Masakan gosong bikin alat masak juga ikut menghitam gosong. Yuk simak cara membersihkan panci gosong berikut ini!

Masakan gosong nggak hanya bikin kesal karena makanan yang tidak lagi bisa dimakan, namun juga karena alat masak pun ikut gosong menghitam. Apalagi ketika kita sedang menggunakan panci atau alat masak kesayangan, pasti rasa kesalnya jadi berlipat-lipat. Eits, tapi jangan terburu-buru membuang panci yang gosong. Sedulur bisa kok membuatnya kinclong kembali dengan trik membersihkan panci gosong yang baik!

Ada berbagai cara membersihkan panci gosong yang bisa Sedulur coba. Berikut beberapa di antaranya. Yuk simak baik-baik dan selamatkan panci Sedulur yang sudah menghitam!

Cara Menghilangkan Gosong di Panci Stainless, Kinclong Lagi Kayak Baru!

1. Cara Membersihkan Panci Gosong dengan Sitrun

theasianparent.com

Sitrun atau citric acid adalah senyawa organic yang banyak ditemukan dalam buah sitrus. Biasanya, citric acid dapat Sedulur temukan di toko bahan kimia dengan bentuk bubuk putih. Sitrun memiliki keasaman yang mampu membersihkan panci sekaligus mengembalikan kilau pada panci stainless.

-->

Untuk membersihkan panci bagian dalam, Sedulur dapat merebus larutan citric acid dan air di panci yang gosong dan membiarkannya dingin. Setelah itu, gosok panci dan Sedulur akan melihat bahwa kerak-kerak dapat terlepas dengan sangat mudah dari dasar panci. Cara membersihkan panci gosong bagian luar adalah dengan mencampur sitrun, sabun, dan abu. Lalu gunakan campuran ini dan sponge untuk menggosok pantat panci hingga bersih dan kembali kinclong.

2. Cara Membersihkan Panci Gosong dengan Cuka

kompas.com

Sama dengan sitrun atau citric acid, cuka juga memiliki sifat asam yang mampu mengikis lemak gosong pada panci dan membantu mengangkat kerak-kerak panci. Terlebih jika Sedulur menggunakan cuka putih yang kuat, maka kerak panci akan lebih mudah terangkat.

Cara membersihkan panci menggunakan cuka sebenarnya cukup mudah. Sedulur tinggal menuangkan cuka pada panci dan merebusnya hingga mendidih. Akan tetapi Sedulur perlu berhati-hati karena metode ini hanya aman digunakan bagi panci stainless. Sedangkan untuk panci-panci dengan lapisan antilengket sebaiknya melarutkan cuka dengan air dahulu sebelum merebusnya.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Panci Teflon Terbaik, Murah & Anti Lengket

3. Cara Membersihkan Panci Gosong dengan Coca Cola

thespruce.com

Tahukah Sedulur bahwa coca cola bisa menjadi cara membersihkan panci gosong bagian dalam yang efektif? Coca cola mengandung asam yang mampu mengangkat kerak-kerak makanan gosong pada panci. Akan tetapi asam pada coca cola ini masih cukup lembut sehingga tidak akan melukai lapisan anti lengket pada panci.

Cara menggunakan coca cola sebagai pembersih bagi panci gosong ada beberapa versi. Pertama, Sedulur bisa mencoba untuk merendam saja panci gosong dengan coca cola selama beberapa jam. Setelah itu, coba gosok bagian dasar dan dinding panci hingga kerak-kerak terlepas. Kedua, Sedulur juga bisa mencoba untuk menuang coca cola pada panci dan memanaskannya hingga mendidih. Aduk coca cola menggunakan sikat dan kerak-kerak pada panci gosong akan terlepas dengan mudah.

4. Cara Lain Membersihkan Peralatan Dapur Gosong

tasteofhome.com

Ada beberapa bahan dapur atau bahan rumah tangga lainnya yang bisa Sedulur gunakan untuk membersihkan panci yang gosong. Namun cara penyelamatan pertama adalah dengan merebus air mendidih di dalamnya lalu membiarkannya selama beberapa jam. Cara ini efektif untuk melepaskan sisa-sisa makanan gosong yang menempel di dasar panci.

Bahan lain yang tak kalah efektif dan bisa Sedulur gunakan adalah baking soda dan garam dapur. Kedua bahan ini memiliki sifat abrasive yang mampu mengangkat kerak panci dan menghilangkan noda-noda gosong pada panci. Cara menggunakannya, bisa sebagai alat bantu scrub pada panci, atau dicampur dengan air dan direbus.

Setelah mengetahui cara membersihkan panci gosong di atas, kini Sedulur tak perlu bingung lagi kan menghadapi alat masak yang gosong? Tinggal coba salah satu dari pilihan cara di atas dan lihat panci kembali bersinar seperti baru. Hanya dengan bahan rumah tangga sederhana, ternyata Sedulur bisa membersihkan panci berkerak sekalipun!

Bahan-bahan rumah tangga pembersih panci ini bisa Sedulur dapatkan di Aplikasi Super. Tentu saja, harganya juga lebih terjangkau. Sedulur tak perlu repot mencarinya ke mana-mana, tinggal klik, barang akan diantar ke rumah Sedulur. Yuk install Aplikasi Super sekarang juga dan rasakan manfaatnya!