biaya ke thailand

Punya rencana liburan ke luar negeri tapi uang baru pas-pasan? Sedulur bisa coba berkunjung ke Thailand. Negara yang berada satu kawasan Asean dengan Indonesia ini ternyata memiliki biaya perjalanan yang terjangkau. Bahkan, biaya ke Thailand dengan cara backpacker cuma Rp 5 jutaan aja.

Tentu biaya ke Thailand yang murah meriah ini tidak lepas dari kebijakan negara-negara di Asean yang membebaskan visa untuk setiap warga negara yang ingin berkunjung. Nah, bila Sedulur penasaran berapa sih biaya total untuk bisa liburan di Thailand? Mari simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Horor Thailand Terbaik dan Terseram

Thailand Negara Bebas Visa

biaya ke thailand
BucketListly

Sebelum kita membahas berapa biaya ke Thailand, Sedulur harus mempersiapkan beberapa dokumen perjalanan luar negeri seperti paspor dan visa terlebih dahulu. Dokumen tersebut merupakan hal wajib yang perlu dibawa kemanapun oleh setiap warga negara sebagai identitas diri di negara asing. Misalnya kita sedang berada di Indonesia, maka kita menggunakan KTP. Sementara itu, ketika berada di luar negeri kita menggunakan paspor.

Untuk membuat paspor, Sedulur sebenarnya tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Cukup datang ke Kantor Imigrasi tempat tinggal Sedulur lalu keluarkan biaya antara Rp100 ribu sampai Rp600 ribu, maka paspor sudah bisa didapat. Sedulur juga bisa mencoba untuk melakukan layanan online dari Kantor Imigrasi yang tentu akan mempermudah proses pembuatan. Dengan pembuatan paspor secara online, Sedulur juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan aplikasi M-Paspor di smartphone.

Selain paspor, biaya perjalanan ke luar negeri seperti biaya ke Thailand juga perlu mempertimbangkan visa. Visa adalah dokumen izin masuk ke negara lain. Umumnya, biaya visa jadi salah satu yang sering jadi sorotan karena setiap negara akan memiliki patokan harga yang berbeda. Beruntung, Negeri Gajah Putih memiliki kebijakan bebas visa bagi warga negara Indonesia yang akan berkunjung ke sana dengan syarat kurang dari 30 hari.

BACA JUGA: 37 Tempat Wisata di Blitar Terbaru dan Terpopuler 2023!

Biaya Pesawat ke Thailand

biaya ke thailand
Unsplash

Sebelum ke Thailand, Sedulur perlu mencari tiket pesawat terlebih dahulu. Ini penting, karena tiket pesawat merupakan salah satu biaya paling mahal ketika kita ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Untuk itu, buatlah rencana perjalanan dari jauh hari agar bisa mendapatkan tiket pesawat murah ke Thailand.

Sedulur juga bisa mencoba beberapa trik dengan menyiasati waktu liburan. Umumnya, orang-orang akan melakukan perjalanan di peak season seperti bulan Desember hingga Februari. Namun, Sedulur bisa melakukan pembelian tiket pesawat dengan jadwal penerbangan di sekitar bulan Maret sampai Desember, karena masa-masa tersebut termasuk dalam low season.

Sebagai gambaran singkat saja, penerbangan langsung dari Indonesia ke Thailand bisa menggunakan pesawat dari Air Asia. Kurang lebih dengan rute Jakarta ke Thailand, Sedulur akan mengeluarkan biaya sekitar Rp 3 jutaan. Sementara ketika Sedulur membeli tiket pulang dari Thailand ke Indonesia, bisa menggunakan maskapai Thai Lion Air yang memiliki kisaran harga sekitar Rp 3,5 jutaa.

Harga Hotel yang Menarik

Bangkok

Penginapan yang nyaman menjadi salah satu penentu kualitas liburan Sedulur. Namun memilih penginapan bukan hanya mempertimbangkan aspek kenyamanannya saja, melainkan juga perlu memperhitungkan budgetnya.

Agar memperoleh pengalaman liburan yang maksimal, rencanakan biaya ke Thailand terutama untuk akomodasi alias penginapannya. Sedulur memiliki beragam pilihan jenis penginapan, mulai dari hostel, hotel murah, hingga hotel mewah. Berikut ini kisaran harga penginapan berdasarkan jenisnya.

  • Hostel: 575 Baht (Rp240.000) per malam
  • Hotel murah: 817 Baht (Rp342.000) per malam
  • Hotel bintang 3: 1.600 Baht (Rp694.000) per malam
  • Hotel mewah: 10.000 Baht (Rp4.217.000) per malam

Jika Sedulur memiliki bujet yang terbatas dan ingin merasakan sensasi backpacker, maka bisa mencoba opsi penginapan yang pertama atau kedua. Dengan opsi tersebut, Sedulur bisa menghemat biaya hingga dua kali lipat lho.

BACA JUGA: 13 Pantai di Gresik Paling Hits dan Favorit Wisatawan!

Siapkan Biaya Transportasi

biaya ke thailand
Unsplash

Untuk menghemat biaya transportasi, Sedulur bisa memilih penginapan yang dekat tempat wisata sehingga bisa menjangkaunya dengan berjalan kaki. Atau Sedulur juga bisa memilih penginapan dekat Stasiun MRT agar lebih mudah ke mana-mana. MRT sendiri di Thailand memiliki tarif yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp7 ribu sampai Rp 25 ribu per sekali jalan. 

Namun, bagi Sedulur yang penasaran dengan tuk-tuk dan ingin menaikinya, kamu harus memilih tuk-tuk yang berseliweran atau nggak diam di tempat –seperti hotel dan objek wisata utama– untuk menghindari modus penipuan turis. Pastikan Sedulur menanyakan tarif serta memberi instruksi jelas terkait lokasi yang ingin dituju. Tolak tawaran sopir yang mengajak kamu untuk mampir ke beberapa tempat.

Biaya Makan dan Darurat

harga makanan di thailand
Delightful Travellers

Saat merencanakan rincian biaya liburan ke Thailand, pastikan Sedulur mengalokasikan bujet konsumsi makan dan dana darurat. Thailand memiliki banyak sekali makanan serta jajanan lezat sehingga berwisata kuliner bisa dimasukkan ke dalam list liburan.

Untuk biaya konsumsi, tentunya Sedulur dapat menyesuaikan budgetnya dengan pilihan makanan yang ada. Harga makanan di negara tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda dari makanan di Indonesia.

  • Restoran di luar pusat kota memiliki harga 65 Baht  atau Rp27 ribuan
  • Restoran cepat saji memiliki harga sekitar 200 Baht atau Rp83 ribuan
  • Restoran lokal menengah memiliki harga rata-rata sekitar 800 Baht atau Rp334 ribuan

Sementara untuk dana darurat, Sedulur bisa menyisihkan sekitar Rp 3 juta sampai Rp 5 juta untuk kondisi-kondisi tertentu. Misal mengalami kecelakaan dan harus ke dokter, atau ingin berkunjung ke tempat wisata yang sebelumnya tidak masuk ke dalam rencana.

Total Biaya ke Thailand

Melihat beberapa poin-poin di atas, tentu Sedulur sudah memiliki bayangan berapa biaya ke Thailand. Dengan biaya tiket pesawat, penginapan, akomodasi, makan dan uang darurat, maka setidaknya Sedulur membutuhkan sekitar Rp 7 jutaan untuk satu orang. Cukup murah dan sangat menarik ‘kan? Jumlah biaya ke Thailand tersebut bisa sangat fleksibel dan Sedulur bisa mengubahnya sesuai kebutuhan.

Demikian tadi penjelasan tentang biaya ke Thailand yang bisa berguna untuk Sedulur ketika merencanakan liburan. Dengan adanya kebijakan bebas visa saat berkunjung ke negara sesama Asean, tentu ini bisa menjadi kesempatan bagi para wisatawan Indonesia berkunjung ke negeri tetangga. Jadi, siap berangkat berlibur ke Negeri Gajah Putih?