Sedang diet tapi ingin tetap ngemil? Yuk, simak daftar cemilan diet yang super enak dan menyehatkan di bawah ini. Sedulur tidak usah khawatir gagal diet!

Biasanya, jika sedang diet, Sedulur pasti menghindari camilan. Khawatir gagal diet, Sedulur melepaskan semua kebiasaan ngemil demi tercapainya diet yang sempurna. Keputusan tersebut tidak ada salahnya, namun juga tidak sepenuhnya benar. Karena, walaupun sedang diet, Sedulur tetap bisa ngemil.

Banyak cemilan sehat untuk diet atau cemilan diet selain buah yang bisa Sedulur pilih. Macam macam cemilan sehat atau snack diet juga memiliki rasa yang nikmat, tidak melulu hambar karena mengurangi gula atau garam. Bahkan, jika Sedulur ingin, Sedulur bisa melakukan cara membuat cemilan sehat untuk diet sendiri.

Baik itu cemilan malam untuk diet atau cemilan yang bikin kenyang, Sedulur yang sedang diet pasti memilih jajanan rendah kalori sebagai cemilan enak dan sehat. Terdapat beberapa contoh cemilan sehat salah satunya buah dan biskuit rendah lemak. Agar Sedulur bisa tetap menjalankan  diet enak dengan ngemil makanan yang pas untuk diet, yuk mending langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: Resep Batagor Tanpa Ikan, Camilan Enak & Mudah Dibuat

Daftar Aneka Cemilan Diet yang Super Enak dan Menyehatkan!

1. Buah Apel dan Selai Kacang

1. Buah Apel dan Selai Kacang
pixabay

Cemilan diet yang pertama adalah buah apel dan selai kacang. Buah apel yang kaya akan serat dan antioksidan polifenol dapat meningkatkan kesehatan usus dan terkena penyakit jantung. Sedangkan selai kacang yang dapat memperkuat kesehatan jantung dapat meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat.

Selai kacang juga sangat cocok dijadikan sebagai cemilan diet, karena jumlah kalorinya yang tinggi. Jadi Sedulur akan merasakan kenyang yang cepat, dengan mengkonsumsi selai kacang yang sedikit. Kombinasi buah apel dan selai kacang merupakan kombinasi cemilan diet yang pas.

2. Mentimun dan Hummus

2. Mentimun dan Hummus
fat free vegan

Selanjutnya adalah mentimun dan hummus. Mentimun mengandung cucurbitacin E yang merupakan senyawa yang dapat memberikan efek anti kanker. Sedangkan hummus, merupakan makanan yang terbuat dari buncis, minyak zaitun, dan bawang putih. Yang dapat secara efektif mengurangi peradangan.

Sedulur tinggal membuat cemilan ini dengan mentimun sebanyak 52 gram yang diiris tipis, lalu dicelupkan dalam hummus sebanyak 100 gram. Dengan jumlah cemilan tersebut, hanya mengandung 180 kalori. Sedulur bisa makan dengan kenyang, tanpa harus memikirkan jumlah kalori.

3. Puding Selasih

3. Puding Selasih
unsplash

Cemilan diet yang super nikmat dan menyehatkan selanjutnya adalah puding biji selasih. Biji selasih mengandung serat yang kaya dan seringkali dijadikan sebagai camilan nikmat untuk diet. Termasuk diet vegan dan ketogenik. Selasih juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi yang mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Sedulur cukup membuat biji selasih dan dicampurkan dalam puding. Menikmati puding yang kaya akan serat dan juga cairan untuk tubuh, sangat cocok sebagai menu cemilan diet setiap harinya.

Baca Juga: 10 Makanan Unik Khas Imlek yang Wajib Ada di Rumah!

4. Sepotong Keju

4. Sepotong Keju
pixabay

Keju merupakan sebuah makanan yang lezat dan nikmat, banyak orang yang sangat menyukai keju. Namun, kabarnya keju mengandung lemak jenuh yang tinggi, tapi kandungan tersebut tidak akan menimbulkan risiko penyakit jantung. Konsumsi dua porsi potongan keju setiap harinya tidak akan meningkatkan kadar kolesterol jahat. Sisi lainnya, setiap satu potongan keju, justru menyediakan protein sebanyak 14 gram dan 200 kalori. Sangat cocok menjadi pengganti makan.

5. Buah Pir dan Keju Ricotta

5. Buah Pir dan Keju Ricotta
kitchen stories

Daftar cemilan diet yang super lezat selanjutnya adalah irisan buah pir dan keju ricotta. Buah pir mengandung antioksidan polifenol yang memiliki sifat anti inflamasi yang kuat. Sedangkan keju ricotta mengandung protein dan kalsium yang tinggi. Selain cocok sebagai cemilan diet, cemilan satu ini juga sangat cocok sebagai asupan untuk meningkatkan massa otot dan kekuatan tubuh.

Karena kandungan dari buah pir dan keju ricotta sekitar 12 gram protein dan 250 kalori. Jangan lupa untuk dibarengi dengan olahraga angkat beban, ya. Karena massa otot tidak akan bertambah begitu saja, tetap butuh latihan dan olahraga.

6. Greek Yoghurt dan Mix Berries

6. Greek Yoghurt dan Mix Berries
pixaby

Mendengar namanya saja sudah menggiurkan, ditambah dengan melihat visual dari cemilan diet satu ini. Selain sebagai sumber kalsium dan kalium yang baik, yoghurt juga mengandung protein yang tinggi. Ditambah dengan kandungan buah beri yang merupakan salah satu penghasil antioksidan terbaik di dunia.

Dalam semangkuk cemilan satu ini, akan memberikan 10 gram protein dan 150 kalori. Sangat cocok untuk dijadikan camilan sehat ketika sedang melakukan diet yang ketat.

7. Parutan Kelapa Kering

7. Parutan Kelapa Kering
SPICEography

Camilan sehat untuk diet selanjutnya yaitu parutan kelapa kering, disarankan tidak menggunakan pemanis. Karena parutan kelapa sendiri memiliki rasa manis alami. Mengkonsumsi camilan ini bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih cepat dan rasa kenyang yang lebih lama bertahan. Sedulur akan mendapatkan 185 kalori dalam 1 ons atau 28 gram camilan satu ini.

8. Buah Alpukat

8. Buah Alpukat
tribunnews.com

Selain mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, buah alpukat juga bisa menghilangkan dahaga sekaligus digunakan sebagai pengganjal rasa lapar sebelum makan. Hal tersebut dikarenakan kandungan kalori dalam buah alpukat yang cukup mengenyangkan.

Selain itu, buah alpukat juga bisa menurunkan kadar kolesterol buruk yang akan berdampak buruk pada kesehatan jantung. Dalam satu buah alpukat, Sedulur akan mendapatkan sebanyak 130 kalori untuk tubuh. Jika Sedulur sedang dalam program diet ketat. Sedulur tinggal mengganti makan dengan mengkonsumsi buah alpukat satu buah. Selain mengenyangkan, sekaligus menyehatkan.

9. Tomat Kering

9. Tomat Kering
pixabay

Tomat sangat kaya dengan vitamin C dan serat, sangat cocok sebagai  cemilan diet yang bisa dimakan langsung. Jika ingin menggunakan tomat sebagai cemilan diet, Sedulur bisa mengeringkan tomat terlebih dahulu. Karena tomat kering mengandung banyak likopen ketimbang tomat yang biasa. Dalam 100 gram tomat kering mengandung 170% DV untuk vitamin C dan juga lebih dari 200 kalori.

10. Granola

10. Granola
pixabay

Salah satu cemilan diet yang terbuat dari campuran gandum, kacang-kacangan, dan buah kering satu ini dikenal dengan nama granola. Setiap 100 gram ganola mengandung sekitar 30% serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, granola juga mengandung vitamin K, E, C dan beberapa vitamin B kompleks.

Dengan mengkonsumsi granola, Sedulur yang tengah diet ketat akan mendapatkan perbaikan sistem pencernaan, meningkatkan energi, dan juga membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan, granola mengandung protein nabati yang sangat tinggi.

11. Rumput Laut Bakar

11. Rumput Laut Bakar
healthy food tribe

Bagi Sedulur yang menyukai rumput lain, Sedulur bisa menjadikan rumput lain sebagai camilan diet yang nikmat dan super lezat. Selain renyah dan gurih, rumput laut juga merupakan makanan rendah kalori, kaya akan serat dan nutrisi. Selain itu, rumput laut juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat mempercepat penyembuhan luka, terutama bagi para penderita diabetes.

12. Camilan Buah Kering

12. Camilan Buah Kering
pixabay

Buah apapun yang dikeringkan, bisa menjadi camilan diet yang sangat nikmat. Sedulur bisa mendapatkan nutrisi dari buah-buahan tersebut, terutama kandungan vitamin C dalam buah yang dikeringkan yang akan sangat membantu tubuh dalam penyesuaian masa diet. Selain itu, kandungan potasium dalam buah-buahan juga sangat cocok dan sangat ampuh dalam menstabilkan energi dan memperbaiki mood.

Semoga masa diet yang tengah Sedulur melakukan berjalan lancar dan sukses. Jangan lupa untuk tetap disiplin dan jangan mudah tergiur dengan berbagai makanan yang penuh dengan kandungan jahat. Hindari godaan makanan tersebut dengan beralih dengan cemilan diet.

Sedulur bisa membeli daftar bahan membuat cemilan diet dengan membelinya di Aplikasi Super. Sedulur juga bahkan bisa membuat berbagai macam camilan sehat lainnya dengan mengkombinasikan beberapa bahan pada camilan diet yang telah dibahas di atas.

Sedulur bisa membeli setiap kebutuhan sehari-hari di Aplikasi Super. Barang dan bahan kebutuhan dapur sangat lengkap di Aplikasi Super, Sedulur bisa cek kelengkapan barang di Aplikasi Super dengan klik di sini. Selain itu, Sedulur juga bisa cek dan belanja di Aplikasi Super melalui smartphone dengan download Aplikasi Super terlebih dahulu dan klik di sini untuk mendownloadnya!