6 Resep dan Cara Membuat Cumi Saus Tiram Ala Restoran di Rumah

Cumi saus tiram merupakan masakan seafood yang paling disukai masyarakat Indonesia

Cumi merupakan salah satu makanan laut yang paling disukai oleh masyarakat. Jika sebagian masyarakat Indonesia ada yang alergi terhadap udang dan makanan laut lainnya, berbeda dengan cumi, jarang ada masyarakat yang alergi terhadap cumi.

Hal tersebut yang menyebabkan cumi menjadi salah satu makanan laut yang paling disukai. Artikel kali ini akan membahas berbagai resep cumi saus tiram, mulai dari resep cumi saus tiram ala restoran, resep cumi saus tiram chinese food dan beberapa varian cumi saus tiram lainnya.

Seperti cumi saus tiram bawang bombay, cumi saus tiram padang, cumi saus tiram mentega, cumi saus tiram pedas, dan cumi saus tiram asam manis sederhana. Yuk mari, langsung saja kita simak ulasan mengenai beberapa resep mengenai cumi saus tiram.

Baca Juga: 4 Resep dan Cara Membuat Udang Saus Tiram Rasa Restoran

Daftar Resep Cumi Saus Tiram

1. Cumi Saus Tiram Saori

Cumi Saus Tiram Saori

Resep cumi pertama adalah saos tiram saori. Bahan yang dibutuhkan adalah cumi basah sebanyak 500 gram, cabai rawit merah 7 buah, cabai besar 2 buah, bawang putih 3 siung, bawang merah 2 siung, bawang bombay setengah buah, tomat merah ukuran sedang 1 buah, saori saus tiram 1 sachet.

Jangan lupa menyiapkan juga bumbu perasa seperti merica bubuk sesuai selera, garam secukupnya, gula pasir secukupnya, kecap manis secukupnya, minyak goreng 2 sendok makan untuk menumis. Setelah bahan komplit, kita langsung mulai ke cara memasaknya.

Pertama bersihkan cumi dari kotoran dan tintanya, lalu iris bumbu-bumbu yang telah disiapkan, panaskan wajan, dan beri dua sendok minyak goreng untuk menumis bumbu. Tumis hingga layu, lalu tuangkan saori saus tiram ke dalam tumisan dan aduk hingga rata.

Masukan cumi ke dalam wajan, dan aduk merata dengan bumbu-bumbu. Jangan lupa cek rasa, jika kurang pas, tambahkan garam, gula dan bumbu lainnya sesuai selera.

2. Cumi Ala Restoran

Cumi Ala Restoran

Resep cumi saus tiram satu ini merupakan cumi bumbu saus tiram yang dijual di restoran. Bahan dan bumbu yang digunakan sama dengan resep cumi pada poin pertama. Namun cara pembuatannya sedikit berbeda, karena menggunakan beberapa teknik profesional chef.

Cara memasak yang pertama adalah dengan membuat bumbu saus tiram terlebih dahulu sebelum cumi dimasukan. Tumis bumbu-bumbu ke dalam wajan hingga harum. Setelah harum, masukkan cabe merah dan bumbu saus seperti saus tiram, saus tomat dan lainnya. Masak hingga mendidih sambil diaduk rata.

Setelah mendidih, masukan cumi yang telah dibersihkan, lalu tambahkan garam, merica, gula pasir dan aduk rata hingga saus meresap pada daging cumi. Setelah dirasa bumbu telah meresap, cumi siap disajikan dengan nasi hangat.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Saus Tomat Paling Enak, Terbaru 2020

3.   Cumi Asam Manis

Cumi Asam Manis

Resep ketiga adalah cumi asam manis bumbu saus tiram. Cara memasaknya adalah pertama bersihkan terlebih dahulu daging cumi-cumi dan buang tinta karena akan berbahaya untuk tubuh. Potong cumi sesuai selera dan lumuri dengan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit, lalu cuci sampai bersih.

Hal tersebut akan membuang semua bau amis dari daging cumi. Selanjutnya Iris bawang merah, bawang putih, bawang bombay, semua cabe dan tomat. Panaskan minyak, lalu tumis bawang putih, bawang merah dan bawang bombay hingga harum.

Jangan lupa untuk memasukkan udang kering( rebon), aduk hingga berbau harum. Masukkan tomat dan semua cabe. Tumis hingga agak layu. Jika tidak memiliki udang kering, tidak masalah. Selanjutnya Masukkan cumi-cumi, lalu tambahkan air.

Aduk hingga setengah matang, lalu tambahkan kecap, merica dan saos tiram. Biarkan hingga air menyusut dan mengental , lalu cumi asam manis pun siap disajikan.

4. Cumi Saus Tiram Sajian Sedap

Cumi Saus Tiram Sajian Sedap

Dari namanya saja sudah wajib bahwa resep satu ini akan menyuguhkan hal yang sedap dan nikmat. Bahan yang dibutuhkan sama dengan bahan untuk membuat olahan cumi sebelumnya. Langsung saja kita masuk ke cara memasaknya.

Pertama panaskan wajan dan kemudian tumis bawang bombay, bawang putih hingga harum. Masukkan cabai hijau dan merah. Aduk secara merata hingga layu. Kemudian masukkan cumi dan aduk hingga berubah warna.

Setelah berubah warna dan terlihat masak. Masukan Saus tiram, kecap manis, saus tomat, garam, merica dan gula sesuai selera. Aduk hingga rata dan tambahkan air jika kurang kental. Resep cumi bumbu saus tiram pun telah selesai dibuat.

5. Cumi Bawang Bombay Bumbu Saus Tiram

Cumi Bawang Bombay Bumbu Saus Tiram

Cara membuat resep cumi saus tiram satu ini adalah yang pertama panaskan minyak goreng dan kemudian tumis bawang bombay hingga layu. Kemudian langkah selanjutnya adalah masukkan bawang putih dan tumis hingga harum.

Langkah kedua adalah memasukkan cumi dan bumbu saus tiram dan aduk hingga rata. Jangan lupa untuk menambahkan air. Lalu kemudian aduk kembali hingga rata dan masak hingga matang. Jangan lupa untuk menyajikan cumi bawang bombay beserta dengan nasi hangat.

6. Cumi Saus Tiram Sederhana

Cumi Saus Tiram Sederhana

Cara membuat resep masakan cumi sederhana ini adalah dengan menggoreng terlebih dahulu cumi hingga setengah matang. Setelah itu tiriskan beberapa menit, sambil menunggu cumi setengah matang dingin, panaskan wajan dan masukan bumbu-bumbu pelengkap untuk ditumis.

Faktor pembedanya dalam resep satu ini adalah tumis bumbu-bumbu menggunakan margarin, karena akan memberikan citarasa dan aroma yang khas. Setelah masak, masukan cumi setengah matang dan aduk hingga rata. Jangan lupa untuk memasukan bumbu perasa sesuai selera.

Resep cumi sederhana pun telah siap dinikmati dengan sepiring nasi hangat. Semoga daftar resep cumi yang telah dijelaskan di atas dapat membantu Sedulur yang membutuhkannya. Jangan lupa juga untuk membeli setiap bahan untuk membuat cumi di Aplikasi Super.

Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, dan jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum download Aplikasinya. Jangan sampai menyianyiakan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang diberikan oleh Aplikasi Super.