Heri Anggriawan

Bekerja 8 jam dalam sehari, tak jarang membuat kita lelah. Rasa suntuk dan lelah pun tak jarang harus dihadapi. Berkutat dengan pekerjaan yang sama dalam waktu yang panjang pasti akan membuat diri kita bertanya-tanya “Sebenarnya untuk apa sih aku bekerja?”. Kehilangan arah dan tujuan dalam melakoni pekerjaan tidak boleh dipandang sebelah mata. Maka dari itu, kita harus mampu menemukan motivasi serta passion untuk menghasilkan kerja yang bermakna atau purposeful work.

Pernyataan senada juga diungkapkan oleh Heri Anggriawan, selaku Media & Program Manager Aplikasi Super. Menurutnya, untuk menghasilkan pekerjaan yang berkualitas dan memiliki value, seseorang harus mencari motivasi dan passion-nya dalam berkarir.

Yuk simak obrolan singkat bersama Heri Anggriawan tentang bagaimana dirinya bisa menemukan motivasi dan passion selama berkarya di Aplikasi Super.

Heri Anggriawan, dari broadcaster hingga menjadi manajer di Aplikasi Super

Ceritakan career background kamu dan bagaimana akhirnya bergabung ke Aplikasi Super?

Aku masuk ke dunia kerja itu awalnya join ke salah satu televisi swasta nasional sebagai Creative (Production). Memang sekilas agak nggak nyambung sih, karena kuliah dulu ambil jurusan Seni Rupa. Nggak kerasa tiba-tiba udah 6 tahun nyaman dan senang bekerja di situ, lalu aku diajak untuk join ke salah satu televisi swasta nasional juga namun sebagai Program Development Specialist (Programming).

Waktu memutuskan untuk bergabung di Aplikasi Super itu awalnya karena referral dari seorang teman. Aku merasa  pekerjaan yang ditawarkan di sini cukup berbeda dengan pekerjaanku sebelumnya, jadi aku merasa tertantang untuk menjalaninya. Dan setelah bergabung di sini, cukup amazed dan bangga dengan perkembangan Aplikasi Super yang pesat.

Seperti apa sih rutinitas sebagai Media & Program di Aplikasi Super?

Sebagai Media & Program Manager itu aku bertanggung jawab untuk produksi konten-konten sosial media dan YouTube Entertainment di Aplikasi Super; production company profile; supporting video untuk kebutuhan divisi lain; dan photoshoot untuk kebutuhan corporate seperti ID Card, employee branding, dan semacamnya.

Khusus untuk konten sosial media dan YouTube SuperSeru, biasanya aku meluangkan banyak waktu untuk melakukan brainstorming konten dengan tim, kemudian lanjut ke planning konten untuk jadwal posting dalam satu bulan atau satu kuartal. Aku juga harus memastikan timku bisa dengan baik mengatur jadwal production dan post-production. Dan terakhir melakukan quality control sebelum akhirnya diunggah di aset digital milik perusahaan. Hal ini kulakukan agar konten-konten di sosial media dan YouTube tidak hanya baik dalam segi kualitas, tetapi juga sejalan dengan visi dan misi Aplikasi Super.

Dengan segala tanggung jawab yang aku jalani di sini, salah satu goals yang ingin aku capai adalah menjadikan aset digital Aplikasi Super menjadi yang terbaik! Itulah mengapa, aku juga harus memikirkan rencana-rencana strategis agar target-target dari perusahaan yang diberikan ke timku bisa tercapai. Dan aku punya tantangan untuk bisa mengkomunikasikan rencana-rencana strategis itu ke timku agar mereka bisa lebih mudah menjalankan daily task.

Apa momen yang paling berkesan selama berada di Aplikasi Super?

Momen paling berkesan adalah saat mencoba hal baru, dimana aku menantang diriku sendiri untuk menjadi host di program Super Nongki yang tayang di channel YouTube Superseru. Rasa deg-degan, bingung, sampai demam panggung pernah aku rasakan, karena sebelumnya saat bekerja di stasiun TV aku bekerja di belakang layar. Namun semua kesulitan tersebut bisa aku lalui, dan program Super Nongki masih tayang hingga saat ini.

Tak hanya menantang diri sendiri, sebagai manajer aku juga coba memberi tantangan ke anggota timku agar mereka bisa ikut berkembang. Aku menantang mereka untuk meningkatkan kualitas skill masing-masing. Ada yg aku minta untuk jadi host, ada pula yang aku minta untuk mempelajari special effects untuk kebutuhan editing lebih baik.

Dari semua momen berkesan yang pernah aku lalui di Aplikasi Super, aku paling bangga saat subscribers YouTube SuperSeru bisa terus bertambah. Dari kerja keras yang tim dan aku lakukan, ternyata bisa meningkatkan awareness masyarakat tentang Aplikasi Super.

Ingin selalu berbagi ilmu kepada rekan-rekan kerjanya

Apa yang membuat kamu passionate dengan pekerjaan dan memotivasi setiap harinya?

Karena aku sudah lama berkutat dengan dunia produksi, jadi setiap pekerjaan selalu terasa enjoy. Selain itu, aku juga bertemu dengan anggota tim yang super solid dan aktif. Alhasil, ketika brainstorming kita selalu bertukar ide dan pikiran secara dua arah, bikin atmosfer kerjanya selalu nyaman.

Aku juga berkeinginan untuk selalu berbagi ilmu ke tim. Ketika aku berhasil mengarahkan mereka tentang bagaimana produksi konten yang baik, itu bikin aku merasa puas dan menjadi penyemangat kerja sehari-harinya.

Untuk motivasi kerja sendiri aku rasa karena memang aku selalu ingin belajar hal-hal baru. Background aku sebagai broadcaster selama bertahun-tahun ternyata bisa membawa manfaat untuk Aplikasi Super. Dari situ, aku bertekad untuk berkarya sebanyak-banyaknya di sini sampai Aplikasi Super menjadi salah satu perusahaan dengan aspek media sosial terkuat.

Menurutmu, kita perlu motivasi dalam bekerja nggak sih?

Penting banget, sih. Kalau kita nggak ada motivasi, hasil kerja pasti nggak berkualitas dan menghambat self development. Punya motivasi atau tidaknya itu pasti akan sangat berpengaruh di kantor.

Ibaratnya bensin dalam kendaraan, motivasi itulah sumber tenaga kita dalam menghasilkan purposeful work; pekerjaan yang memiliki arti bagi banyak orang namun juga tidak meninggalkan kualitas dari pekerjaan itu sendiri.

Sementara motivasi dan purpose-ku dalam bekerja ya itu tadi sih, kembali lagi ke keinginanku untuk membuat karya yang bernilai, keren, dan kece. Pun niatku untuk selalu berbagi ilmu ke anggota tim biar mereka juga memiliki motivasi dalam menghasilkan pekerjaan yang maksimal.

Bagaimana tanggapan tentang ‘anak zaman now’ yang dicap suka bekerja asal-asalan tapi ingin salary tinggi?

Memang harus diakui bahwa fenomena ini terjadi tapi nggak semua generasi muda bekerja secara asal-asalan tanpa berpikir tentang passion dan tujuan bekerja. 

Walaupun ada, sebenarnya balik lagi ke peran seorang leader. Bisa nggak si leader mengarahkan timnya dan membangkitkan semangat anggotanya agar merubah mindset buruk tersebut? Peran leader jadi penting di sini untuk meluruskan cara berpikir itu, biar anak zaman sekarang lebih sadar mengenai value-value dalam berkarier.

Apakah kamu sudah passionate dan memiliki motivasi selama bekerja di Aplikasi Super? 

Oh, jelas. Selama di Aplikasi Super ini aku selalu merasa termotivasi dengan berbagai tantangan pekerjaan yang ada. Salah satunya adalah target terbaru dari tim yang harus bisa mencapai 1 juta subscribers di channel YouTube Superseru!. 

Bukannya malah terintimidasi, aku dan tim justru merasa lebih terbakar semangatnya untuk memproduksi karya yang berkualitas dan mengundang banyak subscribers.

Sat Set, Nggak Ribet’, kultur paling impactful bagi Heri Anggriawan selama di Aplikasi Super

Bagaimana Super-Culture bisa membuat karyawannya menghasilkan Super Result? Apakah ada dari salah satu Super-Culture yang benar-benar kamu terapkan dalam menjalani pekerjaan di sini?

Culture di Aplikasi Super menurutku relevant banget bagi semua generasi, tidak  hanya untuk satu generasi tapi mengcover 3 generasi sekaligus.

Kerjanya santai, tetapi nggak lupa terhadap tanggung jawab masing-masing. Jadi aku merasa ketika datang ke kantor nggak terbebani sama sekali dengan pekerjaan.

Salah satu Super Culture yang menurutku paling impactful dalam pekerjaanku di sini adalah ‘Sat Set, Nggak Ribet’. Super Culture itu bikin kerjaan aku simple tanpa bertele-tele, mempermudah semua proses produksi, dan akhirnya semua target bisa selesai tepat waktu.

Apa tips yang bisa kamu berikan agar seseorang memiliki purposeful work?

Ada beberapa hal dari aku yang sekiranya bisa bermanfaat biar kita bisa bekerja dengan nyaman dan mempunyai motivasi yang jelas. Antara lain:

  • Living the culture yang dikembangkan oleh perusahaan, seperti Super Culture dari Aplikasi Super.
  • Memiliki support system dari rekan-rekan kerja dan atasan.
  • Menerima arahan dari atasan yang jelas.

Suasana kerja yang nyaman secara nggak langsung akan tercipta dari tiga aspek di atas. Untuk modal dalam menghasilkan purposeful work sendiri, kita harus sadar bahwa tiap-tiap individu perlu untuk menemukan passion dan motivasinya dalam bekerja. Hal yang terpenting ia mau berkembang, nggak baperan, dan terbuka terhadap saran serta kritik.

Harapan untuk Aplikasi Super

Apa harapan kamu untuk Aplikasi Super? Dan bagaimana kamu memandang career path kamu di sini beberapa tahun ke depan?

Aku berharap Aplikasi Super berhasil menjadi aplikasi social commerce nomor satu di Indonesia. Aku juga berharap Aplikasi Super akan terus menjadi wadah bagi individu bertalenta yang ingin berkarya secara maksimal.

Untuk pandangan karier, aku rasa karier di Aplikasi Super akan terlihat cerah. Terutama dengan segala perubahan major yang terjadi di divisi aku akhir-akhir ini. Perubahan tersebut bikin aku mengenal hal-hal baru lagi, contohnya seperti konten branding.

Aku pun berharap dengan peranku sebagai leader, aku bisa membuat anggota timku menjadi pribadi yang lebih jeli dalam membuat konten untuk pasar, bisa menghasilkan karya yang super sekaligus impactful bagi aset-aset media sosial yang kita pegang.

Itu tadi wawancara seru bareng Program & Media Manager Aplikasi Super, Heri Anggriawan. Dari hasil wawancara di atas, dapat disimpulkan bahwa Heri benar-benar menikmati peran pekerjaannya di Aplikasi Super lho. 

Sepertinya halnya Heri yang punya purposeful work, kamu juga bisa lho merasakan kenyamanan saat bekerja. Pilihlah perusahaan yang bisa mendorong kamu untuk menemukan purposeful work. Di Aplikasi Super, kami selalu mendukung Sedulur Super untuk bisa terus berkarya tanpa batas dan mengembangkan potensi yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan untuk memberikan impact besar di Indonesia Timur.