Tidak hanya berkhasiat untuk rambut, lidah buaya juga bisa menjadi hand sanitizer. Simak cara membuat hand sanitizer dari lidah buaya di bawah ini.

Mengingat kondisi saat ini yang masih dalam masa pandemi virus corona yang sangat cepat penyebarannya, keberadaan hand sanitizer pun sangat dibutuhkan. Tidak jarang banyak produsen hand sanitizer yang kehabisan produknya, akibat kebutuhan masyarakat yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, banyak cara membuat sanitizer sendiri sebagai alternatif karena kekosongan produk hand sanitizer. Mulai dari cara membuat aloe vera gel, mempelajari cara membuat membuat hand sanitizer gel sendiri dan banyak lainnya. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan cara membuat hand sanitizer yang praktis dari bahan lidah buaya.

Baca Juga: Ini Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri, Super Mudah!

-->

Pembahasan mengenai cara membuat sabun dari lidah buaya dan juga cara membuat cairan pembersih tangan atau hand sanitizer alami sangat praktis dan bisa Sedulur lakukan, jika kesulitan mendapatkan hand sanitizer.  Karena, berdasarkan beberapa informasi, hand sanitizer bisa dibuat sendiri dengan menggunakan beberapa bahan.

Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Membuat Hand Sanitizer Sendiri
thejakartapost.com

Membuat hand sanitizer sendiri tidak sulit, dan juga aman dilakukan. Bahan yang umum dan mudah didapatkan yaitu menggunakan lidah buaya atau gel aloe vera. Dengan dicampurkan dengan alkohol gosok yang mengandung 99 persen. Campurkan juga dengan bahan minyak esensial untuk melembutkan pembersih tangan.

Berdasarkan panduan yang dipublikasi oleh Pusat Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, menyarankan untuk proporsi pembuatan hand sanitizer adalah 60 persen kandungan alkohol, dan sisanya bahan-bahan lain sesuai kebutuhan dan ketersediaan. Bisa menggunakan air cuka, air lemon dan minyak esensial lainnya. Tanpa berlama-lama, yuk langsung saja simak penjelasan mengenai cara membuat hand sanitizer dari lidah buaya di bawah ini.

Langkah dan Cara Membuat Hand Sanitizer Dari Lidah Buaya

1. Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
klikdokter.com

Untuk dapat melakukan cara membuat hand sanitizer dari lidah buaya, bahan yang Sedulur butuhkan adalah:

  •  3/4 cangkir isopropil atau alkohol gosok (99 persen)
  • 1/4 cangkir gel lidah buaya (untuk membantu kulit tetap lembut dan juga halus)
  • 10 tetes minyak esensial (seperti minyak lavender, atau jus lemon)

2. Langkah dan Cara Membuat Hand Sanitizer Dari Lidah Buaya

2. Langkah dan Cara Membuat Hand Sanitizer Dari Lidah Buaya
alodokter.com

Setelah bahan terkumpul, langkah pertama yang harus Sedulur lakukan dalam cara membuat hand sanitizer dari lidah buaya adalah mencampurkan isopropil alkohol, gel lidah buaya, dan minyak esensial ke dalam mangkuk atau wadah bersih dan steril. Lalu aduk menggunakan sendok hingga tercampur rata.

Masukkan bahan yang telah diaduk ke dalam botol plastik yang bersih dan steril, dan beri label pembersih tangan atau nama apapun yang Sedulur inginkan. Cara membuat hand sanitizer dari lidah buaya pun telah selesai dilakukan dan siap digunakan. Menyimak cara membuat hand sanitizer dari lidah buaya, tidak sulit untuk dibuat, jika Sedulur telah memiliki bahan yang dibutuhkan.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Obat Asam Urat dari Daun Salam, Praktis!

Efektivitas Hand Sanitizer Buatan Sendiri

Efektivitas Hand Sanitizer Buatan Sendiri
blog.alfacart.com

Masih berdasarkan informasi dari Pusat Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, hand sanitizer buatan sendiri bisa sangat ampuh dan dapat diandalkan sebagai pembersih tangan alternatif. Asalkan proporsi alkohol dan lidah buaya yang digunakan dalam campuran sejumlah 2:1.

Alkohol 2:1 untuk lidah buaya, atau secara sederhana, 60 persen kadar alkohol dalam setiap alat pembersih, termasuk pembersih tangan, dapat secara efektif untuk membunuh sebagai besar kuman dan virus yang berbahaya.

Beli Hand Sanitizer Dan Alat Kebersihan di Aplikasi Super

Beli Hand Sanitizer Dan Alat Kebersihan di Aplikasi Super
superapp.id

Namun jika Sedulur ragu untuk membuat sendiri, Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super. Karena ketersediaan barang di Aplikasi Super sangat lengkap, termasuk hand sanitizer dan alat kebersihan lainnya. Terdapat juga berbagai macam obat, dan perlengkapan kecantikan lainnya di Aplikasi Super.

Karena Aplikasi Super memiliki Super Care yang menyediakan alat kesehatan, obat dan perlengkapan kecantikan lainnya. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum memiliki aplikasinya dan juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super agar bisa mendapatkan informasi menarik dari Aplikasi Super.