atap teras rumah minimalis

Untuk saat ini, model atap teras rumah minimalis menjadi pilihan banyak orang. Biasanya jenis atap ini difungsikan sebagai carport atau garasi outdoor di bagian depan. Selain bentuk dan model, material yang digunakan pun juga cukup beragam.

Meskipun begitu, keberadaan dari atap teras ini tidak harus sebagai garasi atau teras saja. Ada yang memang sengaja dibuat untuk tempat bersantai bersama keluarga. Bahkan bagi Sedulur yang punya anak kecil, area ini bisa dijadikan sebagai lahan bermain yang aman.

Nah, bagi Sedulur yang sedang mencari referensi terkait atap teras rumah minimalis, maka sedang berada di tempat yang tepat. Berikut ini akan diberikan beberapa model atap teras rumah yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan referensi.

BACA JUGA: 10 Ide Desain Kanopi Balkon yang Estetik dan Minimalis

1. Atap teras rumah minimalis kayu

atap teras rumah minimalis
Houzz

Walaupun kayu jati terkenal dengan harganya yang mahal, kualitas dan daya tahannya mampu membuat atap teras tahan lama sehingga menghemat biaya. Kesan sederhana dan natural juga akan membuat hunian terasa sejuk dan nyaman.

2. Atap teras rumah bahan kaca

Menggunakan jenis atap kaca sebagai memang terasa menyenangkan. Model atap teras rumah yang satu ini akan membuat teras terasa lebih luas dan terang. Selain itu, Sedulur juga bisa menatap indahnya langit yang selalu berubah-ubah sembari bersantai di teras.

3. Atap teras rumah dari baja ringan

Baja ringan merupakan material yang anti berkarat dan tahan terhadap cuaca ekstrem, sehingga bisa mampu melindungi hunian secara maksimal. Jenis atap ini sangat cocok untuk diterapkan pada teras rumah minimalis karena desain dan warnanya yang terbilang simpel, namun memberi looks yang elegan.

4. Atap teras rumah minimalis bambu

Atap teras berbahan utama bambu tentu saja akan memberi efek eksterior yang terkesan aesthetic, terutama pada tampilan teras rumah. Model atap rumah ini juga sangat cocok dengan nuansa tropis Indonesia, sehingga di sepanjang musim suhunya tetap sejuk.

Namun jangan lupa untuk menggunakan jenis bambu yang berkualitas dan dirawat dengan baik. Pasalnya bambu sendiri bisa membusuk jika terus terkena air tanpa pernah dirawat.

5. Atap teras rumah model joglo

Bagi yang tertarik dengan hunian ala tradisional, maka atap teras rumah model joglo bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dicoba. Meskipun mengangkat tema kebudayaan, tetapi atap teras ini juga terlihat apik ketika dipadukan dengan konsep rumah minimalis yang terkesan modern.

6. Atap teras rumah berbahan beton

Dezeen

Salah satu jenis atap yang belakangan ini banyak digunakan pada desain rumah minimalis adalah atap dak beton. Hal ini karena model atap tersebut mampu memberi tampilan yang elegan pada rumah. Jenis atap ini juga cocok diterapkan pada konsep industrial, lho.

7. Atap teras rumah minimalis kombinasi

Untuk atap teras yang satu ini, merupakan kombinasi dari beberapa material seperti kaca, kayu, dan baja ringan. Kombinasi dari ketiganya ternyata mampu memberi sentuhan yang estetik sekaligus unik. Sehingga sangat cocok diterapkan pada hunian modern yang identik dengan material-material tersebut.

8. Atap teras rumah memanjang

Jika Sedulur yang ingin menrapkan model atap teras yang bentuknya berbeda, maka bisa mencoba atap teras memanjang seperti yang ada pada gambar di atas. Bentuk atap teras yang memanjang ini, akan membuat bagian teras hunian terlihat lebih unik.

9. Atap teras rumah awning minimalis

Model atap teras dengan material awning gulung (kanopi lipat), bisa menjadi pilihan bagi Sedulur yang ingin berhemat. Selain hemat biaya, penggunaan jenis atap ini juga lebih fleksibel. Jadi ketika tidak dibutuhkan, kain pada atap tersebut bisa digulung.

10. Atap teras rumah berhiaskan tanaman

Dengan menghadirkan jenis tanaman rambat di bagian atap, maka akan membuat teras terasa lebih sejuk dan asri. Model atap ini memang cocok diterapkan pada konsep desain minimalis tropical, yang memang relate dengan iklan di Indonesia. Ya, bersantai di teras rumah bisa menjadi kegiatan yang menarik.

BACA JUGA: 12 Desain Rumah Kost Minimalis 2 Lantai untuk Lahan Sempit!

11. Atap rumah berbentuk limas

desain kanopi balkon
Bitaly

Jenis atap limas ini yang menyatu dengan bagian atap rumah secara keseluruhan. Bahkan, genting pada area atap terasnya pun juga senada dengan genting rumah. Nah, Sedulur juga bisa menggunakan pilar di bagian depan untuk menonjolkan kesan yang elegan pada hunian.

12. Atap kanopi teras minimalis

Atap kanopi memang menjadi salah satu mode atap yang banyak digunakan saat ini. Jenis atap ini mampu bertahan dari cuaca ekstrem, bahkan dalam waktu yang lama. Kanopi sendiri mengombinasikan antara rangka baja ringan dengan material polikarbonat, sehingga bentuk atapnya lebih elegan.

13. Atap besi hollow galvanis

Untuk model atap yang satu ini, terbuat dari beberapa material. Yakni campuran lapisan silikon, unsur besi, dan juga lapisan coating aluminum. Kualitas besi hollow galvanis sendiri juga dinilai lebih baik dibandingkan jenis besi hollow yang lain, tidak mudah berkarat walau terkena cuaca yang ekstrem.

14. Atap kanopi teras lengkung

Jika ingin menampilkan kesan hunian yang modern, Sedulur dapat memilih kanopi teras melengkung. Bentuknya yang melengkung memang membuat tampilan hunian terlihat unik. Jenis kanopi ini biasanya punya empat tiang penyangga.

Tampilannya juga akan terasa lebih mewah jika Sedulur memadukan dua warna yang berbeda pada atap kanopi tersebut.

15. Atap teras daatar minimalis

Model atap datar satu ini juga sering diterapkan pada desain minimalis, karena membuat hunian terlihat elegan tapi tetap sederhana dari depan. Atap teras datar minimalis memang cocok untuk teras yang tidak terlalu lebar. Yang paling penting, dapat digunakan untuk tempat berteduh saat berada di depan rumah.

16. Atap kanopi kaca

desain rumah kost minimalis 2 lantai
Unsplash

Sedulu dapat coba menerapkan jenis atap kanopi kaca yang terkesan minimalis dan modern. Model atap ini bisa membuat sinar matahari masuk ke dalam halaman depan rumah, tetapi hujan tetap bisa dihalau. Sehingga sangat cocok dan nyaman sebagai tempat untuk berteduh.

17. Atap rumah model pelana

Model atap rumah pelana juga cocok diterapkan pada rumah minimalis. Atap tersebut dibuat dalam bentuk datar yang menutupi sebagian area teras. Jenis atap juga cocok dikombinasikan dengan pilar mini, kemudian dihias dengan tanaman kecil untuk memberikan suasana yang asri khas pedesaan.

18. Atap teras rumah minimalis kekinian

Kemudian untuk model atap teras depan rumah kekinian ini, bisa Sedulur terapkan pada hunian yang berukuran kecil. Hal ini karena atap teras tersebut tidak membutuhkan tempat yang terlalu besar. Bahkan Sedulur bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan di rumah.

19. Atap teras rumah bahan alderon

Rekomendasi berikutnya yakni model atap rumah berbahan alderon. Nah, Sedulur bisa mengaplikasikan warna putih untuk menampilkan kesan yang cantik dan estetik pada hunian. Dengan begitu, maka bagian depan rumah dapat menjadi poin penting dalam menunjukkan estetika bangunan.

20. Atap teras depan rumah di bawah balkon

ide ruang santai rumah
Houzz

Atap teras rumah minimalis yang terakhir ini sangat menarik, dimana Sedulur dapat memanfaatkannya sebagai dua fungsi yang berbeda, yaitu garasi dan balkon. Nah, bagi yang punya rumah 2 lantai, memang model atap balkon ini sangat direkomendasikan.

Jenis dan model atap teras rumah minimalis kian hari memang semakin berkembang. Namun selain bentuknya, ketahanan dan keawetan juga menjadi hal yang wajib untuk dipertimbangkan. Jangan sampai Sedulur hanya fokus menerapkan suatu model atap, tanpa memperhatikan ketahanan dan keawetannya.

Pasalnya selain berbahaya bagi penghuni, nantinya biaya yang dibutuhkan untuk perawatan atau penggantian tentu saja lebih banyak. Jadi pastikan jenis atap teras rumah yang digunakan benar-benar bagus dan berkualitas, ya!