arti moodboster

Arti moodboster atau peningkatan suasana hati sering dikaitkan dengan kesibukan pekerjaan dan rutinitas harian yang bisa membuat perubahan suasana hati menjadi tidak menentu. Jika suasana hati sedang tidak baik, maka bisa menurunkan produktivitas. Maka dari itu, Sedulur harus tahu apa saja kegiatan atau aktivitas yang bisa menaikkan suasana hati.

Apabila suasana hati yang sedang buruk terus dibiarkan, maka bisa juga berdampak pada kesehatan mental, lho. Alasannya, tubuh akan melepaskan berbagai zat kimia dan hormon stres dalam otak yang berdampak pada kesehatan. Ketahui lebih lanjut mengenai arti moodboster serta tips untuk mendapatkannya berikut ini, ya!

BACA JUGA: Strict Parents: Pengertian, Ciri Ciri & Dampaknya Bagi Anak

Pengertian moodboster

arti moodboster
Unsplash

Arti moodboster dalam bahasa Indonesia adalah peningkat atau pendorong suasana hati. Sedangkan, kata ini terdiri dari dua kata dalam bahasa Inggris yaitu mood dan booster. Mood artinya suasana hati atau perasaan, sedangkan booster artinya adalah pendorong. Bisa disimpulkan bahwa istilah ini memiliki arti pendorong perasaan atau suasana hati menjadi lebih baik. Bisa juga didefinisikan sebagai suatu hal yang bisa membuat kita menjadi lebih ceria dan bahagia.

-->

Suasana hati yang ceria dan bahagia sangat diperlukan karena membantu kita supaya lebih mudah untuk mendapatkan semangat sebelum melakukan aktivitas rutin sehari-hari. Alasannya, pikiran kita akan berjalan menjadi lebih baik ketika suasana hati sedang bahagia. Namun, jika sedang tidak baik, maka pikiran otak akan tidak berfungsi secara maksimal lagi.

Tak sampai disitu saja, suasana hati yang sedang bahagia akan memudahkan diri kita untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain, terutama yang setiap hari kita temui seperti teman kantor. Pekerjaan kantor akan menjadi mudah untuk diselesaikan apabila sesama teman termasuk diri kita sendiri selalu mempunyai perasaan yang ceria dan bahagia.

Perasaan tersebut bisa datang dari mana saja. Mulai dari benda yang disenangi, seseorang yang kita sayangi, minuman, makanan, sampai melakukan aktivitas tertentu. Pembangkit suasana hati yang berasal dari benda, minuman, dan makanan sangatlah beragam dan memiliki cakupan yang sangat luas.

Contoh sederhana dari pembangkit suasana hati adalah ketika hari ini Sedulur sedang mengalami suasana yang buruk karena terlambat masuk kantor. Kemudian, suasana buruk tersebut berlanjut setibanya di kantor yang diberikan teguran oleh atasan karena datang terlambat. Hal tersebut pastinya bisa mempengaruhi suasana hati Sedulur. Untuk menghilangkannya, Sedulur kemudian membeli es degan. Es degan itulah yang disebut dengan pembangkit suasana hati. Jadi, apakah Sedulur sudah menemukannya?

Cara mendapatkan moodboster

arti moodboster
Unsplash

Telah diketahui bahwa moodbooster atau moodboster itu memiliki pengertian pendorong suasana hati supaya menjadi lebih baik. Untuk mendapatkannya, mulailah dengan mengubah kebiasaan buruk serta menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Semua itu bisa menjauhkan diri sendiri dari penyakit kronis yang serius. 

Tentu saja, hal itu akhirnya juga bisa menjaga suasana hati supaya menjadi lebih stabil di setiap harinya. Apalagi, jika Sedulur sedang tidak bersemangat dan butuh penyemangat supaya menjadi lebih fokus atas pekerjaan yang sedang dilakukan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba beberapa kegiatan sederhana seperti berikut ini:

1. Bermain dengan hewan peliharaan

arti moodboster
Unsplash

Moodboster yang pertama adalah bermain dengan hewan peliharaan. Apalagi, jika hewan peliharaan yang Sedulur miliki adalah hewan yang bisa dibelai, dipeluk, serta diajak bermain. Pada dasarnya, anjing dan kucing sering dijadikan sebagai peliharaan. Namun, tak sedikit juga yang menjadikan iguana, kelinci, sampai ular sebagai hewan peliharaan. Apabila suasana hati sedang buruk, Sedulur bisa bermain dan merawat hewan peliharaan yang dimiliki.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan bermain bersama hewan peliharaan, maka seseorang akan menjadi lebih mudah untuk meningkatkan suasana hati. Alasannya, terdapat hormon dopamin dan serotonin yang bisa membuat tubuh menjadi lebih baik. Perlu diingat bahwa jika memutuskan untuk memelihara hewan, maka berarti harus siap untuk merawatnya. Hal itu mulai dari kebersihan hewan, kandang, sampai pemberian makan.

BACA JUGA: Catcalling Pelecehan Seksual yang Sering Dianggap Candaan

2. Makan dan minum yang enak

Unsplash

Jika suasana sedang buruk, maka salah satu hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan suasana hati adalah makanan yang enak dan sesuai dengan kesukaan. Ada beberapa jenis mood booster makanan yang ternyata memiliki kandungan yang cukup baik untuk membantu suasana hati menjadi lebih baik.

Salah satu makanan tersebut adalah coklat. Coklat terbukti mampu untuk meningkatkan kadar hormon endorfin yang merupakan hormon supaya stress dan rasa cemas bisa berkurang. Bukan hanya itu saja, buah dan sayur pun juga menjadi pilihan yang tepat. Alasannya, keduanya sudah terbukti menjadi salah satu pencegah depresi.

Selain makanan, kini adalah minuman yang bisa dijadikan sebagai peningkat suasana hati. Sama halnya dengan makanan, minuman yang disukai oleh setiap orang pun berbeda meskipun ada beberapa yang mempunyai kesamaan. Bagi seseorang yang sedang mengalami suasana hati yang buruk, maka bisa meminum minuman yang disukai.

Supaya lebih baik, minuman yang menjadi peningkat suasana hati ini merupakan minuman yang sehat untuk dikonsumsi. Contohnya adalah minuman yang berbahan dasar rempah, jus buah, dan sejenisnya. Dengan minum minuman yang sehat, tidak hanya suasana hati saja yang menjadi lebih baik. Namun, kesehatan tubuh pun akan menjadi lebih baik juga.

Apalagi, jika pemberi minuman yang disukai adalah seseorang yang Sedulur sayangi. Pastinya, suasana hati akan menjadi lebih meningkat. Tidak hanya itu saja, kecemasan dan stres yang ada dalam diri sendiri pun juga berkurang.

3. Bermeditasi

arti moodboster
Unsplash

Bermeditasi bisa mengurangi rasa stres dan kecemasan pada setiap individu. Tak hanya disitu saja, meditasi juga dipercaya bisa meningkatkan daya pikir otak dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sebaiknya, aktivitas ini dilakukan selama satu kali dalam sehari dengan durasi 10 hingga 20 menit.

Di masa sekarang, sudah banyak jenis meditasi yang bisa dilakukan oleh Sedulur. Salah satu jenis yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang adalah mindfulness meditation. Apabila Sedulur merupakan pemula dan belum terbiasa untuk melakukannya, maka sebaiknya dilakukan dengan seseorang yang telah terlatih supaya hal yang tidak diinginkan bisa dihindari. Selain bisa meningkatkan daya pikir otak dan kekebalan tubuh, meditasi juga efektif untuk meningkatkan suasana hati atau moodboster. Meditasi bisa dilakukan di rumah atau tempat khusus. Jika seorang pemula, maka jangan lupa untuk berlatih dengan pelatih supaya gerakan dan caranya benar.

BACA JUGA: 10 Tips Menjadi Single Parent Tangguh untuk Anak Tersayang

4. Melakukan hal-hal yang disenangi

Unsplash

Setiap orang pasti mempunyai banyak hal yang disukai dan disenangi. Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan suasana hati yang sedang buruk. Contoh sederhananya adalah dengan melakukan morning booster. Morning booster artinya adalah melakukan sesuatu untuk meningkatkan suasana hati pada pagi hari seperti minum kopi sambil membaca koran dan sebagainya. 

Pastinya, seseorang akan mendapatkan kesenangan dan bisa memunculkan kebahagiaan dari melakukan hal yang disenangi. Rasa bahagia itulah yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih meningkat. Biasanya, hal-hal yang disukai itu berkaitan dengan hobi. Beberapa orang ada yang mempunyai hobi yang sama dan beberapa lainnya adalah berbeda. Apapun hobinya, tidak akan menimbulkan masalah apabila tidak merugikan orang lain.

Terdapat beberapa hobi yang harus dilakukan dengan orang lain, seperti bermain bulu tangkis dan sepakbola. Namun, ada pula hobi yang tidak memerlukan bantuan orang lain, seperti menonton film, membaca buku, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa contoh hobi yang bisa membangkitkan suasana hatimu:

Mendengarkan musik

Jika hari-harimu selalu diawali dengan suasana yang buruk, maka sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama. Alasannya, itu dapat mengganggu aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Salah satu cara untuk menghilangkan suasana hati yang buruk adalah dengan mendengarkan musik. Setelah mengetahui arti moodboster, maka cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya adalah dengan mendengarkan musik. 

Sebagian besar orang, salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan suasana hati adalah dengan mendengarkan musik. Dengan mendengarkannya, maka diri akan menjadi lebih tenang. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa jika seseorang mendengarkan musik, maka stres yang ada dalam diri akan menjadi berkurang. Di sisi lainnya, suasana hati atau moodboster akan menjadi lebih meningkat. 

Dengan mendengarkannya, hari-hari yang akan dijalani akan menjadi lebih baik lagi. Apalagi, jika musik yang didengarkan adalah musik favorit. Tak hanya bisa membuat diri kita menjadi lebih baik, namun juga bisa meningkatkan konsentrasi serta menjaga kesehatan otak.

Bernyanyi

Selain mendengarkan musik, ternyata bernyanyi juga ampuh digunakan sebagai moodboster juga, lho. Dikutip dari North Shore, musik bisa meningkatkan produksi hormon dopamin dalam otak dan menghilangkan perasaan depresi serta cemas. 

Membaca buku atau kata-kata arti moodboster

Mood booster quotes dan artinya bisa dipraktekkan supaya bisa menjalani hari menjadi lebih baik. Ketika suasana sedang dalam keadaan baik, maka kita akan menjadi lebih bersemangat lagi dalam menjalani hari. Sebaliknya, jika suasana hati sedang tidak baik, maka hari akan menjadi lebih berat untuk dijalani. Maka dari itu, kita harus bisa menjaganya supaya tetap baik. Salah satu caranya adalah dengan membaca buku atau kata-kata peningkat suasana hati. Berikut adalah beberapa contohnya dikutip dari beberapa sumber:

  • “Jika terlalu menjaga image, hidupmu hanyalah sebatas jpeg.”
  • “Kalau ada zombie menyerbu, tenang saja kamu bakal aman. Karena yang mereka incar adalah otak.”
  • “Ada yang bilang kalau manusia tak dapat hidup tanpa cinta, padahal kan tak bisa hidup tanpa oksigen.”
  • “Orang terkuat bukan mereka yang selalu menang, melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh.”
  • “Datang bersama adalah suatu awal. Menjaga agar tetap bersama adalah kemajuan. Bekerja bersama adalah keberhasilan.”

Mengawali hari dengan suasana hati yang bagus bisa membuat tingkat produktivitas bertambah. Setelah mengetahui arti moodboster beserta cara untuk mendapatkannya supaya semua aktivitas bisa dilakukan dengan maksimal. Ingat, jangan sampai perubahan suasana hati mempengaruhi produktivitas, ya! Semoga bermanfaat.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!