Memasak tempura

Bagi para pecinta kuliner Jepang, tentu sudah sangat familiar dengan sajian bernama tempura. Namun, ternyata masih banyak orang yang salah kaprah tentang apa itu tempura lho.

Beberapa orang menilai, makanan dingin seperti olahan ikan laut, otak-otak dan bakso ikan adalah tempura. Padahal bila dilihat dari cara pembuatannya, maka tempura tidak sesimpel itu. Tempura harus memenuhi unsur gorengan yang memiliki kerenyahan di bagian luarnya tapi lembut dibagian dalamnya.

Lalu, seperti apa pengertian tempura yang benar dan bagaimana sejarahnya makanan ini akhirnya bisa populer di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Resep Sukiyaki Ala Restoran Khas Jepang Isian Komplit

Asal usul tempura

Apa itu tempura
Pinterest

Satu fakta yang cukup mengejutkan adalah tentang asal usul tempura. Menurut beberapa sumber, tempura sebenarnya bukan makanan asli dari Jepang melainkan berasal dari Portugis.

Pada abad ke-16, para misionaris Portugis yang tiba di kawasan Asia mengenalkan tradisi memakan hidangan laut dengan cara digoreng. Saat itu tempura dikenal dengan nama latin ad tempora cuaresmae. Dimana bila diartikan dari kata ‘tempora’ yang bermakna makanan yang dibumbui.

Fakta ini pun semakin dikuatkan dengan tradisi makan kacang buncis goreng di Portugis yang bernama peixinhos da horta. Tempura lalu semakin populer di Jepang pada zaman Edo karena banyak dijual oleh pedagang kaki lima sebagai cemilan.

Tempura asli Jepang

Apa itu tempura
Pepper

Sementara itu di Jepang, tempura biasa disebut dengan tenpura yaitu makanan yang dicelup ke dalam adonan tepung terigu dan kuning telur lalu digoreng dalam minyak panas.

Adonan tenpura sendiri disebut dengan koromo atau baju, penamaan ini sendiri tidak lepas dari bentuk tenpura yang setelah digoreng seperti makanan yang mengenakan baju.

Bahan dasar yang digunakan pun tidak spesifik, hampir semua makanan yang digoreng dan dibalur dengan tepung akan disebut tempura. Misal bahan seperti sayuran digoreng menggunakan tepung maka akan menjadi tempura sayur.

Lalu, udang dibalur dengan tepung dan digoreng akan menjadi tempura udang. Begitu juga apabila yang digoreng daging maka akan menjadi tempura daging.

Tempura sendiri biasanya menjadi hidangan pelengkap untuk makanan utama seperti mie ramen, udon, atau sushi.

BACA JUGA: Resep Ebi Furai Khas Jepang, Crispy dan Gurih!

Bahan pembuatan tempura

Apa itu tempura
No Recipes

Adonan yang dipakai untuk membuat tempura sebenarnya hampir sampai dengan pembuatan gorengan pada umumnya.

Terdapat bahan seperti air, tepung tempura, dan telur. Tepung tempura sendiri merupakan campuran antara tepung terigu, soda kue, dan bubuk telur agar hasil gorengan tidak keras dan garing renyah.

Lalu untuk bahan-bahan mentah gorengan tempura bisa sangat beragam, berikut ini beberapa contoh dan namanya:

  • Nasu, tempura yang berasal dari terong

Apa itu tempura nasu? Tempura nasu adalah tempura terong yang termasuk dalam tempura sayur. Terong sendiri merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Jepang. Pembuatan tempura terong biasanya dengan memotong terong dalam beberapa lempar lalu disusun memanjang dan ditaburi tepung sebelum digoreng.

  • Ebi, tempura yang menggunakan udang

Khusus untuk bahan pembuatan udang tempura, biasanya akan dipilih udang dengan ukuran yang besar dan segara. Udang tersebut dikupas bagian kulitnya dan hanya menyisakan ekor. Seluruh daging akan tertutup dengan tepung.

  • Kabocha, tempura yang menggunakan labu

Labu juga jadi salah satu bahan makanan yang banyak ditemukan di Jepang. Rasanya yang mirip ubi jadi salah satu tempura yang menambah asupan karbohidrat. Pembuatan tempura ini pun cukup mirip dengan tempura terong.

  • Ika, tempura yang berasal dari cumi-cumi

Untuk membuat tempura cumi, biasanya diperlukan batang kayu untuk membentuk cumi agar bisa memanjang sebelum akhirnya ditaburi dengan tepung dan digoreng.

BACA JUGA: 20 Makanan Jepang Paling Populer yang Bisa Kamu Coba

Jenis tempura

Membuat tenpura sayur
Tele Culinaria

Ada dua jenis tempura yang bisa dibedakan, yakni tempura asli dari Jepang dan di luar Jepang. Pengkategorian ini akan lebih mudah karena tempura di luar Jepang hampir memiliki kesamaan. Berikut ini ulasannya:

  • Tenpura Jepang

Di Jepang, tempura memiliki sebuah rumah makan khusus yang disebut ‘ tempura-ya’. Biasanya mereka merupakan toko kecil dimana hanya menyajikan tempura dan mie ramen.

Namun, pada restaurant besar di Jepang, tempura akan menjadi bagian dari bento atau nasi kotak khas Jepang.

  • Tempura Amerika dan Eropa

Sementara itu, tempura di luar Jepang biasanya akan mengalami akulturasi dengan budaya lokalnya. Misal tempura di kawasan eropa, maka aka nada banyak jenis bahan yang dipakai seperti brokoli, asparagus, sampai zukini. Bahkan, di Amerika Serikat sempat muncul tren tempura keju dan banyak diminati warga lokal.

  • Tempura Indonesia

Berbeda dengan beberapa negara di atas, tempura Indonesia memiliki varian bahan gorengan yang unik seperti ubi tanah. Selain itu juga ada tempura tempe yang merupakan perpaduan antara makanan khas Indonesia.

  • Tempura Taiwan

Tempura yang berasal dari Taiwan juga berbeda lagi. Hal ini karena bentuk dari tempura Taiwan tidak menggunakan tepung tebal. Salah satu varian tempura Taiwan yang bisa dijumpai di Indonesia adalah tempura shihlin.

Kadang muncul pertanyaan tempura shihlin terbuat dari apa karena bentuknya berbeda dengan tempura kebanyakan. Jawabannya adalah tempura shihlin mirip dengan otak-otak yang berasal dari bahan seafood.

Cara menikmati tempura

Fakta soal tenpura
Uncut Recipes

Untuk menikmati tempura sebenarnya tidak ada aturan khusus yang mengikat. Namun, bila kita mau mengikuti tradisi makanan Jepang, maka tempura akan disajikan sebagai makanan pendamping makan utama.

Tempura nantinya akan dicelup dalam saus khusus bernama ten-tsuyu atau saus yang terbuat dari campuran kaldu ikan, kecap soyu dan kecap manis.

Menyantap tempura juga biasanya diikuti dengan memakan lobak parut atau jahe supaya bisa mengurangi rasa amis dan pekat dari sausnya.

Nah, demikian penjelasan tentang apa itu tempura, tempura terbuat dari apa dan asal usulnya sebelum jadi salah satu makanan paling populer di dunia. Semoga artikel di atas bisa menambah wawasan Sedulur tentang khasanah kuliner ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.