Sedulur ingin memiliki wajah putih dan cerah? Berikut ini beberapa cara membuat masker beras yang bisa menjadi rekomendasi untuk Sedulur.

Biaya untuk merawat kecantikan wajah sangat mahal, baik wanita maupun pria rela mengeluarkan uang sebanyak apapun demi terjaganya kecantikan wajah. Jika Sedulur memiliki alokasi dana untuk perawatan kecantikan, hal tersebut tentu saja bukan sebuah persoalan.

Beda halnya dengan Sedulur yang belum bisa mengalokasikan dana yang cukup untuk perawatan kecantikan, sehingga cara alternatif dilakukan untuk tetap dapat merawat tubuh. Salah satu yang mudah dilakukan adalah dengan mengetahui bagaimana cara membuat masker beras.

Diketahui bahwa ada khasiat dari masker beras untuk memutihkan wajah. Bukan hanya itu, masker beras tanpa campuran juga baik untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit wajah. Maka dari itu, Superapp.id dalam kesempatan ini akan menjelaskan beberapa cara membuat masker beras, dengan tambahan bahan lainnya.

-->

Bagaimana cara membuat masker beras agar wajah glowing? Yuk, mari langsung saja kita simak daftar cara membuat masker beras di bawah ini!

Baca Juga: 5 Cara Membuat Masker Kopi yang Bikin Wajah Glowing

Daftar Cara Membuat Masker Beras, Membuat Wajah Cerah Bersinar!

1. Masker Beras dan Madu

1. Masker Beras dan Madu
bidhuan.id

Masker pertama adalah beras dan madu. Bahan yang dibutuhkan adalah beras yang telah direndam secara lama hingga lunak dan keringkan. Kemudian haluskan hingga menjadi tepung. Jika ingin lebih mudah, Sedulur bisa langsung menggunakan tepung beras yang tersedia di pasar atau warung. Siapkan juga madu secukupnya dan aduk rata kedua bahan hingga menjadi seperti masker.

Setelah selesai melakukan cara membuat masker beras dan madu, Sedulur bisa langsung mengoleskan masker ke kulit wajah Sedulur, agar wajah Sedulur bisa terawat dan memiliki warna yang bersinar cerah.

2. Masker Air Beras

2. Masker Air Beras
tribunnews.com

Hanya dengan masker air beras, Sedulur bisa mendapatkan kulit wajah yang bersinar. Mulai saat ini, Sedulur harus menyimpan air sisa cucian beras. Karena, air cucian beras tersebut bisa Sedulur jadikan sebagai toner atau pembersih wajah. Namun, tidak semua air cucian beras bisa Sedulur jadikan sebagai masker atau toner wajah.

Cara mendapatkan air cucian beras sangat mudah. Sedulur hanya perlu mencuci beras seperti biasa. Air pertama cucian beras, buang saja tidak usah disisihkan. Karena, biasanya air cucian beras yang pertama banyak mengandung kotoran dan tidak baik digunakan sebagai toner.

Cuci kembali beras untuk air cucian yang kedua, Sedulur bisa membuangnya kembali. Sebagai jaga-jaga masih ada kotoran yang terkandung dalam air cucian yang kedua. Baru pada cucian ketiga atau keempat, bisa Sedulur sisihkan dan simpan sebagai toner. Lantas bagaimana cara menggunakannya?

Caranya mudah sekali, tidak seperti yang Sedulur duga langsung mencuci wajah dengan air cucian beras. Tidak seperti demikian. Namun, Sedulur sebaiknya menyiapkan tisu yang tebal, kemudian masukkan dalam air cucian beras dan bersihkan wajah dengan tisu tebal tersebut. Diamkan hingga kering, kemudian lakukan sebanyak tiga kali.

Sedulur bisa melakukannya dengan rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal. Karena, air bekas cucian air beras bisa menyerap kotoran yang tersangkut di dalam wajah.

Baca Juga: Masker Oatmeal Bikin Glowing? Ini Fakta & Cara Membuatnya!

3. Masker Beras, Susu dan Cuka Apel

3. Masker Beras, Susu dan Cuka Apel
sehatq.com

Sebenarnya, membuat masker tepung beras tanpa campuran juga bisa sangat efektif untuk membersihkan wajah. Namun, jika Sedulur melakukan cara membuat masker beras dengan bahan campuran, akan bisa memberi manfaat yang maksimal untuk kulit wajah. Salah satunya masker beras, susu dan cuka apel.

Bahan yang dibutuhkan adalah:

  • Tepung beras secukupnya
  • Cuka apel sebanyak 2 tetes
  • Dan susu 2 sdm susu murni

Cara membuatnya sangat mudah, Sedulur tinggal mencampurkan semua bahan menjadi satu, hingga tercampur rata dan membentuk seperti masker. Selanjutnya tinggal mengoleskan masker ke kulit wajah Sedulur hingga merata. Lakukan secara rutin agar Sedulur bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Masker Beras dan Minyak Zaitun

4. Masker Beras dan Minyak Zaitun
orami.co.id

Paduan tepung beras dan minyak zaitun bisa membuat wajah sangat cemerlang. Karena, minyak zaitun dikenal sebagai senyawa yang mampu menjadi antiradang dan antibakteri dan memiliki sifat non-comedogenic. Bahan yang sedulur butuhkan adalah tepung beras dan minyak zaitun secukupnya.

Cara membuat masker beras pun sangat mudah, Sedulur hanya tinggal mencampurkannya dan lalu mengoleskan pada wajah. Wajah Sedulur dijamin akan bersih dan bersinar. Karena kotoran yang menempel pada wajah akan larut dan terbawa oleh minyak zaitun.

5. Masker Beras dan Kunyit

5. Masker Beras dan Kunyit
lemonilo.com

Selanjutnya adalah masker beras dan kunyit. Masker ini dapat membuat kulit berjerawat sembuh perlahan. Berikut ini bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker beras dan kunyit:

  • Beras yang telah dibubukan menjadi tepung, atau tepung beras
  • Bubuk kunyit secukupnya

Setelah bahan disiapkan, selanjutnya adalah cara membuat masker beras dengan kunyit. Pertama, campurkan tepung beras yang telah halus, lalu tambahkan bubuk kunyit. Lebih baik lagi jika ditambahkan madu. Aduk hingga rata dan oleskan pada wajah Sedulur untuk menghasilkan wajah yang bersih dari jerawat. Untuk hasil yang maksimal Sedulur bisa melakukannya di malam hari, sebelum tidur. Bilas dan bersihkan keesokan harinya ketika bagun tidur.

6. Masker Beras dan Air Mawar

6. Masker Beras dan Air Mawar
histbanget.com

Rekomendasi masker dari beras selanjutnya adalah masker beras dan air mawar. Bahan yang dibutuhkan adalah:

  • Tepung beras secukupnya
  • Air rendaman bunga mawar
  • Minyak jarak

Langkah membuatnya sangat mudah, pertama Sedulur bisa mencampurkan semua bahan yang telah disiapkan dalam satu wadah. Lalu aduk rata hingga semua bahan tercampur, usahakan bahan tercampur hingga benar-benar lembut. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 5 menit hingga 10 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Gunakan sebanyak 3 hingga 4 kali selama seminggu di malam hari untuk hasil yang maksimal.

7. Masker Beras dan Anggur

7. Masker Beras dan Anggur
tokopedia.com

Masker beras dan anggur merupakan alternatif masker lainnya untuk mendapatkan wajah yang sehat sempurna. Berikut bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker satu ini:

  • Beras yang telah dihaluskan
  • Buah anggur yang telah dihaluskan
  • Minyak vitamin E secukupnya

Cara membuat masker beras ini, pertama campurkan semua bahan hingga mendapat konsistensi yang cukup, artinya tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair. Setelah selesai, lalu tambahkan minyak vitamin E dan aduk rata kembali bahannya. Aduk terus hingga rata. Setelah rata, oleskan masker ke wajah lalu diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas menggunakan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan di malam hari sebanyak 3 hingga 4 kali seminggu.

8. Masker Beras dan Kayu Manis

8. Masker Beras dan Kayu Manis
merdeka.com

Bagi Sedulur yang memiliki kulit wajah kering, solusi ampuh dari bahan alami adalah masker beras dan kayu manis. Berikut bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya:

  • Beras yang telah direndam dan agak lunak 80 gram
  • Kayu manis bubuk 2 sdm
  • 1 sdm gliserin

Setelah bahan terkumpul, berikut cara membuat masker beras dengan kayu manis. Sangat mudah, pertama lembutkan beras yang telah direndam, lalu campurkan kayu manis bubuk dan juga gliserin yang telah disediakan. Setelah itu, oleskan pada wajah dan lakukan setiap hari selama seminggu untuk hasil yang maksimal dan sempurna.

9. Masker Beras dan Kopi

9. Masker Beras dan Kopi
detik.com

Rekomendasi terakhir adalah masker beras dan kopi. Dengan masker ini, Sedulur bisa mendapatkan kulit wajah yang cerah, karena masker yang dihasilkan dapat menyerap segala kotoran di wajah. Bahan yang Sedulur siapkan adalah:

  • 2 sdm tepung beras
  • 1,5 sdm kopi bubuk
  • 1,5 sendok gula
  • 1 sdm air mineral

Langkah pertama membuatnya adalah dengan memasukkan tepung beras dan kopi bubuk dalam sebuah wadah, lalu aduk rata. Kemudian masukkan gula dan air mineral sesuai takaran yang telah disiapkan. Aduk bahan hingga rata. Setelah rata, adonan masker selesai dan oleskan pada wajah. Selain bisa digunakan pada wajah, masker ini juga bisa dioleskan di badan Sedulur agar bisa mendapatkan wajah yang lembut dan bersih.

Semoga daftar cara membuat masker beras di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur terkait bahan-bahan alami yang dapat dibuat sebagai alat kecantikan. Sedulur juga bisa mendapatkan bahan-bahan di atas dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan semua bahan kebutuhan sehari-hari dengan harga murah dan barang yang berkualitas.

Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Mulai gunakan Aplikasi Super agar hari-hari Sedulur semakin mudah dan menyenangkan.