamnya.

6. Balkon colorful

Jika kamu tinggal di daerah perkotaan yang cenderung memiliki hunian minimalis dan kecil, model balkon satu ini bisa kamu manfaatkan sebagai ruang tambahan di luar rumah untuk bersantai sambil melihat pemandangan kota dari balkon rumah kamu.

Tidak perlu besar, kamu cukup berfokus pada penataan dan dekorasi saja. Kamu bisa menggunakan kursi kecil, side table untuk meletakkan barang-barang agar kamu bisa duduk santai sambil melakukan kegiatan lainnya. Karpet bisa kamu gunakan juga agar kenyamanan balkon lebih maksimal.

7. Balkon konsep industrial

ArchDaily

Balkon minimalis industrial menjadi rekomendasi selanjutnya untuk mereka yang ingin mencoba balkon dengan desain tidak biasa. Balkon yang aesthetic gaya industrial ini tercerminkan dari tampilan clean bangku panjang serta elemen logam lainnya pada teralis hingga kerangka atas.

Sesuaikan tema warna dengan interior pada bagian dalam agar tercipta satu kesatuan konsep yang apik. Manfaatkan area bawah bangku sebagai storage, agar bisa menyimpan barang-barang atau perkakas lebih rapi.

8. Balkon kontemporer

Sesuai dengan namanya, balkon minimalis kontemporer merupakan perpaduan antara dua jenis desain untuk menghasilkan harmoni yang apik dan indah. Semisal desain klasik dan modern, minimalis dan elegan, dan lainnya.

Semisal pada desain ini, yang dihadirkan dengan kursi kayu bergaya vintage namun dipercantik dengan pagar pembatas kaca dan balkon serba putih. Kemudian untuk lebih seimbang, dua pot tanaman besar pun hadir.

9. Balkon cozy kekinian

Aphartement Therapy

Balkon dengan desain yang cozy dan aesthetic membuat penghuni betah untuk berada di balkon lama-lama. Balkon tidak hanya sebagai tempat beristirahat, tetapi juga menjadi tempat berkumpul bersama keluarga dan teman.

Diperlukan beberapa kursi dan sofa besar yang nyaman. Agar lebih kekinian, gunakan layar proyektor yang bisa dimanfaatkan ketika ingin menonton film bersama keluarga dan teman di akhir pekan. Jangan lupa, percantik balkon dengan lampu-lampu kecil serta pot tanaman kecil.

10. Balkon minimalis dengan sofa

Ingin balkon rumah minimalis jadi tempat ngumpul ramai-ramai, tapi luasnya cukup terbatas? Kamu bisa menyiasatinya dengan menghadirkan sofa letter L yang dapat menampung lebih banyak orang di balkon tersebut.

Sofa letter L ini memang sebaiknya dipesan secara custom supaya lebih sesuai dan muat banyak. Namun, kalau nggak mau ribet, kamu juga bisa membeli sofa L yang sudah jadi dengan menyesuaikan ukurannya. Dalam menerapkan desain balkon rumah minimalis ini kamu perlu lebih berhati-hati. Pasalnya, penataan yang kurang tepat bisa membuat area balkon jadi sumpek.

11. Balkon zen minimalis

desain balkon minimalis modern
Houzz

Bagi mereka yang menyukai suasana yang tidak terlalu ramai dan ketenangan, bisa mencoba desain balkon minimalis zen. Balkon bergaya zen ini cukup simpel, namun masih tetap nyaman dan aesthetic.

Padukan kursi berwarna gelap dengan lantai dan dinding motif kayu yang alami. Kemudian percantik dengan teralis kaca tembus pandang yang seolah tidak memberi batasan pada dunia luar. Supaya lebih seimbang, bisa juga ditambahkan dengan dekorasi seperti elemen batu bersusun di pojok ruangan.

12. Balkon dengan konsep hobi

Barang-barang custom tidak hanya ada pada dunia fashion. Di dalam desain ini Sedulur bisa berekplorasi sesuai dengan minat agar tercipta tampilan yang diinginkan. Hobi bermain golf menjadi salah satu hobi yang cenderung sulit diaplikasikan di rumah.

Namun bila Sedulur memiliki ruang balkon yang memanjang, kamu bisa memanfaatkannya. Ilustrasi pada desain di atas menjadi menarik dan tentunya menyenangkan, tambahkan beberapa kursi kecil, agar keluargamu juga bisa ikut menikmati.

13. Balkon kaca minimalis

desain balkon minimalis modern
Decorilla

Konsep desain balkon minimalis modern dengan memanfaatkan cahaya alami memang begitu tren. Tak hanya menampilkan kesan estetik yang apik, konsep ini juga membantu untuk menghemat energi dan tetap membuat rumah memiliki suasana cerah setiap saat.

Nah, Sedulur bisa mencoba membuat konsep balkon minimalis dengan memanfaatkan kaca lebar pada pinggir pembatasnya. Kaca sengaja dibuat, agar penghuni dapat merasakan sensasi berada di lantai tertinggi dengan pemandangan yang bisa dilihat secara bebas tanpa terhalang apapun. Dijamin rumah tak hanya akan terlihat modern, tapi juga semakin manis dengan konsep balkon satu ini.

14. Balkon dengan perpustakaan kecil

Fungsi balkon bisa sangat beragam sesuai dengan karakter pemilik rumahnya. Namun, suasana balkon yang sejuk dan adem, bisa menjadi spot terbaik untuk Sedulur mencari ketenangan.

Jadi tidak heran jika kegiatan yang bisa dilakukan di balkon adalah membaca buku sambil bersantai. Konsep ini ternyata bisa digunakan untuk balkon lho. Jadi Sedulur bisa memberikan space kecil untuk membuat perpustakaan mini yang tentunya tak hanya membuat balkon terlihat estetik dan rapi, tapi juga multifungsi.

15. Balkon konsep klasik

Pinterest

Hadirkan suasana balkon yang unik, indah, dan elegan dengan menggunakan motif catur. Konsep satu ini memang cukup klasik dan banyak digunakan beberapa rumah jadul di Britania Raya. Jika kamu ingin konsep yang tidak biasa, maka penggunaan keramik catur bisa jadi pilihan.

Sedulur bisa menyusun keramik hitam dan putih secara miring membentuk papan catur dan dilengkapi dengan dekorasi dari bahan kayu. Agar lebih menawan dan lengkap, kamu bisa menggunakan sarung sofa dengan warna hitam dan putih serta menambahkan pohon-pohon agar tampak lebih asri dan segar.

Nah, itu tadi deretan inspirasi desain balkon minimalis modern yang bisa Sedulur coba untuk rumahmu. Dijamin tak hanya membuat rumah makin cantik, keberadaan balkon bisa memberikan space spesial untuk kegiatan sehari-harimu!