Menjelang Ramadhan, banyak pantangan yang perlu diwaspadai agar puasa tak batal. Lantas, apakah menangis membatalkan puasa?

Bagi umat Muslim, bulan Ramadhan dikenal sebagai bulan penuh berkah. Bukan sesuatu yang asing apabila umat Muslim berlomba-lomba melakukan kebaikan pada bulan Ramadhan. Hal-hal kecil yang mengurangi pahala hingga membatalkan puasa sebisa mungkin dihindari. Termasuk, perihal menangis, hingga muncul sebuah pertanyaan apakah menangis membatalkan puasa?

Bukan hanya menangis saat puasa, respon tubuh yang satu ini sering kali sulit dikontrol. Biasanya, hal-hal yang membatalkan puasa sering dikaitkan dengan lubang-lubang yang dimiliki oleh tubuh. Itulah mengapa, pertanyaan apakah menangis dapat membatalkan puasa ini sering kali masih membuat bingung, menangis saat puasa batal atau tidak.

Selain menangis membatalkan puasa, pertanyaan puasa lain yang sering ditemui adalah hal yang membatalkan dan mengurangi pahala puasa itu sendiri. Untuk mengetahui semua hal itu, simak penjelasan terkait hukum menangis saat puasa dan hal lain seputar puasa.

Baca Juga: Tak Terduga! Ternyata Ini 10 Manfaat Puasa Untuk Kesehatanmu

Sulit Mengontrol Keluarnya Air Mata, Apakah Menangis Membatalkan Puasa?

1. Kewajiban Berpuasa

1. Kewajiban Berpuasa
kompasiana.com

Puasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah umat Muslim yang wajib dilaksanakan. Waktunya adalah selama bulan Ramadhan. Secara istilah, arti puasa adalah menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Kewajiban puasa tercantum dalam QS. Al-baqarah ayat 183 yang artinya adalah “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

2. Hal-Hal yang Membatalkan Puasa

2. Hal-Hal yang Membatalkan Puasa
tokopedia.com

Dalam kitab Matnu Abi Syuja’, terdapat 10 hal yang menjadi faktor batalnya puasa seseorang. Tentunya termasuk dilarangnya makan dan minum. Lalu, apakah menangis membatalkan puasa? Terdapat 10 hal yang membatalkan puasa, diantaranya sebagai berikut:

  • Sesuatu yang sampai pada rongga bagian dalam tubuh (jauf) atau kepala
  • Mengobati dengan memasukkan sesuatu pada salah satu antara qubul dan dubur
  • Muntah secara sengaja
  • Melakukan hubungan seksual secara sengaja
  • Keluarnya mani sebab bersentuhan kulit
  • Haid
  • Nifas
  • Gila/Hilang Kesadaran (kewarasan)
  • Pingsan di seluruh hari dan
  • Murtad

3. Hal yang Merusak Pahala Puasa

3. Hal yang Merusak Pahala Puasa
tribunnews.com

Beberapa hal tidak selalu secara langsung membatalkan puasa. Terdapat beberapa yang mengurangi pahala puasa. Beberapa yang sering kali tidak sadar kita lakukan adalah marah, berbohong, dan bergosip. Tak hanya makan dan minum, emosi pun harus bisa dikontrol dan ditahan sebisa mungkin. Kemudian, apakah menangis membatalkan puasa?

Baca Juga: Berapa Kadar Gula Darah Puasa Normal? Begini Cara Ceknya

4. Menangis Ketika Puasa

4. Menangis Ketika Puasa
grid.id

Apakah menangis membatalkan puasa? Pertanyaan itu masih sering dilontarkan. Menangis sendiri merupakan suatu respon tubuh atas luapan emosi yang dirasakan manusia. Tak hanya untuk kesedihan, bisa jadi manusia menangis saat shalat karena merenungkan dosa atau menunggu suatu harapan agar dikabulkan oleh Yang Maha Kuasa.

5. Apakah Menangis Membatalkan Puasa?

5. Apakah Menangis Membatalkan Puasa?
tribunnews.com

Kini, tiba saatnya pada persoalan menangis saat puasa apakah batal. Tak hanya membatalkan puasa, beberapa asumsi bahkan membuat orang lain menanyakan apakah menangis membatalkan wudhu. Hal itu tentunya tidak benar. Air mata membatalkan puasa apabila seseorang itu dengan sengaja meminum atau menelan air matanya.

Menangis apakah membatalkan puasa juga terjawab dengan alasan yang mendasar bahwa karena mata bukan bagian dari jauf (rongga bagian dalam tubuh). Selain itu, tidak ada saluran yang mengarah ke tenggorokan. Dalam kitab Raudhah at-Thalibin jelas dikatakan bahwa “…sebab mata tidak termasuk jauf (bagian dalam) dan tidak ada jalan dari mata menuju tenggorokan”.

6. Cara Mengontrol Emosi saat Puasa

6. Cara Mengontrol Emosi saat Puasa
klikdokter.com

Untuk mengontrol emosi saat puasa, Sedulur bisa melakukan beberapa cara di antaranya adalah berwudhu, dzikir, diam, ubah posisi tubuh dan sebaiknya posisikan serendah mungkin seperti terlentang, menyadari asal muasal emosinya, dan membaca al-quran.

Demikian jawaban atas pertanyaan apakah menangis membatalkan puasa? Bagaimana? Apakah kini sudah terjawab? Semoga ulasan di atas bermanfaat dan menjadikan puasa Sedulur lebih terjaga dari hal-hal yang mengurangi pahala hingga membatalkannya. Eits, tidak usah ragu lagi untuk menangis ya. Asal ingat, jangan sampai air matanya diminum!

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan segala bahan kebutuhan selama ramadhan, Sedulur bisa mendapatkannya dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menjual segala bahan kebutuhan sehari-hari dengan harga super murah namun kualitas tetap yang terbaik dan terjaga.

Sedulur bisa membeli bahan untuk persiapan bulan ramadhan dengan membelinya di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Gunakan Aplikasi Super, agar ibadah puasa Sedulur semakin khidmat dan hidup Sedulur lebih menguntungkan.