Simak daftar macam macam makananapli frozen food yang paling banyak dicari di bawah ini.

Pembatasan sosial berskala besar atau PSBB, kebijakan yang lahir karena situasi pandemi virus corona, yang mengharuskan kita sebagai masyarakat untuk melakukan segala aktivitas di rumah. Akibatnya, stok makanan harus selalu kita sediakan, mencegah kondisi buruk terjadi.

Karena kondisi yang sedang terjadi saat ini, frozen food menjadi makanan primadona yang menjadi pilihan utama masyarakat sebagai stok makanan. Selain karena tahan lama, harga yang murah dan rasa yang enak menjadi alasan lain.

Namun, perlu Sedulur ketahui, terdapat beberapa  macam macam frozen food, mulai dari macam macam frozen food bakar, macam macam frozen food homemade, macam macam frozen food suki dan juga macam macam frozen food untuk jualan.

-->

Artikel kali ini akan membahas macam macam makanan frozen food yang paling laris dan dicari untuk segala kebutuhan. Apa saja macam macam makanan frozen food yang dimaksud? Yuk, langsung saja kita simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

Namun sebelum itu, ada baiknya dijelaskan terlebih dahulu apa itu frozen food, bagaimana cara memilih frozen food yang baik, dan bagaimana seharusnya frozen food disimpan.

Baca Juga: Kini Bisa Belanja Frozen Food dengan Mudah dan Murah di Aplikasi Super

Apa itu Frozen Food?

Frozen food atau makanan beku merupakan salah satu alternatif makanan yang baik bagi ketersediaan protein, baik itu protein hewani maupun protein Nabati yang bisa kita gunakan sebagai makanan sehari-hari.

Seperti contohnya adalah nugget. Banyak produk nugget yang berinvasi dari sayuran dan buah-buahan.  Inovasi nugget sayur dan buah hadir akibat adanya permintaan dan kebutuhan dari masyarakat, maka dari itu para produsen nugget ayam dan sapi harus menyediakannya.

Selain itu, makanan beku juga diartikan sebagai makanan yang telah dibekukan untuk maksud dan tujuan mengawetkan makanan hingga siap dimakan dan dapat bertahan lama. Sejak dari zaman dahulu, para petani, nelayan, serta pemburu telah mengawetkan hasil usaha mereka dengan berbagai teknologi kuno dan tua.

Biasanya diawetkan di bangunan yang tidak terhangatkan ketika musim dingin. Pembekuan memperlambat dekomposisi dengan dapat mengubah kadar air yang tersisa menjadi es dan menghambat pertumbuhan sebagian besar spesies bakteri sehingga bisa bertahan lama.

Bagaimana Cara Memilih Frozen Food yang Baik

Agar bisa mendapatkan makanan beku yang baik dan berkualitas tinggi, Sedulur wajib mengikuti penjelasan yang berkaitan dengan tips memilih makanan beku di bawah ini. Terdapat beberapa tips dan trik yang bisa Sedulur ikuti:

Pertama, sebelum membeli makanan beku harap diperhatikan dengan teliti merk dan produsen yang memproduksi makanan beku tersebut.

Jangan lupa juga untuk mencatat dan melihat tanggal kadaluarsa yang tertera pada produk, kemudian pastikan juga membeli produk yang masa pakainya masih panjang.

Selanjutnya jangan sampai lupa untuk memperhatikan bentuk dan warna dari produk tersebut maupun dari kemasannya, agar kita bisa mengetahui produk makanan beku mana yang masih bagus dan layak makan.

Lebih baik membeli produk frozen food disaat sudah akan membayar di kasir, agar ketika sampai dirumah produk tersebut masih dalam keadaan baik / beku.

Mengetahui tips memilih makanan beku harus beserta dengan mengetahui cara menyimpannya. Walaupun merupakan makanan beku yang bertahan lama, namun sangat penting juga memikirkan cara menyimpannya agar dapat bertahan lebih lama lagi.

Cara Menyimpan Frozen Food yang Benar

Poin-poin yang akan disampaikan dibawah ini adalah beberapa cara dan tips yang bisa digunakan untuk menyimpan makanan beku yang baik dan benar agar makanan beku bisa bertahan lebih lama lagi.

Ketika penyimpanan berlangsung, jangan lupa untuk memastikan makanan beku dipisahkan proses pembekuannya dari bahan makanan mentah dengan makanan matang yang tersedia.

Jangan diisi terlalu penuh kulkas, isi dengan makanan beku secukupnya saja. Karena hal tersebut  akan menyebabkan beban terlalu berat sehingga suhu yang diinginkan tidak segera tercapai dan makanan beku malah akan cepat basi.

Pastikan setiap kemasan dari makanan beku yang tidak habis dalam sekali pemakaian, dibungkus dengan rapi dan tertutup, agar makanan beku bisa bertahan sedikit lebih lama lagi.

Jangan lupa cek freezer kulkas dan memastikan suhu pendingin tetap terjaga yaitu sekitar (-4ºC) dan suhu pembekuan sekitar (-18ºC).

Sediakan wadah untuk menyimpannya, bisa wadah berupa kantong plastik, kotak plastik atau kertas selofan. Dan pastikan wadah tersebut kedap udara, agar tidak terjadi oksidasi selama proses penyimpanan dan tidak menyebabkan cepat basi.

Dan jangan lupa bersihkan lemari pendingin / kulkas secara berkala. Karena kebersihan kulkas akan mempengaruhi ketahanan makanan beku.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Frozen Food Terbaik dan Sehat Terbaru 2020

Daftar Macam Macam Frozen Food yang Paling Dicari

1. Nugget

Nugget

Selain sebagai primadona, nugget juga merupakan salah satu macam macam makanan frozen food yang paling disukai dan paling dicari oleh masyarakat, dan mungkin termasuk juga Sedulur. Nugget selalu diburu oleh masyarakat ketika membeli frozen food.

Salah satu macam macam makanan frozen food satu ini biasanya terbuat dari ayam sebagai bahan utamanya, namun sebagai alternatif terdapat juga frozen food yang terbuat dari ikan, sapi dan bahan lainnya. Ciri khas dari nugget adalah kulit luarnya yang terbuat dari tepung panir atau tepung roti.

Sehingga ketika digoreng, bagian luarnya akan memiliki tekstur yang renyah dan tekstur bagian dalamnya yang lembut. Selain itu, nugget juga sangat fleksibel, bisa disantap dengan nasi dan juga bisa dijadikan camilan penuh gizi.

2. Sosis

Sosis

Macam macam makanan frozen food selanjutnya yang paling banyak dicari dan disukai oleh kita semua adalah sosis. Pada umumnya, sosis merupakan olahan daging sapi yang menggunakan bahan tambahan lainnya sehingga menghasilkan rasa yang nikmat dan lezat.

Bentuknya yang bulat panjang juga menjadikan sosis sangat identik. Selain menggunakan bahan utama daging sapi, sosis juga bisa dibuat dengan daging ayam atau daging ikan. Bahkan saat ini, salah satu macam macam makanan frozen food satu ini bisa langsung disantap tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Sebuah inovasi yang membuat kita bisa menyantap sosis saat diserang rasa lapar.

3. Bakso

Bakso

Bukan hanya terkenal sebagai makanan yang berkuah dengan cita rasa yang lezat dan gurih, sudah sejak lama bakso masuk dalam daftar macam macam makanan frozen food. Ditambah karena kondisi pandemi virus corona saat ini, banyak masyarakat yang memilih bakso di antara banyak macam macam makanan frozen food yang tersedia untuk dibeli.

Hal tersebut dikarenakan selain bakso bisa diolah menjadi bahan tambahan untuk olahan sayuran, bakso juga sangat cocok menjadi pendamping utama mie rebus, dan makanan lainnya. Sudah sangat wajar bakso masuk dalam daftar macam macam makanan frozen food yang paling banyak dicari.

4. Tempura

Tempura

Bagi Sedulur yang masih beranggapan bahwa tempura hanya bisa disantap di restoran Jepang, mulai saat ini hilangkan anggapan tersebut. Karena saat ini tempura telah banyak dijual sebagai makanan beku dan masuk dalam daftar macam macam makanan frozen food yang paling banyak dicari.

Biasanya tempura dalam bentuk beku dijual dalam berat 500 gram dan 1 kg. Tempura merupakan makanan yang dibalut dengan tepung yang terbuah dari udang galah atau udang pancet yang berukuran besar.

Tempura merupakan makanan beku yang sangat cocok dijadikan lauk untuk dinikmati bersama nasi putih hangat atau juga sebagai topping pendamping ramen, udon atau mie rebus.

5. Katsu

Katsu

Kita mengenalnya dengan nama chicken katsu. Siapa sangat bahwa katsu saat ini telah tersedia sebagai makan beku. Oleh karena itu, katsu pun masuk dalam daftar macam macam makanan frozen food yang paling banyak dicari.

Katsu merupakan makanan olahan ayam, lebih tepatnya ayam fillet yang telah dipisahkan dari tulang ayam. Ayam fillet yang telah dibumbui dengan garam dan lada, lalu bagian luarnya telah dilapisi oleh telur dan tepung panir.

Memiliki katsu sebagai stok makanan beku sangat menguntungkan, karena kita hanya tinggal menggoreng katsu hingga kering dan renyah, kita bisa menyantap katsu langsung atau ditemani dengan nasi hangat.

6. Siomay

Siomay

Jenis jajanan yang terkenal dari daerah Jawa Barat ini telah tersedia dalam bentuk frozen food. Siomay juga menjadi salah satu macam macam makanan frozen food yang laris dibeli masyarakat, terutama di tengah pandemi corona saat ini.

Banyak jenis siomay yang tersedia sebagai makanan beku, mulai dari siomay ayam, siomay ikan, dan siomay udang. Siomay sebagai salah satu dari berbagai macam macam makanan frozen food bisa kita kreasikan, baik itu digoreng, direbus atau dikukus.

Akan lebih nikmat siomay beku dikukus hingga matang, dan dinikmati dengan saus sambal atau saus kacang. Rasa dari siomay dijamin akan semakin sempurna.

7. Ayam Ungkep

Ayam Ungkep

Ayam ungkep merupakan salah satu macam macam makanan frozen food yang banyak dibeli masyarakat. Karena, selain harganya yang terjangkau, kita tidak perlu ribet lagi membeli daging ayam dan mengungkepnya.

Kita tinggal beli ayam ungkep beku, dan sediakan sebagai stok makanan. Ketika masuk waktu makan atau mendadak lapar, tinggal goreng ayam dan disantap dengan nasi. Nilai efisiensi dan kemudahan dari ayam ungkep beku yang menjadikannya menjadi makanan beku yang paling banyak dibeli.

8. Chicken Spicy Wing

Chicken Spicy Wing

Chicken spicy wing, atau sayap ayam pedas merupakan salah satu di antara macam macam makanan frozen food yang disediakan oleh beberapa produsen makanan beku. Rasanya yang pedas dan harganya yang terjangkau, menjadikan jenis makanan beku ini banyak dicari masyarakat.

Terutama saat memasuki bulan puasa, chicken spicy wing menjadi salah satu pilihan utama stok yang diperbanyak. Karena jenis makanan beku ini sering menjadi menu makan sahur, biasanya ditemani dengan nugget atau sosis. Saat sahur, selain masih mengantuk, kita juga biasanya malas untuk memasak. Memiliki stok makanan beku adalah pilihan tepat saat bulan puasa.

9. Olahan Ikan Beku

Olahan Ikan Beku

Selain tempura, olahan ikan beku yang masuk dalam daftar macam macam makanan frozen food yang paling dicari adalah minaku fish tofu. Selain mudah dan simpel, harga yang terjangkau menjadikan jenis frozen food satu ini sebagai pilihan stok di rumah.

Ingin merasakan olahan ikan yang nikmat dengan rasa yang enak, di tambah dengan cara membuat yang mudah satu-satunya cara yang tepat untuk dipilih adalah dengan membeli olahan ikan beku. Karena kita hanya tinggal menggoreng atau merebusnya, olahan ikan pun bisa kita santap dengan nasi hangat.

10. Snack dan Camilan

Snack dan Camilan

Snack beku seperti donat, kentang dan minipao menjadi salah satu alternatif makanan beku yang bisa kita sediakan sebagai stok dapur. Camilan tersebut masuk dalam daftar macam macam makanan beku yang dicari dikarenakan cara yang mudah untuk membuatnya.

Jika rasa lapar tiba-tiba menyerang dan malas untuk makan berat, dengan menyediakan stok camilan beku, kita tidak usah khawatir. Kapan pun tinggal goreng camilan, dan santap dengan kopi atau teh hangat.

Makanan beku juga merupakan salah satu ide bisnis yang sangat menarik untuk dijalankan, karena saat ini sedang memiliki peluang yang tinggi. Terdapat beberapa tips untuk menjalankan usaha frozen food, yaitu dengan menjalin kerjasama dengan kemitraan frozen food, baik dengan distributor atau menggunakan sistem waralaba.

Waralaba frozen food dan distributor frozen food merupakan salah satu tempat yang pertama kali harus kita datangi ketika ingin memulai usaha kemitraan makanan beku. Karena dengan menghubungi kedua belah pihak tersebut, kita bisa memulai kemitraan usaha makanan beku.

Jangan lupa juga untuk menentukan jenis produk dari makanan beku yang ingin dijual. Karena hal ini bisa menentukan fokus kita menjalankan bisnis makanan beku. Selain itu juga kita bisa memikirkan kemasan frozen food yang menarik, jika telah mengetahui produk dan jenisnya.

Jangan lupa juga untuk menghitung modal secara rinci dan seusai. Karena dalam menjalankan usaha makanan beku, terutama jika bermitra dengan beberapa produsen makanan beku, modal adalah hal penting yang perlu dipikirkan.

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan media sosial sebagai bagian dari pemasaran produk makanan beku yang ingin dibeli. Karena saat ini banyak bisnis yang berjalan dengan lancar, bahkan hingga mencapai kesuksesan dengan memanfaatkan media sosial dengan baik.

Terakhir, rajin berjejaring dengan beberapa pengusaha kemitraan makanan beku, karena semakin luas jaringan semakin akan mempengaruhi bisnis makanan beku yang dijalani. Hal ini sangat efektif untuk dilakukan.

Jangan lupa juga untuk melakukan faktor yang paling penting dalam memilih dan membeli makanan beku, ataupun menjalankan usaha makanan beku adalah membandingkan setiap produk dari makanan beku yang ada. Baik secara kualitas, rasa dan harga.

Pilih dan tentukan segala halnya sesuai selera dan keinginan kita. Jangan sampai segala halnya mengecewakan dan mempengaruhi berbagai aspek penting. Terutama dalam menjalankan bisnis makanan beku, jangan sampai produk yang dipilih gagal dan malah tidak memberikan keuntungan, namun sebaliknya, yaitu mengantarkan kita pada kegagalan.

Semoga daftar macam macam makanan frozen food yang telah di ulas di atas bisa menambah referensi bagi kesulitan menentukan untuk membeli makanan beku apa sebagai stok di dapur. Jangan lupa juga untuk membeli frozen food di Aplikasi Super.

Karena saat ini Aplikasi Super telah memiliki kategori makanan beku sebagai salah satu kategori andalan yang paling banyak dibeli. Harga makanan beku di Aplikasi Super dijamin super murah. Cek langsung saja jika tidak percaya dan bandingkan dengan tempat lain.

Jangan lupa download terlebih dahulu Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya, klik juga di sini untuk mempelajari lebih jauh Aplikasi Super yang sangat dapat bermanfaat untuk setiap masyarakat Indonesia.