hemat pengeluaran rumah tangga

Berbagi tips menghemat pengeluaran rumah tangga agar keuangan Sedulur Super tidak membengkak. Poin terakhir paling penting!

Menghemat pengeluaran rumah tangga memang sangat penting untuk Sedulur Super lakukan. Hal yang perlu Sedulur Super lakukan adalah menghemat pengeluaran rumah tangga agar dana tidak membengkak. Namun, beberapa dari Sedulur Super masih belum mengetahui dan memahami bagaimana cara menghemat pengeluaran rumah tangga dengan baik. Pada artikel ini, Super akan membagikan tips-tips hemat. Kira-kira apa saja ya itu? Coba simak tipsnya di bawah!

Trik Super Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga

1. Membuat Daftar Belanja

sedulur super
photo by freepik

Cara pertama yang sebaiknya Sedulur Super lakukan untuk menghemat pengeluaran rumah tangga adalah membuat daftar belanja. Hal ini penting dilakukan agar Sedulur Super bisa mengetahui barang-barang mana yang sekiranya perlu dan tidak perlu untuk dibeli. Selain itu, membuat rincian daftar belanja akan membuat Sedulur hemat, karena menggunakan uang dengan seminim mungkin.

2. Belanja dengan Uang Secukupnya

menghemat pengeluaran
photo by freepik

Cara kedua menghemat pengeluaran rumah tangga adalah belanja dengan uang secukupnya. Setelah Sedulur membuat daftar belanja, kini saatnya mempergunakan budget yang sudah Sedulur Super tentukan. Pastikan budget atau uang tersebut tidak melebihi yang sudah ditentukan ya, Sedulur. Hal ini dilakukan agar pengeluaran Sedulur Super tidak membengkak dan lebih hemat.

3. Beli Barang Kebutuhan dengan Harga Murah

sedulur super belanja sembako
photo by freepik

Ketika Sedulur Super pergi berbelanja sembako untuk membeli barang kebutuhan di toko kelontong, sebisa mungkin carilah barang-barang yang murah. Tapi perlu diperhatikan juga, jangan sampai barang yang Sedulur Super pilih itu tidak berkualitas hanya karena harga itu murah. Nah, untuk itu Sedulur Super mesti pintar-pintar mencari diskon ataupun harga murah namun tetap berkualitas. Sedulur Super bisa mencoba dengan menggunakan Aplikasi Super.

4. Simpan Nota Setelah Berbelanja

sembako super
photo by freepik

Menyimpan nota dari setiap transaksi belanja yang Sedulur Super lakukan akan sangat membantu Sedulur Super dalam mengetahui beragam harga barang-barang kebutuhan yang sudah Sedulur Super beli. Hal ini tentu akan memudahkan Sedulur Super dalam mengatur uang belanja Sedulur Super. Sedulur Super bisa menghitung pengeluaran yang telah Sedulur Super keluarkan, sehingga Sedulur Super tahu berapa sisa uang yang masih bisa dibelanjakan. Menghemat pengeluaran rumah tangga memang mudah, namun jangan sampai lengah!

5. Masak dan Makan di Rumah

sedulur super masak di rumah
photo by freepik

Sedulur Super perlu menghemat pengeluaran dengan memasak di rumah. Jika Sedulur Super terbiasa membeli makanan di luar, maka cobalah untuk memasak sendiri di rumah. Hal ini dilakukan karena makanan yang ada di luar cukup mahal, Sedulur Super sebisa mungkin menghemat agar pengeluaran Sedulur Super juga tidak membengkak. Sehingga sisa uang itu bisa Sedulur Super gunakan untuk keperluan yang lainnya. Apalagi di masa pandemi seperti ini, tentu Sedulur harus hemat dan menekan pengeluaran agar tidak menyulitkan Sedulur dan keluarga nantinya.

6. Hemat Penggunaan Gas

photo by stockhouse

Gas yang Sedulur Super gunakan untuk memasak turut andil dalam memboroskan uang belanja bulanan Sedulur Super. Pintar-pintarlah dalam mengatur setiap masakan agar Sedulur Super dapat menghemat penggunaan gas untuk memasak. Atur menu masakan Sedulur Super setiap hari agar aktivitas memasak Sedulur Super bisa diupayakan agar tidak menggunakan gas yang banyak. Gas di dalam tabung pun tidak akan dengan cepat habis, dan Sedulur Super bisa memperpanjang waktu penggunaannya.

7. Gunakan Sistem Amplop

sedulur super
photo by freepik

Satu lagi cara untuk mencegah diri Sedulur Super untuk mengeluarkan uang lebih dari yang seharusnya adalah dengan menggunakan sistem amplop. Caranya, setelah Sedulur Super membuat daftar belanjaan bulanan, rencana pengeluaran bulanan, dan lain-lain; masukkan ke dalam amplop. Sedulur Super bisa membagi-baginya harian dengan menggunakan 31 amplop, atau mingguan dengan menggunakan 4 amplop saja. Tahukah Sedulur Super? Menggunakan 31 amplop untuk membatasi pengeluaran harian rumah tangga jauh lebih efektif, lho. Tertarik mencobanya?

8. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

menghemat pengeluaran rumah tangga
photo by freepik

Hindari menggunakan kartu kredit. Hal ini juga sangat penting. Meski banyak dimudahkan dari segi fasilitasnya, namun penggunaan kartu kredit juga akan membuat Sedulur Super boros, apalagi jika suatu saat kredit Sedulur Super menumpuk, maka akan menjadi masalah besar dikemudian hari. Jadi, sebisa mungkin kurangi menggunakan kartu kredit. Gunakan saja uang cash maupun debit.

9. Sisihkan Uang untuk Dana Darurat

nabung hemat
photo by freepik

Hal terpenting lainnya yang sebaiknya Sedulur Super lakukan yaitu menyisihkan uang. Mengapa hal ini penting untuk Sedulur Super lakukan? Karena pasti Sedulur Super memiliki kebutuhan-kebutuhan lain yang tidak Sedulur Super perhitungkan sebelumnya. Misalnya Sedulur Super butuh untuk membeli aksesoris handphone, Sedulur Super perlu menyisihkan uang yang Sedulur Super punya agar bisa membeli barang tersebut.

10. Cari Penghasilan Tambahan

penghasilan tambahan
photo by freepik

Cara lain yang tidak kalah penting yaitu mencari penghasilan tambahan. Pilihlah usaha atau bisnis yang berbasis online, sehingga Sedulur Super tidak harus keluar rumah untuk menjalankan bisnisnya. Sedulur Super dapat mencari tahu bisnis apa saja yang populer, paling banyak diminati dan dibutuhkan oleh banyak orang. Ada berbagai bisnis yang paling diminati dan tidak pernah mati, yaitu bisnis sembako. Sedulur bisa membuka bisnis toko kelontong dengan keuntungan yang cukup besar. Meski modal yang dikeluarkan cukup besar, Sedulur tidak perlu khawatir, Sedulur bisa mencari cara mendapatkan modal usaha dengan mudah di internet.

Nah, itulah tadi beberapa tips untuk menghemat pengeluaran rumah tangga Sedulur Super. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan Sedulur Super lebih bijak dalam mengatur keuangan keluarga. Selamat mencoba!

Sudahkah Sedulur download Aplikasi Super? Aplikasi Super merupakan aplikasi agen penyalur sembako dengan mudah dan mendapat harga murah. Sedulur tidak perlu repot lagi belanja atau kulak sembako di luar. Selain itu, dengan belanja pakai Aplikasi Super Sedulur akan mendapatkan berbagai keuntungan, lho. Cobain aplikasinya yuk, Sedulur Super!