Tips agar selalu bersih dan terhindar dari virus? Yuk, simak pembahasan terkait cara membuat hand sanitizer sendiri di bawah ini. Super mudah!

Satu tahun ini, hand sanitizer merupakan barang yang sangat penting. Dikarenakan virus corona yang bisa dengan mudah menular dan menempel pada tangan, makan hand sanitizer merupakan barang penting yang harus dimiliki. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas beberapa cara membuat hand sanitizer sendiri yang bisa Sedulur lakukan.

Sedulur tentu saja membutuhkan beberapa bahan membuat hand sanitizer, serta harus mengetahui langkah dan caranya, baik cara membuat hand sanitizer gel atau cara membuat hand sanitizer spray. Termasuk juga mengetahui takaran membuat hand sanitizer dan tujuan membuat hand sanitizer.

Baik itu cara membuat hand sanitizer dari bahan alami dan cara membuat hand sanitizer standar WHO, pembahasan dalam artikel ini sudah mencakup semuanya. Seperti apa caranya? Yuk, mari kita langsung saja simak pembahasannya.

-->

Baca Juga: Begini Cara Membuat Obat Asam Urat dari Daun Salam, Praktis!

Daftar Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri yang Super Mudah!

1. Cuka Putih

1. Cuka Putih
grid.id

Cara membuat hand sanitizer sendiri yang bisa Sedulur lakukan terbuat dari cuka putih. Biasanya cuka putih digunakan sebagai penambah rasa di setiap makanan, terutama makanan berkuah. Selain itu, cuka putih juga bisa digunakan untuk membersihkan. Ketika tidak ada alkohol, bahan yang dipilih sebagai penggantinya adalah cuka putih.

Cuka putih bisa menjadi hand sanitizer karena mengandung konsentrasi asam yang cukup tinggi dan baik dalam mengatasi masalah kulit seperti infeksi akibat bakteri, jamur atau virus. Cara membuat hand sanitizer sendiri dari cuka putih sangat mudah, Sedulur tinggal menyiapkan botol spray, campurkan cuka putih dengan air dan cuka putih pun siap digunakan sebagai hand sanitizer.

2. Lemon

2. Lemon
tribunnews.com

Cara membuat hand sanitizer sendiri selanjutnya menggunakan buah lemon sebagai bahan utama. Perasan air lemon sejak dari dulu sudah digunakan sebagai pembersih dan ampuh dalam mengangkat kotoran. Sifat asam serta fungsi dari air lemon sebagai antibakteri dapat membuat kebersihan tangan tetap terjaga.

Untuk membuat hand sanitizer dari air lemon sangat mudah, Sedulur tinggal mencampurkan air perasan lemon yang telah disaring, tambahkan garam dan air. Simpan dalam botol spray dan hand sanitizer siap digunakan. Campuran air lemon dan garam dapat menciptakan reaksi yang meningkatkan ion bebas hidrogen.

3. Minyak Esensial Lavender

3. Minyak Esensial Lavender
meramuda.com

Selain bisa digunakan sebagai pewangi, minyak esensial lavender juga bisa digunakan sebagai hand sanitizer. Cara membuat hand sanitizer sendiri selanjutnya menggunakan bahan dari minyak esensial lavender. Hal tersebut dikarenakan minyak esensial lavender berkhasiat sebagai antibakteri dan antijamur alami.

4. Minyak Esensial Jeruk

4. Minyak Esensial Jeruk
okezone.com

Hampir sama dengan lemon, karena mengandung sifat dan fungsi sebagai antibakteri dan antijamur, minyak esensial jeruk juga bisa digunakan sebagai hand sanitizer. Cairan minyak ini akan dapat membantu mencegah pertumbuhan virus dan bakteri, karena kandungan antioksidan yang bisa menjadi tameng bagi tubuh dari virus dan bakteri.

Selain itu, minyak esensial jeruk juga memiliki fungsi seabgai antiseptic dan antioksidan, yang juga berperan sebagai antioksidan alami yang dapat meregenerasi sel-sel kulit tangan.

Baca Juga: 5 Ide Usaha yang Menjanjikan di Desa. Untung Melimpah!

5. Minyak Pohon Teh

5. Minyak Pohon Teh
ayonews.com

Cara membuat hand sanitizer sendiri lainnya bisa didapatkan melalui minyak pohon teh. Karena minyak pohon teh seringkali digunakan sebagai pencegahan maupun penyembuhan jerawat, dikarenakan kandungan antibakteri dan antimikroba alami yang sangat ampuh dalam menangkal kuman, bakteri dan virus. Khasiat dari minyak pohon teh juga telah terbukti dan berkhasiat karena digunakan sejak dari zaman dulu.

6. Minyak Kayu Manis

6. Minyak Kayu Manis
ulyadays.com

Cara membuat hand sanitizer sendiri yang terakhir bisa Sedulur lakukan adalah dengan menggunakan minyak kayu manis. Minyak kayu manis, selain memiliki aroma yang wangi dan menenangkan, juga ampuh digunakan sebagai pembersih tangan agar tetap bersih dan terhindar dari virus dan bakteri. Selain itu, kayu manis sangat efektif menghalangi organisme penyebab penyakit.

Semoga penjelasan mengenai cara dan bahan yang bisa digunakan untuk membuat hand sanitizer sendiri di atas bisa bermanfaat bagi Sedulur. Jangan lupa untuk menyiapkan bahan-bahannya dengan membeli di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum memiliki aplikasinya dan juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super agar bisa mendapatkan informasi menarik dari Aplikasi Super.