bj habibie

Mungkin Sedulur sudah tahu biografi BJ Habibie, dari beberapa film yang diperankan oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari. Namu apa yang Sedulur lihat dalam film, belum menjelaskan semua perjalanan dari Presiden Indonesia ketiga ini. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari perjalanan hidup seorang BJ Habibie.

Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas terkait biografi BJ Habibie, agar bisa menjadi pelajara bagi kita selaku masyarakat Indonesia. Yuk, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Profil & Biodata Jesse Choi Beserta Fakta-Fakta Menariknya

Profil dan biografi BJ Habibie

biografi bj habibie
Head Topics

Nama lengkap BJ Habibie adalah Baharuddin Jusuf Habibie. Habibie sendiri merupakan nama keluarga,. Semasa kecil, remaja dan dewasa, Habibie akrab disapa Rudi (singkatan dari Baharuddin). Sebelum membahas lengkap terkait biografi BJ Habibie, berikut ini kita simak terlebih dahulu profil dari Habibie itu sendiri:

  • Nama (beserta gelar akadamik) : Prof. Dr.-Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Nama panggilan: Rudi/Rudy
  • Panggilan Populer : BJ Habibie
  • Istri : Hasri Ainun Besari
  • Tempat, Tanggal, Lahir :Pare-pare, 25 Juni 1936
  • Masa Jabatan Presiden : 21 Mei 1998 Sampai 20 Oktober 1999
  • Riwayat Pendidikan : SMAK Dago Bandung, Institut Teknologi Bandung (ITB), RWTH Aachen
  • Nama Anak-anak : Ilham Akbar, Thareq Kemal

Masa kecil BJ Habibie

Tribun Makassar

Setelah mengetahui profil atau biografi BJ Habibie di atas, tentu Sedulur penasaran bagaimana masa kecil dari Bapak Teknologi Indonesia ini. Habibie kecil menghabiskan waktu untuk tumbuh di Pare-pare Sulawesi Selatan bersama dengan ayah, ibu beserta dengan tujuh saudaranya.

Orang tua BJ Habibie bernama Alwi Abdul Jalil Habibie yang merupakan ahli pertanian asal Gorontalo sebentara ibunya beranama R.A Tuti Marini Puspowardojo, yang merupakan seorang spesialis mata yang berasal dari Yogyakarta. Habibie merupakan anak keempat dari tujuh bersaudara.

Tumbuh dalam keluarga yang religius, Habibie kecil terbiasa membaca Al-Quraan. Bahkan, di usianya yang masih 3 tahun, Habibie telah lancar membaca Al-Quran. Kemampuannya itu, membuatnya dikenal sebagai anak yang cerdas dan pintar.

Sejak usianya menginjak 14 tahun, BJ Habibie harus tabah karena ditinggalkan oleh ayahnya yang meninggal dunia. Sang ibu, berjuang sendiri mendidik dan membesarkan anaknya. Sejak saat ini, keluarga BJ. Habibie memutuskan untuk pindah dan menetap di kota Bandung.

Masa pendidikan BJ Habibie

Biografi BJ Habibie
GenPI

Riwayat pendidikan BJ Habibie merupakan bagian penting, karena Habibie sendiri dikenal sebagai seorang intelektual yang cerdas. Ketika berpindah ke Bandung, Habibie menamatkan pendidikannya di SMAK Dago Bandung, kemundian melanjutkan ke Institut Teknologi Bandung yang saat ini masih bagian dari Universitas Indonesia.

Namun, Habibie hanya satu tahun kuliah di ITB, selanjutnya Habibie melanjutkan kuliah di Jerman selama 10 tahun, sebagaimana yang telah Sedulur ketahui dalam biografi BJ Habibie yang telah populer difilmkan.

Habibie yang dapat berkuliah di Jerman disebabkan saat itu Presiden Soeharto sedang gencar-gencarnya mengirimkan dan membiayai anak bangsa untuk kuliah di luar negeri. Agar pengetahuan yang dimilikinya bisa bermanfaat dan memberikan dampak bagi masyarakat Indonesia.

Dalam pembahasan biografi BJ Habibie, dijelaskan bahwa BJ Habibie merupakan angkatan kedua yang berangkat kuliah di luar negeri tapi tidak mendapatkan beasiswa dari pemerintah, melainkan dari hasil jerih payah ibunya. Di Jerman, Habibie berkuliah di Jurusan Teknik Penerbangan spesialis Konstruksi Pesawat Terbang di Rhein Westfalen Aachen Technische Hochschule Jerman.

Setelah menamatkan kuliahnya  dengan gelar BJ Habibie Diploma Ing (Insinyur), Habibie bertahan di Jerman hingga melanjutkan studi doktoral di Technische Hochschule Die Fakultät de Fuer Maschinenwesen Aachen. Hingga akhirnya lulus dengan predikat Summa Cum Laude dengan nilai rata-rata 10. Gelarnya adalah Doktor Ingenieur (Dr. Ing).

BACA JUGA: Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia Beserta Bisnisnya

Karir, penghargaan dan gelar Bapak Teknologi Indonesia

Fimela

Kecemerlangan Habibie secara internasional terlihat dari berbagai karyanya, oleh karena itu tidak heran jika banyak yang membuat biografi B.J. Habibie dalam bahasa Inggris. Salah satunya yaitu dengan menemukan teori Crack (crack propagation theory) yang dikenal dengan nama rumus Faktor Habibie.

Rumus Faktor Habibie adalah rumus yang digunakan untuk menghitung keretakan hingga atom pesawat pesawat terbang. Dengan perhitungan yang tepat maka materi pesawat dapat lebih kuat dan presisi. Teori ciptaan BJ Habibie ini sangat penting karena saat itu masih banyak kecelakaan pesawat yang diakibatkan karena kegagalan struktural.

Rumus inilah yang membuat BJ Habibie memiliki julukan Mr Crack. Karena kejeniusannya tersebut BJ Habibie pun memperoleh gelar Profesor Kehormatan atau predikat Guru Besar dari ITB dan penghargaan tinggi Ganesha Praja Manggala. Bukan hanya di dalam negeri, namun secara internasional juga Habibie mendapatkan penghargaan.

Penghargaan yang didapatkan yaitu Gesellschaft Luft und Raumfahrt (lembaga penerbangan di Jerman), The Royal Aeronautical Society London Inggris, The Academie Nationale de l’Air et de l’Espace Prancis, The Royal Swedish Academy of Engineering Sciences Swedia, dan The US Academy of Engineering Amerika Serikat.

Bahkan BJ Habibie pernah mendapat penghargaan bergengsi yang hampir setara dengan penghargaan Hadiah Nobel, yakni Edward Warner Award dan Award Von Karman. Sosok revolusioner ini banyak dikagumi orang, bahkan jika BJ Habibie berkunjung ke Jerman ia tidak pernah luput dari pemberitaan.

Dari semua gelar tersebut, ketika menjabar sebagai Presiden Republik Indonesia, menggantikan rezim Orde Baru yang diktator, tersebat gelar yang diterima oleh Habibie, yaitu Bapak Teknologi Indonesia.

Sebagai Presiden Indonesia

Mixedarticle

Masa-masa sebagai Presiden Indoensia juga merupakan bagian penting dari biografi BJ Habibie. Kendati masa jabatannya yang singkat dan membantu Indonesia melalui masa peralihan rezim. Kiprah dan sepak terjang dari Habibie tidak dapat dianggap sepele. Ketika menjabat, Indonesia tengah ada di masa krisis.

Habibie meneruskan jabatan ketika Indonesia tengah dalam masa sulit dari segala aspek. Habibie harus mengawal segala kesulitan dan kekacauan yang terjadi dan mengembalikan kondisi negara dalam keadan yang normal. Peran penting dalam biografi BJ Habibie dijelaskan bahwa Habibie berhasil mengembalikan dana monoter internnasional.

Bukan hanya itu, Habibie berhasil mengembalikan kepercayaan komunitas internasional dan negera donor sebagai modal untuk mengembalikan ekonomi Indonesia saat itu. Bahkan, Habibie juga membebaskan tahanan politik semasa Orde Baru dan mengurangi kontrol kebebasan pendapat, tidak seperti masa Orde Baru.

Nah, itulah biografi lengkap dari BJ Habibie, Bapak Teknologi Indonesia, manusia jenus asal Indonesia yang kecerdasannya diakui dan dihargai oleh dunia internasional. Sosok Habibie sudah sepatutnya dijadikan contoh dan membuat kita sadar bahwa bangsa kita mampu bersaing secara internasional.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.