Punya masalah mata sembab memang tidak nyaman, terlebih ketika menatap lawan bicara di depan umum. Maka bisa jadi kamu malah terlihat minder dan merasa rendah diri. Mata sembab dapat dialami oleh siapa saja. Hal ini bisa terjadi saat seseorang baru saja menangis. Ketika menangis, maka cairan akan berkumpul pada jaringan sekitar mata dan kelopak mata. Inilah mengapa jika terlalu lama menangis malah dapat menyebabkan mata menjadi bengkak.

Mungkin Sedulur penasaran seperti apa cara menghilangkan mata sembab selepas menangis, nah untuk menjawab rasa penasaran Sedulur, harus mengetahui dahulu apa sih penyebab mata sembab?

BACA JUGA: 15 Eye Cream Terbaik di 2022, Ampuh Lawan Mata Panda

1. Penyebab mata sembab?

cara menghilangkan mata sembab
IDN Times

Mata sembab adalah aktivitas yang sering terjadi ketika seseorang baru saja menangis. Namun selain karena disebabkan oleh menangis, ada lagi penyebab utama seseorang mengalami mata sembab. Penasaran apa saja penyebabnya? Yuk simak dahulu penjelasan di bawah ini.

Alergi

Masalah pertama penyebab mata sembab adalah karena alergi dan disebabkan oleh zat alergen atau zat pemicu alergi. Alergen dalam hal ini dapat berupa percikan debu, bulu hewan, serbuk sari tanaman sampai dengan polusi atau asap. Reaksi alergi seperti ini, dapat memicu tubuh melepaskan histamin yang menjadi penyebab mata sembab dan kemerahan, berair, serta gatal-gatal.

Posisi tidur yang salah

Selain karena alergi, masalah posisi tidur yang salah juga menjadi penyebab lainnya. Seperti tidur menyamping atau tengkurap semalaman. Maka akibatnya, cairan pun mengumpul pada bagian bawah mata selama kamu tidur.

Kurang tidur

Kurang tidur juga tak boleh dianggap sepele, karena masalah kurang tidur bisa menjadi penyebab masalah pada mata sembab kamu. Kurang tidur dapat menyebabkan penumpukan cairan pada bagian bawah mata, sehingga mata menjadi sembab dan terlihat bengkak. Pada umumnya, kurang tidur dapat menimbulkan kantung mata dan area bawah mata menjadi lebih terlihat lebih gelap.

2. Cara menghilangkan mata sembab habis nangis

cara menghilangkan mata sembab
IDN Times

Mengalami mata sembab bukan berarti tak bisa disembuhkan. Sebab ada banyak sekali cara menghilangkan mata sembab dengan cepat dan mudah. Termasuk salah satunya mata sembab selepas menangis. Menangis adalah aktivitas umum dialami setiap orang, karena termasuk melepaskan energi negatif supaya tubuh kembali pulih seperti sedia kala. Nah, tanpa basa-basi maka langsung saja simak cara mudah menghilangkan mata sembab di bawah ini.

Kompres dingin

Cara pertama kamu bisa menggunakan kompres dingin dan berikan pada area mata yang terlihat sembab. Cara ini bertujuan agar dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi. Penggunaannya sangat mudah yaitu gunakan waslap atau handuk kecil yang telah dibasahi dengan air dingin. Kemudian letakkan waslap dingin tersebut pada bagian sekitar mata yang bengkak selama beberapa menit.

Gunakan irisan timun

Berikutnya bisa menggunakan irisan timun dalam mengatasi masalah mata sembab. Cara penggunaannya sangat mudah yaitu potonglah mentimun menjadi beberapa irisan dan letakkan pada area mata selama beberapa menit.

Kompres dengan kantung teh

Berikutnya cara menghilangkan masalah mata sembab selepas menangis kamu bisa menggunakan kompres kantung teh. Caranya sangat mudah, yaitu basahkan dua kantung teh, kemudian dinginkan di dalam lemari pendingin selama 15-20 menit saja. Setelah dingin letakkan pada area yang mengalami mata sembab.

Gunakan roll eye

Selanjutnya kamu bisa menggunakann roll eye dalam mengatasi masalah mata sembab selepas menangis. Cara menggunakannya sangat mudah, karena kamu hanya perlu mengoleskan pada area mata sembab.

Menggunakan krim

Selain menggunakan roll eye, kamu bisa menggunakan krim khusus dalam keperluan mengatasi mata yang sembab.

Lakukan pijatan lembut

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan saat mata mengalami sembab adalah melakukan pijatan khusus. Tujuan melakukan pijatan khusus adalah agar meningkatkan aliran darah pada sekitar mata.

Ubah pola makan

Tak hanya melakukan pijatan khusus supaya peredaran darah menjadi lancar, kamu bisa juga mengubah pola makan agar masalah mata sembab tak kembali datang menghantui.

Menggunakan air rendaman Witch Hazel

Selain mengubah pola makan, kamu bisa mencoba menggunakan air rendaman Witch Hazel. Cara nya sangat mudah dan praktis karena kamu hanya perlu rendam kapas ke dalam Witch Hazel dingin. Kemudian peras kapas tersebut dan kompres di area yang bengkak selama 5-10 menit saja.

3. Cara menghilangkan mata sembab setelah bangun tidur

cara menghilangkan mata sembab
Liputan6

Mata sembab tak hanya terjadi selepas menangis namun bisa terjadi karena habis bangun tidur. Sebab cairan akan banyak menumpuk di bagian bawah mata dan terjadi saat kamu sedang tidur. Sehingga mengakibatkan masalah bengkak mata. Penasaran bagaimana cara menghilangkan masalah mata seperti ini, mari langsung simak ulasannya di bawah ini.

Tidur cukup

Cara pertama adalah berusaha untuk tidur yang cukup. Sebab tidur dengan porsi cukup membuat badan kembali sehat dan segar. Cobalah untuk bangun rutinitas tidur yang baik dengan jadwal yang teratur. Lalu mulailah untuk menghentikan mengonsumsi minuman yang berkafein.

Minum air putih yang cukup

Hampir separuh tubuh kita membutuhkan cairan mineral dan air yang dibutuhkan oleh tubuh. Pastikan kamu minum air mineral delapan gelas sehari supaya kesehatan tubuh dan mata terjaga.

4. Cara menghilangkan mata sembab dengan cepat

cara menghilangkan mata sembab
Tribun Pontianak

Selanjutnya jika Sedulur mendapati area mata mengalami bengkak atau sembab, jangan dibiarkan begitu saja. Sebab, masalah mata sembab atau bengkak dapat memicu masalah serius. Seperti rendahnya pandangan mata dan menjadi kurang percaya diri saat tampil di hadapan publik.

Sekarang ada cara yang tepat dalam menghilangkan mata sembab dengan cepat dan benar, penasaran seperti apa caranya? Yuk perhatikan dengan seksama di bawah ini.

Menggunakan ektrak lidah buaya

Lidah buaya selain bisa digunakan sebagai minuman yang menyehatkan, ternyata tanaman yang satu ini bisa dipakai dalam penyembuhan mata sembab. Kandungan antioksidan dan vitamin E yang tinggi pada lidah buaya sangat efektif dalam mengatasi mata bengkak dan mata sembab.

Adapun cara menggunakan bahan ini untuk keperluan penyembuhan mata sembab. Aplikasikan bagian dalam gel lidah buaya di bagian area yang sembab. Lakukan dengan hati-hati agar jangan sampai masuk ke dalam area mata.

Air dingin

Selain menggunakan ekstrak lidah buaya, kamu bisa menggunakan air dingin dalam mengobati masalah mata bengkak dan mata sembab. Cara menggunakan bahan ini sangat mudah dan cepat. Cukup cuci bagian wajah dengan air dingin dan lakukan cara ini beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

BACA JUGA: 6 Ciri-ciri Mata Minus, Penyebab dan Cara Mengatasinya

5. Cara menghilangkan mata bengkak akibat alergi

cara menghilangkan mata sembab
SehatQ

Berikutnya jika Sedulur mengalami masalah pada mata yang bengkak mungkin bisa jadi disebabkan karena alergi. Alergi bisa menjadi penyebab munculnya mata sembab dan mata bengkak. Alergi sendiri muncul karena disebabkan oleh banyak hal. Seperti percikan debu, polusi, cuaca hingga karena bulu halus dari hewan . Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan semacam ini, tenang berikut adalah solusinya.

Menggunakan obat tetes mata

Obat tetes mata telah menjadi cara yang cepat dan mudah dalam mengatasi persoalan mata bengkak. Biasa obat semacam ini dapat ditemukan di toko-toko terdekat di sekitar tempat tinggal Sedulur. Seperti di apotek, toko swalayan hingga minimarket. Obat tetes mata mengandung zat yang bernama zat ketotifen dan efektif dalam meredakan masalah reaksi alergi konjungtivitas dan musiman.

Minum obat anti alergi

Tak hanya menggunakan obat tetes mata, masalah mata bengkak dapat diatasi dengan minum obat anti alergi. Dikutip dari laman Alodokter jika pembengkakan selalu diiringi dengan hidung berair dan demam, maka sudah waktunya mengonsumsi obat anti alergi. Umumya dokter menyarankan pasien agar mengonsumsi obat dengan kandungan antihistamine.

6. Cara menghilangkan mata bengkak sebelah

cara menghilangkan mata sembab
IDN Times

Masalah bengkak memang tak selamanya dialami pada semua mata baik mata kanan dan kiri. Maka dari itu, masalah mata bengkak sebelah harus ditangani dengan baik agar tak semakin parah di kemudian hari. Penasaran seperti apa cara menghilangkannya, yuk simak ulasan di bawah ini.

Kurangi konsumsi garam

Cara pertama yang harus kamu terapkan adalah kurangi mengonsumsi garam. Garam bisa menjadi penyebab utama masalah mata bengkak. Selain menyebabkan mata bengkak, mengonsumsi garam berlebihan bisa menyebabkan masalah serius seperti masalah jantung dan stroke.

Mengonsumsi makanan berkalium

Tak hanya mengurangi konsumsi garam, Sedulur juga harus memperbanyak makan makanan yang berkalium seperti kacang, yoghurt hingga sayuran hijau.

7. Berapa lama mata bengkak setelah menangis?

Detik

Pertanyaan ini selalu muncul di benak penderita mata bengkak dan mata sembab. Sebenarnya, mata bengkak atau sembab setelah menangis akan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu 24 jam. Sehingga tak perlu khawatir mengalami masalah-masalah serius pada kemudian hari.

Itulah beberapa langkah sederhana bagaimana menghilangkan mata sembab yang disebabkan oleh alergi, habis menangis dan setelah tidur. Semoga penjelasan ini menambah wawasan dan Sedulur lebih peduli dengan kesehatan mata.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

 Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.