belanja bulanan

Setiap kali gajian, Sedulur tentu saja harus menyisihkan uang belanja bulanan untuk kepentingan rumah dan yang paling utama kepentingan dapur. Oleh karena itu, memiliki rincian belanja bulanan sangat wajib hukumnya.

Karena dengan memiliki rincian belanja bulanan dan list belanja bulanan akan membuat Sedulur hemat. Sedulur tidak akan boros membeli sembako atau barang apapun yang mungkin belum tentu Sedulur butuhkan.

Dengan memiliki daftar belanja bulanan untuk kebutuhan rumah tangga Sedulur akan mengetahui sembako apa saja yang akan dibeli. Sedulur bisa membuat tabel belanja bulanan untuk membuat daftar belanja bulanan agar lebih hemat

Dalam kesempatan ini, kita akan membahas barang yang wajib dibeli saat belanja bulanan dan beberapa cara menghematnya. Jangan lupa juga ketika membuat daftar belanja bulanan, harus disertai harga dari setiap barangnya. Yuk, langsung saja kita simak pembahasan daftar belanja bulanan dan cara menghematnya.

BACA JUGA: Trik Super Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga

1. Beras

diKemas

Selain masuk dalam daftar wajib pertama belanja tiap bulannya, beras juga merupakan sembako yang paling dicari. Karena olahan dari beras akan menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, yaitu nasi. Membeli beras di awal bulan wajib hukumnya.

Bahkan kebanyakan masyarakat Indonesia menganggap belum makan jika tidak makan nasi saat makan. Tentu Sedulur juga sama ‘kan?

2. Minyak

belanja bulanan
Justdial

Selain beras yang wajib masuk daftar belanjaan, ada juga minyak  yang menjadi kebutuhan utama untuk memasak. Kebutuhan dapur ini wajib masuk daftar belanja di setiap bulannya. Terutama bagi Sedulur yang hobi memasak tumisan atau goreng-gorengan.

Hukumnya sangat wajib menyediakan minyak di dapur rumah Sedulur. Menyediakan minyak goreng dari berbagai jenis merupakan kewajiban . Mulai dari minyak kelapa, minyak sawit hingga minyak goreng curah. Karena setiap minyak memiliki fungsinya tersendiri dalam memasak.

3. Telur

iStock

Telur juga merupakankebutuhan pokok penting, hal ini disebabkan karena telur merupakan bahan makanan yang menyimpan banyak nutrisi untuk kegiatan sehari-hari. Telur juga termasuk makanan dengan protein tinggi. Selain itu, mengolah telur sangat sederhana.

Umumnya di akhir bulan, olahan telur memegang peran penting sebagai bahan makanan alternatif. Biasanya telur diolah bersama dengan mie instan sebelum stok bahan makanan diperbaharui lagi.

4. Mie Instan

Detik

Disinggung sebelumnya bahwa mie instan sangat nikmat jika diolah bersama dengan telur. Hal tersebut disebabkan karena iie instan dan telur juga merupakan kebutuhan sembako yang wajib masuk daftar belanja setiap bulannya.

Karena mie instan dan telur berperan penting sebagai bahan makanan cadangan. Ketika bahan utama memasak telah habis, mie instan dan telur akan menjadi penyelamat.

Sedulur bisa mengolah mie instan dan telur masing-masing, atau bahkan memasaknya bersamaan. Sebagai bahan cadangan, keduanya memainkan peran penting di tengah penghujung bulan.

5. Perlengkapan mandi

belanja bulanan
The Man Himself

Perlengkapan mandi seperti sabun, pasta gigi, sikat gigi, sampo juga wajib masuk daftar belanja setiap bulannya. Setiap dari kita pasti membutuhkan peralatan untuk mandai, karena mandi sangat penting untuk membersihkan tubuh.

6. Tepung terigu

belanja bulanan
Kompas

Tepung terigu merupakan bahan masakan yang memiliki banyak fungsi, mulai dari makanan berat sampai kue. Tepung terigu mengandung karbohidrat, serat, vitamin, mineral, dan protein. Tidak heran jika banyak yang membutuhkannya sebagai bahan pokok untuk kebutuhan dapur.

Tepung terigu wajib sekali masuk list belanja bulanan Sedulur, terutama bagi Sedulur yang hobi memasak kue atau camilan dengan bahan dasar tepung terigu. 

7. Tepung Tapioka

Kompas

Tepung tapioka merupakan tepung yang terbuat dari umbi singkong. Dikenal juga dengan nama tepung kanji atau di daerah Jawa Barat dikenal dengan nama tepung aci. Makanan seperti cireng, cimol, cilok dan jajanan tradisional lainnya terbuat dari bahan dasar tepung tapioka.

Dari beberapa makanan tradisional tersebut, kita bisa tahu bahwa tepung taipoka merupakan bahan dapur yang penting untuk ada. Banyak olahan masakan yang bisa dibuat dari tepung tapioka yang bisa jadi alternatif untuk menu masakan Sedulur.

8. Tepung beras

Tepung Beras

Bahan yang wajib masuk daftar belanja bulanan Sedulur adalah tepung beras, yang sama dengan bahan-bahan sebelumnya, merupakan sembako penting yang harus ada. Karena banyak olahan makanan yang bisa dibuat dengan tepung beras.

Biasanya tepung beras digunakan sebagai bahan dasar membuat kue-kue basah. Oleh karena itu, tepung beras juga masuk daftar salah satu barang yang rutin Sedulur beli setiap bulannya.

9. Gula pasir

Sehat Negeriku

Gula pasir merupakan barang yang wajib Sedulur stok dan beli secara rutin di setiap bulannya. Karena gula sendiri merupakan kebutuhan dasar, selain untuk memasak gula juga digunakan untuk membuat berbagai aneka minuman.

Gula juga merupakan barang bisa dengan mudah Sedulur dapatkan, di warung kelontong pun gula tidak sulit didapatkan. Agar lebih hemat lagi, Sedulur bisa membeli rutin setiap bulannya.

10. Aneka bumbu dapur

belanja bulanan
Aplikasi Super

Selain bahan-bahan di atas, apakah Sedulur memasukan aneka bumbu-bumbu dapur sebagai bahan belanja bulanan?

Bumbu-bumbu dapur merupakan bahan penting yang perlu Sedulur siapkan. Adapun bumbu dapur yang wajib Sedulur miliki di dapur untuk berbagai olahan makanan yaitu:

  • Garam
  • Penyedap rasa
  • Kaldu ayam bubuk
  • Kaldu sapi bubuk
  • Merica bubuk
  • Ketumbar bubuk

11. Aneka snack dan camilan

Pikiran Rakyat

Bagi Sedulur yang doyan ngemil, tentu camilan dan aneka snack lainnya wajib Sedulur stok di rumah. Terutama bagi Sedulur yang memiliki si kecil di rumah, ketimbang jajan di warung, lebih baik Sedulur stok di rumah karena jauh lebih hemat.

Adapun daftar camilan yang wajib di stock di rumah yaitu:

  • Kerupuk atau keripik
  • Kacang-kacangan
  • Permen
  • Biskuit
  • Aneka roti
  • Aneka jajajan lainya

12. Aneka kebutuhan rumah tangga

Unsplash

Tidak kalah penting, peralatan dan barang-barang kebutuhan rumah tangga lainnya juga sangat penting untuk masuk daftar belanja bulanan. Teruatma ibu-ibu yang seharian bekerja mengurus rumah. Barang-barang rumah tangga yang dimaksud yaitu:

  • Tisu dan cotten bud
  • Kapas dan tusuk gigi
  • Pembersih lantai dan obat nyamuk bakar

13. Produk-produk instan

Tentu Sedulur juga tahu, bahwa produk instan yang dibutuhkan di rumah bukan hanya mie instan saja. Ada banyak bahan makanan lain yang penting untuk dibeli rutin setiap bulan sebagai stok dan persediaan. Barang-barang produk instan yang dimaksud yaitu:

  • Kopi sachet
  • Teh celup
  • Daging Kornet
  • Ikan sarden
  • Santan instan
  • Bumbu instan untuk memasak yang spesifik

14. Obat-obatan

Freepik

Daftar belanja lainnya yang wajib di setiap bulannya adalah obat-obatan. Obat maag, flu, sakit kepada dan lainnya penting untuk dibeli sebagai persediaan jika Sedulur merasakan sakit yang tidak terlalu parah. Sebagai pertolongan pertama, obat-obatan sangat penting sebagai persediaan di setiap rumah.

Setelah mengetahui apa saja daftar belanja yang wajib dibeli setiap bulannya. Tentu saja Sedulur juga harus mengetahui cara menghemat dan mengatur uang belanja setiap bulannya. Simak penjelasan di bawah ini, yang merupakan tips untuk menghemat uang belanja.

BACA JUGA: Ini Cara Menata Toko Kelontong Agar Lebih Menarik Pembeli

Cara hemat mengatur uang belanja

Nah setelah Sedulur tahu apa saja barang belanja bulanan yang wajib jadi prioritas, tentu agar tidak boros dan hemat, Sedulur juga wajib tahu tips menghemat dan mengatur uang belanja bulanan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Sedulur terapkan. Yuk, ikuti langkahnya agar Sedulur tidak boros setiap bulannya.

1. Membuat daftar belanja

belanja bulanan
Aplikasi Super

Hal yang wajib Sedulur miliki sebagai tips menghemat uang belanja adalah membuat daftar belanja yang dibutuhkan di rumah selama satu bulan. Seperti daftar belanjaan yang telah diulas di atas, beras, minyak, bumbu, telur, perlengkapan mandi dan lain sebagainya.

Dengan membuat ini Sedulur dapat menghemat uang belanja dan tidak sembarang membeli barang.

2. Tentukan skala prioritas

belanja bulanan
iStock

Tujuan membuat daftar belanjaan saat Sedulur akan belanja dan membeli barang kebutuhan rumah yaitu agar Sedulur bisa menentukan skala prioritas barang yang harus dibeli, sehingga Sedulur tidak akan belanja dengan sembarangan.

Karena ada skala prioritas yang sudah ditentukan, mana barang dan kebutuhan pokok yang wajib ada, mana bahan alternatif dan apa saja bahan yang masih tersedia di rumah. Sehingga pengeluaran dapat ditentukan dan bisa disisihkan untuk menghemat.

3. Belanja di waktu yang tepat

iStock

Baik itu belanja di pasar atau supermarket, Sedulur harus menentukan waktu belanja yang tepat. Apakah itu di akhir bulan, di setiap hari libur atau di akhir pekan. Nah, bagi Sedulur yang rutin belanja di supermarket, tentu harus tahu jabwal diskon dan potongan harga di supermarket tersebut.

Maka dari itu, penting untuk menentukan waktu belanja yang tepat. Bagi Sedulur yang menghindari keramaian, Sedulur bisa belanja di jam-jam tanggung, seperti jam 11 atau setelah jam makan siang. Karena dijamin sepi.

4. Bandingkan harga

iStock

Harga di tiap supermarket, toko klontong, atau bahkan di pasar sering kali berbeda-beda. Ada baiknya Sedulur membandingkan harga terlebih dahulu.

Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan riset di internet karena saat ini sudah ada beberapa supermarket dan minimarket yang menawarkan layanan belanja online. Jika tokonya tidak tersedia secara online, Sedulur bisa bertanya kepada kerabat.

Atau Sedulur bisa riset langsung ke pasar atau supermarket untuk membandingkan harga secara langsung. Dengan membandingkan harga, Sedulur bisa menghemat pengeluaran untuk belanja bulanan.

5. Simpan bahan makanan dengan baik

Yahoo Image

Bahan makanan seperti sayur, buah dan daging adalah salah satu bahan makanan yang sangat rentan membusuk. Jika tidak disimpan dengan baik, makan bahan makan tersebut akan sia-sia dibeli dan tidak akan bisa diolah menjadi makanan.

Hal ini tentu saja akan membuat boros pengeluaran untuk kebutuhan dapur, dan menghemat uang belanja dapur pun gagal dilakukan. Bahan makan yang mudah busuk dan layu sebaiknya disimpan di lemari es di bagian pembekunya.

6. Jangan bawa anak belanja

iStock

Tips ini sangat ampuh untuk menghemat uang belanja, karena Sedulur tahu sendiri bahwa anak-anak sangat suka jajan. Uang belanjaan Sedulur akan berkurang untuk membelikan jajanan anak. Maka dari itu, untuk menghemat Sedulur tidak perlu membawa anak untuk ikut belanja.

Selain itu, waktu belanja juga bisa lebih optimal karena tidak ada gangguan. Seringkali jika membawa anak belanja, gangguan-gangguan muncul dan belanja menjadi tidak fokus.

Belanja super hemat di Aplikasi Super

belanja bulanan
Aplikasi Super

Salah satu tips menghemat uang belanja dapur yang akan membuat Sedulur Super semakin mudah dalam mengatur kebutuhan dapur adalah dengan menggunakan Aplikasi Super untuk belanja kebutuhan rumah Sedulur Super sekalian.

Karena, belanja sembako untuk kebutuhan rumah di Aplikasi Super akan membuat Sedulur dapat menghemat uang belanja bulanan. Harga yang ada di Aplikasi Super sangat murah. Sedulur jadi bisa menghemat uang belanja secara optimal dan bisa dibuktikan.

Aplikasi Super memberikan  harga murah, selain itu pelayanan yang diberikan oleh Aplikasi Super juga sangat prima. Sembako yang Sedulur kulak di Aplikasi Super akan diantar hingga depan rumah Sedulur.

Selain itu di Aplikasi Super, segala kebutuhan rumah tersedia lengkap, mulai dari sembako, perlengkapan mandi, obat-obatan, perlengkapan kecantikan, hingga layanan membayar tagihan online pun tersedia di Aplikasi Super.

Semua pelayanan yang diberikan oleh Aplikasi Super tersebut didorong oleh misi Aplikasi Super yang berkomitmen untuk meningkatkan perekonomian dan memajukan kesejahteraan hidup masyarakat.

Sedulur bukan hanya bisa melakukan cara menghemat uang belanjar, namun Sedulur juga bisa mendapatkan keuntungan bahkan kesuksesan dengan menggunakan Aplikasi Super. 

Bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super, bisa download sekarang juga. Dan juga jangan lupa cek Aplikasi Super sesering mungkin, agar Sedulur tidak ketinggalan diskon dan promo menarik yang diberikan oleh Aplikasi Super.