Yuk, kenali bahaya dehidrasi di bawah ini, agar Sedulur bisa mengetahui cara mengatasinya.

Dehidrasi adalah kondisi saat tubuh mengeluarkan banyak cairan dibandingkan dengan mendapatkan asupan cairan yang cukup. Pengeluaran cairan tubuh lebih tinggi daripada asupan cairan ke dalam tubuh. Hal tersebut dapat mempengaruhi keseimbangan zat gula dan garam yang ada di dalam tubuh.

Terdapat beberapa tanda dehidrasi yang pada setiap rentang usia akan memunculkan gejala yang berbeda. Tanda tanda dehidrasi pada orang dewasa berbeda dengan gelaja dehidrasi pada anak-anak. Selain itu, terdapat juga macam macam dehidrasi yang bisa dialami oleh tubuh.

Superapp.id dalam artikel kali ini akan menyebabkan beberapa penyebab dehidrasi, baik yang disebabkan oleh kekurangan cairan tubuh atau juga penyebab lainnya. Selain itu, akan dibahan juga beberapa tingkat dehidrasi yang biasa dialami oleh kita semua. Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: 6 Tanda Dehidrasi Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Informasi Terkait Dehidrasi: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

1. Penyebab Dehidrasi

1. Penyebab Dehidrasi

Terdapat beberapa penyebab dehidrasi, salah satu yang umum terjadi adalah kekurangan asupan cairan dalam tubuh, atau sederhananya tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan tubuh daripada mendapatkan asupan cairan tubuh yang sesuai.

Tingkatan dehidrasi yang dialami akan dipengaruhi oleh cuaca, kondisi fisik tubuh dan asupan makanan yang biasa dikonsumsi.

2. Jenis-Jenis Dehidrasi

2.   Jenis-Jenis Dehidrasi

Terdapat beberapa tingkatan dalam penyakit ini. Berkaitan hal tersebut, akan dijelaskan dalam poin di bawah ini:

  • Dehidrasi Ringan: seseorang yang mengalami dehidrasi tingkat ini akan mengalami tenggorokan perih dan juga rasa haus yang berlebih. Selain itu bibir pecah-pecah dan kulit kering merupakan gejala dari kondisi tingkatan ini.
  • Dehidrasi Menengah: pada tingkatan ini detak jantung akan meningkat lebih cepat dan merasakan jantung berdebar lebih cepat.
  • Dehidrasi Berat: kram otot, lidah bengkak dan merasa lemas dan tidak berdaya merupakan gejala penyakit pada tingkatan berat. Sedulur yang mengalami gejala ini harus segera dirawat dan mendapatkan perawatan secara profesional oleh dokter.

3. Kelompok Usia yang Rentan Terkena Dehidrasi

3.   Kelompok Usia yang Rentan Terkena Dehidrasi

Beberapa kelompok usia yang rentan terkena penyakit ini akan disampaikan dalam poin di bawah ini:

  • Bayi dan anak-anak: kelompok usia ini yang sangat rentan mengalami penyakit satu ini. Biasanya gejala yang ditunjukan dalam kelompok usia ini adalah diare.
  • Lanjut usia (lansia): terlalu terlalu renta dan sudah memasuki usia senja membuat kelompok usia ini kurang memperhatikan asupan cairan, Hal tersebut seringkali menjadi penyebab utama kelompok usia ini menderita dehidrasi.

Selain kelompok usia di atas yang rentan terkena penyakit ini, beberapa kondisi juga turut mempengaruhi terkena dehidrasi. Di antaranya seseorang yang berolahraga di tempat yang panas dan lembab, seseorang yang tinggi di datarang tinggi, sedang mengalami diare atau muntah-mual, mengeluarkan keringat berlebihan dan juga pecandu alkohol.

Baca Juga: Penting! Ini 10 Manfaat Vitamin C Yang Harus Kamu Tahu

4. Gejala yang Ditunjukan

4.   Gejala yang Ditunjukan

Gejala penyakit ini akan ditunjukan secara berbeda berdasarkan rentang usia, selain itu gejala dalam setiap tingkatan penyakit ini juga berbeda-beda. Namun secara umum, penyakit ini memiliki gejala yaitu merasa haus, pusing, mual, lemas, letih dan urine yang berwarna gelap.

Selain itu gejala dehidrasi juga bisa ditunjukan oleh timbulnya penyakit lain, seperti diare dan muntah-muntah. Atau juga, dehidrasi bisa disebabkan oleh beberapa penyakit tertentu, termasuk diare dan muntah-muntah. Karena ketika menderita dua penyakit tersebut, tubuh akan secara terus menerus mengeluarkan cairan yang ada dalam tubuh.

5. Bahaya yang Ditimbulkan

5.   Bahaya yang Ditimbulkan

Penyakit ini juga sangat berbahaya, terdapat beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan jika Sedulur mengalami kekurangan cairan tubuh. Beberapa bahaya yang serius yang dapat disebabkan oleh dehidrasi adalah sebagai berikut:

  • Syok dan panik.
  • Gagal ginjal.
  • Gangguan elektrolit dan kejang-kejang.
  • Heat injury, yang ditunjukan dengan kram, dan otot lemah.
  • Bahaya yang paling fatal adalah dapat menyebabkan kematian karena beberapa kegagalan fungsi organ vital yang tidak dapat bekerja karena kekurangan cairan tubuh.

6. Mengatasi Dehidrasi

6.   Mengatasi Dehidrasi

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat menghindari dan mengatasi penyakit ini agar tidak memberikan dampak yang buruk dan berlebihan. Pertama perbanyak memakan buah-buahan atau meminum jus buah-buahan. Sedulur tentu saja harus memperbanyak minum air agar cairan tubuh tercukupi.

Selain itu Sedulur juga mulai mengkonsumsi makanan lainnya yang mengandung air yang banyak, seperti minuman kesehatan yang berprotein tinggi, dan yang paling penting adalah mengkonsumsi sayur-sayuran. Jika Sedulur rutin melakukan cara mengatasinya, cairan tubuh Sedulur akan cukup dengan melakukan tes warna urine. Jika warna urine Sedulur cukup cerah atau bening, berarti cairan tubuh Sedulur telah cukup.

Semoga penjelasan terkait penyakit dehidrasi bisa menambah pengetahuan Sedulur dan Sedulur bisa lebih aktif mencegah agar terhindar dari penyakit satu ini. Sedulur juga bisa belanja segala kebutuhan agar bisa menghindari dari penyakit satu ini. Belanja setiap kebutuhannya di Aplikasi Super, bukan hanya dehidrasi yang bisa diatasi, permasalahan ekonomi Sedulur pun bisa ikut diatasi.

Jika ingin mengetahui lebih jelas lagi, Sedulur bisa klik di sini dan pelajari Aplikasi Super lebih lengkap lagi. Jangan lupa juga download Aplikasi Super dan gunakan Aplikasi Super mulai dari sekarang, agar setiap masalah sehari-hari Sedulur dapat teratasi.