Merayakan Imlek di rumah selama pandemi Corona? Jangan khawatir, bisa tetap meriah dengan ide dekorasi Imlek di bawah ini.

Dalam setiap perayaan selalu ada kemeriahan, kemeriahan pun bermacam-macam. Salah satu indikasi kemeriahan berasal dari dekorasi setiap perayaan. Termasuk dalam perayaan Imlek, yang merupakan perayaan tahun baru Tionghoa. Karena pandemi virus corona membatasi pergerakan setiap warga di luar rumah, perayaan Imlek pun diperkiraan banyak yang merayakannya di rumah.

Jangan khawatir, merayakan Imlek di rumah bukan berarti tidak meriah. Sedulur bisa memberi hiasan Imlek dari kertas, hiasan Imlek dari barang bekas atau hiasan Imlek dari angpao untuk memeriahkan perayaan Imlek di rumah tahun ini. Superapp.id juga dalam kesempatan kali ini akan membahas ide dekorasi unik untuk merayakan Imlek.

Mulai dari cara membuat lampion dari angpao hingga cara membuat pernak pernik unik untuk Imlek. Hal tersebut dilakukan agar Sedulur masih bisa tetap merayakan Imlek dengan meriah melalui berbagai dekorasi Imlek di rumah. Yuk, mari kita langsung saja simak ide unik dekorasi Imlek yang bisa dilakukan dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 9 Ide Dekorasi Natal di Rumah. Sederhana & Super Kreatif!

Daftar Ide Dekorasi Imlek yang Unik Agar Imlek Tetap Meriah Dirayakan!

1. Bunga Mei Hwa dari Ranting Pohon

1. Bunga Mei Hwa dari Ranting Pohon
tribunnews.com

Salah satu dekorasi Imlek yang khas dan unik adalah Bunga Mei Hwa. Bunga Mei Hwa bisa Sedulur buat sendiri dari ranting pohon, selain perayaan Imlek akan tetap meriah, membuat sendiri Bunga Mei Hwa juga bisa mengasah kreatifitas Sedulur sekalian.

Sedulur cukup menyediakan ranting pohon yang cukup panjang dan bercabang, kemudian gantungkan berbagai hiasan khas Imlek, mulai dari lampion kertas, bunga plastik, angpao, pita merah dan berbagai hiasan Imlek yang unik lainnya.

2. Karangan Bunga Imlek

2. Karangan Bunga Imlek
pinterest.id

Dekorasi Imlek yang unik selanjutnya adalah membuat karangan bunga Imlek. Sedulur bisa membuat karangan bunga dan tanaman hias secara melingkar dan digantung di pintu yang merupakan salah satu dekorasi yang umum Sedulur jumpai saat natal. Tidak hanya untuk perayaan natal, karangan bunga juga bisa turut memeriahkan perayaan Imlek.

Sebagai salah satu hiasan, karangan bunga bisa membuat dekorasi Imlek semakin meriah. Sedulur juga bisa menambahkan koin-koin khas Imlek dan juga pernak-pernik khas Imlek lainnya yang umumnya berwarna merah. Seperti kertas merah atau pita berwarna merah.

3. Dekorasi Naga

3. Dekorasi Naga
pinterest.id

Naga menjadi salah satu hewan mitologi yang banyak digambarkan dalam setiap tradisi masyarakat Tionghoa. Tidak terkecuali saat perayaan Imlek, naga sering dijumpai sebagai salah satu dekorasi. Hal ini juga seiring dengan adanya tradisi Barongsai yang terdapat pertunjukan naga.

Selain itu, naga juga muncul sebagai salah satu simbol yang menjadi identitas dalam dekorasi Imlek. Tidak usah khawatir kesulitan mencari dekorasi naga untuk Imlek, Sedulur bisa membuat dekorasi Imlek satu ini sendiri. Sedulur hanya membutuhkan kreativitas untuk membuatnya. Sedulur bisa membuat dekorasi naga dari gelas kertas dan menyusunnya menjadi seekor naga.

Baca Juga: 9 Keunikan Tradisi Imlek yang Wajib Kamu Tahu!

4. Lampion Kertas

4. Lampion Kertas
tokopedia.com

Lampion kertas merupakan dekorasi utama saat perayaan Imlek tiba. Sedulur bisa melihat berbagai kreasi lampion kertas sebagai dekorasi Imlek. Baik dalam pusat perbelanjaan, bank, hingga beberapa tempat hiburan yang merayakan Imlek sebagai penghormatan.

Sedulur juga bisa membuat lampion kertas sendiri dengan kertas merah atau kertas sisa angpao. Membuat lampion kertas sendiri akan turut memeriahkan perayaan Imlek yang kemungkinan besar tahun ini akan dirayakan di rumah, karena persoalan pandemi virus corona.

5. Dekorasi Origami

5. Dekorasi Origami
tokopedia.com

Origami merupakan seni melipat kertas dari Jepang. Sedulur juga bisa menjadikan oragami sebagai salah satu ide dekorasi Imlek. Sedulur bisa menggunakan kertas berwarna merah dengan dipadukan bersama atribut khas Imlek lainnya. Jangan khawatir, saat ini tersedia banyak tutorial membuat origami di internet.

Selain menyambut Imlek dengan dekorasi Imlek yang kreatif, Sedulur juga bisa mendapatkan pengetahuan dengan melakukan origami. Katanya, origami dapat merangsang kreativitas, terutama bagi anak-anak. Bagi Sedulur yang memiliki anak-anak, bisa diajarkan untuk membuat origami dan sekaligus merangsang kreativitas mereka.

6. Wallpaper dan Wallsticker

6. Wallpaper dan Wallsticker
tokopedia.com

Jika Sedulur kesulitan mendapatkan bahan untuk membuat berbagai dekorasi Imlek sendiri, saat ini juga telah banyak tersedia wallpaper atau wallsticker yang menjual dekorasi khas Imlek. Sedulur bisa mencarinya di berbagai marketplace dan menjadikannya sebagai dekorasi perayaan Imlek.

Berbagai desain menarik dari wallpaper dan wallsticker tersedia dan bebas Sedulur pilih. Pilih yang benar-benar sesuai dengan karakter yang Sedulur inginkan.

7. Petasan Kertas

7. Petasan Kertas
tokopedia.com

Tidak akan meriah perayaan Imlek tanpa petasan dan kembang api. Jika Sedulur kesulitan mendapatkan petasan untuk merayakan Imlek. Sedulur bisa membuat petasan dari kertas hanya sebagai hiasan saja. Cara membuatnya sangat mudah, Sedulur hanya tinggal menggulung kerta dan berikan pita berwarna merah.

Walaupun banyak yang terganggu dengan kebisingan petasan dan kembang api. Petasan dan kembang api merupakan salah satu ritual Imlek yang sudah sejak lama dilakukan dalam setiap perayaan Imlek. Hal ini bukan tanpa sebab dan tanpa makna. Terdapat cerita yang sarat akan makna.

Pada awalnya, ritual dan tradisi Imlek dilakukan dalam rangka untuk mengusir monster yang bernama Nian yang selalu meresahkan warga saat perayaan Imlek.

Berdasarkan kepercayaan masyarakat Tionghoa, diketahui bahwa Nian sangat takut terhadap bebunyian dan kilatan cahaya. Hal tersebut yang membuat adanya petasan dan juga bunyi kentongan yang berasal dari bambu dalam setiap perayaan Imlek. Agar Nian pergi tidak menunggu saat perayaan Imlek.

8. Pohon Angpao

8. Pohon Angpao
liputan6.com

Rekomendasi ide dekorasi Imlek satu ini terinspirasi dari dekorasi pohon Natal. Sedulur juga bisa membuat sendiri pohon angpao dalam rangka merayakan Imlek. Sedulur bisa membuat pohon angpao sendiri dan sangat mudah. Sedulur cukup mencari ranting pohon yang agak panjang dan bercabang.

Lalu gantungkan berbagai kertas angpao di atasnya ranting tersebut, letakan ranting dalam pot tanaman. Simpan di ruang tengah dan Sedulur bisa membagikan kepada sanak saudara ketika kumpul keluarga telah dimulai untuk merayakan Imlek.

9. Pernak Pernik Imlek Lainnya

9. Pernak Pernik Imlek Lainnya
wikimedia.org

Ide dekorasi Imlek yang terakhir adalah beberapa pilihan yang identik dan khas dengan Imlek. Salah satunya adalah chinese knot. Pernak-pernik Imlek dibuat dengan berbagai makna dan perlambangan. Salah satu perlambangan yang diharapkan dengan adanya pernak-pernik Imlek adalah berharap hadirnya kebahagiaan dan kebebasan dalam merayakan Imlek sebagai sebuah tahun baru Tionghoa.

Semoga penjelasan mengenai berbagai ide dekorasi Imlek di atas bisa memberikan rekomendasi Sedulur untuk membuat dekorasi yang meriah dalam rangka merayakan Imlek. Walaupun Imlek tahun ini dirayakan di rumah, jangan sampai menghilangkan kemeriahan dan makna dari Imlek itu sendiri.

Jangan lupa, Sedulur wajib pantengin Aplikasi Super, karena dalam setiap hari khusus dan perayaan agama selalu ada bonus menarik dari Aplikasi Super. Sedulur bisa download Aplikasi Super dengan klik di sini.

Jangan lupa juga untuk klik di sini agar Sedulur bisa mengunjungi laman Aplikasi Super. Pelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi, karena banyak program menarik yang super menguntungkan untuk Sedulur. Yang paling penting, selalu ada bonus dan kejutan menarik yang dapat membuat Sedulur untung super melimpah dari Aplikasi Super.