apakah granola bagus untuk diet

Apakah granola bagus untuk diet? Pertanyaan ini sering muncul ketika seseorang ingin memulai diet menurunkan berat badan dengan mengganti menu nasi ke sumber karbohidrat lainnya. Granola sendiri memang menjadi salah satu opsi yang bagus, tapi konsumsinya harus tetap diawasi dan tidak boleh berlebihan.

Granola memang jadi pilihan banyak orang sekarang ini. Namun, agar Sedulur bisa tepat menjalankan langkah-langkah diet menurunkan berat badan. Maka harus mengetahui jawaban apakah granola bagus untuk diet dengan menyimak secara tuntas artikel di bawah ini!

BACA JUGA: 9 Resep Roti Gandum untuk Diet yang Enak dan Mudah Dibuat!

Mengenal granola

apakah granola bagus untuk diet
Unsplash

Granola merupakan makanan olahan yang terdiri dari campuran oat, biji-bijian (seperti biji wijen), kacang-kacangan (seperti kacang almond dan kacang mede), buah kering (seperti kismis), madu, dan bahan lainnya. Bahan-bahan ini dicampur menjadi satu dan jadilah granola dengan rasa yang lezat. Tak jarang, granola dimakan dengan cara dicampur bersama yogurt. Pasti menjadi menu sarapan yang lezat.

Dilihat dari komposisi bahan yang sehat tersebut, tampaknya granola bisa menjadi alternatif sarapan sehat. Oat sendiri merupakan sumber karbohidrat yang mengandung tinggi serat. Sedangkan, kacang-kacangan mengandung protein dan lemak sehat, seperti asam lemak omega-3. Madu sebagai pemanis juga mengandung karbohidrat yang sehat untuk Sedulur.

Kandungan gizi dan nutrisi granola

apakah granola bagus untuk diet
Unsplash

Mengutip Good To, granola mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Beberapa diantaranya adalah mikronutrien seperti:

  • Zat besi
  • Vitamin D
  • Zinc
  • Vitamin B

Melihat kandungan nutrisi di atas, tentu kita bisa sedikit menyimpulkan bahwa granola sangat baik untuk menjaga asupan sel darah merah dalam tubuh. Tak hanya itu saja, gizi yang melimpah ini membuat granola memberikan manfaat untuk orang diet.

Manfaat granola untuk diet sendiri didapat dari gandum yang kaya serat. Sebagaimana diketahui, selain membantu menjaga sistem pencernaan, asupan serat juga dapat meningkatkan rasa kenyang yang mencegah Sedulur dari kebiasaan makan berlebih.

“Makanan dengan kandungan serat tinggi seperti granola dapat membuat Sedulur merasa kenyang lebih lama, sangat bagus untuk mereka yang sedang mengurangi ngemil dan mengontrol berat badan,” ujar ahli gizi, Mina Khan.

Namun, jangan lupa untuk selalu memperhatikan label kemasan granola. Hindari granola dengan kandungan gula dan lemak jenuh yang tinggi, yang justru bisa memicu penambahan berat badan.

Umumnya, Anda akan disarankan mengonsumsi 45-50 gram granola per hari atau setara dengan 3 sdm. Gabungkan dengan makanan sehat lainnya seperti yogurt dan buah untuk menciptakan porsi gizi seimbang.

BACA JUGA: 17 Resep Tempe Rebus untuk Diet, Dijamin Enak!

Trik konsumsi granola untuk diet

apakah granola bagus untuk diet
Unsplash

Setelah mengetahui tentang seluk beluk granola, Sedulur pasti ingin segera menjawab pertanyaan apakah granola bagus untuk diet? Tentu hal ini harus dilakukan dengan jeli dan cermat.

Apalagi bila Sedulur ingin mengkonsumsi granola karena rasanya lezat dan sekaligus tetap berjuang dalam menurunkan berat badan, sebaiknya ikuti tips dan trik menyantap granola berikut.

  • Sebelum membeli produk granola, sebaiknya lihat kandungan gizi yang tertera dalam kemasannya, seperti yang disarankan oleh Milton Stokes, RD, MPH, dilansir dari WebMD. Baca dan pahami informasi nilai gizi dengan cermat. Pilih produk granola yang mengandung kalori, lemak, dan gula yang lebih sedikit.
  • Jika ingin lebih sehat, Sedulur bisa membuat granola sendiri di rumah. Caranya gampang: Campurkan oat, kacang-kacangan, dan madu sesuai selera. Lalu panggang sampai berwarna cokelat keemasan. Dengan begitu, Sedulur lebih bisa mengatur kandungan granola yang dimau.
  • Jangan terlalu banyak mengonsumsi granola. Sebaiknya hindari mengonsumsi granola bar atau kepingan granola sebagai snack. Mungkin ini tidak membuat Sedulur kenyang lebih lama dan hanya menambah kalori ke tubuh. Sedulur bisa makan granola sebagai sarapan, bagaimanapun sarapan bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, daripada makan sereal granola bersama susu, lebih baik Sedulur menambahkan sedikit granola ke dalam yogurt sebagai sarapan. Ini bisa menjadi cara memotong kalori dari granola yang Sedulur makan.
  • Jangan lupa, imbangi dengan konsumsi makanan sehat lainnya, seperti sayuran dan buah-buahan, saat makan siang dan makan malam. Serta, olahraga secara teratur.

BACA JUGA: 18 Resep Olahan Putih Telur, Cocok untuk Menu Diet

Rekomendasi Produk Pranola

Unsplash

Ada cukup banyak produk granola yang dijual bebas di pasaran. Sedulur bisa memilih mana produk granola yang rasanya cocok dan sesuai dengan lidah Sedulur. Selain itu, harganya juga bisa beragam dan sangat fleksibel untuk disesuaikan dengan anggaran dietmu.

1. Chia-Yo Granola

Chia-Yo Homemade Granola Original adalah produk granola yang dibuat secara rumahan dan menggunakan bahan-bahan alami seperti oat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah kering.  

Produk ini diproduksi oleh perusahaan Chia-Yo yang berbasis di Taiwan dan biasanya dijual dalam kemasan plastik atau toples. Granola adalah makanan yang terdiri dari campuran biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah kering yang dipanggang hingga renyah.

Granola sering dikonsumsi sebagai sarapan atau camilan yang sehat karena mengandung banyak serat, protein, dan nutrisi penting lainnya. Beberapa orang juga menambahkan granola ke yoghurt atau smoothie bowl untuk memberikan rasa dan tekstur yang lebih beragam.

2. Minime Granola Honey

Minime Granola Honey adalah produk granola yang terbuat dari campuran biji-bijian, kacang-kacangan, madu, dan rempah-rempah. Produk ini diproduksi oleh perusahaan Minime, yang berbasis di Indonesia dan berfokus pada produksi makanan sehat dan bergizi.

Granola adalah makanan yang terdiri dari campuran biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah kering yang dipanggang hingga renyah. Granola biasanya dikonsumsi sebagai sarapan atau camilan yang sehat karena mengandung banyak serat, protein, dan nutrisi penting lainnya.

Minime Granola Honey ditambahkan madu sebagai pemanis alami sehingga menghasilkan rasa yang manis dan nikmat. Produk ini cocok untuk dikonsumsi sebagai sarapan atau camilan sehat yang mengenyangkan, dan dapat dicampur dengan yoghurt atau susu untuk menciptakan variasi rasa yang lebih beragam.

Produk ini juga bebas dari bahan pengawet dan pewarna buatan, sehingga dapat memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar dibandingkan dengan camilan instan lainnya.

3. Tree Natura Homemade Granola

Tree Natura Homemade Granola adalah produk granola yang dibuat secara rumahan dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti oat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah kering.

Produk ini diproduksi oleh perusahaan Tree Natura, yang berbasis di Indonesia dan fokus pada produksi makanan sehat dan organik. Beberapa orang juga menambahkan granola ke yoghurt atau smoothie bowl untuk memberikan rasa dan tekstur yang lebih beragam.

Tree Natura Homemade Granola ditawarkan dalam beberapa varian rasa, seperti coklat, kacang mede, kismis, dan blueberry. Produk ini tidak mengandung bahan pengawet atau pewarna buatan, sehingga dapat memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar dibandingkan dengan camilan instan lainnya.

4. Granolab Muesli Crunchy

Granolab Muesli menawarkan sereal granola rendah kalori dan bertekstur renyah tanpa kacang-kacangan ataupun biji-bijian. Komposisi utamanya hanya menggunakan rolled oats dan rice krispies sehingga lebih mudah dikunyah.

Produk ini cocok untuk Sedulur yang memiliki gigi sensitif dan tidak bisa mengunyah makanan keras. Terlebih, perpaduan rasa gurih pasta kacang, madu, dan manisnya cokelat dalam sereal ini dijamin akan membuat Sedulur ketagihan.

Demikian tadi informasi tentang granola dan tips mengkonsumsinya untuk diet. Semoga ulasan di atas bisa menjawab rasa penasaran Sedulur tentang pertanyaan apakah granola bagus untuk diet.

Jika dilihat dari segi kesehatan dan gizi, granola bisa jadi pilihan untuk menjalankan diet tapi dengan tetap bisa merasakan menu yang lezat. Jadi semoga informasi ini bisa jadi referensi untuk Sedulur semua ya!