brand lokal indonesia fashion

Kalau bicara soal fashion, masyarakat Indonesia ternyata tidak kalah dengan luar negeri. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya brand lokal Indonesia fashion yang berhasil masuk dan merambah pasar internasional dalam beberapa tahun belakang.

Tak hanya sukses memunculkan desain yang unik dan menarik. Kualitas dari produk fashion di Indonesia juga semakin bagus dan berkualitas. Jadi tidak heran jika brand-brand tersebut bisa bersaing di luar negeri.

Tentunya kita sebagai orang Indonesia harus bangga dan mau menggunakan brand lokal Indonesia fashion untuk kebutuhan gaya sehari-hari. Jika Sedulur penasaran apa saja brand yang dimaksud, yuk simak berikut ini!

BACA JUGA: Mengenal Arti Preloved dan Bedanya dengan Thrift Shop!

1. Erigo

Pinterest

Erigo (Erigo Apparel) merupakan merek fashion lokal asli Indonesia yang populer. Kepopulerannya tersebut tak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga mancanegara. Alasannya, selain memiliki kualitas yang bagus, desain jaket Erigo juga stylish. Sebagai contoh, beberapa model jaket Erigo mengusung tema Jepang yang unik.

Agar Sedulur makin mudah menentukan pilihan, secara khusus kami akan membahas cara memilih jaket Erigo untuk pria. Kami juga akan mengulas jaket Erigo, seperti Windbreaker, Track Top, Coach, dan Pullover series.

2. Buttonscarves

Ada juga brand fashion wanita muslimah dari lokal Indonesia, yaitu Buttonscarves, yang berhasil memasarkan produknya di kancah internasional. Sudah berdiri sejak tahun 2016 lalu, brand Buttonscarves yang dimiliki oleh Linda Anggrea ini menghadirkan produk hijab lengkap dengan aksesoris wanita yang berkualitas premium.

Menariknya, di tahun 2020, brand Buttonscarves ini bekerjasama dengan Benang Jarum untuk melengkapi produk mereka. Wajar aja, kalau brand Buttonscarves ini bukan cuma memasarkan produknya di Indonesia. Tapi juga ada di Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.

3. Eiger

Eiger merupakan brand lokal bidang peralatan berpetualang yang lekat dengan traveler sejak tahun 1993 di Bandung. Brand satu ini memang nggak perlu diragukan lagi soal ketenarannya. Apalagi setelah mereka memutuskan untuk melakukan ekspansi dengan membangung outlet resminya di Dortmund, Jerman.

Bukan cuma itu, produk Eiger ini jua sudah dipasarkan ke beberapa negara lainnya, seperti Jepang dan Lebanon. Beberapa produk unggulan mereka tak hanya berfokus pada pakaian seperti celana, kemeja, dan kaos saja. Tapi juga produk-produk seperti tas, sepatu hingga jam tangan.

4. PIX & STACY

Bagi kaum hawa yang ingin mempunyai tas dengan model menggemaskan, ada brand bernama PIX & STACY. Semua tas yang ada memiliki kombinasi warna yang sanggup membuat para wanita tidak tahan untuk membelinya. Di sini juga terdapat aksesoris yang model dan warnanya tidak kalah cute dan unik.

PIX & STACY cocok banget untuk Sedulur yang menyukai produk-produk fashion pop up dan mencolok. Jadi dengan menggunakan produk mereka, dijamin penampilan Sedulur langsung mendapatkan perhatian banyak orang.

5. Lanccelot

Hadir di industri fashion sejak tahun 2013 lalu, brand Lanccelot ini memang sudah banyak dikenal dengan produk jam tangannya yang berkualitas. Uniknya, nama brand ini terinspirasi dari Sir Lancelot du Lac, seorang kesatria di legenda Arthurian.

Melalui kesuksesannya di Tanah Air, brand Lanccelot ini sudah memasarkan produknya di luar negeri, loh. Tentu aja, hal itu dikarenakan dengan adanya produk Lanccelot yang berkualitas dan berkonsep timeless.

6. The Executive

Pinterest

Mungkin dari kamu banyak yang mengira kalau The Executive ini berasal dari luar negeri, namun ternyata brand yang menjual produk fashion pria maupun wanita ini diproduksi di Indonesia atau tepatnya di Bandung. The Executive sendiri diproduksi oleh PT Delami Garment Industries dan memulai perjalanannya dari tahun 1984.

Menariknya, brand lokal Indonesia yang sudah berkembang menjadi brand fashion terkemuka ini sudah tersedia di 60 toko berdiri bebas dan lebih dari 100 counter. Bukan cuma di Indonesia, namun juga ada di negara China, India, Asia Utara, Timur Tengah, Sri Lanka, hingga Australia, loh.

7. 3Second

3Second menjadi salah satu baju brand lokal yang menawarkan streetwear style untuk anak muda Indonesia yang telah hadir sejak 2002. Selain eksis di Indonesia, 3Second juga sudah menghadirkan beberapa store di luar negeri, karena memang kualitas bahannya memang tidak perlu diragukan.

Selain kaos untuk pria, 3Second juga menghadirkan produk sweater, hoodie, jaket, dan celana denim, baik untuk perempuan maupun anak-anak.

8. LEA Jeans

Celana jeans merupakan brand yang diproduksi di tangerang sejak tahun 1976. Kualitas bahan yang top dan desain yang up to date dan mengikuti perkembangan jaman. 

Lea Jeans menyediakan pakaian casual berbahan jeans dengan mengusung American Style dan pakaian casual. Sebenarnya brand ini sudah merintis bisnis garmen semenjak 1972 dengan mengedepankan kualitas dan authentic denim, namun belum memproduksi jeans.

9. CAST

Siapapun mungkin sudah tahu brand fashion lokal asal Indonesia yang satu ini, yaitu ada CAST Eyewear. Brand yang dimiliki oleh Fahrani Empel ini menghadirkan produk kacamata dengan desain yang unik dan berhasil berkembang di pasar internasional. Bahkan, salah satu produk kacamata dari CAST Eyewear ini pernah digunakan oleh sejumlah seleb ternama, yaitu ada Rihanna dan Lady Gaga.

Meski begitu, produk dari brand CAST Eyewear ini masih sulit untuk ditemukan di Indonesia, nih. Mengingat produk kacamata brand ini sudah sampai ke luar negeri, salah satunya di Amerika dan Eropa, ya.

10. Paradise Youth Club

Bagi kamu yang menyukai gaya streetwear, mungkin sudah kenal dengan brand fashion lokal Indonesia yang satu ini, yaitu Paradise Youth Club. Sudah berdiri dari tahun 2015 lalu, brand Paradise Youth Club ini menghadirkan produk pakaian yang berdominasi dengan kultur generasi muda, khususnya yang berkembang di zaman 90-an.

Menariknya, brand lokal Indonesia hoodie ala Paradise Youth Club ini banyak disukai oleh para musisi dan pecinta musik hip-hop. Oleh karena itu, produk Paradise Youth Club ini juga sudah ada di beberapa negara lainnya, termasuk di Jepang, Korea Selatan, Singapura, dan Amerika Serikat, nih.

BACA JUGA: 10 Cara Merawat Baju Rajut agar Awet, Jangan Digantung!

11. Alexandre Christie

Alexandre Christie

Bukan cuma berkecimpung di dunia pakaian, brand fashion lokal Indonesia juga menghadirkan produk aksesoris, seperti jam tangan. Mungkin belum banyak yang tahu kalau brand jam tangan yang legendaris ini berasal dari Indonesia. Nyatanya, Alexandre Christie ini sudah berjalan kurang lebih dari setengah abad, yang mana hadir dengan desain berkualitas tinggi, canggih, dan bergairah.

Selain itu, brand jam tangan dari Alexandre Christie ini bukan cuma ada di Indonesia aja, loh. Jam tangan yang masih berada di bawah Massindo ini juga tersedia di beberapa negara lainnya, seperti Kamboja, Hongkong, India, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Taiwan, Eropa, Timur Tengah, serta Australia, nih.

12. Major Minor

Brand fashion lokal berikutnya ada dari Major Minor, yang mana memiliki konsep minimalis dan pola cutting yang twisted. Berhasil menunjukkan eksistensinya secara global, produk yang dimiliki oleh Ari dan Sari Seputra ini juga pernah menunjukkan hasil desain pakaiannya di Paris Fashion Week dan Rakuten Fashion Week Tokyo, loh.

13. Thanksinsomnia

Thanksinsomnia merupakan merek fashion asli Indonesia yang terinspirasi dari berbagai jenis seni mulai dari anime, Pop Culture, hingga 90’s Grunge.

Ini adalah brand fashion lokal bertemakan streetwear yang didirikan pada tahun 2011 dan ditemukan oleh Mohan Hazian. Pada awalnya Mohan bekerja di sebuah konveksi milik orang lain dan akhirnya memutuskan membuat brand in-house Thanksinsomnia.

Mohan Hazian pria kelahiran tahun 1990 asal Lampung ini, kerap kali menjadi perbincangan khalayak umum, sejak namanya mulai melambung tinggi menjadi founder Thanksinsomnia. Sekaligus sosok penulis yang dikenal akan tulisan terkait dunia bisnisnya.

Brand ini juga sempat membawa kabar mengejutkan karena project kolaborasinya dengan vtuber papan atas Jepang, Kizuna AI.

14. Terry Palmer

Terry Palmer merupakan brand terkenal di indonesia yang berada di bawah PT Indah Jaya. Pada tahun 1988, Terry Palmer mengekspor produknya ke Eropa. Berkat kualitasnya yang tinggi dan diklaim sebagai handuk higienis, maka banyak dipasarkan ke luar negeri seperti Jepang, dan Amerika Serikat.

Dengan catatan pengalaman yang sudah begitu panjang dalam dunia fashion. Tentu produk dari Terry Palmer bisa menjadi brand yang cocok untuk Sedulur.

15. Dowa Bag

Untuk tas, ada brand lokal Indonesia yang berhasil memasuki fashion dunia dengan tampilan menarik adalah Dowa Bag. Dimana mereka berhasil mengeluarkan produk unggulan seperti tas rajut.

Toko yang berasal dari Yogyakarta ini sebenarnya berawal dari usaha rumahan. Namun, karena kualitasnya yang sangat baik, Dowa Bag akhirnya menjadi merk tas ternama. Bahkan, tas yang dihasilkan dapat menarik perhatian masyarakat yang ada di Eropa dan Amerika. Untuk harganya cukup bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai dengan jutaan rupiah.

16. Compass

Brand lokal Indonesia di lini sepatu yang seakan tidak pernah hilang ditelan zaman adalah Compass. Merk ini sangat digemari anak muda, karena modelnya tidak membosankan, harga terjangkau, dan kualitasnya dapat diacungi jempol.

Brand yang sudah ada sejak tahun 1998 tersebut terus mengalami perkembangan, sehingga tak perlu ditanyakan lagi kalau sepatu ini bisa meraup kesuksesan hingga sekarang.

17. Cotton Ink

Tatler Asia

Terakhir ada brand fashion lokal Indonesia yang diciptakan oleh Ria Sarwono dan Carline Darjanto, yaitu Cotton Ink. Memproduksi pakaian t-shirt custom, brand Cotton Ink ini mungkin sudah banyak dikenal luar oleh masyarakat Indonesia. Terlebih lagi, produk dari Cotton Ink ini sangat mudah ditemukan di pasaran, nih.

Nggak cuma memasarkan produknya di Tanah Air, ternyata brand Cotton Ink ini juga sudah masuk ke pasar luar negeri, loh. Diantaranya ada Malaysia, Singapura, Australia, serta beberapa negara di Eropa. Menariknya, brand Cotton Ink ini pernah mendapatkan penghargaan The Most Innovative Brand di Jakarta Fashion Week.

Demikian tadi deretan brand lokal Indonesia fashion yang berhasil merambah pasar internasional. Tak hanya terkenal dengan kualitas materialnya yang bagus, brand-brand di atas juga selalu memberikan pilihan gaya yang fresh dan keren. Jadi jika Sedulur mencari rekomendasi brand lokal, jangan lupa untuk mencoba produk-produk di atas ya!