Jarang konsumsi buah dan sayur? Sedulur wajib simak penjelasan di bawah ini terkait kenapa makan buah dan sayur setiap hari itu wajib!

Sedulur sudah pasti sangat mengetahui kandungan vitamin sayur dan buah yang tinggi akan nutrisi dan gizi. Dengan konsumsi buah dan sayur secara rutin setiap harinya akan dapat membantu Sedulur mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan lebih bernutrisi.

Hal tersebut merupakan hal penting dan salah satu manfaat makan sayur dan buah. Selain memberikan manfaat sayuran bagi tubuh juga dapat memberikan kesegaran pada tubuh untuk setiap aktivitas yang dapat dilakukan. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas kenapa Sedulur perlu memakan buah dan sayur secara rutin. Yuk, mari langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: SuperEats: Belanja Sayuran Super Lengkap, Mudah & Praktis!

-->

Alasan Kenapa Sedulur Wajib Makan Buah Dan Sayur

1. Menjaga Kesehatan Jantung

1. Menjaga Kesehatan Jantung
klikdokter.com

Berdasarkan penelitian dari lembaga kesehatan dan lembaga ilmiah, menyatakan bahwa seseorang yang rutin mengkonsumsi buah dan sayur terhindar dari risiko meninggal akibat penyakit jantung. Selain itu buah dan sayur kaya akan kandungan serat yang dapat mengeluarkan kolesterol jahat yang membahayakan jantung.

Buah dan sayur juga merupakan makanan utama yang digunakan saat diet dikarenakan kaya akan serat, vitamin C, antioksidan dan kandungan positif lainnya.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
kompas.com

Bagi Sedulur yang menderita tekanan darah tinggi disarankan rajin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Karena, dengan rajin dan menjadi biasa dalam mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan akan berdampak baik pada tubuh untuk membatasi asupan lemak dan juga memiliki protein sehat yang dapat menurunkan tekanan darah.

Walaupun konsumsi lemak dan protein tidak dibatasi, dengan rajin mengkonsumsi sayuran dan buah, Sedulur akan tetap mampu untuk menurunkan tekanan darah secara efektif.

3. Mencegah Penyakit Kanker

3. Mencegah Penyakit Kanker
alodokter.com

Beberapa buah dapat secara efektif mencegah penyakit kanker merusak tubuh. Selain itu, beberapa jenis buah juga dapat memberikan efek perlindungan dari sel kanker yang membahayakan tubuh. Terutama bagi kaum perempuan, dengan mengkonsumsi buah secara rutin dapat terhindar dari kemungkinan terkena kanker payudara.

Buah seperti apel, pisang, anggur dan jeruk dapat secara efektif menghindari perempuan terkena penyakit kanker payudara. Selain itu, buah atau sayur tomat juga dapat melindungi kaum pria terkena kanker prostat. Bagi Sedulur yang ingin lebih sehat dan terhindar dari penyakit, bisa mengkonsumsi buah-buahan yang telah disampaikan di atas.

Baca Juga: Cara Ampuh Memilih Buah-Buahan Segar

4. Mencegah Diabetes

4. Mencegah Diabetes
kompas.com

Dengan konsumsi buah dan sayur secara rutin dapat menurunkan risiko terkena diabetes. Berdasarkan hasil penelitian ilmiah, buah seperti blueberry, anggur dan apel dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Bagi Sedulur yang terancam terkena diabetes karena faktor genetis, bisa mencegahnya dengan mulai secara rutin mengkonsumsi buah-buahan dan juga sayuran yang menyehatkan.

5. Menurunkan Berat Badan

5. Menurunkan Berat Badan
infia.co

Untuk dapat menurunkan berat badan secara efektif, banyak dari kita yang melakukan diet. Salah satu asupan wajib saat diet adalah buah-buahan dan sayuran. Karena kandungan yang tinggi serat dan vitamin C membuat berat badan tubuh akan turun secara efektif, dan juga memiliki sistem metabolisme tubuh yang lebih baik lagi.

6. Melancarkan Pencernaan

1. Menyehatkan Pencernaan
kompas.com

Alasan penting kenapa Sedulur wajib mengkonsumsi buah dan sayur adalah karena dapat melancarkan pencernaan. Karena kandungan sayuran dan buah yang mengandung serat yang tinggi yang dapat menyerap air dan mengembang saat melewati saluran pencernaan, dapat membantu tubuh menjadi lebih sehat lagi, karena memiliki siste metabolisme tubuh yang baik.

Selain itu juga, dengan mengkonsumsi buah dan sayuran, dapat secara efektif mengurangi tekanan di saluran pencernaan dan mencegah penyakit divertikulosis.

Semoga alasan terkait pentingnya mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang telah dijelaskan di atas bisa membantu Sedulur untuk mempertahankan kebiasaan baik dalam konsumsi buah dan sayuran. Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan buah dan sayuran untuk kebutuhan sehari-hari.

Sedulur bisa membeli sayuran dan buah-buahan sebagai persediaan di Super Eats milik Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang ingin langsung cek daftar barangnya, Sedulur bisa klik di sini. Atau, bagi Sedulur yang ingin lebih mudah lagi, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super di smartphone Sedulur dan cek setiap barang kebutuhan langsung melalui smartphone.