Barang komplementer adalah barang yang dapat melengkapi kebutuhan manusia. Dalam menjalankan hidupnya, setiap manusia membutuhkan peralatan untuk memuaskan kebutuhannya. Kita ambil contoh, saat kita haus, kita harus minum dan alat pemuas kebutuhannya adalah gelas. Maka gelas adalah barang komplementer.

Untuk mengetahui bahwa barang komplementer adalah penting bagi kehidupan manusia, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas tuntas tentang barang komplementer. Pertama-tama kita mulai dengan pembahasan tentang pengertian dari barang komplementer terlebih dahulu.

BACA JUGA: 12 Barang yang Laris di Toko Kelontong

Apa itu barang komplementer?

barang komplementer
Akuntansi Lengkap

Barang komplementer adalah barang pengganti atau pelengkap kebutuhan. Dalam beberapa kondisi, barang pengganti adalah barang komplementer yang dibutuhkan. Barang komplementer merupakan kesatuan dari dua barang atau lebih yang saling melengkapi.

-->

Jika salah satu barang tidak ada, maka barang lain mengalami penuruna fungsi, manfaat dan nilai guna. Bahkan, bisa jadi Sedulur tidak bisa menikmati atau memanfaatkan barang tersebut sama sekali, karena hubungan antara kedua barang memiliki keterikatan.

Tinggi atau rendahnya permintaan barang komplementer sangat dipengaruhi oleh ketersediaan barang tersebut dan pasangannya di pasaran. Dapat disimpulkan bahwa pengertian barang komplementer adalah suatu barang yang mempunyai nilai fungsi, guna, dan manfaat yang lebih tinggi apabila terkait dengan barang lainnya.

Ciri-ciri barang komplementer

Bina Qurani

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, bahwa barang komplementer adalah barang yang melengkapi suatu barang yang meningkatkan fungsi dan nilai gunanya. Berdasarkan penjelasan di atas, terdapat beberapa ciri-ciri yang menjadikan barang komplementer.

Karena, barang komplementer adalah barang yang memiliki substansi dan memiliki ciri khas untuk subtitusi. Berikut ini adalah ciri-ciri barang komplementer adalah hal yang penting. Ciri-ciri yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Barang komplementer sering disebut barang yang harus berpasangan dengan barang lain. Misalnya, kopi dan gula. Jika kamu membuat kopi tanpa gula, maka rasa kopi pun akan pahit. Beda halnya jika ditambah gula, maka rasa kopi yang semula pahit menjadi manis dan sedap untuk dinikmati. Nah, gula di sini sebagai barang pelengkap dari kopi.
  • Barang komplementer mempunyai nilai yang lebih kecil dibandingkan dengan barang lain, yang berarti nilai suatu barang komplementer baru akan naik jika dipasangkan dengan barang yang sudah menjadi pasangannya. Alasan inilah yang membuat barang komplementer mempengaruhi permintaan pasar. Jika barang komplementer melengkapi pasangannya dengan baik, niscaya permintaan terhadap kedua barang tersebut di pasar juga akan juga meningkat.
  • Barang komplementer jika digunakan bersama dengan pasangannya akan memiliki fungsi yang lebih maksimal. Walaupun tidak digunakan bersama dengan pasangannya, barang tersebut masih bisa kamu gunakan. Misalnya, televisi dan remote. Jika kamu menggunakan remote, maka pengoperasian televisi menjadi lebih efisien dan praktis. Akan tetapi televisi masih bisa berfungsi dengan baik walaupun tidak menggunakan remote. Hal ini karena pada televisi terdapat tools yang bisa kamu gunakan untuk mengoperasikannya.

Daftar di atas adalah sifat komplementer. Sifat komplementer adalah ciri-ciri yang menjadi identitas dari barang-barang komplementer itu sendiri.

Jenis-jenis barang komplementer

barang komplementer
LinovHR

Barang komplementer adalah barang yang memiliki nilai guna dan nilai tinggi. Terdapat dua jenis dari barang komplementer. Berikut ini adalah jenis-jenis barang komplimenter:

1. Barang komplementer yang Lemah

Pada umumnya, barang komplementer lemah hanya dapat merespons kenaikan harga dengan cara yang terbatas. Misalnya, pancake dan maple syrup. Kedua barang tersebut merupakan barang pelengkap, akan tetapi  bersifat lemah. Konsumen bisa saja menggunakan topping lain untuk pancake, sehingga maple syrup tidak selalu dipakai. Maka dari itu, keterikatan barang pelengkap ini lemah.

2. Barang komplementer yang kuat

Barang pelengkap yang kuat adalah barang yang memiliki hubungan erat satu sama lain. Bisa diartikan keterikatan ini akan menambah nilai fungsi, manfaat, dan gunanya. Misal, jika Sedulur mempunyai kaset DVD dan DVD player.

BACA JUGA: Kontes Blog #SuperBercerita Kembali Hadir: Hadiahnya Berlipat Ganda!

Contoh barang komplementer

Cerdika

Contoh barang komplementer adalah penting untuk kamu ketahui. Setelah kamu mengetahui pengertiannya, ciri-cirinya dan jenis-jenis barangnya. Sedulur juga harus tahu apa saja contoh dari barang komplementer. Berikut ini adalah daftar dari contoh barang komplementer yang dimaksud:

1. Laptop dan charger

Barang komplementer dan contohnya yang pertama adalah laptop dan charger. Laptop menjadi barang utama sementara charger adalah barang komplementer. Bila laptop kehabisan baterai dan tidak ada charger, maka laptop tidak akan berfungsi dengan baik. Begitu pun charger yang tidak bisa memiliki nilai fungsi, manfaat, dan guna bila tidak digunakan dengan laptop atau alat elektronik lainnya.

2. Kompor dan gas

Barang komplementer contoh selanjutnya adalah kompor dan gas. Kompor dalam hal ini memegang peran sebagai barang utama, sementara gas adalah barang komplementernya. Kompor tentu tidak dapat berfungsi tanpa adanya aliran gas. Adanya keterikatan barang satu dengan barang lain ini yang membuat barang utamanya berfungsi dengan baik.

3. Jam dan baterai

Contoh barang komplementer adalah sesuatu yang bisa kita gunakan untuk lebih menyadari manfaat dari barang komplementer itu sendiri. Contoh selanjutnya setelah kompor dan gas, juga laptop dan charger, yaitu contoh selanjutnya adalah jam dan baterai.

Jam adalah barang utama, sedangkan baterai menjadi barang komplementer. Jam tidak berfungsi bila tidak ada baterai. Maka dari itu, agar dapat menggunakan baterai, perlu benda atau media lain seperti remote atau jam.

4. Kendaraan bermotor dan bahan bakar

Kendaraan bermotor adalah barang utama dan bahan bakar menjadi barang komplementer. Nilai fungsi, manfaat, dan guna bahan bakar dapat menurun bila tidak digunakan. Begitu pun kendaraan bermotor yang tidak bisa digunakan jika tidak menggunakan bahan bakar.

5. Sikat gigi dan pasta gigi

Contoh barang komplementer selanjutnya adalah sikat gigi dan pasta gigi. Bahan utamanya adalah pasta gigi sementara pelengkapnya adalah sikat gigi. Kedua barangnya digunakan bersamaan dan saling melengkapi untuk kebutuhan yang sama.

6. Kartu jaringan dan handphone

Contoh barang komplementer adalah hal yang penting diketahui, contoh terakhir adalah kartu jaringan dan handphone. Kartu jaringan menjadi barang komplementer untuk handphone. Kartu jaringan membuat handphone berfungsi dengan baik.  Bila handphone telah terpasang kartu jaringan, maka nilai fungsi, manfaat, dan gunanya akan meningkat, karena keduanya mempunyai keterikatan satu sama lain.

Itulah pembahasan terkait barang komplementer. Barang komplementer adalah pelengkap kebutuhan kita sebagai manusia dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya. Semoga dengan penjelasan di atas kamu lebih mengetahui lagi tentang barang-barang yang menjadi kebutuhan kita sehari-hari.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!